Tips Agar Cepat Hamil Setelah Haid yang Terbukti Berhasil

Cara cepat hamil setelah haid – Anak merupakan anugerah Allah SWT yang harus disyukuri dan kedatangannya sangat dinanti-nanti. Memiliki anak menjadi impian semua pasangan berumah tangga, baik itu pasangan yang baru menikah apalagi yang sudah lama menikah.

Namun, ternyata tidak semua pasangan berumah tangga bisa memperoleh keturunan dengan mudah. Ini merupakan satu ujian tersendiri bagi pasangan suami istri tersebut. Terkadang memang, pasangan berumah suami-istri harus berjuang ekstra keras untuk mendapatkan keturunan.

Ada hal-hal yang perlu kita perhatikan agar program kehamilan yang sedang dijalani bisa berhasil. Secara umum, proses kehamilan bisa terjadi karena adanya proses pembuahan sel telur oleh sperma. Nah, yang perlu kita hitung-hitung adalah masa subur wanita. Kapan kira-kira wanita masuk priode masa subur? Nah, salah satu cara cepat hamil setelah haid adalah dengan mengetahui kapan masa subut wanita tersebut?

Cara cepat hamil setelah haid berhubungan erat dengan masa subur. Masa subur adalah waktu yang tepat untuk mempertemukan sel telur dan sperma. Maka dari itu, hal pertama yang harus anda ketahui adalah siklus haid bulanan anda.

Kenali Siklus Haid

Mengetahui siklus haid itu sendiri menjadi poin penting cara cepat hamil setelah haid. Program kehamilan harus dihitung dan direncanakan dengan baik. Siklus haid sendiri merupakan rentang jumlah hari dari hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Dengan menghitung siklus tersebut, dapat diketahui kapan saat wanita mengalami ovulasi, yaitu keluarnya sel telur dari ovarium.

Untuk lebih jelasnya mengenai siklus haid, sebagai contoh anda memiliki siklus haid 28 hari akan memiliki 6 hari dengan kemungkinan hamil yang lebih tinggi, yaitu 5 hari sebelum ovulasi dan 1 hari saat ovulasi. Hari-hari itulah yang dinamakan masa subur.

Sayangnya, masa subur berubah-ubah setiap bulannya, sehingga kita harus terus menghitung masa subur, jika bulan ini ternyata program kehamilan belum berjalan sesuai keinginan kita. Tandai hari pertama haid sebagai hari ke-1. Dari catatan siklus haid selama beberapa bulan, Anda bisa mengetahui siklus haid terpendek dan terpanjang. Setelah mengetahui siklus haid, Anda dapat memperkirakan masa subur Anda.

Cara Hitung Masa Subur

Meskipun siklus haid anda berubah-ubah, namun ada satu pola yang terbentuk dari hari-hari tersebut. Setelah kita tahu masa siklus haid terpendek dan terpanjang dari pencatatan minimal 8 bulan, Anda hanya perlu sesuaikan dengan sebuah rumus sederhana untuk mencari tahu masa subur.

Berikut ini rumusan cara menghitung masa subur dari alodokter yang bisa anda pakai:

  • Siklus terpendek dikurangi 18 hari. Hasilnya adalah hari pertama masa subur Anda. Misalnya siklus terpendek adalah 27 hari. Maka hari pertama masa subur adalah hari ke-9.
  • Siklus terpanjang dikurangi 11 Hasilnya adalah hari terakhir masa subur Anda. Misalnya siklus terpanjang adalah 30 hari. Maka hari terakhir masa subur adalah hari ke-19.

Hari-hari di antara dua tanggal tersebut, merupakan masa subur yang memiliki kemungkinan hamil lebih tinggi. Pada contoh berarti masa subur berada di antara hari ke-9 sampai hari ke-19.

Kenali Lendir Serviks Penanda Masa Subur

Salah satu cara cepat hamil setelah haid selanjutnya dengan mengamati cairan atau lendir serviks setelah haid. Cairan atau lendir ini juga menjadi penanda masa subur wanita. Anda bisa menggunakan tisu atau jari untuk mencapai cairan serviks. Awalnya, cairan serviks akan sedikit, keruh dan sangat lengket, ini menjadi masa tidak subur dan bukan masa yang tepat untuk program kehamilan.

Pada asa selanjutnya, saat lendir serviks berubah lebih jernih dan licin, hampir menyerupai putih telur, maka priode ini sudah mendekati masa subur. Tiga hari kemudian, muncul lendir serviks berbentuk benang. Satu atau dua hari setelah itu, lendir serviks akan bertambah banyak dan bertekstur licin. Bahkan, tidak jarang dapat membuat pakaian dalam menjadi basah. Ini merupakan masa subur yang dapat digunakan sebagai pendukung cara cepat hamil setelah haid.

Pada kondisi wanita yang memiliki siklus haid tergolong pendek, maka lendir serviks masa subur akan dimulai tidak lama setelah haid selesai. Namun, jika siklus haid termasuk panjang,  maka Anda akan merasakan lebih lama masa-masa yang mana lendir serviks sedikit atau lengket, sebelum muncul lendir yang menandakan masa subur.

Lakukan Tindakan Pendukung

Ada banyak tindakan yang bisa mendukung program kehamilan anda, konsumsi vitamin mengandung asam folat dapat dilakukan sejak merencanakan kehamilan juga. Asam folat sangat penting untuk perkembangan janin. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada 19 cara cepat hamil setelah haid yang mesti anda ketahui.

Cara cepat hamil setelah haid

Cara cepat hamil setelah haid

Tips Cara Cepat Hamil Setelah Haid

Berikut ini tips cara cepat hamil setelah haid yang sebaiknya anda perhatikan atau anda lakukan:

1. Cara cepat hamil setelah haid – Kurang Konsumsi Kopi

Jika anda seorang maniak kopi, sebaiknya kurangi konsumsi kopi, karena berdasarkan hasil riset terhadap 9.000 wanita Belanda, ditemukan wanita yang minum lebih empat cangkir sehari memotong kesempatan untuk hamil sekitar seperempatnya atau 25 persen. Zat kafein stimulan yang terkandung di dalam kopi akan merusak transportasi telur dari ovarium ke rahim. studi lain juga menyebutkan kafein dalam kopi dapat mengganggu pematangan sel telur. jadi bagi wanita yang sedang ingin cepat hamil, sebaiknya hindari kopi ya.

 2. Cara cepat hamil setelah haid – Posisi ‘Berhubungan’

Posisi saat melakukan hubungan juga memegang peranan yang cukup penting. Adapun posisi yang mempercepat proses pembuahan adalah posisi suami di atas (misionaris). Dengan posisi ini, sel sperma ada dalam posisi ‘’siap tempur”. Jadi posisi pria di atas menjadi salah satu cara cepat hamil setelah haid yang tidak boleh diabaikan.

3. Cara cepat hamil setelah haid – Berbaring dulu

Cara cepat hamil selanjutnya adalah wanita meletakkan kedua kakinya dengan posisi lebih tinggi dari kepala, cara itu dapat dicoba agar supaya cepat hamil. “Sebuah cara yang bagus untuk berbaring selama 10 – 15 menit setelah berhubungan, tapi Anda tidak perlu mengangkat kedua kaki,” kata James Goldfarb, MD, Direktur  Klinik Kesuburan  Cleveland,  di  Cleveland, AS. Salah satu tips Sebaiknya kosongkan kandung kemih sebelum berhubungan agar Anda tidak tergesa-gesa ke kamar mandi sesudahnya.

4. Cara cepat hamil setelah haid – Meningkatkan Kesuburan Suami Istri

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan menjaga kesuburan suami-istri, yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan sehat yang bernutrisi tinggi. Konsumislah kecambah, alpukat, ayam, dan susu untuk menyuburkan kandungan. Sementara untuk suami, konsumsilah ikan, telur, daging, dsb.

5. Cara cepat hamil setelah haid – Menikmati ‘Hubungan’

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah tetap nikmati hubungan anda, jangan tergesa-gesa ingin segera mendapatkan keturunan, karena hal ini justru akan membuat anda stres. Tetaplah fokus pada pasangan anda dna nikmati semua prosesnya.

6. Cara cepat hamil setelah haid – Menjaga Frekwensi ‘berhubungan’

Agar peluang program kehamilan berbuah sukses, sebaiknya anda menjaga frekuensi berhubungan, tidak terlalu sering dan jangan terlalu jarang. Sebaiknya sekitar 2-3 kali per minggu. Untuk meningkatkan kemungkinan hamil, lakukan hubungan seksual satu kali tiap hari menjelang masa subur.

7. Cara cepat hamil setelah haid – Catat masa subur

Catata kapan masa subur berlangsung, seperti yang sudah dijelaskan di atas. “Maka salah satu tips cara agar perempuan cepat hamil, harus tahu betul siklus haid dan kapan masa suburnya,”  kata Prof Paula Hillard, MD, ahli Obgin dan Ginekolog di Stanford University School of Medicine, Palo Alto, California, AS. Bagi Anda yang siklus haidnya teratur akan lebih mudah menghitung masa suburnya. Misalnya siklus haid Anda 28 hari, dengan hari pertama haid di tanggal 8 Agustus. Hitunglah kapan hari ke-12 dan kapan hari ke-16. Dalam contoh kasus, itu jatuh pada tanggal 19 Agustus dan 23 Agustus. Maka masa subur Anda adalah  19 Agustus hingga 23 Agustus.

8. Cara cepat hamil setelah haid – Mengukur suhu basal tubuh

Mengukur sush basal tubuh juga memegang peran yang cukup krusial. Ukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer  yang diletakkan di mulut atau di vag*na selama lima menit. Suhu  tubuh yang normal berkisar antara 35,5 – 36 derajat celcius. Di masa  ovulasi, suhu tubuh akan turun lalu naik menjadi 37 – 38 derajat. Jika esok hari suhu tubuh Anda tidak kembali pada suhu normal 35 derajat celcius, itu pertanda Anda dalam masa subur, masa yang tepat untuk melakukan hubungan int*m agar cepat hamil.

9. Cara cepat hamil setelah haid – Alat tes kesuburan

Semakin canggihnya teknologi ternyata mempermudah kita untuk mengetes kapan masa subur berlangsung. Alat pengukur masa subuh ini digunakan untuk mengukur kadar hormon LH pada urin yang biasanya terjadi sebelum ovulasi. Hasil tes  bisa dilihat dengan tanda tertentu, yang menyatakan Anda sedang berada pada masa subur atau tidak. Waku yang paling tepat untuk melakukan tes kesuburan adalah antara pukul 11.00 – 15.00 WIB atau 17.00 – 22.00 WIB.

10. Cara cepat hamil setelah haid – Pola hidup Sehat

Menjada pola hidup sehat juga menunjang program kehamilan anda. Hentikan kebiasaan merok*k atau mengkonsumsi alk*hol. Kebiasaan merokok dapat membuat saluran falopian tersumbat sehingga perjalanan sperma bertemu sel telur terhambat, meningkatkan kehamilan ektopik hingga kualitas telur yang tidak bagus sehingga risiko keguguran pun tinggi. Gaya hidup lain yang patut Anda hindari agar cepat hamil adalah pemakaian obat-obatan serta minuman beralkohol secara berlebihan.

11. Cara cepat hamil setelah haid – Olahraga

Berolahraga secara rutin juga menjadi penunjang keberhasilan kehamilan anda. Sebaiknya anda berolahraga sewajarnya, jangan terlalu banyak juga jangan sampai tidak pernah berolahraga. “Terlalu banyak olahraga dapat menyebabkan masa subur Anda terganggu,” demikian penjelasan dari James Goldfarb, MD, Direktur  Klinik Kesuburan  Cleveland,  di  Cleveland, AS.  Mengapa? Karena olahraga berlebihan bisa menyebabkan pituaitary (kelenjar di bawah otak) tidak merangsang  sel telur untuk  berovulasi. Olahraga setiap hari, selama 45 – 50 menit, menurut James, akan menyebabkan ketidaksuburan.  Maka, jika Anda ingin cepat hamil, tips cara yang sehat adalah kurangi frekwensi berolahraga menjadi, misalnya, berjalan kaki tiga kali seminggu selama 30 menit.

12. Cara cepat hamil setelah haid – Jaga berat badan Ideal

Jaga berat badan ideal anda, jangan terlalu kurus juga jangan terlalu gemuk. Karena berdasarkan hasil penelitian kegemukan pada wanita bisa menurunkan kesuburan sekitar empat persen. Timbunan lemak berlebih bisa mengakibakan kelebihan produksi estrogren yang membuat ovulasi tidak teratur. Sementara tubuh yang terlalu kurus juga bisa menyebabkan produksi hormon estrogen lambat, sehingga sulit untuk berharap cepat hamil . Cobalah miliki berat badan ideal sesuai dengan body mass index (BMI), sekitar 18.5 – 24.9. Ketahui BMI Anda dengan cara bagi berat tubuh dengan tinggi badan kuadrat dalam meter. Contohnya:  Berat badan 50 kg, tinggi badan 160 cm. BMI Anda adalah 50/1,62 = 19,5 kg/m2 dan itu termasuk normal.

13. Cara cepat hamil setelah haid – Cek Lendir

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, anda bisa memeriksa lendir serviks untuk mengetahui kapan masa subur anda. Jika terdapat cervical mucus di vag*na Anda,  itu pertanda Anda berada dalam puncak masa subur dan menjadi saat yang paling tepat untuk melakukan hubungan s*ks agar cepat hamil. Lendir ini memungkinkan sperma melaju ke saluran tuba dengan mudah. Sperma juga bisa bertahan “hidup” selama dua hingga tiga hari menunggu sel telur matang.

14. Cara cepat hamil setelah haid – Jauhi ‘pelicin’

Sebisa mungkin dan sebaiknya anda menghindari ‘pelicin’. Tahukah anda? Pelicin mengandung zat yang dapat merusak sperma sehingga tidak dianjurkan untuk pasangan yang ingin cepat hamil. Untuk menghasilkan pelicin alami lakukan foreplay,  dengan memperbanyak sentuhan, pelukan dan ciuman yang akan meningkatkan mood Anda untuk berhubungan intim.

15. Cara cepat hamil setelah haid – Atasi Segera Keputihan

Anda sering mengalami keputihan? Segera atasi. Penyakit keputihan dapat mempengaruhi daya tahan sp*rma dalam vag*na, sebaiknya segera diatasi.

16. Cara cepat hamil setelah haid – Rileks, Nikmati,  dan jalani

Jangan tergesa-gesa, karena akan membuat pikiran anda buyar dan anda semakin tertekan. Tetap nikmati dan jalani prosesnya, mengenai hasil kita serahkan kepada Allah saja.

17. Cara cepat hamil setelah haid – Check up ke dokter

Usahakan agar rutin memeriksakan kondisi kesehatan kandungan ke dokter. Periksakan kesehatan pasturi secara rutin jika dalam waktu beberapa tahun belum juga memperoleh keturunan. Perlu menjadi catatan kita semua, jika  Anda berusia lebih dari 35 tahun dan pembuahan belum terjadi dalam enam bulan pertama, segera konsultasikan ke dokter. Sedangkan Anda yang berusia 40 tahun disarankan  berkonsultasi  tiga bulan kemudian karena kesuburan akan menurun bersamaann dengan bertambahnya usia. Jika  salah satu dari Anda memiliki masalah kesuburan, lakukan pengobatan segera.

18. Cara cepat hamil setelah haid – Nikmati Waktu Berkualitas Anda

Jangan lupa untuk selalu menikmati waktu berkualitas anda bersama pasangan, tetap enjoy meskipun anda belum memperoleh keturunan, karenan anda sedang berproses.

19. Cara cepat hamil setelah haid – Doa

Sesudah kita berusaha sekuat tenaga tentu saja kita mengembalikan segala sesuatunya kepada yang memiliki langit dan bumi. Berdoalah, berharap yang terbaik.
Mudah-mudahan uraian di atas bisa bermanfaat untuk anda dan pasangan, semoga anda segera mendapatkan momongan seperti yang anda dan pasangan sudah nanti-nantikna.
Demikianlah cara cepat hamil setelah haid dari kami, semoga bisa menjadi solusi kehamilan untuk anda dan pasangan. Baca juga 14 Penyebab Diabetes Melitus yang Wajib Diketahui

Leave a Reply