Daftar Buah Penurun Kolesterol yang Sehat Dikonsumsi

Buah penurun kolesterol – Kolesterol tinggi saat ini menjadi penyakit yang umum terjadi. Hal ini disebabkan munculnya berbagai rumah makan yang menyajikan makanan yang mengandung berlemak serta makanan cepat saji atau junk food.

Belum lagi kebiasaan hidup yang buruk akan mengundang kolesterol jahat semakin tinggi seperti malas melakukan gerakan fisik, kebiasaan merokok, minuman beralkohol serta masih banyak lagi yang lainnya.

Peningkatan jumlah kolesterol jahat dalam darah jika tidak dikendalikan secepatnya atau diturunkan dapat berakibat serangan jantung dan stroke yang dapat berujung kematian. Untuk itu pengobatan dan pencegahan wajib dilakukan agar tubuh kita selalu sehat hingga masa tua nanti.

Menjaga kadar kolesterol tetap normal sebenarnya sangatlah mudah tidak membutuhkan pengobatan yang mahal. Hanya saja anda harus memulai pola hidup dan pola makan yang baik sedini mungkin.

Salah satu cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah penurun kolesterol. Buah penurun kolesterol ini sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kandungan serat serta nutrisi lain pada buah dapat membantu mencegah penyerapan kolesterol jahat.

Buah penurun kolesterol

Buah penurun kolesterol

Selain itu kandungan penting dalam buah-buahan juga dapat menekan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan mengkonsumsi buah secara teratur tubuh juga akan terjaga kesehatannya serta kulit juga dapat menjadi lebih cantik dan sehat.

Fakta Seputar Kolesterol

Baik kolesterol jahat maupun kolesterol baik sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh dengan fungsinya masing-masing. Namun jika kadarnya melebihi batas normal maka akan berakibat fatal. Berbagai penyakit akan menyerang tubuh akibat kolesterol tinggi.

Tingginya kadar kolesterol jahat akan menyebabkan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah sehingga akan menghambat aliran darah. Hal ini akan semakin serius ketiak terjadi penyempitan arteri yang menyebabkan serangan jantung.

Kadar kolesterol yang mencapai 240 akan menyebabkan pengapuran atau pengerasan dinding pembuluh darah. Kolesterol ini sejenis lemak yang menumpuk pada pembuluh darah. Namun bukan semua kolesterol merugikan ada juga kolesterol baik yang membantu menjaga kenormalan kadar kolesterol jahat.

Artikel terkait: Daftar Makanan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

Beberapa jenis buah penurun kolesterol

Untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam  darah anda bisa mengkonsumsi buah penurun kolesterol secara teratur. Jika anda belum mengetahui jenis buah yang dianjurkan bagi penderita kolesterol sebaiknya anda simak ulasan di bawah ini:

  • Jeruk nipis: jeruk nipis menjadi buah pertama yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sebab jeruk nipis mengandung flavonoid yang dapat menghambat produksi kolesterol jahat. Selain itu kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan akan membantu melawan kolesterol jahat
  • Jambu biji/jambu merah: kandungan antioksidan pada jambu biji ini sangat baik untuk membantu menormalkan kadar kolesterol dalam darah dan membantu menghambat pembentukan plak sehingga anda juga akan terhindar dari resiko serangan jantung koroner. Selain itu kandungan likopen pada jambu biji akan mengendalikan jumlah kolesterol dalam darah
  • Delima: delima juga termasuk buah penurun kolesterol sebab buah delima juga tinggi antiokasida yang akan membantu melawan dan mencegah naiknya kadar kolesterol jahat
  • Alpukat: siapa yang tidak mengenal buah alpukat yang kaya akan sumber lemak nabatinya. Kandungan lemak baik ini akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan kadar kolesterol jahat.
  • Mangga: buah penurun kolesterol berikutnya adalah buah mangga. Buah ini memiliki kandungan serat yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dan kandungan vitamin C nya mampu mencegah pembentukan plak yang menyebabkan terhambatnya aliran darah
  • Blueberry: buah jenis berry kebanyakan memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berperan penting dalam menekan kadar kolesterol jahat. Selain itu buah blueberry juga memiliki kandungan terostilbene yang dapat menghambat peningkatan kolesterol
  • Buah anggur: buah anggur juga sangat baik dikonsumsi penderita kolesterol sebab buah ini memiliki kandungan flavonoid yang baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang menumpuk dalam darah. Dengan begitu penumpukan plak dan penyempitan arteri dapat dicegah dengan mudah dan tubuh akan terhindar dari serangan jantung.
  • Buah zaitun: buah yang satu ini juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang merupakan kolesterol baik yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat. Selain itu berbagai kandungan pada buah zaitun seperti antioksidan yang mampu melawan kolesterol. Selain itu buah ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Selain mengkonsumsi buahnya secara langsung anda juga bisa mengkonsumsi minyak zaitun yang dicampur dengan salad. Simak juga: 31 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami
  • Jeruk lemon: kandungan vitamin C pada lemon akan membantu melawan kolesterol jahat dan membuat kadarnya menjadi normal kembali. Selain itu antioksidannya juga akan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan kolesterol
  • Tomat: buah penurun kolesterol selanjutnya adalah tomat. Kandungan licopene pada buah tomat sangat baik untuk membantu melawan pembentukan plak dengan menurunkan kadar kolesterol dengan cepat.
  • Strawberry: buah strawberry biasanya sering dijadikan jus dan selai. Karena buah ini memiliki rasa yang cukup lezat. Selain itu berbagai kandungan pada buah strawberry juga sangat baik bagi tubuh. Kandungan antioksidannya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Sebaiknya konsumsi jus strawberry atau buahnya secara langsung secara rutin agar kolesterol dalam darah anda cepat turun
  • Apel: buah apel memang memiliki banyak fungsi bagi kesehatan dan kecantikan. Berbagai kandungan pada buah apel dapat membantu menekan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain itu buah ini juga baik dikonsumsi bagi penderita obesitas dan diabetes melitus.
  • Semangka: buah yang kaya kandungan air ini ternyata juga memiliki kandungan lycopene yang dapat menekan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu mengkonsumsi buah semangka juga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda.
  • Buah pir: buah pir memiliki kandungan serta larut air yang akan membantu menghambat penyerapan kolesterol sehingga sangat baik dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Selain itu kandungan pektin yang terdapat pada buah pir akan membantu menyehatkan saluran pencernaan, membantu membersihkan usus, serta memperlancar proses pembuangan
  • Pisang: kandungan serat tinggi pada buah pisang akan membantu menghambat penyerapan kolesterol dan membantu melarutkan kolesterol kemudian membuangnya melalui buang air besar. Selain itu pisang juga tinggi kalium yang baik bagi penderita hipertensi dan baik untuk memelihara kesehatan jantung anda.
  • Buah naga: siapa yang tidak mengenal buah naga yang memiliki rasa yang sangat lezat ini? Selain rasanya yang lezat dan manis buah naga juga memiliki kandungan antioksidan yang memiliki fungsi dapat menurunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur juga akan memberikan banyak kelebihan lain seperti akan membuat kulit menjadi kencang, halus dan sehat.

Simak juga: Daftar Sayuran Penurun Kolesterol yang Sehat Dikonsumsi!

Makanan yang dapat meningkatkan kolesterol

Kolesterol tinggi memang memiliki kaitan yang sangat erat dengan makanan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi makan yang salah dapat menyebabkan naiknya kolesterol berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah seperti:

  • Mentega
  • Jeroan
  • Seafood
  • Otak
  • Minyak goreng yang berasal dari olahan kelapa sawit
  • Daging tinggi lemak
  • Kulit unggas
  • Susu tinggi lemak
  • Makanan yang digoreng
  • Makanan yang mengandung lemak trans
  • Kuning telur
  • Makanan bersantan

Demikianlah beberapa jenis buah penurun kolesterol yang baik dikonsumsi secara teratur agar kadar kolesterol menjadi normal kembali. Serta jauhi hal-hal yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Selamat mencoba semoga berhasil. Simak juga Pantangan Penyakit Kolesterol yang Wajib Anda Hindari Sejak Saat ini!

Leave a Reply