31 Cara Mengobati Masuk Angin

Cara Mengatasi Masuk Angin – Masuk angin meskipun secara medis bukan merupakan satu nama penyakit, melainkan satu reaksi tubuh terhadap gangguan kesehatan seperti gejala sakit maag, gejala pilek dan flu, perut kembung, gejala cacingan dan sebagainya.

Masuk angin juga dapat disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena perubahan cuaca yang terjadi, konsumsi makanan tertentu, terlalu lama begadang, atau karena sedang demam. Biasnaya orang yang mengalami masuk angin akan mendapatkan beberapa gejala, seperti kepala terasa pusing, demam (panas), perut kembung, cegukan, tenggorokan terasa sakit, sering mengeluarkan kentut (buang angin), pilek (flu), terkadang juga mengalami mencret – mencret (diare) serta badan terasa tidak enak, mudah lelah, pegal – pegal dan sebagainya. 

Masuk angin meskipun tidak membahayakan dan bisa dibilang termasuk  gangguan kesehatan yang sepele namun sangat menggangu aktivitas harian kita. Ternyata, cara mengatasi masuk angin tidak sulit. Bahkan kita bisa melakukannya sendiri di rumah.

Loading...
Cara mengatasi masuk angin

Cara mengatasi masuk angin

Cara Mengatasi Masuk Angin

Kali ini CekSehat.com akan berbagi tips cara mengataasi masuk angin sendiri di rumah. Dengan berbekal bahan-bahan alami dan mudah di dapat, kita bisa mengusir masuk angin seketika. Berikut ini kiat-kiat dan juga beberapa herbal yang bisa anda racik untuk mengobati masuk angin dengan cepat.

1. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Kencur

Cara mengobati masuk angin yang pertama bisa dengan menggunakan tanaman kencur. Caranya sediakan kencur sebanyak satu rimpang serta sedikit garam. Cara membuatnya yaitu kencur terlebih dahulu dikupas kulitnya lalu dicuci hingga bersih. Setelah itu, kencur tersebut dapat dikonsumsi langsung dengan dicampur sedikit garam. Kemudian minumlah segelas air putih setelahnya. Kerjakan sehari dua kali.

2. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Gula Kelapa

Tips mengobati masuk angin selanjutnya adalah dengan menggunakan gula kelapa satu potong, cabe merah satu butir, buah asam tiga biji, daun jambu biji muda sepuluh lembar, sedikit garam serta air sebanyak satu liter untuk merebus. Cara membuatnya yaitu bahan-bahan terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Lalu semua bahan dicampur menjadi satu kemudian direbus sampai mendidih. Setelah matang, rebusan tersebut disaring. Air rebusan dapat dikonsumsi sehari dua kali.

3. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Kulit jeruk Purut

Kulit jeruk purut ternyat juga bisa kita manfaatkan seabgai obat masuk angin yang ampuh. Sediakan kulit jeruk purut sepuluh gram, temulawak dua puluh lima gram, daun mint sepuluh gram, cabai jawa lima buah dan air 600ml untuk merebus. Cara membuatnya yaitu semua bahan terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Kemudian bahan-bahan tersebut direbus sampai mendidih serta biarkan airnya menjadi setengahnya. Sesudah matang, rebusan disaring. Air rebusan dikonsumsi dalam keadaan hangat sehari dua kali.

4. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Temulawak

Tips mengobati masuk angin selanjutnya adalah dengan menggunakan herbal temulawak, caranya sediakan sekitar 25 gr temulawak, jahe 15 gram, daun lidah buaya 80 gram, kencur 20 gram dan air sebanyak 500 cc. Cara membuatnya yaitu semua bahan dibersihkan. Kemudian bahan-bahan direbus hingga mendidih. Biarkan sampai airnya menjadi setengahnya. Air rebusan diminum sehari dua kali secara teratur dalam keadaan masih hangat

5. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Bangle

Anda juga bisa mengatasi masuk angin dengan Bangle, caranya siapkan bangle 25 gram, pala halus lima gram, lempuyang 25 gram (diiris-iris), lada halus satu sendok teh serta air untuk merebus 600 cc. Cara membuatnya yaitu semua bahan yang tersedia direbus hingga mendidih dan biarkan airnya menjadi setengahnya. Air rebusan dikonsumsi sehari dua kali, diminum masih hangat.

6. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Bawang Merah

Siapa sangka ternyata bawang merah bisa kita gunakan sebagai obat masuk aingin, caranya siapkan 6 butir bawang merah, air kapur sirih secukupnya. Cara membuatnya yaitu campurkan bawang merah dengan air kapur sirih. Kemudian diremas-remas, sampai campuran tersebut merata. Digunakan untuk diusap-usapkan pada bagian perut, punggung, kaki serta tengkuk

7. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih sudah sangat terkenal dengan khasiatnya yang mampu menghangatkan tubuh, juga bisa kita gunakan untuk mengusir masuk angin yang kita alami, caranya sediakan minyak kayu putih satu sendok makan, minyak kelapa satu sendok makan. Cara membuatnya yaitu campurkan minyak kayu putih dengan minyak kelapa. Digunakan untuk minyak kerok, caranya dioleskan pada bagian kulit yang akan dikerik/kerok. Demikian beberapa cara mengatasi masuk angin secara alami (tradisional), semoga bermanfaat.

8. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Ubi merah

Ubi merah atau ubi rambat merah juga berkhasiat untuk mengatasi masuk angin, caranya rebuslah ubi merah ini bersama dengan gula merah, cengkeh, kapulaga, jahe merah dan kayu manis dengan air secukupnya. Minum ramuan ini dalam kondisi hangat untuk mengatasi masuk angin.

9. Saat bepergian malam

Nah, tips untuk mencegah masuk angin yang tidak boleh diabaikan ketika anda bepergian malam yaitu pastikan untuk mengenakan jaket yang tebal.  Bungkus rapat kepala anda dengan helm, kenakan sepatu, dan bila perlu pakai masker untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh.

10. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan  Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C sangat bermanfaat untuk tubuh kita, salah satu manfaat luar biasanya adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Vitamin C bisa didapatkan melalui berbagai bahan makanan, terutama jeruk dan cabai.  Vitamin C alamai ini jauh lebih baik daripada jenis buatan yang bisa didapatkan di apotek.  Anda bisa juga minum-minuman yang dijual secara botolan sebagai  penambah vitamin C. Dengan meningkatnya imunitas tubuh maka masuk angin bisa diatasi dari dalam.

11. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Mengkonsumsi Sup Ayam

Ini dia cara enak mengatasi masuk angin, makan sup ayam yang masih hangat. Agar efek menghangatkan tubuhnya lebih terasa, cobalah untuk menambahkan sedikit merica dan lada ke dalam sup ayam tersebut.  Setelah perut anda kenyang, tidur pun akan lebih mudah, dan akibatnya penyakit-penyakit akan lebih mudah disembuhkan.

12. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Kerokan

Kerokan merupakan cara tradisional mengatasi masuk yang sudah ada sejak dahulu dan turun temurun hingga kini. Secara ilmiah, kerokan bisa menyembuhkan masuk angin karena saat dikerok tubuh kita akan menghasilkan zat alami Thiamin  yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit.  Biasanya, kerokan dilakukan di  periode awal masuk angin untuk mencegah penyakit berkembang menjadi lebih parah.

13. Jangan terlalu sering jajan es

Untuk mencegah masuk angin sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi es. Apalagi pada cuaca sedang ekstrim. Apalagi es yang dijual bebas dan tidak terjamin kebersihannya.

14. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Wedang Jahe

Wedang jahe juga bermanfaat untuk mengatasi masuk angin yang kita alami. Caranya, pertama jahe ditumbuk, direbus, dan kemudian airnya diminum.  Selain enak untuk dikonsumsi, jahe memiliki khasiat yang luar biasa untuk membuat tubuh menjadi hangat seketika.  Biasanya jahe dikonsumsi di negara-negara dingin, terutama oleh mereka yang menghindari alkohol.
 
Untuk mengurangi rasa pedas dari jahe dan membuatnya lebih enak, anda bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis.  Lebih nikmat lagi apabila air jahe tersebut diberi tambahan gula batu dan dikonsumsi bersama pisang rebus yang hangat.

15. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Bawang putih

Selain menggunakan bawang perah, kita juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengusir masuk angin. Bawang putih bisa kita konsumsi dengan cara mencampurkannya dengan makanan atau lebih baik lagi jika menggerusnya, memberi sedikit garam, dan memakannya mentah-mentah.
 
Sup bawang biasanya juga menjadi alternatif untuk mengobati masuk angin.  Kandungan zat allicin di dalam bawang putih cukup tinggi, dan zat ini memiliki fungsi sebagai antibiotik alami yang menghambat pertumbuhan bakteri dan virus di dalam tubuh.

16. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Daun pepaya

Daun pepaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita serta dapat mencegah penyakit demam berdarah, selain itu, daun pepaya juga bisa kita gunakan sebagai herbal untuk mengobati masuk angin. Hal ini dikarenakan daun pepaya mengandung antibiotik alami yang dapat mengatasi masuk angin dengan cepat dan mudah.  Jika anda tidak tahan, bisa juga dikonsumsi dalam bentuk tumis daun pepaya, walaupun tidak semanjur dalam bentuk air rebusan.
 
Cara mengonsumsinya cukup mudah.  Ambil 4 hingga 5 lembar daun pepaya, cuci hingga bersih, kemudian rebus dalam kurang lebih satu liter air.  Rebus hingga air yang tertinggal hanya setengahnya, kemudian minumlah air rebusan tersebut.

17. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Madu dan teh lemon

Cara mengobati masuk angin selanjutnya dengan membuat minuman alami yang terbuat daari madu dan teh lemon. Teh memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi, yang bisa membuat tubuh rileks dan bermanfaat membunuh zat-zat dan bakteri asing.  Sementara di dalam lemon terdapat kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.  Jika anda mengalami masuk angin atau merasakan tanda-tanda akan masuk angin, jangan ragu untuk membuat campuran teh lemon dan madu.  Konsumsilah sebelum tidur untuk efek yang lebih maksimal.

18. Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Berkumur-kumur

Berkumur-kumur juga menjadi salah satu cara jitu mengatasi masuk angin. Untuk berkumur, akan lebih manjur apabila dilakukan dengan air hangat yang dicampur sesendok teh garam dan sedikit baking soda.  Lakukanlah ini secara rutin, dan jangan hanya berkumur di mulut, namun juga di kerongkongan

19. Makan Yogurt

Kandungan probiotik pada yougurt sangat bermanfaat untuk membantu tubuh kita melawan bakteri dan sumber penyakit yang banyak masuk ke tubuh ketika masuk angin. Cara ini akan mendorong agar tubuh menjadi lebih sehat. Pastikan Anda mengkonsumsi yogurt yang tidak mengandung bahan pengawet maupun bahan pemanis. Pengawet dan bahan pemanis bisa membuat tubuh menjadi lebih lemah

20. Berjemur di Pagi Hari

Siapa sangka ternyat berjemur di pagi hari bermanfaat untuk mengusir masuk angin. Hal ini dikarenakanberjemur di pagi hari membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Vitamin D akan membantu tubuh untuk membuat jantung dan peredarah darah bekerja dengan baik. Ketika semua organ tubuh mendapatkan suplai darah dan oksigen yang cukup, maka tubuh juga memiliki sistem kekebalan tubuh. Tubuh Anda juga memerlukan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan sistem kesehatan yang baik.

21. Minum Susu Jahe

Susu jahe juga berkhasiat untuk membuat tubuh kita bugar dan hangat. Jahe mengandung beberapa bahan antioksidan yang sangat tinggi seperti kaemferol. Bahan ini bisa melawan sumber infeksi tubuh dan mengatasi radikal bebas yang mudah menyerang ketika kekebalan tubuh sedang lemah. Anda bisa memasukkan satu ruas jahe ke dalam segelas susu segar. Bahan jahe dan susu juga bisa membantu tubuh melawan efek dari peradangan.

22. Gunakan Minyak Ekstrak Daun Zaitun

Cara mengatasi masuk angin selanjutnya adalah dengan menggunakan ekstrak daun zaitun. Minyak yang dihasilkan dari esktrak daun zaitun mengandung bahan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Bahkan senyawa dalam minyak ini juga bisa meningkatkan sirkulasi pernafasan yang baik dan membuat tekanan darah menjadi lebih stabil. Minyak yang dihasilkan dari daun zaitun ini bisa digunakan untuk campuran uap ketika hidung tersumbat atau pernafasan yang bermasalah.

23. Mengkonsumsi Tiram

Mengkonsumsi tiram menjadi cara mengataasi masuk angin yang tidak boleh diabaikan, karena kandungan mineral seperti magnesium dan seng yang sangat tinggi pada tiram dibutuhkan oleh tubuh kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Seng dibutuhkan oleh tubuh ketika masuk angin untuk mendapatkan sumber energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Masakan tiram yang memiliki rasa pedas dan harum sangat disarankan. Anda bisa menambahkan beberapa bumbu seperti bawang putih, garam, dan lada. Bahan-bahan ini juga bisa meningkatkan nafsu makan sehingga tubuh Anda mendapatkan cukup energi.

24. Makan Pisang

Cara mengatasi masuk angin selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi pisang. Kandungan kalium pada pisang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga peredarah darah bisa bekerja dengan baik. Selain itu pisang juga akan membantu pencernaan bekerja lebih baik. Kandungan vitamin C dalam buah pisang juga bisa melawan infeksi dan menjaga kebutuhan energi tubuh. Jika nafsu makan menurun maka pisang bisa membantu mengurangi rasa lapar dan membuat perut nyaman.

25. Makan Sup Wortel dan Lobak

Sayuran lobak dan wortel juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan kandungan beta karoten pada wortel yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Orang yang masuk angin sangat rentan dengan infeksi karena sistem imun yang sedang turun. Jadi Anda bisa mencoba untuk makan sup wortel dan lobak. Tambahkan beberapa bumbu seperti bawang putih dan lada.

27. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Anda suka makanan pedas? Ini bisa membantu mengatasi masuk angin yang anda derita. Makanan pedas biasanya akan meningkatkan nafsu makan dan membuat tubuh mendapatkan energi yang cukup. Tapi jika masuk angin disertai dengan diare maka perhatikan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang pedas.

28. Makan Ikan Salmon

Mengkonsumsi ikan salmon juga bermanfaat untuk mengusir masuk angin yang kita derita. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak omega 3 di dalam ikan salmon. Asam lemak omega 3 akan membantu tubuh agar tidak mudah sakit dan mencegah semua peradangan dalam tubuh. Bahkan mengkonsumsi ikan salmon sangat baik untuk mencegah flu dan kelelahan. Pastikan Anda makan ikan salmon liar yang lebih sehat dibandingkan dengan jenis ikan salmon yang diternakkan.

29. Mandi Uap dengan Air Hangat

Cara mengatasi masuk angin selanjutnya adalah dengan melakukan mandi uap Tempatkan air panas di bak mandi, dan Anda cukup berada di sekitarnya. Lakukan terapi ini selama sekitar 15 menit saja, sebab jika terlalu lama bisa berbahaya. Uap akan membantu keringat bisa keluar dari tubuh. Keringat Anda mungkin juga akan mengeluarkan racun atau penyebab masuk angin lain.

30. Minum Teh Echinacea

Tips mengatasi masuk angin selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi teh Echinacea. Teh ini sudah sejak dahulu dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh dan juga untuk mengusir masuk angin. Bahan teh ini bisa membantu tubuh melawan reaksi terhadap peradangan dan sumber infeksi seperti flu. Teh ini juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sistem kerja sekresi tubuh. Ketika Anda minum teh dengan bahan Echinacea maka bisa membantu mengeluarkan keringat yang mengandung racun. Jadi tubuh Anda menjadi lebih ringan dan mengatasi gejala flu pada tahap awal.

31. Minum Ramuan Ginseng

Cara mengatasi masuk angin yang terakhir dari kami adalah dengan membuat herbal ginseng. Anda bisa mencoba untuk minum teh atau susu yang mengandung ginseng. Ginseng adalah salah satu ramuan asli China yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan ginseng juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan dan tingkat energi tubuh. Semua jenis minuman yang mengandung ginseng akan membantu tubuh agar menjadi cepat pulih dan bisa mengatasi kelelahan.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan cara mengasi masuk itu? Bahkan beberapa bahan-bahan di atas ada di sekitar kita dan biasanya kita manfaatkan sebagai rempah untuk masak atau membuat miniman.

Demikianlah beberapa cara mengatasi masuk angin dari kami, semoga bermanfaat untuk anda semua, agar lebih bermanfaat lagi, bagikan artikel ini kepada yang lainnya. Baca juga 24 Tips Mencegah Penyakit Jantung

loading...

Leave a Reply