24 Tips Mencegah Penyakit Jantung

Cara mencegah penyakit jantung – Penyakit jantung merupakan pembunuh no1 saat ini. Penyakit ini sangat mematikan, baik itu di luar negeri seperti di Ameria atau di negara kita sendiri. Semakin hari semakin banyak pengidap penyakit jantung.

Hal ini tentu saja disebabkan oleh banyak faktor, terutama dari pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Apalagi masyarakat kita saat ini lebih suka yang instant dan malas untuk bergerak, maka tumpukan lemak di dalam darah semakin menumpuk mengakiatkan pembuluh darah tersumbat. Maka dari itu, kita harus mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit jantung sejak dini.

Mengetahui cara mencegah penyakit jantung sejak dini sangat penting untuk semua orang. Meskipun tidak jarang juga orang selamat dari penyakit mematikan ini, namun walau bagaimanapun mencegah jauh lebih baik ketimbang mengobati.

cara mencegah penyakit jantung

Cara mencegah penyakit jantung

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Kali ini CekSehat.com akan berbagi informasi kepada anda bagaimana cara mencegah penyakit jantung yang bisa kita lakukan, mulai dari yang ringan-ringan sampai yang membutuhkan effort lebih. Berikut ini kami rangkum dari beberapa web seperti tempo, merdeka serta harian sehat yang dilansir dari berbagai web para ahli dibidang penyakit jantung. Berikut ini diantaranya:

1. Menjaga kesehatan gigi

Cara menjaga kesehatan jantung yang pertama adalah dengan menjaga kesehatan gigi kita. Karena infeksi yang menyerang gusi bisa memicu inflamasi dalam pembuluh darah – kondisi yang sudah dibuktikan melalui penelitian yang mampu memicu penyakit kardiovaskular. Jadi jaga kesehatan gigi Anda untuk mencegah penyakit jantung.

2. Pergi berlibur

Tips mencagah penyakit jantung yang kedua adalah dengan berwisata, wah ternyat liburan bisa mencagah penyakit jantung. Usahakan minimali liburan minimal 2 kali dalam setahun. Hal ini berdampak positif terhadap kesehatan jantung karena saat liburan pikiran dan stress biasanya menurun sehingga kinerja jantung lebih rileks.

3. Tidur cukup

Tidur cukup juga memberi dampak positif terhadap kesehatan jantung kita. Pasalnya penelitian sudah membuktikan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari enam jam punya risiko dua kali lipat terkena penyakit jantung.

4. Vaksin flu

Ternyata orang dewasa yang mendapatkan vaksin flu mengalami penurunan sekitar 20% terhadap resiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan infeksi saluran pernapasan mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu jangan malas melakukan vaksin untuk melindungi kesehatan pernapasan dan jantung.

5. Makan cokelat

Siapa sih yang tidak suka cokelat, ternyata cokelat yang mengandung 70% caco sangat baik untuk kesehatan jantung kita. Bukan cokelat yang banyak beredar di pasaran ya. Tapi kalau bisa dark cokelat, atau yang jelas mengandung kakao 70%. Para pecinta cokelat terbukti 37 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian dari Inggris.

6. Berjemur di pagi hari

Siapa sangka ternyata berjemu di pagi hari berdampak positif terhadap penyakit jantung. Matahari pagi menjadi berkah tersendiri untuk kita, karena menjadi sumber vitamin D gratis untuk kita. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kekurangan vitamin D membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung.

7. Tertawa

Selain berwisata, tertawa juga dapat mencegah penyakit jantung, karena dengan tertawa, stres menurun dan membuat aliran darah dalam pembuluh menjadi lebih tenang. Risiko penyakit jantung pun berkurang jika seseorang sering tertawa.

8. Sarapan Bubur Gandum

Usahakan agar sarapan bubur gandum setiap pagi. Kandungan beta-glucan, serat yang ada di dalam bubur gandum bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat penyebab sakit jantung. Ini membentuk gel tebal seperti pasta yang mengikat kolesterol dalam usus dan mencegah penyerapan ke dalam aliran darah.

Menurut ahli gizi Dr Sarah Schenker, hanya 3 gram beta-glucan per hari (setara semangkuk berukuran rata-rata bubur) dapat menurunkan kolesterol sebesar 5 sampai 10 persen.

9. Membersihkan Gigi Secara Teratur

Selain menjaga kesehatan gigi, menjaga kebersihan gigi juga dapat mencegah penyakit jantung. Para ahli merekomendasikan menyikat gigi secara teratur dan membersihkan dengan benang gigi (ketika ada makanan yang terjebak di antara gigi Anda). Benang gigi juga memecah biofilm yang memerangkap massa lengket bakteri).

10. Berhubungan 2 kali Seminggu

Siapa sangka ternyat ‘berhubungan’ dapat menjaga kesehatan jantung. Bahkan dengan ‘berhubungan’ dua kali seminggu, pria 45 persen lebih rendah terserang penyakit jantung dibanding mereka yang melakukannya sekali sebulan atau kurang dari itu. “Ini mungkin karena manfaat fisik dan emosional, serta pengurangan stres,” kata ahli jantung Dr Aseem Malhotra.

11. Memakai Masker Saat Tidur

Tips mencegah jantung yang ini mungkin jarang diketahui dan jarang dilakukan, sebaiknya anda menggunakan masker saat tidur, usahakan agar kamar tidur Anda gelap atau memakai masker tidur, karena cahaya menekan produksi hormon tidur melatonin.

12. Kurangi Konsumsi Gula

Sebisa mungkin agar anda mengurangi konsumsi gula, karena berdasarkan sebuah penelitian di Amerika Serikat yang diterbitkan tahun lalu menunjukkan bahwa gula dapat menjadi kontributor besar untuk tekanan darah tinggi. Dr James DiNicolantonio, seorang ilmuwan penelitian kardiovaskular di St Luke Mid America Heart Institute, yang memimpin penelitian, mengatakan: “Mendorong konsumen untuk mengatakan tidak pada gula, bukan garam, mungkin strategi diet yang lebih baik untuk mencapai kontrol tekanan darah.”

13. Mengkonsumsi Semangkuk Youghurt

Selain mengkonsumsi bubur gandum, dengan mengkonsumsi youghurt, jantung juga bisa lebih sehat. Hal ini berdasarkan penilitian dari Institut Kesehatan Griffith dan School of Medicine di Australia, dosis harian ‘bakteri baik’ atau probiotik dari yoghurt bisa membantu menurunkan tekanan darah, terutama pada orang dengan tekanan darah tinggi. Satu teori mengatakan bahwa bakteri ‘baik’ melawan proses inflamasi terkait dengan penyakit jantung.

14. Jangan Tunda Buang Air Kecil

Meskipun bisa dibilang hal sepele, menunda buang air kecil ternyata meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Hal ini menurut temp.com, didasarkan pada penelitian terhadap orang dengan penyakit jantung dini di Taiwan menunjukkan bahwa kandung kemih yang terlalu penuh dapat menyebabkan jantung Anda berdetak lebih cepat dan menempatkan tekanan yang tidak perlu pada arteri koroner, memicu mereka untuk berkontraksi.

15. Jangan Terlalu Lama Duduk

Terlalu lama duduk juga bisa menjadi pemicu terkena penyakit jantung., bahkan dengan duduk selama 8 jam sehari meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes sebesar 40 persen. “Usahakan jangan duduk lebih dari 4 jam, cobalah sekali-kali berdiri,” kata John Buckley, profesor ilmu olahraga terapan di Chester University. “Maksimal duduk dua jam, selingi dengan berdiri 30 menit.”

(Diolah dari Tempo bersumber dari DAILY MAIL)

Cara Mencegah Penyakit Jantung Secara Alami

Lebih lanjut lagi, ada beberapa cara mencegah penyakit jantung secara alami yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah:

16. Mengkonsumsi Coklat

Penjabarannya sudah dijelaskan di atas, namun untuk lebih jelasnya perlu diperinci lagi. Kandungan flavonoid yang terdapat pada coklat hitam yang mampu menjaga saluran arteri tetap fleksibel. Selain itu, sifat lainnya yang terdapat pada coklat hitam juga dipercaya dapat mencegah kolesterol jahat atau LDL dari oksidasi, bahkan cenderung mencegah munculnya plak. Coklat hitam juga mengandung banyak serat dan magnesium yang baik untuk kesehatan. Namun tetap ingat, Anda harus menghindari susu coklat, karena lemak pada susu mampu meningkatkan kolesterol.

17. Gunakan vitamin B kompleks

Berdasarkan pada riset di Swiss menyatakan bahwa 200 orang pria dan wanita yang mengkonsumsi vitamin B, yaitu asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12 memiliki kadar homosistein lebih rendah 40 persen ketika melakukan operasi membuka arteri dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengkonsumsi vitamin tersebut. Bahkan, penelitian tersebut juga menunjukan bahwa mengkonsumsi vitamin B kompleks mampu membuat pembuluh darah lebih luas.

18. Hindari sleep apnea

Tips mencagah penyakit jantung selanjutnya adalah dengan mencegah penyakit sleep apnea yang menyerang ketika Anda tertidur. Biasanya dampaknya adalah muncul suara dengkuran dan cara menyembuhkannya tentu harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

19. Tidur teratur

selain tidur cukup, tidur kita juga harus teratur. hal ini bersarakan penelitian di Harvard menyebutkan bahwa 7.000 wanita yang mengikuti tes untuk tidur kurang dari 7 jam memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi. Para ilmuwan tersebut berspekulasi bahwa faktor yang mempengaruhinya berkenaan dengan peningkatan tekanan darah, peningkatan hormon stres dan pengaruh kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mencegah penyakit jantung secara alami, sudah sepantasnya Anda tidur lebih awal.

20. Perbanyak Konsumsi Ikan Segar

Mengkonsumsi ikan segar juga memiliki peran yang penting dalam mencegah penyakit jantung. Berdasarkan riset yang diterbitkan pada tahun 2002 oleh Journal American Medical Association menyebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi ikan setiap minggunya memiliki risiko terkena serangan penyakit jantung lebih kecil atau memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung lebih sedikit dibandingkan Mereka yang mengkonsumsi ikan hanya sebulan sekali. Bahkan, dalam studi lainnya disebutkan bahwa mengkonsumsi ikan secara konsisten dan teratur mampu mengurangi risiko terjadinya detak jantung tak beraturan dan fibrilasi atrium yang menjadi salah satu penyebab kematian secara mendadak.

21. Konsumsi makanan sereal kaya serat

Apapun jenis makanan yang kaya serat sangat baik untuk kita konsumsi, usahakan agar bisa mengkonsumsi makanan kaya serat 4 kali dalam seminggu. Hal ini didasarkan pada riset yang diterbitkan oleh American Journal of Clinic Nutrition disebutkan bahwa wanta yang mengkonsumsi makanan berserat sebanyak 23 gram setiap hari memiliki risiko terkena serangan jantung 23 persen lebih kecil dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi 11 gram serat. Sedangkan untuk pria, penelitian menunjukan bahwa diet dengan mengkonsumsi serat yang tinggi mampu mencegah kemungkinan terkena serangan jantung hingga mencapai 36 persen.

22. Konsumsi teh

Anda suka mengkonsumsi teh hijau atau teh hitam? Ini menjadi adalah kebiasan baik yang harus anda pertahankan, hal ini karena berdasarkan penelitian dari 17 studi disebutkan bahwa mengkonsumsi teh sebanyak tiga gelas setiap hari mampu mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga mencapai 11 persen. Namun sebaiknya konsumsi teh dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Biasanya cangkir yang digunakan untuk meminum teh cangkir berukuran sangat kecil.

23. Konsumsi buah ceri setiap hari

Buah ceri yang berukuran kecil ternyata bermanfaat untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung. Buah ceri atau seri atau juga dikenal dengan buah kersen mengandung senyawa anthocyanin mampu menurunkan risiko terkena asam urat dalam darah, yang Kita tahu menjadi penanda munculnya serangan jantung dan stroke.

24. Konsumsi keluarga kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan juga bermanfaat untuk mencegah terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan folat yang terkandung pada kacang jika dikonsumsi secara teratur mampu menurunkan risiko terkena stroke sebanyak 20 persen dan risiko penyakit jantung sebanyak 13 persen.

Bagaimana? Ternyata ada banyak cara mencegah penyakit jantung yang bisa kita lakukan, bahkan hal sederhana sekalipun yang sering kita lakukan tanpa kita sadari. Sayangi jantung anda sejak dini, agar jantung juga menyayangi anda.

Itulah beberapa cara mencegah penyakit jantung yang bisa anda lakukan semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini agar bermanfaat untuk yang lainnya. Baca juga 11 Ramuan Herbal Sakit Pinggang yang Terbukti Ampuh

Leave a Reply