13 Aplikasi Ibu Hamil yang Akan Menjadi ‘Dokter’ Pribadi Anda!

Aplikasi Ibu Hamil – Perkembangan teknologi saat ini telah membuat kehidupan manusia berjalan dengan lebih mudah dan lebih praktis. Dalam dunia kehamilan misal nya, saat ini sudah ada banyak program aplikasi ibu hamil yang dapat dimanfaatkan untuk membantu ibu hamil dalam merawat diri nya sendiri dan juga janin yang ada di dalam kandungan nya.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, saat ini hampir semua aspek dalam kehidupan manusia sudah bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat ponsel pintar. Dari mulai aktivitas komunikasi, sampai dengan aktivitas belajar mengajar, semua nya sudah bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat ponsel pintar.

Di dunia kehamilan sendiri, perangkat ponsel pintar saat ini sudah bisa digunakan untuk mempelajari banyak hal, termasuk salah satu nya adalah untuk mempelajari bagaimana cara merawat bayi yang benar, untuk mempelajari hal – hal yang harus dihindari dan boleh dilakukan di masa kehamilan, dan lain sebagai nya.

Beberapa Aplikasi Ibu Hamil yang Wajib untuk Anda Coba

Nah, untuk Anda kaum wanita yang tengah dalam masa kehamilan, berikut merupakan beberapa aplikasi ibu hamil yang harus Anda coba:

1. OviaPregnancyTracker

Aplikasi kehamilan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play dan Apps Store ini memiliki moto yang sederhana, yaitu “Jangan Lupa dengan Diri Anda”.

Maksud nya, seorang ibu hamil harus selalu memperhatikan kesehatan diri nya sendiri. Hal ini dikarenakan kesehatan tubuh seorang ibu hamil akan berdampak secara langsung pada kesehatan janin yang ada dalam kandungan nya.

Nah, dengan aplikasi ini, nanti nya ibu hamil akan lebih mudah dalam mengontrol tingkat kesehatan nya.Nanti nya, ketika menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan banyak tips bermanfaat, seperti tips diet yang disesuaikan dengan usia kehamilan, tips diet yang disesuaikan dengan usia Anda, tips diet yang disesuaikan dengan berat badan, dll.

Tidak hanya itu, aplikasi ini nanti nya juga bisa digunakan untuk mengecek tingkat kebugaran tubuh Anda.

Sangat bermanfaat bukan?

2. My Baby’s Beat

Sama seperti hal nya OviaPregnancyTracker, aplikasi ibu hamil yang satu ini juga bisa diunduh melalui Google Play dan Apps Store. Hanya saja, jika aplikasi yang sebelumnya bisa diunduh secara cuma – cuma alias gratis, aplikasi ini harus dibeli dengan biaya sebesar 5 USD.

My Baby’s Beat

My Baby’s Beat

Nanti nya dengan aplikasi ini, Anda akan bisa mendengarkan detak jantung janin yang ada dalam kandungan Anda.

Suara detak jantung ini nanti nya bisa Anda rekam untuk dijadikan kenang – kenangan si kecil.

3. BabyBumpPregnancy Pro

Seorang ibu hamil memang diwajibkan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan lebih banyak beristirahat di rumah. Namun begitu, bukan berarti ibu hamil dilarang untuk bergaul dengan sesama ibu hamil lain nya bukan?

Nah, dengan aplikasi ibu hamil ini, Anda nanti nya akan bisa terhubung dengan ibu hamil lain nya yang berasal dari hampir seluruh penjuru dunia.

Nanti nya, melalui aplikasi ini, Anda dan ibu hamil lain nya bisa saling bertukar informasi dan pengalaman selama menjalani masa kehamilan.

Jadi bisa dibilang aplikasi ini adalah aplikasi sosmed nya ibu hamil.

4. MommyMeds

Aplikasi ibu hamil yang satu ini merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu ibu hamil dalam menentukan jenis obat yang aman untuk setiap tahap kehamilan.

Dengan aplikasi ini, ibu hamil nanti nya akan bisa mengetahui kira – kira jenis obat apa saja yang aman untuk dikonsumsi di tahap kehamilan mereka saat ini. Selain itu, dengan aplikasi ini, ibu hamil nanti nya juga akan diberi tahu tentang besaran dosis yang aman, efek samping yang ditimbulkan jenis obat tertentu, dan lain sebagai nya.

5. WhattoExpect

Aplikasi ibu hamil yang satu ini sangat pas untuk Anda yang baru pertama kali hamil. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang berkaitan dengan masa kehamilan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini nanti nya juga akan menyediakan banyak tips dan info bermanfaat untuk para pengguna nya secara uptodate.

6. Baby Names!!

Meski pun terlihat sepele, bagi sebagian orang, menentukan nama bayi bukan lah pekerjaan yang mudah.

Nah, berangkat dari hal tersebut, pengembang aplikasi ini akhir nya membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu para calon orang tua (terutama ibu hamil) untuk mendapatkan ide nama untuk calon bayi mereka.

Saat ini, aplikasi ini memuat sekitar 30 puluh ribu nama bayi yang dilengkapi dengan arti dan makna yang terdapat di dalam nya.

Tidak hanya itu, data nama yang ada pada aplikasi ini juga selalu diupdate secara regular, dan dikelompokkan berdasarkan tingkat popularitas,  jenis kelamin, abjad, dan lain sebagai nya.

7. SproutPregnancy

SproutPregnancy merupakan aplikasi ibu hamil yang ditujukan untuk membantu ibu hamil dalam mengabadikan momen – momen penting yang dialami selama masa kehamilan.

Sprout Pregnancy

Sprout Pregnancy

Dengan aplikasi gratis ini, ibu hamil nanti nya akan bisa mengedit dan mengumpulkan gambar – gambar yang ditangkap selama masa kehamilan. Dengan begitu, nanti nya setelah lahir, anak akan bisa melihat momen – momen penting yang terjadi selama ia berada dalam kandungan.

Saat ini aplikasi ini sudah tersedia untuk perangkat ponsel pintar bersistem operasi Android dan iOs. Bila Anda tertarik Anda dapat mengunduh nya secara cuma – cuma dari toko aplikasi Google Play Store dan App Store.

Simak juga: Daftar Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Janin Sehat

8. Pregnancy++

Pregnancy++ adalah program aplikasi ibu hamil yang ditujukan untuk memudahkan ibu hamil dalam memilih makanan yang harus dikonsumsi di tiap tahap masa kehamilan.

Pregnancy++

Pregnancy++

Dengan aplikasi ini, Anda nanti nya akan bisa memilah bahan makanan yang apa yang sebaik nya Anda konsumsi dan bahan makanan apa saja yang sebaik nya Anda hindari di tahap kehamilan yang sedang Anda jalani.

Aplikasi ini saat ini sudah tersedia untuk perangkat ponsel pintar bersistem operasi iOS dan Android. Hanya saja, untuk mengunduh dan memasang aplikasi ini di perangkat ponsel pintar milik Anda, Anda diwajibkan untuk membayar biaya pemasangan sebesar 4 dollar Amerika Serikat.

9. Full Term

Aplikasi ibu hamil selanjutnya yang sebaiknya anda pasang yaitu Full term. Aplikasi ini akan membantumu melacak seberapa parah kram yang dialami dengan cara menghitung waktunya. Aplikasi juga bisa memprediksi kemungkinan kram itu muncul.

Full Term

Full Term

10. Hallobumil

Aplikasi ibu hamil yang sebaiknya anda punya yaitu Hallobumil yang akan memberikan informasi rutin informasi terupdate setiap pekannya kepada ibu hamil.

Aplikasi ini akan memberian anda informasi berupa timeline monitoring kehamilan, lengkap dengan informasi terkait kondisi yang dirasakan saat itu secara tepat waktu.

Dengan bantuan aplikasi ini anda dapat mengetahui bagaimana kondisi janin dengan mengikuti perkembangan bertahap yang dilengkapi dengan highlight pertumbuhan janin. Jika terjadi sesuatu dengan kehamilan yang tidak sesuai dengan timeline, kita bisa mengetahuinya lebih awal.

Selain itu, aplikasi bumil yang canggih ini anda memiliki fitur kontrol kehamilan yang disesuaikan dengan berat badan si ibu. Cukup dengan memasukkan berat badan, kita bisa memantau kondisi perkembangan janin di setiap minggunya.

Artikel terkait: 26 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil dan Janin

11. My Pregnancy Today

Selanjutnya bumil juga bisa menginstall aplikasi My Pregnancy Today yang merupakan miliki dari Baby Center. Aplikasi ini memberikan informasi tentang kehamilan sesuai dengan usia kandungan saat ini.

Dengan menggunakan aplikasi My Pregnancy Today, anda bisa langsung melihat janin anda dalam bentuk animasi. Anda bisa melihat video janin anda yang akan menggambarkan janin anda atau mendekati.

Fitur aplikasi My Pregnancy Today juga menawarkan fitur selfie setiap minggu kehamilan. Paling penting, kita bisa mencatat kontraksi yang terjadi jelang melahirkan.

12. Pregnancy Assistant

Selanjutnya, aplikasi Ibu hamil Pregnancy Assistant bisa anda jadikan teman untuk masa kehamilan anda. Aplikasi ini memiliki navigasi yang cukup mudah sehingga bisa digunakan oleh bumil yang kurang mahir menggunakan smartphone sekalipun.

Bumil begitu membuka aplikasi ini akan langsung diminta untuk memasukkan informasi berupa hari pertama menstruasi terakhir. Anda juga bisa menyimpan catatan mingguan untuk ditanyakan ke dokter atau bahkan nasihat dokter setelah melakukan check up. Setiap minggu, Anda akan mendapatkan notifikasi perkembangan janin di ponsel dalam bentuk visual yang menarik.

Simak juga: 15 Khasiat Buah Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil dan Janin

13. mPregnancy

Aplikasi ibu hamil yang terakhir adalah mPregnancy. Sebenarnya aplikasi ini lebih ditujukan untuk si ayah. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna iPhone, aplikasi ini memberitahukan perkembangan kehamilan dengan cara membandingkan besar janin dengan tutup botol minuman! Sangat mudah digunakan untuk para calon ayah dan calon ibu karena informasinya cukup lengkap dalam membahas perkembangan janin.

Itu lah beberapa program aplikasi ibu hamil yang bisa Anda coba di perangkat ponsel pintar Anda.

Penting untuk diingat, semua informasi yang terdapat dalam aplikasi tersebut sebaik nya hanya digunakan sebagai panduan informasi saja. Dalam hal ini, sebisa mungkin hindari lah menggunakan informasi yang ada pada semua program aplikasi di atas sebagai rujukan untuk mengambil keputusan yang terkait dengan kehamilan Anda.

Kalau pun Anda ingin menggunakan informasi yang ada pada aplikasi tersebut sebagai rujukan untuk mengambil keputusan terkait dengan kehamilan Anda, Anda harus mengkonfirmasi nya terlebih dahulu ke tim dokter / bidan yang menangani kehamilan Anda.

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya! Simak juga: 15 Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil dan Janin

Leave a Reply