10 Tips Sukses Diet Saat Puasa yang Harus Anda Jalankan

Diet Saat PuasaBulan puasa kita diharuskan menahan haus dan lapar. Kita diperbolehkan makan dan minum saat sahur dan buka puasa. Tapi bukannya mendapatkan tubuh yang ideal karna tidak makan seharian justru dibulan puasa berat badan kita naik secara drastis.

Di bulan puasa biasanya kita akan membuat banyak makan yang manis dan bersantan. Setelah berlapar seharian banyak dari kita akan balas dendam saat berbuka puasa dengan makanan yang manis dan bersantan. Hal itulah yang membuat berat badan kita melonjak drastis. Untuk menjaga berat badan agar tidak naik sebaiknya anda tetap menjalankan diet saat puasa.

Bulan Ramadhan seharus menjadi momentum untuk kita menurunkan berat badan yang lebih signifikan, karena kita memiliki banyak ‘teman’ yang sama-sama merasakan lapar, berbeda dengan bulan-bulan biasanya, dimana kita sendirian yang menjaga pola makan.

Nah, agar tidak kebablasan, maka ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar diet saat puasa yang kita jalani bisa berjalan mulus dan mendapatkan hasil seperti yang kita harapkan. Setidaknya, Ceksehat berhasil merangkum 10 tips sukses diet saat puasa yang harus anda jalankan.

Diet Saat Puasa

Ilustasi: Diet Saat Puasa

Tips Sukses Diet Saat Puasa

Beberapa tips menjalankan diet saat puasa agar berhasil caranya:

  1. Perbanyak makan buah

Buah bisa menjadi piliha yang tepat untuk sahur dan bebuka puasa. Di dalam buah terdapat banyak vitamin dan mineral untuk menjaga berat badab anda tidak naik berlebihan. Banyak juga buah pengganti nasi untuk tetap menjaga agar saat menjalankan puasa anda tetap bertenaga. Beberapa buah yang baik untuk diet saat puasa

  • Pisang : pisang merupakan salah satu buah yang dapat dijadikan makanan pengganti nasi. Kalium pada buah juga dapat memberikan kita tenaga untuk beraktifitas. Jangan terlalu banyak makan pisang karna dapat menggagalkan diet saat puasa. Tetap konsumsi dalam jumlah yang tepat
  • Jeruk : kandungan air pada jeruk dapat mejaga tubuh agar tidak dehidrasi serta dapat membantu proses metabolisme tubuh.
  • Mangga : mangga juga bagus di konsumsi saat melakukan diet saat puasa. Karna mangga mengandung vitamin C dan serat yang tinggi yang dapat membantu mengontrol nafsu makan anda.
  • Apel : apel merupakan buah penahan lapar yang ampuh dan sangat baik untuk menunjang keberhasilan diet saat puasa anda. Sebaiknya makan 2 buah apel saat sahur.
  1. Perbanyak makan sayur

Selain buah sayur juga merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang dapat membantu program penurunan berat badan. Sayuran hijau yang lebih diutamakan. Beberapa sayur yang baik untuk diet saat puasa

  • Bayam : bayam tinggi akan zat besi yang dapat menguatkan tubuh anda meski tidak makan seharian, bayam juga tinggi serat yang dapat membuat anda selalu merasa kenyang. Konsumsi 1 mangkuk rebusan bayam agar anda tidak berlebihan mengkonsumsi makana manis.
  • Kentang : kentang merupakan sumber karbohidrat alami yang dapat membantu anda tetap berenergi meski seharian menahan lapar jangan terlalu banyak ya nanti bisa membuat karbohidrat menumpuk pada tubuh
  • Brokoli : merupakan makana tinggi serat yang dapat membantu memperlancar proses metabolisme tubuh. Sayur ini sangat cocok untuk menu diet saat puasa, konsumsi 200 gram brokoli saat sahur
  1. Minum air putih secukupnya

Air sangat dibutuhkan tubuh untuk menjalankan tugas dan fungsinya. Setengah dari tubuh kita berisi air jika kita kekurangan air tubuh kita akan dehidrasi dan menggagu sistem keja tubuh. Serta dapat mengurangi konsentrasi otak kita.

 Kosumsi air saat buka dan sahur sebanyak 8 gelas. Sebelum kita buka puasa kita sebaiknya minum air putih supaya kita merasa sedikit kenyang dan membuat kita makan lebih sedikit.

  1. Berolah raga ringan menjelang buka puasa

Jika anda pecinta olah raga puasa jangan anda jadikan alasan untuk tidak berolah raga karna itu dapat menimbun lemak. Jogging dan bersepeda dapat anda jadika alternatif pilihan berolah raga untuk menujang program diet saat puasa.

  1. Hindari es dan minuman bersoda

Saat berbuka puasa es memang sangat segar tapimitu dapat menaikkan berat badah anda jika dikonsumsi berlebihan. Es dapat mengakibatkan lambung berkontaksi menyebabkan anda malas memakan makanan lain dan merasa kenyang dengan minum es itu sangat berbahaya untuk keberhasilan diet saat puasa

Minuman bersoda dapat melukai lambung sehingga membuat kita tidak kuat berpuasa dan membuat kita merasa begah

  1. Hindari santan

Makanan yang mengandung santang memang sangat menggugah selera seperti opor, gulai, dan rendang. Semua makanan tersebut mengandung lemak dan kolesterol tinggi yang dapat membuat tubuh anda berlemak, sebaiknya anda menghindari makanan tersebut.

  1. Hindari karbohidrat berlebih

Karborbohidrat dapat membuat anda menjadi gemuk jika tidak diubah menjadi energi karena akibat kebanyakan dan kurang gerak. Boleh mengkonsumsi karbohidrat tapi harus dengan jumlah yang tepat. Anda bisa mengganti menu nasi putih dengan nasi merah atau beras merah, bisa juga dengan mengkonsumsi buah dan sayur pengganti nasi seperti pisang dan kentang, hindari kentang goreng  konsumsi kentang rebus akan lebih baik.

  1. Konsumsi daging tinggi protein

Daging tinggi protein dapat anda jadikan menu diet saat puasa. Karena jenis daging ini biasanya rendah lemak. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal konsumsi daging tinggi protein saat sahur. Simak juga Daftar Menu Diet Sehat Sarapan, Makan Siang, Malam

  1. Hindari makana tinggi lemak jahat

Makan berlemak dapat menjadi pemicu tertinggi terjadinya obesitas.  Mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan dapat membuat lemak menumpuk di dalam tubuh akan terjadi peningkatan berat badan jika tidak dikontrol akan terjadi obesitas.

Anda dapat mengganti kebutuhan lemak dengan mengkonsumsi lemak baik seperti minyak zaitun dan alpukat

  1. Makan dengan perlahan

Apa hubungannya makan perlahan dengan menurunkan berat badan? Tentu ada dengan makan perlahan makanan yang kita konsumsiakan dapat dicerna dengan baik sehingga tidak ada makanan yang mengendap ditubuh karna telah dicerna dan di serap dengan baik.

Beberapa cara di atas dapat membantu anda melakuakan diet saat puasa. Semoga dapat mejadi solusi yang tepat untuk membantu anda mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Semoaga bermanfaat untuk pembaca sekalian, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar lebih bermanfaat lagi untuk sesama. Jangan lewaatkan juga Diet Seminggu: Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Leave a Reply