Panduan Tips Hidup Sehat yang Sebaiknya Kita Jalankan!

Cara hidup sehat pada dasarnya cukup mudah. Sayang nya, meski pun mudah untuk dilakukan, namun kebanyakan orang justru tidak sanggup untuk menjalani nya. Alasan nya cukup sederhana, yaitu karena ketidakmampuan dalam mendisiplinkan diri sendiri untuk mematuhi setiap aturan yang sudah dibuat.

Dalam dunia kesehatan, ada sebuah jargon yang sering diagung – agungkan oleh pakar kesehatan, yaitu “Lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Jika dilihat sekilas, jargon tersebut memang terlihat sederhana. Padahal, kenyataan nya jargon tersebut memiliki arti yang sangat luas.

Nah, berhubungan dengan jargon tersebut, pada kesempatan kali ini, tim penulis Ceksehat ingin membagikan sedikit informasi mengenai beberapa tips dan cara hidup sehat. Dengan ada nya informasi ini, diharapkan kita bisa lebih mudah dalam mencegah timbulnya berbagai macam penyakit sehingga hidup kita bisa menjadi lebih sehat.

Cara Hidup Sehat

Cara Hidup Sehat

Tips Cara Hidup Sehat yang Harus Anda Praktekkan Setiap Hari

Berikut merupakan beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar hidup Anda bisa menjadi lebih fit, lebih bugar, dan tentunya juga lebih sehat:

1. Selalu Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian Tubuh Anda

Asupan nutrisi merupakan salah satu kunci utama yang harus dipegang oleh setiap orang yang ingin menjalani gaya hidup sehat.Jika kebutuhan nutrisi harian tubuh Anda selalu terpenuhi dengan baik, maka seluruh organ yang ada pada tubuh Anda akan bisa bekerja dengan optimal.

Nah, ketika seluruh organ dalam tubuh telah bekerja dengan optimal, maka tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dan juga tidak akan mudah terserang berbagai macam bibit penyakit.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh Anda, Anda harus menerapkan pola makan yang tepat. Bila Anda mau, Anda dapat menerapkan prinsip 4 sehat lima sempurna. Namun begitu, usahakan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi nasi putih, mengingat kelebihan karbohidrat malah cenderung dapat membuat tubuh Anda mengalami obesitas.

2. Selalu Penuhi Kebutuhan Serat Harian Tubuh Anda

Memenuhi kebutuhan serat juga termasuk ke dalam salah satu cara hidup sehat yang perlu Anda terapkan.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, serat sangat berhubungan erat dengan sistem pencernaan dalam tubuh kita. Ketika kebutuhan serat harian tubuh kita tidak terpenuhi dengan baik, maka sistem pencernaan dalam tubuh kita tidak akan bisa bekerja dengan optimal.

Dampak nya, proses pencernaan akan mengalami gangguan, dan asupan energi ke seluruh tubuh pun akan terganggu.

Maka dari itu, agar sistem pencernaan pada tubuh Anda bisa terus bekerja dengan baik, Anda harus selalu memenuhi kebutuhan serat harian tubuh Anda. Cara nya adalah dengan memperbanyak angka konsumsi bahan makanan yang kaya serat seperti buah, sayur, gandum, dll.

3. Konsumsi Air Putih dengan Cukup

Cara hidup sehat yang selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh.

Sekitar 85 persen tubuh manusia tersusun atas cairan. Maka dari itu, agar tubuh bisa terus sehat dan bugar, kita harus selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita, salah satu nya adalah dengan mengonsumsi air putih dengan cukup.

Normal nya, dalam sehari tubuh manusia membutuhkan pasokan cairan sekitar 7 sampai dengan 8 gelas.

Satu hal yang mesti Anda ingat, meski pun air putih itu penting, namun Anda tidak boleh mengonsumsi nya secara berlebihan. Pasal nya, jika dikonsumsi secara berlebihan air putih yang sebelum nya bermanfaat bisa berubah menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh.

Simak juga: 28 Manfaat Air Putih untuk Merawat Kesehatan dan Kecantikan

4. Selalu Penuhi Kebutuhan Istirahat Harian Anda

Memenuhi kebutuhan istirahat (tidur) harian juga termasuk ke dalam salah satu cara hidup sehat yang harus Anda terapkan setiap hari.

Untuk mengembalikan kinerja jaringan sel yang ada pada tubuh kita, kita perlu beristirahat. Normal nya rata – rata kebutuhan istirahat untuk orang dewasa berada di kisaran 6 sampai dengan 8 jam per hari.

Jika waktu istirahat berada di bawah rentang batas tersebut, maka kemungkinan besar tubuh akan menjadi tidak fit. Sebaliknya, jika waktu istirahat harian Anda berada di atas rentang batas tersebut, maka kemungkinan besar tubuh akan menjadi lebih beresiko terserang obesitas.

5. Rutin Berolahraga

Olahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Biasa nya orang rajin berolahraga cenderung memiliki usia yang jauh lebih panjang ketimbang orang – orang yang tidak pernah / malas berolahraga.

Itu lah mengapa olahraga turut kami masukkan ke dalam salah satu cara hidup sehat.

Tidak perlu lama – lama, cukup luangkan 30 menit setiap hari untuk berolahraga, tubuh Anda pasti akan menjadi lebih sehat, bugar, dan mungkin juga akan tampak lebih atletis.

Atau jika Anda memang benar – benar sibuk sampai – sampai tidak bisa meluangkan waktu 30 menit setiap hari, Anda masih tetap bisa mengakali nya dengan cara memperbanyak aktivitas fisik harian Anda.

Cara nya adalah dengan mengganti kebiasaan. Contoh nya, jika selama ini Anda selalu menggunakan lift atau pun eskalator, Anda dapat mengganti nya dengan tangga manual. Atau bila selama ini Anda berangkat ke kantor dengan menggunakan kendaraan bermotor, Anda dapat mengganti nya dengan bersepeda atau pun berjalan kaki.

6. Jaga Kondisi Mental dan Pikiran Agar Tetap Stabil

Kondisi tubuh yang sehat tidak akan bisa tercapai bila kondisi mental dan pikiran Anda tidak stabil.

Maka dari itu, jika Anda ingin memiliki tubuh yang benar – benar sehat, Anda harus menerapkan cara hidup sehat yang satu ini.

Pertanyaan nya, bagaimanakah cara menerapkan nya?

Gampang! Salah satu cara terbaik nya adalah dengan menerapkan konsep “harta tidak dibawa mati” dan konsep “pembagian waktu kerja” ke dalam benak Anda. Dengan konsep ini, nanti nya pikiran Anda tidak akan terbebani oleh hal – hal yang terkait dengan urusan harta benda belaka, sehingga hidup Anda bisa berjalan dengan lebih rileks, lebih tenang, dan juga lebih sehat.

7. Hindari Kebiasaan – Kebiasaan yang Tidak Sehat

Cara hidup sehat yang selanjutnya adalah dengan menghindari berbagai macam kebiasaan yang tidak sehat.

Sampai saat ini banyak orang yang ingin memiliki tubuh yang sehat namun tetap menjalankan berbagai macam kebiasaan yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol, begadang, dan lain sebagai nya.

Nah, bila Anda memang benar – benar ingin memiliki tubuh yang sehat, maka Anda harus bisa menghindari semua kebiasaan buruk tersebut. Jika saat ini Anda sudah terlanjur kecanduan, Anda dapat mengurangi nya secara perlahan – lahan dan mengganti nya dengan kebiasaan – kebiasaan baru yang jauh lebih positif.

8. Selalu Menjaga Kebersihan

Cara hidup sehat yang tidak kalah pentingnya lagi adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Pastikan anda tinggal di lingkungan yang bebas dari virus dan bakteri.

Virus dan bakteri sangat mudah tumbuh dan berkembang di tempat-tempat yang jorok dan basah. Pastikan anda selalu menjaga kebersihan diri dan tempat anda tinggal. Beberapa hal yang sebaiknya dilakukan mandi teratur minimal 2x sehari, sikat gigi setelah makan, membersihkan kamar tidur, membersihkan selokan depan rumah, tidak membiarkan genangan air di barang-barang bekas atau tempat air lebih dari seminggu dan sebagainya.

9. Batasi Konsumsi Soda dan Kafein

Bukannya tidak boleh untuk mengkonsumsi soda atau kafein, tapi ada baiknya kalau kita mmebatasi mengkonsumsi dua jenis minuman yang kurang sehat tersebut. Dua jenis minuman ini dapat mempercepat laju produksi urin, tentu akan mengurangi asupan air dalam tubuh. Sebaiknya ganti kafein atau alk*hol dengan jus buah bebas gula yang lebih mengandung air dan lebih enak tentunya.

10. Kendalikan Konsumsi Gula

Siapa sih yang tidak suka dengan yang manis-manis? Makanan atau minuman manis yang terkandung di dalam manis, permen, coklat, cake dengan toping memang sangat enak. Sebaiknya mulailah untuk mengendalikan konsumsi makanan yang mengandung gula. Jangan sampai mengkonsumsinya tiap hari atau terlalu sering.

11. Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Berminyak

Cara hidup sehat yang tidak kalah penting juga adalah dengan membatasi konsumsi makanan berminyak, apalagi gorengan yang dijual di pinggir jalan. Kenapa? Biasanya makanan tersebut digoreng dengan minyak yang sama berulang-ulang ditambah lagi biasanya minyak yang digunakan juga minyak murah dengan kandungan kolesterol lebih tinggi.

Artikel terkait: Daftar Buah Penurun Kolesterol yang Sehat Dikonsumsi

Batasilah mengkonsumsi makanan yang digoreng untuk menjaga kesehatan jantung anda.

12. Makan dengan Tenang 

Usahakan saat makan untuk tidak makan dalam kondisi sedang emosi. Dimana biasanya orang yang sedang emosi akan makan dalam jumlah yang lebih banyak.

13. Makanlah Lebih Sering

Makan dalam lebih sering dalam jumlah sedikit lebih baik daripada makan jarang dalam jumlah yang banyak. Dengan makan dalam jumlah sedikit tapi sering akan membuat proses metabolisme pencernaan menjadi lebih sempurna. Ini bukan berarti adalah pembenaran untuk kebiasaan mengemil tentunya.

14. Berhenti Makan Ketika Merasa Kenyang

Karena makanan yang kita makan enak terkadang kita ingin makan terus, sampai perut benar-benar kenyang. Sebaiknya kita berhenti makan setelah merasa kenyang, ada baiknya juga kita mengambil porsi makanan yang tidak terlalu besar, sesuaikan dengan perut kita masing-masing.

15. Berjalan dengan Bertelanjang Kaki

Cara hidup sehat yang juga penting adalah membiasakan diri berjalan dengan bertelanjang kaki. Ternyata kebiasaan ini bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh lebih baik, mengurangi stres untuk kaki dan sendi. Ini sungguh beralasan ilmiah karena berjalan dengan bertelanjang kaki memberikan efek pijatan yang menciptakan rasa nyaman ke sekujur tubuh.

16. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Olahan dan makanan dalam kaleng

Sebaiknya kita jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji (makanan olahan) dan makanan dalam kemasan kaleng.

Makanan tersebut biasanya disimpan untuk waktu yang lama sehingga ditambahkanlah pengawet di dalamnya. Selain itu, makanan olahan dan dalam kaleng ini memiliki nilai gizi yang sering tidak sempurna. Jika makanan ini dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu panjang maka dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Selain bahaya tersebut, makanan olahan ini juga terkadang memiliki kandungan garam yang tinggi.

17. Konsumsi Makanan Berwarna Cerah Sebagai Antioksidan

Sebisa mungkin usahakan untuk mengkonsumsi makanan berupa sayur dan buah yang berwarna cerah. Kenapa karena buah dan sayur yang berwarna cerah ini memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi.

Nah, antioksidan ini bermanfaat untuk menghilangkan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh kita yang bisa merusak sel-sel tubuh kita.

Beberapa contoh makanan atau sayur tersebut seperti; putih (Pisang, jamur), Kuning(Nanas, Mangga), Oranye (Jeruk, Pepaya), Merah(Apel, Stroberi, Tomat, Semangka), Hijau (Jambu, Alpukat, mentimun, Selada, Seledri), Ungu/Biru (Buah Berry, Terong, Buah Plum). Diet Warna ini juga baik menjaga diet yang menyehatkan serta membentuk tubuh ideal

Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah (Top Secret)!

Tidak bisa dipungkiri, Rasulullah memiliki pola hidup sehat yang sangat luar biasa, dan layak untuk kita jadikan contoh. Rasulullah jarang sekali sakit. Ternyata berikut inilah rahasia pola hidup sehat ala Rasulullah yang bisa kita tiru:

1. Rasulullah Cepat Tidur dan Cepat Bangun

Rahasia hidup sehat ala Rasulullah yang pertama adalah cepat tidur dan cepat bangun. Hal ini bukan tanpa alasan karena menurut medis ternyata sel darah merah manusia ini akan diperbaharui seiap hari pada pukul 23.00 WIB. Sehingga kita sebaiknya tidur saat sedang terjadi pembaharuan sel darah merah ini.

Sebaiknya kita tidur setelah shalat isya. Apalagi jika kita tidak punya kesibukan. Kemudian bangun pada pukul 03.00 untuk melakukan sholat malam. Ini menjadi rahasia hidup sehat Rasulullah yang pertama.

2. Rasulullah Merutinkan Berpuasa

Siapa sangka ternyata dengan sering berpuasa justru membuat Rasulullah menjadi sehat.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa… Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Ternyata dengan berpuasa kita bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit mulai dari serangan jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker dapat disembuhkan. 

3. Tidak Pemarah

Ini yang menjadi kelebihan Rasulullah yang lainnya, yaitu jarang marah. Rasulullah kalau marah tentu saja bukan karena alasan pribadi, melainkan karena kemarahan beliau karena ada yang menghina Agama Allah.

Ternyata dengan menjadi pribadi pemaaf akan membuat kita lebih rileks dan otot jantung kita menjadi lebih elastis serta pikiran kita selalu tenang

4. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan juga menjadi salah satu kunci cara hidup sehat ala Rasulullah.

“Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Rasulullah terkenal sebagai pribadi yang bersih dan rapi. Setiap hari kamis atau jumat, beliau secara rutin mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, bersiwak, serta memakai minyak wangi. Rasul juga sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi melalui sunah Beliau bersiwaq.

5. Menjaga Pola Makan

Rasulullah juga memperhatikan apa-apa yang dimakannya.

Biasanya, saat pagi hari Rasulullah suka mengonsumsi segelas air dingin yang dicampur dengan madu asli. Kemudian memasuki waktu dhuha (pagi menjelang siang), Beliau mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa’.

Ternyata kebiasaan ini sangat luar biasa sekali. Madu dan kurma memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan, termasuk salah satunya menetralisir racun. 

Kemudian memasuki siang menjelang sore, Rosul mengonsumsi minyak zaitun. “…Sesungguhnya zaitun itu adalah pohon yang diberkahi”. Sedangkan di malam hari Beliau mengonsumsi sayuran-sayuran segar kaya nutrisi.

Secara umum, sayuran memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Setelah makan malam Rosul tidak langsung tidur. Beliau melakukan aktivitas seperti sholat agar makanan bisa tercerna secara optimal.

6. Berolahraga

Jangan salah ternyata Rasulullah juga merutinkan olehraga. Bahkan tubuh Beliau tidak hanya sehat tapi juga kuat. Beliau pernah lomba lari, gulat, dan bahkan memanah, dan berkuda.

7. Bersosialisasi

Tahukah anda ternyata dengan bersosialisasi akan membuat seseorang menjadi lebih sehat. Hal ini didasarkan pada studi di Harvard School of Public Health menemukan bahwa seseorang berusia sekitar 70-an tahun yang memiliki hubungan sosial baik, mereka cenderung memiliki kemungkinan kecil terkena penyakit serangan jantung.

Seperti kita ketahui bersama, Rasulullah adalah pribadi yang suka bersilaturahmi dengan para sahabat dan tetangganya. Bersosialisasi adalah salah satu tips menjaga kesehatan yang patut kita tiru saat ini.

8. Bekam

Said bin Jubir berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah saw pernah bersabda:

“Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas” (HR. Bukhori).

Nah, bagaimana? Cara hidup sehat itu mudah bukan? Penting untuk diingat, kunci utama untuk bisa mendapatkan hidup yang lebih sehat cenderung terletak pada kemampuan Anda dalam mendisiplinkan diri untuk menjalankan program kesehatan yang sudah kita rancang.

Sehebat dan sebagus apa pun program kesehatan yang sudah Anda rancang, jika program tersebut tidak Anda jalankan dengan disiplin, maka hasilnya pasti tidak akan bisa maksimal.

Maka dari itu, selalu jaga tingkat disiplin dan konsistensi Anda dalam menjaga kesehatan tubuh ya! Jangan lewatkan juga: 13 Aplikasi Kesehatan yang Sebaiknya Ada di Smartphone Anda!

Leave a Reply