13 Aplikasi Kesehatan yang Sebaiknya Ada di Smartphone Anda!

Aplikasi kesehatan untuk perangkat ponsel pintar saat ini sudah bisa didapatkan dengan cukup mudah. Dengan menggunakan aplikasi – aplikasi tersebut, kita nanti nya akan banyak dimudahkan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, saat ini kita tengah hidup di era teknologi. Dengan memanfaatkan hasil temuan yang ada pada saat ini, kita bisa hidup dengan lebih mudah, lebih cepat, dan juga lebih sehat.

Dalam dunia kesehatan misal nya, dengan menggunakan aplikasi kesehatan yang ada pada perangkat ponsel pintar kita saat ini sudah bisa mengukur tekanan darah, detak jantung, dan lain sebagai nya.

Nah, berhubungan dengan hal itu, pada kesempatan kali ini, tim penulis ceksehat akan membagikan sedikit ulasan mengenai beberapa aplikasi kesehatan yangada di perangkat ponsel pintar Android dan iOs.

Beberapa Aplikasi Kesehatan yang Harus Anda Coba

Berikut merupakan beberapa program aplikasi kesehatan yang telah terbukti dapat membantu banyak pengguna nya untuk menjaga kesehatan tubuh:

1. DokterBabe

DokterBabe merupakan aplikasi kesehatan yang ditujukan sebagai wadah dan sumber informasi seputar kesehatan. Di aplikasi ini Anda bisa membaca berbagai macam artikel yang berkaitan dengan dunia kesehatan.

DokterBabe

DokterBabe

Tidak hanya itu, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga bisa melakukan konsultasi terkait dengan masalah kesehatan yang Anda alami. Dengan begitu, nanti nya Anda akan bisa mendapatkan informasi awal mengenai permasalahan kesehatan Anda sebelum Anda pergi ke dokter.

Simak juga: Pusing Setelah Makan: Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Nike Boom

Nike Boom merupakan program aplikasi kesehatan yang ditujukan untuk membantu aktivitas olahraga harian pengguna nya. Di aplikasi ini, para pengguna ponsel pintar bisa mendapatkan panduan olahraga dari para atlet olahraga terkenal.

Nike Boom

Nike Boom

Tidak hanya itu, program aplikasi ini juga bisa Anda jadikan sebagai mood booster untuk berolahraga. Pasal nya, selain berisi tentang panduan olahraga, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk memutar aneka jenis musik yang dapat membangkitkan semangat olahraga.

3. Calorie Counter

Jumlah asupan kalori dalam tubuh kita sangat penting untuk diperhitungkan. Kenapa? Karena jika asupan kalori yang kita konsumsi terlalu banyak, maka tubuh akan berpotensi mengalami obesitas. Sebaliknya, jika asupan kalori yang kita konsumsi terlalu sedikit, maka tubuh akan berada dalam kondisi yang tidak fit dan bahkan akan menjadi rentan terserang penyakit.

Calorie Counter

Calorie Counter

Nah, untuk Anda yang saat ini masih belum bisa menghitung jumlah asupan kalori sendiri, Anda dapat memanfaatkan program aplikasi kesehatan Calorie Counter.

Nanti nya selain bisa digunakan untuk menghitung jumlah kalori yang ada dalam makanan yang Anda konsumsi, aplikasi ini juga bisa membantu Anda dalam merancang program diet dan memilih jenis makanan apa saja yang perlu Anda konsumsi setiap hari.

4. iTriage Health

iTriage Health adalah aplikasi kesehatan yang dibuat secara khusus untuk membantu para pengguna ponsel pintar dalam melakukan diagnosa penyakit. Dalam aplikasi ini, Anda akan menemukan banyak informasi terkait dengan gejala – gejala penyakit yang sering dialami oleh banyak orang.

Sayang nya, saat ini aplikasi ini masih belum tersedia dalam bahasa Indonesia. Sehingga untuk menggunakan nya, Anda harus memahami bahasa Inggris.

5. Pocket Doctor

Sama seperti hal nya iTriage Health, aplikasi kesehatan Pocket Doctor juga ditujukan untuk membantu para pengguna nya dalam mendeteksi gejala penyakit. Hanya saja, jika tampilan interface aplikasi iTriage Health cenderung agak sedikit rumit, aplikasi ini memiliki tampilan interface yang jauh lebih sederhana.

Selain itu, dalam aplikasi ini, para pengguna nya juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas lain nya, seperti: mencari informasi terkait dengan istilah – istilah kesehatan, mengukur keseimbangan tinggi dan berat badan, dsb.

6. ePocrates

ePocrates adalah aplikasi kesehatan khusus yang dibuat untuk memudahkan para pengguna ponsel pintar dalam mencari informasi seputar obat – obatan. Menurut sumber referensi yang kami baca, aplikasi ini banyak digunakan oleh dokter di USA untuk memberikan referensi obat ke para pasien mereka.

Nah, jika dokter profesional yang ada di USA saja menggunakan aplikasi ini, maka tingkat kebenaran informasi dan data yang ada pada aplikasi ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

7. Nike+ Training App (NTC)

Nike+ Training App merupakan aplikasi kesehatan yang ditujukan untuk membantu para pengguna nya untuk melakukan aktivitas latihan dan olahraga. Di aplikasi ini Anda bisa mendapatkan lebih dari 100 rangkaian latihan yang bervariasi.

Dari mulai aktivitas latihan yang ringan untuk pemula, sampai dengan yang latihan yang berat untuk para pecinta olahraga sejati, semua nya sudah tersedia di aplikasi ini.

Tidak hanya itu, di aplikasi ini Anda juga dapat menyesuaikan program latihan dan olahraga Anda dengan menggunakan opsi interval waktu tertentu. Opsi interval waktu ini tersedia dari mulai yang tercepat sekitar 6 menit dan yang terlama selama sekitar 45 menit.

8. Clue

Khusus untuk kaum wanita, aplikasi kesehatan yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui periode menstruasi Anda.Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui perkiraan hari dimana siklus menstruasi Anda akan di mulai dankapan siklus subur organ reproduksi Anda akanterjadi.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan sebagai reminder untuk melakukan berbagai macam aktivitas kesehatan, seperti reminder untuk aktivitas breast check, reminder untuk aktivitas seksual, dan lain sebagai nya.

9. Headspace

Khusus untuk Anda yang hobi melakukan meditasi, aplikasi kesehatan bernama Headspace ini benar – benar sangat pas untuk Anda.Dengan aplikasi ini, Anda dapat menemukan berbagai macam tips bermanfaat seputar aktivitas meditasi.

Tidak hanya itu, di aplikasi ini, Anda juga bisa mendapatkan panduan meditasi khusus yang ditujukan untuk goal – goal tertentu, seperti untuk memperbaiki kualitas tidur, untuk meningkatkan kemampuan fokus, untuk mengurangi kecemasan, dan lain sebagai nya.

Oh ia, sekedar informasi, aplikasi kesehatan yang satu ini banyak digunakan oleh artis – artis ternama dunia lho. Sebut saja Emma Watson. Artis cantik yang satu ini kabar nya selalu menggunakan aplikasi ini untuk aktivitas meditasi nya setiap hari.

10. BMI Calculator

Aplikasi kesehatan yang sebaiknya anda install di smartphone anda selanjutnya adalah BMI Calculator. BMI sendiri singkatan dari Body Mass Index. Dengan BMI Calculator ini, Anda dapat menghitung, menentukan dan memastikan tidak kelebihan berat badan.

BMI Calculator

BMI Calculator

Aplikasi ini wajib diinstall oleh anda yang memiliki berat bada agak berlebih supaya dapat mengontrol BB anda secara berkala. Karena bisa terlalu gemuk tentu kondisi tubuh anda akan mudah terkena berbagai penyakit.

11. Instant Heart Rate Pro

Aplikasi kesehatan yang cukup penting selanjutnya adalah Instant Heart Rate Pro. Aplikasi ini membantu penggunanya untuk mengetahui kondisi jatungnya terkini.

Jantung merupakan organ vital yang sangat berpengaruh terhadap tubuh kita. Jika jantung kita bermasalah maka akan mengakibatkan masalah fatal lain bagi tubuh kita.

Jantung yang fungsinya memompa dan menyaring darah ini harus diperhatikan kondisi kesehatannya sejak dini. Makanan berlemak, dan pola hidup tidak sehat sangat mempengaruhi kondisi kesehatan jantung.

Para pengguna smartphone atau tablet Android dapat mendeteksi bahwa  jantung mereka tetap sehat. Anda hanya meletakkan jari telunjuk pada kamera telepon, beberapa detik kemudian monitor akan menunjukkan denyut jantung pengguna. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang punya masalah dengan jantung.

12. Periksa Jantung

Nama aplikasi kesehatan berikutnya adalah “Periksa jantung”. Aplikasi ini merupakan bikinan anak negeri. Aplikasi yang satu ini akan menjadi asisten pribadi anda untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung anda.

Bahkan anda dapat menganalisa serta mengkalkulasi segala faktor resiko penyakit jantung hingga 10 tahun kedepan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga bisa memeriksa apakah kamu memiliki potensi penyakit jantung atau tidak.

Dengan menggunakan aplikasi ini juga para penggunanya dapat mengecek kesehatan jantungmu berdasarkan nilai kadar darah yang ada di tubuhmu. Dengan begitu kamu bisa tahu apakah kamu memiliki kolesterol yang tinggi dan dapat menyebabkan diabetes ataupun tidak.

13. Periksa Kesehatan

Aplikasi kesehatan yang terakhir dari kami adalah “periksa kesehatan”. Aplikasi ini juga merupakan buatan anak negeri yang bisa kita unduh secara gratis di Google Play/ Aplikasi ini bermanfaat untuk mengukur tekanan darah android sampai aplikasi cek kesehatan tubuh. Penasaran ingin mencoba aplikasi ini? Segera unduh melalui smartphone androidmu ya.

Periksa Kesehatan - Aplikasi Kesehatan

Periksa Kesehatan – Aplikasi Kesehatan

Nah, jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu atau beberapa aplikasi kesehatan di atas? Atau Anda memiliki alternatif aplikasi yang lain?

Apa pun pilihan Anda nanti nya (akan menggunakan aplikasi kesehatan di atas atau tidak), Anda sepenuhnya harus menyadari bahwa semua yang ada pada aplikasi tersebut hanya lah rekomendasi belaka.

Dalam hal ini, Anda tetap harus menyesuaikan nya dengan kondisi tubuh Anda. Contoh nya, jika dalam aplikasi tersebut Anda disarankan untuk mengonsumsi udang, sedangkan dalam dunia nyata Anda memiliki reaksi alergi terhadap makanan laut, maka Anda tetap harus menghindari nya.

Di lain sisi, khusus untuk penggunaan obat – obatan, jika Anda mendapatkan rekomendasi obat – obatan dari aplikasi kesehatan di atas, sebelum menggunakan nya, Anda kami sarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Selamat mencoba aplikasi di atas, dan semoga bermanfaat ya! Jangan lewatkan juga: 13 Aplikasi Ibu Hamil yang Akan Menjadi ‘Dokter’ Pribadi Anda!

Leave a Reply