Cara Diet Karbo yang Benar serta 5 Menu Diet yang Harus Anda Ketahui

Diet Karbo – Sumber karbohidrat terdapat pada nasi putih, gula, roti putih, permen, es krim, dan sereal. Namun karbohidrat yang sering kita konsumsi adalah nasi putih. padahal karbohidrat pada nasi putih sangat cepat dicerna, jadi rasa kenyang yang kita rasakan hanya sebentar dan cepat menjadi lapar kembali dan untuk mendapatkan rasa kenyang kita harus mengkonsumsi nasi dalam jumlah yang banyak.

Sedangkan mengkonsumsi nasi dalam jumlah yang banyak akan menumpuk gula di dalam darah yang dapat meningkatkan kadar gula yang mengakibatkan penyakit diabetes. Belum lagi masalah berat badan yang akan naik secara drastis.

Sebenarnya menambahkan nasi dalam menu harian tidaklah dilarang hanya saja harus dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit. Sepiring nasi mengandung 250 kalori jika kita makan nasi 3 kali sehari berarti ada 750 kalori perhari belum lagi jika saat makan anda menambah nasi.

Loading...
Cara Diet Karbo

Cara Diet Karbo

Kebutuhan kalori wanita dewasa sekitar 250 sampai 300 kalori perhari. Jadi hitung berapa kelebihan kalori perhari lalu kelebihan kalori tersebut menjadi lemak yang tertimbun di dalam tubuh dan akan menaikkan berat badan.

 Menimbang dari kebiasaan orang indonesia yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok, jika menghilangkan nasi dari menu harian akan sedikit sulit sebaiknya batasi saja konsumsi nasi tiap harinya.

Jika saat ini berat badan anda sudah melebihi batas normal dan gula darah anda sudah terlanjur tinggi sebaiknya anda melakukan metode penurunan berat badan dengan cara melakukan diet karbo.

Menerapkan diet karbo untuk membantu menghilangkan lemak yang menumpuk pada tubuh anda merupakan pilihan yang sangat tepat. Beberapa orang telah berhasil menurunkan berat badan dengan menjalankan diet karbo, seperti artis Tina toon (simak: 10 Tips Diet Ala Tina Toon yang Terbukti Ampuh Membakar Lemak 25 kg)berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 25 kg selama 8 bulan dengan menjalankan menghapus nasi dari menu makanannya.

Karbohidrat juga sangat penting bagi tubuh sebagai salah satu sumber kalori yang dapat menghasilkan energi, jadi menambahkan karbohidrat dalam menu makanan anda juga sangat penting.

Lalu bagai mana caranya melakukan diet karbo tapi harus memenuhi kebutuhan karbohidrat perharinya? Caranya adalah dengan membatasi jumlah nasi yang kita konsumsi dan mengganti sumber karbohidrat yang berasal dari nasi putih dengan makanan lain yang mengandung karbohidrat kompleks yang lebih sehat dan bergizi seperti kentang, beras merah, jagung , dan ubi.

Trik Melakukan Diet Karbo

Sebelum kita melihat apa saja trik melakukan diet karbo yang benar yang dapat menurunkan berat badan, sebenarnya banyak pertanyaan tentang diet karbo yaitu apakan diet karbo ini terjamin aman bagi kesehatan?

Melihat kebiasaan kita makan nasi setiap hari jika dihilangkan takutnya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Diet karbo bukan berarti menghilangkan sumber karbohidrat dari menu harian kita hanya saja anda dapat mengurangi jumlahnya atau mengganti dengan sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti beras merah.

 Jadi anda tidak perlu khawatir diet karbo ini sangat aman dengan mengikuti beberapa trik berikut ini:

  1. Kurangi porsi nasi putih

Nasi putih merupakan makanan pokok yang selalu kita konsumsi setiap harinya. Untuk mendapatkan rasa kenyang kebanyakan orang awam mengkonsumsi nasi dalam jumlah yang bayak. Padahal gula dalam nasi dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang justru akan membuat tubuh ketagihan mengkonsumsi gula, jika itu terjadi tentu akan berakibat buruk pada tubuh.

Artikel terkait: 5 Cara Diet Tanpa Nasi, Prinsip dan Menu untuk Turun Berat Badan Lebih Cepat

Ketagihan mengkonsumsi gula akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan akan mengakibatkan obesitas akut, serta diabetes akut. Namun mengurangi jumlah karbohidrat secara drastis akan mengakibatkan kelelahan, sakit kepala, bau mulut, sembelit dan diare. Jadi kurangi jumlah karbohidrat dalam jumlah yang wajar.

Melakukan diet karbo pada dasarnya sama seperti pola diet lainnya yaitu perbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya serat yang bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama dan tidak akan menaikkan berat badan anda. sebaiknya kurangi jumlah nasi yang anda konsumsi dan menambahkan makanan yang kaya serat dan rendah kalori.

Jangan lupa penuhi kebutuhan air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda dan untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu meningkatkan konsentrasi. Minum air putih sesuai aturan yaitu sebanyak 8-10 gelas perhari.

Anda juga dapat mengganti nasi sebagai makanan pokok dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti kentang, beras merah, dan gandum utuh. Karbohidrat kompleks merupakan karbohidrat baik yang lebih lama dicerna jadi rasa kenyang akan bertahan lama.

Saat menjalankan diet karbo anda juga diperbolehkan makan camilan di waktu-waktu senggang. Tapi tetap perhatikan camilan yang anda konsumsi, tentunya harus camilan yang tidak berpotensi menaikkan berat badan seperti apel, pir, dan sereal dan roti yang terbuat dari gandum utuh

  1. Jangan tambahkan lemak dan protein

Tiga nutrisi pokok yang mengandung kalori adalah karbohidrat, protein, dan lemak sebagai sumber tenaga. Melakukan diet karbo berarti mengurangi jumlah karbohidrat namun bukan berarti anda harus menambahkan lemak dan protein dalam menu harian anda untuk menambah tenaga.

Tetap konsumsi lemak dan protein dalam jumlah yang wajah agar berat badan anda dapat turun dengan cepat dan tidak mengganggu kesehatan anda. kelebihan karbohidrat dapat menaikkan berat badan dan beresiko terkena diabetes dan darah tinggi.  Namun jika menambahkan lemak dalam menu makan anda justru akan menaikkan kadar kolesterol jahat.

Kadar kolesterol yang meningkat akan beresiko terkena serangan jantung dan kanker jadi konsumsi protein dan lemak dalam jumlah yang wajar saja. Saat melakukan diet karbo anda tetap perlu makan tepat waktu dan tetap makan tiga kali sehari

  1. Imbangi dengan olahraga

Meski telah menjalankan diet karbo dengan benar anda juga harus melakukan olahraga dengan teratur untuk membantu membakar lemak dengan cepat. Olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh anda.

Untuk menunjang keberhasilan diet anda jangan biarkan tubuh anda berdiam diri dalam waktu yang lama. lakukan kegiatan ringan seperti berjalan, menyapu dan mengepel. Serta lakukan olahraga ringan sesuai kemampuan anda seperti jogging, bersepeda, berenang, dan lari.

Olahraga selain dapat membantu membakar lemak juga dapat membantu mengencangkan kulit yang mengendur akibat turunnya berat badan.

Beberapa Menu Diet Karbo

Setelah menjalankan beberapa trik di atas saat melakukan diet karbo, anda juga dapat mengkonsumsi beberapa makan sehat saat anda makan dengan beberapa menu berikut ini :

  1. Menu Sarapan Diet Karbo

Jaga ketepatan waktu sarapan, yaitu lakukan sarapan sebelum jam 9 dengan beberapa menu ringan berikut ini, awali sarapan anda dengan minum 1 gelas air putih, lalu ditambah 6 sendok makan nasi putih ditambah 1 butir telur rebus, dan salad sayuran serta 1 gelas susu rendah lemak.

  1. Menu Makan Siang Diet Karbo

Menu makan siang anda dapat mengkonsumsi makanan berat dengan porsi yang agak banyak karena aktifitas di siang hari juga akan meningkat jadi membutuhkan sumber energi yang cukup banyak

Menu makan siang yang dianjurkan saat diet karbo berikut ini 15 sendok nasi putih, 1 porsi dada ayam panggang, salad sayuran ditaburi minyak wijen, serta segelas jus jeruk.

  1. Menu Makan Malam Diet Karbo

Di malam hari konsumsi kurangi porsi makan anda dan makan malam jangan melewati jam 8 berikut menu yang dianjurkan 1 buah kentang rebus, 1 lembar roti tawar , 1 buah apel dan 1 gelas susu rendah lemak. Jangan langsung tidur setelah makan karena akan menaikkan asam lambung. Tidurlah 2 jam setelah makan.

  1. Camilan

Saat diet karbo anda juga diperbolehkan makan kudapan diwaktu-waktu senggang atau mengemil, namun ganti kebiasaan mengemil gorengan, es krim, dan cake dengan camilan sehat yang tidak berpotensi menaikkan berat badan seperti apel, pir, melon, semangka, dan roti gandum.

  1. Konsumsi air putih

Jangan lupa tetap konsumsi air putih sesuai aturan. Hindari minum air dingin atau air es saat menjalankan diet karbo. Sebaiknya minum air putih dengan suhu ruangan atau air hangat akan lebih baik.

Itulah cara melakukan diet karbo yang tepat. Diet karbo dilarang bagi ibu hamil dan menyusui karena akan menggangu kesehatan bayi dan janin. Jika anda ingin menghilangkan nasi dari menu anda itu diperbolehkan namun anda harus mengganti sumber karbo dengan makanan pengganti seperti beras merah, kentang, dan ubi-ubian.

Loading...

Selamat mencoba semoga berhasil mendapatkan bentuk tubuh sesuai impian anda. Baca juga 9 Panduan Cara Diet Pisang yang Benar untuk Bakar Lemak Hingga 18 Kg

loading...
No Responses to “Cara Diet Karbo yang Benar serta 5 Menu Diet yang Harus Anda Ketahui”

Leave a Reply