25 Tips Mencegah Penyakit Diabetes yang Terbukti Berhasil

Cara Mencegah Diabetes – Di Negara maju dan beberapa negara lainnya diabetes menjadi penyakit yang memiliki potensi paling besar menyerang penduduknya. Angka penderita diabetes setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup drastis.

Diabetes juga menjadi penyebab kematian tertinggi. Faktor kegemukan diperkirakan menjadi penyebab utama seseorang terserang diabetes. Tapi bukan berarti orang yang kurus tidak bisa terserang diabetes. Gaya hidup yang buruk adalah penyebab utama diabetes.

Hingga saat ini diabetes belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Namun ada beberapa cara mencegah diabetes. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Menerapkan diet dan melakukan olahraga secara rutin sebenarnya dapat menjadi pencegahan awal penyakit yang memiliki kadar gula di atas garis normal.

Jangan lewatkan juga: 9 Cara Membuat Obat Diabetes Alami yang Terbukti Ampuh Turunkan Gula Darah

Penyakit diabetes jika tidak segera dikendalikan dengan benar akan mengakibatkan penyakit komplikasi yang bisa berujung kematian seperti jantung, stroke, darah tinggi, dan osteoporosis. Sebaiknya sekarang anda lakukan pencegahan diabetes sejak dini.

Cara mencegah diabetes

Cara mencegah diabetes

Berikut kisaran gula darah yang normal:

  • Gula darah bisa dibilang normal jika sebelum makan gula dara anda sebesar 70 sampai 130 mg/dl
  • Lalu gula darah harus kurang dari 180 mg/dl dua jam setelah makan
  • Gula darah kurang dari 100 mg/dl saat anda berpuasa
  • Lalu menjelang tidur gula darah sebaiknya berkisar antara 100 sampai 140 mg/ dl
  • Kadar gula darah secara umum harus di bawah 200 mg/dl

Itulah kisaran gula darah yang dianggap aman dari serangan diabetes. Usahakan gula darah anda tetap berada di kisaran normal tersebut.

Cara Mencegah Diabetes 

Meski penyakit diabetes tidak dapat diobati secara maksimal, namun penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dengan beberapa tips berikut ini :

1. Sarapan tepat waktu

Melakukan sarapan tepat waktu menjadi salah satu cara mencegah diabetes yang cukup ampuh. Sarapan sangat penting dilakukan untuk mencegah rasa lapar yang berlebihan saat anda makan siang. Karena cara makan yang baik adalah makan sesering mungkin tapi dalam porsi yang kecil.

Jika anda meninggalkan sarapan ditakutkan anda akan makan dalam porsi yang besar saat makan siang. Cara itu  justru akan menyebabkan kurangnya produksi insulin yang menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah.

Jadi jangan pernah meninggalkan sarapan dan lakukan sarapan sebelum jam 9. Karena penelitian menunjukan orang yang jarang sarapan memiliki gula darah lebih tinggi dari pada orang yang melakukan sarapan tepat waktu.

2. Kurangi porsi makan

Makan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan untuk mempertahankan hidup, namun jika makan dalam jumlah yang banyak akan mengakibatkan berbagai penyakit seperti obesitas dan diabetes.

hal itu karena sistem metabolisme tidak dapat melakukan pembakaran dengan baik sehingga menumpuk pada tubuh yang mengakibatkan kegemukan. Sedangkan penyakit diabetes terjadi karena terlalu banyak makan yang anda konsumsi akan mengurangi produksi insulin. Terganggu-nya produksi insulin akan mengakibatkan tubuh terserang diabetes. Makanlah dalam porsi yang wajar agar tubuh menjadi sehat.

3. Kurangi asupan karbohidrat

Karbohidrat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh namun jika karbohidrat yang dikonsumsi melebihi kebutuhan per-harinya justru akan mengakibatkan penumpukan gula di dalam tubuh yang mengakibatkan tubuh terserang diabetes.

Beberapa sumber karbohidrat sederhana yang wajib kita kurangi porsinya seperti gula, nasi putih, es krim, cake kering, cake basah serta gandum.

Anda perlu mengurangi porsi beberapa makan tersebut tau anda dapat mengganti sumber karbohidrat dengan makan seperti beras merah, kentang, pisang, jagung, berbagai jenis ubi, dan gandum utuh, karena beberapa makanan tersebut mengandung karbohidrat kompleks yang lebih sehat dan bergizi serta tidak menyebabkan diabetes.

4. Olahraga secara teratur

Melakukan olah raga secara teratur terbukti ampuh mencegah diabetes, karena olahraga mampu melakukan pembakaran kalori dengan baik sehingga kalori tidak akan mengendap di dalam tubuh. Beberapa sumber kalori seperti karbohidrat, lemak dan protein.

Jika karbohidrat dapat dibakar dengan baik dan diubah menjadi energi akan menghindari penumpukan karbohidrat atau gula di dalam arah dan akan mencegah diabetes menyerang tubuh anda.

Melakukan olahraga juga dapat membantu meningkatkan produksi dan sensitivitas insulin atau kelenjar ludah. Lakukan olahraga sesuai kemampuan secara rutin sebagai salah satu cara mencegah diabetes.

5. Makanan sehat

Mengganti makan yang kurang sehat yang  biasa anda konsumsi seperti makan yang tinggi karbohidrat dan berlemak dengan makan yang lebih sehat dan memiliki kandungan nutrisi lengkap menjadi salah satu cara mencegah diabetes.

Beberapa asupan makanan yang memiliki kandungan nutrisi lengkap seperti makan yang berasal dari gandum utuh antara lain oatmeal, sereal serta roti gandum. Beberapa makan tersebut dapat menjaga gula darah anda tetap stabil.

6. Kayu manis

Mengkonsumsi air rebusan kayu manis secara teratur dipercaya dapat mencegah diabetes dan dapat menurunkan kadar gula di dalam darah. Kayu manis memiliki manfaat dapat membantu melancarkan produksi insulin. Jadi tambahkan segelas air rebusan kayu manis dalam menu harian anda.

7. Konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan makanan yang tinggi serat serta memiliki banyak kandungan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan zat besi. Kandungan serta pada sayur dan buah dapat melancarkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori dapat berjalan maksimal.

Karbohidrat yang merupakan salah satu sumber kalori. Jika kalori dapat dibakar dengan baik menjadi energi maka akan menghindari penumpukan gula di dalam darah, dan anda akan terhindar dari penyakit diabetes.

Artikel terkait lainnya: Daftar Buah untuk Penderita Penyakit Diabetes

8. Pare

Minum jus pare setiap pagi dapat membatu mencegah diabetes. Penelitian membuktikan kandungan yang dimiliki buah pare dapat membantu memperbaiki pankreas. Jika pankreas dalam kondisi yang baik maka produksi insulin juga akan meningkat.

Peningkatan produksi insulin akan membantu mengontrol gula di dalam darah. Pare selain dapat dijadikan jus juga dapat dimasak sebagai sayur untuk lauk makanan pencegah diabetes.

9. Kedelai

Memenuhi kebutuhan protein harian tubuh juga dapat mencegah diabetes. Protein bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi daging, namun mengkonsumsi daging dalam jumlah yang berlebihan akan mengakibatkan naiknya tensi darah serta naiknya kolesterol. Artikel terkait: 31 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Sebaiknya ganti sumber protein dari daging dengan mengkonsumsi kedelai. Protein pada kedelai dipercaya dapat menormalkan gula darah.

10. Hindari minuman manis

Anda diwajibkan memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya, namun kebanyakan orang lebih memilih minuman kemasan atau mengkonsumsi teh manis untuk menghilangkan haus. Padahal minuman kemasan dan teh  mengandung pemanis tambahan yang tanpa disadari akan meningkatkan kadar gula anda.

Sebaiknya ganti minuman manis yang biasa anda konsumsi dengan minuman sehat seperti air putih, air mineral dan air kelapa untuk memenuhi kebutuhan harian anda. mengganti minuman manis merupakan salah atau cara mencegah diabetes yang cukup efektif.

11. Hindari tidur terlalu lama

Tidur merupakan kegiatan istirahat yang sangat penting dilakukan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Lakukan istirahat 8 jam perhari untuk menjaga kesehatan tubuh dan organ tubuh anda. istirahat yang cukup juga dapat merawat kesehatan kulit dan rambut anda.

Namun jika tidur dilakukan secara berlebihan justru akan menyebabkan penyakit. Tidur yang terlalu lama justru akan menumpuk lemak dan gula di dalam tubuh. Hal itu kan mengakibatkan tubuh terserang diabetes dan obesitas.

12. Jangan terlalu lama berdiam diri

Kecanggihan elektronik di zaman modern saat ini, jika tidak bijak menggunakannya akan menimbulkan kerusakan pada tubuh. Seperti menonton TV atau memainkan HP terlalu lama akan membuat tubuh anda terlalu lama berdiam diri.

Berdiam diri terlalu lama merupakan salah satu penyebab diabetes. Hal itu akan menghentikan pembakaran kalori dan menjadikan kalori menumpuk pada tubuh yang mengakibatkan kegemukan dan diabetes. Lakukan kegiatan sederhana yang merupakan cara mencegah diabetes seperti menyapu, mengepel, memasak, serta menyiram tanaman.

13. Hindari stres

Stres merupakan penyebab berbagai penyakit kronis. Salah satu penyakit yang disebabkan stres adalah penyakit diabetes. Kadar gula di dalam darah dapat meningkat karena stres dapat meningkatkan sejenis hormon peningkatan glukosa di dalam darah.

Jika stres anda sulit dihindari sebaiknya lakukan kegiatan yang dapat meringankan stres yang anda alami seperti relaksasi, jalan-jalan, mendengarkan musik, rekreasi, dan menonton bioskop bersama teman.

14. Penuhi kebutuhan vitamin D

Vitamin D sangat bermanfaat menguatkan tulang, namun tak hanya itu vitamin D juga berperan penting mengontrol gula darah anda. konsumsi beberapa makanan yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin D.  Berjemur setiap pagi di di bawah jam 9 akan membatu tubuh anda untuk memperoleh manfaat penting vitamin D.

15. Tidur yang cukup

Memiliki kualitas tidur yang baik dan istirahat yang cukup dapat membantu anda mencegah penyakit diabetes. Istirahat setidaknya 6 sampai 8 jam perhari dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh. Tidur yang cukup juga dapat mengurangi stres yang juga menjadi cara mencegah diabetes.

16. Berhenti merokok

Merokok dapat memicu berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan gangguan jantung. Hentikan kebiasaan merokok agar hidup anda menjadi sehat dan menghindari penyakit diabetes dan obesitas.

Selain kebiasaan merokok yang dapat menyebabkan diabetes, terpapar asap rokok juga dapat menyebabkan hal yang sama.

17. Hindari obesitas

Obesitas merupakan penyebab utama seseorang terserang diabetes. Obesitas terjadi karena sistem metabolisme terganggu maka akan terjadi penumpukan kalori yang berupa lemak dan karbohidrat. Karbohidrat yang menumpuk tersebut merupakan penyebab utama diabetes.

Jadi hindari makanan yang dapat memicu naiknya berat badan serta lakukan olahraga secara teratur agar sistem metabolisme dapat bekerja dengan baik, sehingga tubuh anda akan terhindar dari obesitas dan diabetes.

18. Hindari makanan berlemak

Penyakit obesita juga dapat dipicu dengan mengkonsumsi makan berlemak seperti gorengan. Sperti yang telah kita bahas di atas obesitas merupakan penyebab utama tubuh terserang diabetes.

Sebaiknya  hindari makan yang mengandung lemak jahat atau lemak trans dengan makanan yang mengandung lemak baik seperti minyak zaitun, minyak almond, serta alpukat, agar berat badan anda dapat terkontrol jadi anda juga akan terhindar dari penyakit diabetes.

19. Minum air putih secukupnya

Minum air putih sesuai aturan sebanyak 8 sampai 10 gelas perhari akan membantu melancarkan metabolisme tubuh. Dengan begitu tubuh akan terhindar dari obesitas dan diabetes. Biasakan minum air putih setiap hari dan hilangkan minuman yang mengandung gula tambahan agar tubuh selalu sehat.

Simak juga: Cara Terapi Air Putih yang Benar, Rasakan Manfaatnya yang Sangat Luar Biasa

20. Hindari kebiasaan mengemil

Mengemil merupakan kegiatan makan diwaktu senggang degan makan ringan untuk pengganjal rasa lapar. Mengemil biasanya dilakukan disore hari saat tubuh sudah mulai merasa lemas. Sebenarnya mengemil justru akan membuat tubuh anda mengalami kenaikan berat badan jika camilan yang anda konsumsi mengandung lemak dan gula seperti gorengan, es krim dan cake.

Naiknya berat badan juga akan menaikkan kadar gula di dalam darah anda. jadi hapus kebiasaan mengemil yang biasa anda lakukan sebagai cara mencegah diabetes.

21. Ganti camilan yang tidak sehat

Mengemil sebenarnya tidaklah dilarang, jika camilan yang anda konsumsi merupakan camilan sehat yang kaya serat dan memiliki banyak nutrisi penting lainnya. Mengemil dengan makan sehat juga dapat mencegah diabetes.

Beberapa camilan sehat yang dapat membantu mencegah diabetes seperti apel, pir, jeruk, dan beberapa sereal yang terbuat dari gandum utuh.

22. Hindari minuman bersoda

Minuman bersoda juga dapat menjadi penyebab naiknya gula darah. Minuman bersoda akan mengganggu lambung dan menghambat proses pencernaan, jika sistem pencernaan terganggu maka makanan tidak dapat dicerna dengan baik sehingga akan terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh sehingga tubuh akan mengalami kenaikan berat badan.

Seperti yang kita ketahui kenaikan berat badan mengakibatkan kegemukan yang merupakan penyebab diabetes. Jadi hindari minuman bersoda untuk mencegah penyakit diabetes menyerang tubuh anda.

23. Lakukan diet

Menjalankan program diet rendah karbo dan rendah lemak dapat mengurangi potensi naiknya kadar gula di dalam darah. Saat diet porsi makan akan dikurangi dan akan lebih banyak mengkonsumsi makan tinggi serat, vitamin, dan protein.

Makanan yang memiliki beberapa kandungan tersebut akan membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar gula di dalam darah sehingga anda akan terhindar dari penyakit diabetes.

Baca juga: Rahasia Sukses Diet Golongan Darah A, B, AB dan O yang Wajib Anda Ketahui

24. Mengkudu

Minum air buar mengkudu secara rutin akan membantu mencegah diabetes, karena buah mengkudu memiliki kandungan proxeroni yang dapat menjaga kadar gula di dalam darah.

25. Buncis

Sayur buncis tidak hanya enak dimakan namun juga dapat menjadi cara mencegah diabetes yang sangat ampuh. Kandungan B-sitosterol pada sayur buncis dapat membantu meningkatkan produksi insulin yang berperan penting menjaga kestabilan gula darah.

Itulah 25 cara mencegah diabetes yang dapat anda lakukan dengan mudah dirumah. Beberapa kegiatan tersebut merupakan kegiatan sederhana yang memiliki manfaat besar, yaitu dapat menjadikan tubuh terhindar dari diabetes dan dapat menyehatkan tubuh. Demikianlah ulasan tentang cara mencegah diabetes, semoga bermanfaat. Simak juga: 31 Gejala Penyakit Diabetes yang Harus Anda Waspadai

Leave a Reply