Daftar Buah untuk Penderita Penyakit Diabetes

Buah untuk Diabetes – Apakah anda termasuk salah satu penderita diabetes melitus? Penyakit diabetese semakin hari terus meningkat angka penderitanya. Selain karena gaya hidup yang tidak sehat juga karena pola makan yang salah menjadi pemicu semakin tingginya angka penderita diabetes.

Ada banyak pantangan penderita diabetes. Jika salah-salah saja makan, maka kadar gula darah bisa naik dan bisa berakibat fatal tentunya. Beberapa pantangan penderita diabetes seperti: roti tawar putih, daging berlemak, ayam goreng, ikan goreng, pisang goreng, kentang goreng, kulit ayam dsb.

Wah, ada banyak sekali ternyata ya pantangan penderita diabetes? Lalu kira-kira makanan apa yang baik untuk penderita diabetes? Kali ini Ceksehat ingin berbagi informasi buah untuk diabetes, ada beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Apa saja buah yang baik untuk penderita diabetes? Ada banyak buah untuk diabetes yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Perlu diketahui bawah buah merupakan sumber alami vitamin, mineral, dan serat yang berperan penting bagi metabolisme tubuh. Selain itu, buah juga merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik secara kuantitas dibandingkan sayuran. Keunggulan lainnya adalah rendahnya lemak dan sodium yang dikandung buah-buahan. Walau terdapat satu pengecualian, yaitu pada buah alpukat, karena buah ini memiliki kandungan lemak yang tinggi.

buah untuk diabetes

Buah untuk Diabetes

Makan makanan yang sehat adalah cara yang efektif untuk menjaga kadar glukosa darah agar tetap seimbang dan terkendali, khusus bagi penderita diabetes ini berarti ia diharuskan makan makanan yang rendah gula, garam dan lemak. Nah salah satu cara menjaga agar gula tidak naik adalah konsumsi buah untuk penderita diabetes yang aman.

Makanan Sehat untuk Diabetes

Selain buah untuk diabetes, ada juga beberapa makanan yang baik untuk anda konsumsi, diantaranya:

  • Gandum, misalnya tepung gandum, sereal gandum, roti gandum
  • Beras merah
  • Ubi jalar
  • Jagung

Daftar Buah untuk Diabetes yang Baik Dikonsumsi Rutin

Berikut daftar buah untuk diabetes yang biak dan aman untuk dikonsumsu secara rutin:

1. Kiwi

Buah untuk diabetes yang pertama adalah buah kiwi. Buah ini aman dan sehat untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kenapa aman? Berikut ini beberapa alasannya yang mesti nada ketahui:

  • Alasan yang pertama adalah karena buah ini mengandung fruktosa dan serat yang mudah dicerna oleh tubuh, serta memiliki kandungan glikemik yang rendah, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah.
  • Selanjutnya, buah kiwi juga mengandung insitol dalam dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga dapat meningkatkan kinerja insulin untuk menyerap glukosa dan mengurangi kadar gula yang mengalir dalam darah.
  • Buah kiwi juga mengandung lemak yang rendah lemak sehingga dapat membantu mengontrol kenaikan berat badan penderita diabetes.
  • Buah kiwi juga mengandung fitonutrient yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap DNA dari bahaya kerusakan oksigen dalam tubuh.
  • Alasanan yang terakhir adalah karena buah kiwi kaya akan vitamin A dan C yang bermanfaat untuk proses penyembuhan diabetes.

Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah kiwi.

2. Plum

Buah untuk diabetes yang selanjutnya adalah buah plum. Buah ini mungkin masih belum familiar di telinga kita. Buah plum membantu mengubah pati menjadi energi serta menjaga gula darah dalam tubuh tetap normal karena kandungan glikemik dalam buah plum yang rendah. Buah plum adalah jenis buah untuk diabetes yang sangat aman. Buah ini juga dapat mengurangi frekuaensi sering buang air kecil pada penderita diabetes.

Kandungan Plum

  • Kalori 46.0(193 kJ), 2% DV
    • Kalori dari karbohidrat 41.3 (173 kJ)
    • Kalori dari lemak 2.3(9.6 kJ)
    • Kalori dari protein 2.4(10.0 kJ)

Nah kalori dari buah ini juga sangat kecil, per 1000 gram hanya memenuhi 2 % dari kebutuhan harian tubuh. Buah Plum adalah jenis buah untuk diabetes yang aman karena index glikemik yang rendah.

3. Apel

Apel merupakan buah untuk diabetes selanjtunya yang aman dan dan menyehatkan. Apel bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Tidak hanya itu, buah apel juga mengandung pektin yang dapat membantu mengendalikan gula darah dan fungsi usus, selain itu anti inflamasi yang ada dalam buah ini memungkinkan pemulihan kesehatan si penderita lebih cepat.

4. Aprikot

Baru pertama mendengar nama buah aprikot? Buah aprikot juga termasuk buah untuk diabetes yang safe dan menyehatkan. Berikut ini beberapa alasanya:

  • Alasana bua aprikot aman untuk penderita diabetes adalah karenan buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah, memungkinkan buah ini untuk dapat membantu mengontrol dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
  • Alasan yang kedua adalah karena kandungan serat pada buah ini dapat membantu mengontrol pelepasan gula dalam aliran darah, serta dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk merespon insulin, yang natinya akan membantu mengontrol gula darah.
  • Alasan terakhir adalah karena buah aprikot mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh

Buah aprikot adalah salah satu jenis buah yang dapat dimanfaatkan oleh para penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol gula darah.

5. Pisang

Buah pisang menjadi buah diabetes selanjutnya. Buah ini juga sangat ramah terhadap penderita diabetes, hal ini dikarenakanL

  • Pertama, buah pisang memiliki kandungan mineral yang dapat membantu mengontrol tekanan darah
  • Alasan selanjutnya adalah karena buah pisang dapat membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat bagi penderita diabetes.
  • Alasan yang terakhir adalah karena buah pisang memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah, yang akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah penderita diabetes.

6. Buah Berry

Buah berry juga termasuk buah untuk diabetes yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Ada banyak jenis buah berry, seperti strawberry, blackberry, raspberry, cranberry, boysenberry serta blueberry.

Berikut ini beberapa alasan kenapa buah berry baik untuk penderita diabetes:

  • Yang pertama, karena buah berry mengandung lebih dari 85% air di dalamnya, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, serta membantu mengelola kadar gula dalam darah.
  • Buah berr juga mengandung folat dan vitamin B dapat membantu menjaga kesuburan rambut serta dapat membantu mengatasi gannguan kardiovaskular.
  • Alasan yang terakhir adalah karena buah berry mengandung antioksidan yang mampu mengobati sejenis penyakit arthristis, masalah penglihatan (seperti katarak), serta berkurangnya daya ingat terutama pada lansia.

7. Nanas

Buah untuk diabetes selanjutnya adalah nanas. Buah ini mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, diantaranya seperti karbohidrat, vitamin C, dan kalsium yang bermanfaat untuk penderita diabetes. Nutrisi yang ditemukan dalam buah nanas merupakan bagian dari diet sehat bagi penderita diabetes.

Selain itu nanas juga tidak memiliki kandungan kolesterol, lemak, serta lemak jenuh. Dengan mengkonsumsi buah ini sekitar 15 gr perhari merupakan suatu diet yang sehat bagi penderita diabetes.

8. Belimbing

Star fruit atau belimbing juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, hal ini dikarenakan:

  • Pertama, buah nanas mengandung kalori dan lemak yang sangat rendah, sehingga sangat aman dikonsumsi penderita diabetes.
  • Kandungan serta pada buah belimbing juga sangat tinggi sehingga mampu menyerap glukosa, menunda penyebaran glukosa, serta dapat menunda pelepasan glukosa dari pati. Sehingga dapat membantu menurunkan gula darah. Akan tetapi bagi pasien komplikasi nefropati, sebaiknya menghindari buah belimbing.

9. Anggur

Buah untuk diabetes selanjutnya adalah anggur. Buah ini juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena:

  • Pertama, buah ini mengandung fruktosa yang yang dapat menyerap glukosa dengan cepat.
  • Buah anggur juga mengandung serat yang bai untuk penderita diabetes
  • Buah anggur juga mengadung beta karoten, vitamin, antioksidan, polifenol serta kalium yang dapat memperlambat perkembangan diabetes type 1 dan dapat membantu mengurangi tekanan darah serta mencegah terjadinya resistensi insulin pada penderita diabetes type 2.

10. Mangga

Anda suka mengkonsumsi buah mangga? Buah ini juga baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan:

  • Pertama, buah mangga mengandung polifenol yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  • Buah mangga juga mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh bagi penderita diabetes.
  • Alasan yang terakhir adalah karena kandungan vitamin A, C, B6 dan serat pada buah mangga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes.

11. Jeruk

Buah jeruk juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jadi jangan khawatir bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Alasannya adalah karena:

  • Buah ini memiliki kandungan naringenin, sejenis antioksidan yang dapat membantu mempertahankan berat ideal serta dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Zat ini biasanya terdapat pada kulit jeruk yang mengakibatkan rasanya pahit. Naringenin juga dipercaya dapat membantu proses pembakaran lemak di hati, serta dapat menurunkan rosiglitazone dan fenofibratepada terapi diabetes.
  • Selanjutnya, jeruk juga mengandung karbohidrat, serta zat gula baik glukosa, sukrosa, maupun fruktosa.
  • Jeruk memiliki peringkat 48 pada indeks glikemik. Serat yang tinggi dan kandungan vitamin C dari jeruk membantu mengontrol kadar gula darah.

12. Pir

Buah yang mirip dengan buah apel ini juga baik untuk penderita diabetes. Beberapa alasannya dikarenakan:

  • Buah pir mengandung antosianin dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi resisttensi insulin pada penderita diabetes.
  • Selain itu, buah ini juga mengandung serta yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan membantu kelancaran sistem metabolisme dalam tubuh.
  • Selain mengandung serat, buah pir juga memiliki banyak nutrisi lain seperti: vitamin A, B1, B2, C, E, asam folat, niasin, tembaga, fosfor, kalium, kalsium, besi dan magnesium.
  • Pir memiliki peringkat 38 pada indeks glikemik. Pir Cina memiliki sifat yang paling baik, tetapi semua pir membantu penderita diabetes meningkatkan kadar gula darah. Pir membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memiliki sifat antioksidan.

13. Pepaya

Buah pepaya juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, hal ini dikarenakan:

  • Pertama, buah pepaya mengandung kadar glukosa dalam buah pepaya sangat rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.
  • Selanjutnya, buah pepaya juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan sel-sel dalam tubuh.
  • Buah pepaya juga mengandung serat yang dapat dimanfaatkan untuk diet sehat penderita diabetes.

14. Cherry

Buah cerry juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, beberapa alasannya adalah karena:

  • Pertama buah cerry mengandung antosianin yang dapat mampu meningkatkan insulin yang membantu mengontrol kadar gula dalam darah.
  • Bukan hanya buahnya yang bermanfaat, daun cerry mengandung saponin dan flavonoid yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah serta membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang mampu mensekresikan insulin.

15. Semangka

Buah yang kaya dengan air ini juga baik dikonsusi oleh penderita diabetes, alasannya adalah karena:

  • Pertama buah ini mengandung karbohidrat dan kalori yang rendah
  • Selanjutnya, buah ini juga memiliki kandungan gula alami (fruktosa)
  • Buah semangka juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang dapat berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk perbaikan sel-sel tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, mampu melawan radikal bebas, serta baik untuk kesehatan mata.
  • Selain vitmain di atas, buah semangka juga memiliki kandungan vitamin B1 dan B6 yang dapat melengkapi energi dalam tubuh.
  • Buah semangka juga mengandung magnesium dan potasium yang dapat membantu melancarkan peredaran darah.
  • Alasan terakhir adalah karena buah semangka mengandung lycopene yang membantu menjaga tubuh dari serangan penyakit jantung serta penyakit lainnya.

16. Buah persik

Buah persik juga menjadi salah satu buah untuk diabetes yang dianjurkan untuk dikonsumsi, beberapa alasannya dikarenakan:

  • Pertama buah ini memiliki kandungan senyawa fenolik yang mampu mengatasi obesitas yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan diabetes mellitus.
  • Selain itu, buah persik juga memiliki kandungan senyawa fenol anthocyanins, clorogenic acids, quercetin derivative yang berfungsi mampu bekerja pada sel lemak dan pembuluh darah.
  • Alasan yang terakhir adalah karena buah persik atau peach ini mengandung zat anti inflamasi dan kandungan diabetik dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh.

17. Melon

Buah yang mirip dengan labu ini juga baik dikonsmsi oleh penderita diabetes, beberapa alasannya adalah karena:

  • Buah melon mengandung kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah yang mengakibatkan resistensi insulin.
  • Buah melon juga mengandung tembaga yang bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel jaringan pada pankreas yang akan menyuplai kebutuhan insulin untuk mengontrol gula darah.
  • Alasan yang terakhir adalah karena buah melon mengandung vitamin B dan C yang bermanfaat untuk menghindari terjadinya komplikasi pada penderita diabetes.

18. Buah ara / buah tin

Anda masih agak asing dengan buah tin? Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, salah satunya yaitu baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, alasannya adalah karena

  • Pertama, buah tin mengandung pektin (serat larut) yang berkhasiat untuk membantu membersihkan kolesterol dalam tubuh.
  • Selain pektin, buah tin juga memiliki kandungan kalium yang tinggi serta sodium yang rendah, sehingga bermanfaat untuk mencegah gangguan hipertensi dan mengontrol gula darah.
  • Manfaat lain buah tin yaitu karena kandungan lendir pada buah ara sangat baik untuk gangguan tenggorokan.
  • Kandungan kalsium pada buah ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang
  • Manfaat buah tin selanjutnya adalah karena buah ini mengandung omega 3, omega 6 dan fenol yang dapat mencegah penyakit jantung koroner.

19. Tomat

Selanjutnya, tomat juga menjadi salah satu buah atau sayur yang baik untuk penderita diabetes, alasannya dikarenakan:

  • Tomat memiliki kandungan karbohidrat yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah serta dapat membantu asupan kalori sehingga dapat menurunkan berat badan penderita diabetes.
  • Selain karbohidrat, buah tomat juga mengandung licopene yang bermanfaat untuk mengurangi proses kerusakan membran sel dalam darah serta membantu mencegah kerusakan sistem imune dalam tubuh.
  • Selanjutnya, buah tomat juga mengandung fitonutrien yang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyumbatan pembuluh darah.
  • Kandungan Vitamin C dan E di dalam buah tomat bermanfaat untuk meminimalkan kerusakan sel tubuh akibat oksidasi.
  • Selain vitamin C dan E, vitamin K, fosfor dan tembaga pada buah ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang.
  • Kandungan vitamin B1, B2 & B6 di dalam tomat berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan jantung
  • Buah tomat mengandung molybdenum yang bermanfaat untuk membantu dalam proses produksi enzim
  • Kandungan Kromium dan mangan pada buah tomat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan gula darah
  • Terakhir, buah tomat juga mengadnung protein yang bermanfaat dalam proses pembangunan otot dalam tubuh.

20. Buah Naga

Dragon fruit atau buah naga juga menjadi buah untuk diabetes yang sehat dikonsumsi. Beberapa alasannya dikarenakan:

  • Alasan yang pertama adalah karena buah naga memiliki kandngan gula yang sangat rendah.
  • Buah ini juga bermanfaat untuk mencegah diabetes.
  • Dilansir dari Huffington Post, diet berserat tinggi dapat menghambat proses penyerapan gula dalam darah. Hal tersebut merupakan kabar baik bagi kita, sebab risiko terserang diabetes tipe 2 menjadi lebih kecil.
  • Di dalam 100 gram buah naga, tersimpan banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Mulai dari 60 kkal kalori, 0,53 gram protein, 0,71 gram serat, 11,5 gram karbohidrat, 134,5 mg kalsium, 0,65 mg zat besi, 87 mg fosfor, 9,4 mg vitamin C, hingga kadar air mencapai 90% telah tertanam dalam buah kaktus ini.

21. Jeruk Bali

Buah untuk diabetes selanjutnya adalah jeruk Bali. Buah ini memiliki serta larut yang tinggi juga vitamin C. Buah jeruk bali berada pada peringkat 25 indeks glikemik. Selain itu, bua ini juga memiliki kandungan naringenin flavonoid yang membantu menyeimbangkan kadar insulin dan glukosa dalam darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan satu sampai dua porsi jeruk bali setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

22. Duwet

Selanjutnya, buah duwet juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena buah ini membantu meningkatkan kontrol gula darah. 

23. Delima

Buah delima sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, anda bisa mengkonsumsinya sebagai jus, jika penderita diabetes mengkonsumsi jus delima secara rutin maka kadar gula dalam darah akan terkontrol,  buah delima dapat mengatur kadar glukosa di dalam darah serta memberikan efek yang positif jika di konsumsi dengan cara yang baik dan benar.

24. Nangka

Selanjutnya, buah nangka juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, hal ini dkarekan buah ini bermanfaat untuk meningkatkan resistensi insulin dalam tubuh. Nangka juga mengandung vitamin C dan vitamin A.

25. Jambu biji

Buah untuk diabetes yang terakhir dari kami adalah jambu biji. Jambu biji bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Jambu biji tinggi vitamin A, Vitamin C dan serat. Namun, buah ini memiliki GI yang cukup rendah.

Referensi:

Bidanku, Halosehat, alodokter.

Bagaimana? Ternayata ada banyak sekali ya buah untuk diabetes? Jadi meskipun anda menderita penyakit ini anda tetap bisa makan buah-buahan juga. Semoga bermanfaat. Baca juga 14 Penyebab Diabetes Melitus yang Wajib Diketahui

No Responses to “Daftar Buah untuk Penderita Penyakit Diabetes”

Leave a Reply