Daftar Buah yang Bagus untuk Program Diet Anda

Buah yang bagus untuk diet adalah buah yang tinggi serat, rendah gula, dan rendah lemak. Buah yang tinggi serat dapat membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Sedangkan buah yang rendah gula dan rendah lemak dapat mencegah terjadinya penumpukan energi berlebih (dalam bentuk lemak) di dalam tubuh.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, buah merupakan salah satu bahan makanan favorit yang selalu dijadikan sebagai menu utama oleh orang – orang yang sedang menjalani program diet. Hal ini dikarenakan buah memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Di lain sisi, mayoritas buah juga memiliki kandungan lemak dan kadar gula yang rendah.

Artikel terkait: Minuman untuk Diet Pembakar Lemak yang Baik Dikonsumsi

Nah, untuk Anda yang saat ini sedang berencana atau pun tengah mulai menjalani program diet namun masih belum berhasil menemukan perpaduan buah yang bagus untuk diet, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai beberapa jenis buah yang sangat bagus untuk dikonsumsi sebagai bahan makanan ketika sedang diet.

Buah yang Bagus untuk Diet

Ilustrasi: Buah yang Bagus untuk Diet

Langsung saja, berikut CekSehat bagikan informasi lengkapnya tentang buah yang bagus untuk diet untuk Anda:

Buah yang Bagus untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Penting untuk diingat, mayoritas buah memang dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Namun begitu, tidak semua jenis buah cocok untuk dijadikan sebagai menu diet sehat. Terlebih jika tujuan utama program diet Anda adalah untuk menurunkan berat badan.

Jika Anda salah pilih, alih – alih menurunkan berat badan, buah yang Anda konsumsi malah dapat membuat berat badan Anda menjadi semakin meningkat.

Berikut merupakan beberapa jenis buah yang banyak direkomendasikan oleh pakar nutrisi dunia untuk Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan:

1. Buah yang Bagus untuk Diet yang Pertama Apel

Buah apel memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan memiliki kadar kalori yang sangat rendah. Buah ini sangat pas untuk dikonsumsi oleh Anda yang ingin terhindar dari kebiasaan ngemil atau pun Anda yang ingin mengurangi jumlah / frekuensi makan harian.

Pasalnya, berkat kandungan seratnya yang tinggi, buah ini dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Di lain sisi, karena kandungan vitamin nya yang tinggi, buah apel nantinya juga akan memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

2. Selain Apel, Buah yang Bagus untuk Diet Adalah Buah Pir

Meskipun tidak sebagus buah apel, namun buah pir juga dapat digolongkan sebagai buah yang bagus untuk diet dan menurunkan berat badan.

Dalam satu buah pir yang masih segar, ada sekitar 58 Kkal yang memenuhi sekitar 3 % AKG harian tubuh. Tidak hanya itu, hampir sama seperti buah apel, buah pir juga memiliki kandungan serat yang luar biasa tinggi, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai buah pengganjal rasa lapar.

Dalam prakteknya nanti, selain dapat membantu menurunkan berat badan, buah pir juga dapat memberikan banyak manfaat lainnya, seperti salah satunya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh.

3. Buah Pisang Juga Bagus untuk Diet

Buah pisang merupakan salah satu buah legendaris yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang menjalani proses diet, baik itu diet untuk menurunkan berat badan maupun diet untuk menambah massa otot.

Jika dibandingkan dengan buah – buah lainnya, buah pisang memiliki kandungan potasium yang paling tinggi. Berkat kandungan zat potasium yang terdapat di dalamnya, buah ini diyakini dapat membantu mempercepat dan mengoptimalkan proses pembentukan dan peningkatan massa otot dalam tubuh.

Tidak hanya itu, buah ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan lemak yang rendah. Berkat kandungan seratnya yang tinggi, buah ini dapat membantu menunda rasa lapar, dan berkat kandungan lemaknya yang rendah, buah ini dapat membantu mencegah terjadinya penumpukan jaringan lemak berlebih pada tubuh.

4. Blueberry Juga Masuk Dalam Daftar

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, buah blueberry ternyata juga dapat digolongkan sebagai salah satu jenis buah yang bagus untuk diet.

Menurut hasil penelitian, dibandingkan dengan beberapa jenis buah lainnya, buah blueberry diklaim memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi.Berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya, buah Blueberry diklaim dapat mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh.

Tidak hanya itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh Texas Women’s University, buah blueberry ternyata juga dapat membantu melawan jaringan sel lemak membandel yang ada pada tubuh.

5. Buah Kiwi Ternyata Kaya Serat

Selain memiliki rasa yang enak, buah kiwi ternyata juga tergolong sebagai buah yang bagus untuk diet.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, buah kiwi memiliki biji hitam yang sangat kaya akan serat. Berkat kandungan biji hitam kaya serat yang terdapat di dalamnya, buah kiwi diklaim dapat membantu membuat perut merasa kenyang lebih lama.

6. Jeruk Bali yang Tebal Kulitnya Ini Kaya Air dan Serat

Jeruk Bali dapat digolongkan sebagai buah yang bagus untuk diet karena jumlah kadar serat dan airnya yang cukup tinggi serta jumlah kadar kalorinya yang relatif cukup rendah.

Jika Anda sedang menjalani program diet atau pun sedang dalam proses perancangan program diet, Anda sangat disarankan untuk turut memasukkan Jeruk Bali sebagai salah satu menu makanan dalam program diet Anda.

Dalam prakteknya nanti, Anda dapat mengonsumsi buah Jeruk Bali secara langsung atau pun dengan cara dijus terlebih dahulu.

Nantinya, selain akan merasa kenyang lebih lama, ketika mengonsumsi jeruk bali, proses metabolisme dalam tubuh Anda juga akan meningkat dan berjalan beberapa kali lebih cepat dari biasanya.

7. Si Asem Manis Stroberi juga Direkomendasikan Lo

Sama seperti halnya buah blueberry dan kiwi, buah stroberi juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, buah stroberi kabarnya juga dapat membantu mempercepat dan mengoptimalkan proses produksi hormon leptin dan hormon adiponectin yang berguna sebagai hormon peningkat metabolisme tubuh.

Dalam prakteknya nanti, Anda dapat mengonsumsi buah ini dalam kondisi segar secara langsung atau pun dengan diolah terlebih dahulu, baik itu sebagai salad buah atau pun sebagai jus stroberi.

8. Siapa yang Tidak Kenal Buah Pepaya

Meskipun memiliki rasa manis, buah pepaya cenderung memiliki kadar gula yang cukup rendah. Tidak hanya itu, buah ini juga memiliki kandungan vitamin dan serat yang sangat tinggi. Itulah kenapa buah ini turut digolongkan sebagai jenis buah yang bagus untuk diet.

Menurut hasil penelitian, selain memiliki kandungan vitamin dan serat yang tinggi, buah pepaya juga memiliki kandungan enzim papain dan zat antioksidan yang dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai macam bibit penyakit.

9. Wow, Buah Tomat Atau Sayur Tomat?

Buah tomat memiliki kandungan air, serat dan vitamin yang cukup tinggi. Di lain sisi buah ini juga memiliki jumlah kalori yang sangat rendah. Karena itu, buah ini benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai alternatif buah yang dikonsumsi ketika tengah menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Artikel terkait: p

10. Semangka untuk Variasi Diet Seminggu

Buah semangka juga sangat direkomendasikan untuk menunjang diet kamu. Buah ini kaya akan Vitamin A, vitamin C juga serat yang sangat tinggi. Buah ini sangat cocok untuk dijadikan menu diet sehat Kamu selama seminggu.

Buah yang memiliki kulit hijau dan bagian dalam merah atau kuning ini bermanfaat untuk menunda lapar dan melancarkan pencernaan. Otomatis Semangka selalu masuk rekomendasi buah buahan untuk diet cepat kurus.

11. Cobalah Diet Buah Melon Untuk 3 Hari

Buah yang mirip semangka ini juga kaya akan air yang dapat membuat kita merasa kenyang tanpa harus menghasilkan lemak, selain itu dengan sering mengkonsumsi melon maka pencernaan juga semakin lancar.

Jika proses pencernaan kita berjalan lancar, maka makanan yang kita makan tidak akan menumpuk dahulu di dalam perut. Disarankan untuk menjaga sesuai porsinya, kamu bisa mengkonsumsi buah melon untuk asupan diet selama 3 hari.

12. Diet Alpukat yang Nikmat

Siapa sih yang tidak suka dengan jus alpukat. Buah yang memiliki warna hijau ini kaya akan 114 kalori, 4.5 gram serat, folat dan juga sumber vitamin E yang sangat tinggi.

Selain itu, buah alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan bukan memberikan lemak jenuh yang bisa membahayakan tubuh anda.

Buat anda suka mengkonsumsi mentega pada roti atau sandwich, cobalah untuk menukarnya dengan buah alpukat hal ini bertujuan juga untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Perlu diketahui bahwa dengan merutinkan mengkonsumsi buah alpukat, maka tidak hanya bermanfaat untuk diet kita, melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, menurunkan kadar kolesterol sekaligus mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Artikel terkait: Ragam Khasiat Alpukat untuk Diet Sehat

13. Blackberry, Ini Bukan Smartphone Lho!

Buah yang bagus untuk diet selanjutnya adalah buah balckberry. Buah ini kaya akan kandungan serat serta antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Tahukah anda bahwa dalam setengah cangkir segar setara 125 Ml mengandung 31 kalori, 4 gram serat dan tinggi akan kandungan antioksidan, vitamin serta mineral lain.

Buah yang berwarna ungu tuai ini kaya akan zat antioksidan tinggi bernama antosianin yang bisa membantu dalam mengurangi resiko stroke dan juga kanker. Dalam sebuah studi juga menunjukkan jika ekstrak dari buah blackberry  sangat baik untuk menghentikan pertumbuhan dari sel kanker paru  paru serta mengobati asam urat.

14. Goji Berry Juga Bagus untuk Diet

Buah goji berry juga masuk dalam buah yang bagus untuk diet harian anda. Dengan mengkonsumsi 125 ml jus buah goji berry maka anda akan mendapatkan sekitar 90, 2.5 mg serat dan juga sumber vitamin A serta tinggi akan antioksidan serta serat.

Tidak hanya itu, kandungan nutrisi lagi dalam buah goji berry ini juga sangat mencengangkan, seperti protein, serat, vitamin B1, vitamin A, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, omega 3, omega 6, omega 9, asam amino, mineral, besi, magnesium, betain, asam lemak esensial, asam lemak tak jenuh, betasitosterol, fitositosterol dan juga beberapa jenis antioksidan seperti likopen, betakeroten, zeaxanthin dan juga xantofil.

Bukan hanya baik untuk diet, buah goji berry ini juga baik dikonsumsi oleh penderita kanker serta diabetes. Namun, untuk mendapatkan nutrisi terbaik dari buah goji berry ini, hindari untuk mengkonsumsinya dalam keadaan yang sudah dikeringkan karena sudah ditambah dengan gula dan kadar gizinya berkurang.

15. Buah Anggur

Buah anggur juga sangat direkomendasikan untuk program diet anda. Buah yang mungil ini ternyata kandungan nutrisinya tidak bisa diremehkan, karena dapat memenuhi kebutuhan serat, mengandung 53 kalori, sumber mangan dan juga sumber antioksidan tinggi, kalsium, yodium, kalium, seng, selenium dan juga gula alami yakni dektrosa, mineral serta vitamin lainnya.

Selain itu buah ini juga memiliki kandungan resveratrol yang merupakan antioksidan untuk membantu pencegahan penyakit jantung, tekanan darah dan juga menurunkan resiko pembekuan darah. Tidak hanya itu saja ternyata, resveratrol ini juga bermanfaat untuk menghentikan penyebaran kanker payudara, kanker perut dan juga kanker usus besar.

Sementara untuk proses diet anda, buah anggur ini dapat mengurangi jumlah lemak di perut atau di organ hati. Jadi buah anggur ini sangat akan mendukung keberhasilan diet anda karena bisa melancarkan pencernaan dan membuat asupan gizi dari makanan bisa terserap dengan baik.

16. Mangga Juga Dianjurkan

Buah mangga juga memiliki kandungan yang luar biasa, bahkan dalam setengah buah mangga sedang saja, anda sudah mencukupi kebutuhan nutrisi diet harian anda seperti 1.5 gram serat, vitamin A, vitamin E, kalori dan berbagai mineral serta vitamin lain.

Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung antioksidan lutein serta zeaxanthin yang bisa menjaga kesehatan mata sekaligus mengurangi degenerasi makula berkaitan dengan usia yang menjadi penyebab utama kebutaan orang dewasa. Untuk mengkonsumsi mangga sebagai menu diet, anda bisa makan dalam keadaan mentah, dibuat jus atau sebagai campuran salad dan juga smoothie.

17. Coba Buah Jeruk!

Buah yang bagus untuk diet selanjutnya, buah ini kaya akan serat, folat, vitamin C dan lain-lain. Bahkan dalam 1 buah jeruk ukuran sedang saja, jeruk mengandung 3 gram serat, sumber folat, vitamin C dan juga potasium tinggi yang baik untuk menurunkan berat badan anda.

Kandungan asam folat di dalam jeruk baik untuk ibu hamil, fitokimia yang dinamakan hesperidin sangat ampuh untuk menurunkan kadar trigliserida serta kolesterol di dalam darah anda.

Ternyata tidak hanya buahnya saja, kulit jeruk juga kaya akan kandungan vitamin C lo, bisa diolah menjadi makanan.

18. Buah Nanas

Buah nanas juga baik dikonsumsi untuk mendukung program diet anda. Bahkan dalam setengah cangkir jus buah nanas ini memiliki kandungan 40 kalori, 1 gram serat dan berbagai vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat penting dalam membantu program diet anda.

Kandungan lain buah nanas lainnya yaitu vitamin B, vitamin C, betakaroten, vitamin A, vitamin B6, folat dan juga asam pantotenik dan enzim bromelain. Enzim bromelain ini mampu memecah protein sekaligus melancarkan pencernaan anda sekaligus mencegah pembekuan darah, menghambat pertumbuhan sel kanker dan juga membantu proses penyembuhan luka lebih cepat.

Wah, sangat luar sekali bukan?

19. Si Cantik Buah Delima

Buah delima memiliki kandungan energi, karbohidrat, protein, thiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, vitamin B6, vitamin C, folat, besi, magnesium, kalsium, fosfor, kalium dan juga seng.

Bahkan dalam setengah jus buah delima mengandung 53 kalori, serat dan juga sumber vitamin A serta potasium. Dalam buah delima juga mengandung antioksidan tanin yang akan berperan penting dalam memberikan perlindungan kesehatan jantung sehingga mengolah delima menjadi jus akan menurunkan resiko serangan jantung lebih baik sekaligus menjaga tekanan darah dalam keadaan normal.

20. Buah Raspberry

Buah yang bagus untuk diet berikutnya adalah raspberry. Dalam setengah cangkir buah ini mengandung 32 kalori, 4 gram serat dan juga sumber potasium serta magnesium yang sangat tinggi.

Selain itu, buah rasberry ini juga mengandung karbohidrat, serat, lemak tak jenuh, vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, kalsium, beta karoten, protein, monounsaturated, polyunsaturated, sodium, mangan dan juga anthocyanin.

Kandungan asam ellagic (antioksidan) di dalam rasberry ini bermanfaat untuk mencegah kanker serviks, kanker esfagus dan juga kanker usus besar.

Anda bisa mengkonsumsi buah ini sebagai tambahan makanan anda, bisa juga dibuat sebagai selai, campuran yogurt atau sereal dan berbagai menu makanan lainnya.

21. Buah Kelapa Muda

Buah kelapa juga bisa anda jadikan buah untuk program diet anda. Buah ini bermanfaat untuk meningkatkan fungsi hati, meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan juga memperoleh berat badan yang ideal.

Buah kelapa ini bermanfaat untuk meningkatkan asam lemak baik dalam tubuh anda dan mempertahankan bentuk tubuh ideal secara alami dan tidak akan mengendap di dalam tubuh.

22. Buah Ara

Buah yang bagus untuk diet selanjutnya adalah buah ara. Buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta memperlancar pencernaan. Buah ini kaya akan serat tinggi yang sangat baik untuk pencernaan dan juga proses menurunkan berat badan khususnya untuk anda yang menjalani program diet golongan darah O.

23. Buah Super, Si Buah Naga

Buah naga si buah super ini memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan kita. Buah ini mengandung serat, protein, kalori, zat besi, vitamin C, vitamin B2, vitamin B1, vitamin B3, fosfor dan juga kalsium yang tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan, namun juga menyembuhkan berbagai penyakit.

Buah naga juga bermanfaat untuk mencegah kanker prostat, payudara, hati dan juga kanker kulit sekaligus menjaga kesehatan kulit untuk tampilan lebih awet muda, hal ini dikarenakan buah naga mengandung phytoalbumin yang merupakan antioksidan tinggi.

Buah naga ini juga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes, menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan karena kandungan serat tinggi dan juga meningkatkan imun tubuh dari vitamin C buah naga yang akan mencegah anda dari berbagai penyakit yang disebabkan virus serta bakteri seperti flu.

24. Coba Konsumsi Si Cantik Buah Persik

Buah persik juga baik untuk dikonsumsi sebagai menu diet anda. Dalam 1 buah persik ini terkandung 58 kalori, 2 gram serat dan juga sumber vitamin A serta mineral dan vitamin lainnya.

Kandungan serat di dalam buah persik ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan anda secara alami, aman dan juga menyehatkan.

25. Buah Lemon

Buah yang bagus untuk diet selanjutnya adalah buah lemon yang terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan. Buah lemon ini mengandung riboflavin, vitamin B dan juga berbagai mineral seperti fosfor, magnesium serta vitamin C tinggi.

Nutrisi tersebut bermanfaat untuk membantu proses detoksifikasi, melancarkan pencernaan, menghancurkan penumpukkan lemak dan membantu tubuh dalam melawan berbagai penyakit yang disebabkan virus serta bakteri.

26. Ceri yang Imut

Dalam setiap setengah cangkir buah ceri mengandung 46 kalori, 1.5 gram serat dan tinggi akan kandungan antioksidan. Dalam buah ceri juga mengandung antosianin glikosida dan juga flavonoid yang merupakan antioksidan pemberi warna merah pada buah ceri.

Sedangkan nutrisi lain yang terkandung dalam buah ceri diantaranya potasium, zat besi, seng, mangan dan juga tembaga. Buah ceri lebih banyak mengandung anthocyanin yang merupakan sejenis antioksidan kuat dan kadarnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Buah ceri ini juga sangat nikmat untuk diolah menjadi selai, jus, smoothie dan berbagai menu makanan diet sehari-hari.

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa jenis buah yang bagus untuk diet yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya! Jangan lewatkan juga: Daftar Olahraga untuk Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Leave a Reply