24 Tips Menghilangkan Mual Saat Hamil

Cara Mengatasi Mual saat Hamil – Masa hamil adalah saat-saat yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Apalagi untuk mereka yang baru menikah, memiliki momongan adalah sesuatu yang sangat membahagiakan dan menjadi momen-momen yang dinanti.

Namun, karena masih minimnya pengalaman serta pengetahuan terkait masa kehamilan tidak jarang masalah-masalah yang timbul saat hamil begitu merepotkan. Salah satu masalah yang timbul pada masa kehamilan adalah mual. Tidak banyak bumil yang mengetahui bagaimana cara mengatasi mual saat hamil.

Padahal, mual saat hamil dapat berefek kurangnya nafsu makan dan pasti akan berimbang bumil serta janin kekurangan nutrisi. Ini tentu akan berakibat buruk bahkan fatal, karena jika bumil kekurangan nutrisi, maka bisa mengakibatkan bayi tidak sehat bahkan prematur. Maka dari itu, sebaiknya semua bumil harus mengetahui bagaimana cara mengatasai mual saat hamil sejak dini.

Kali ini CekSehat.com akan berbagi tips cara mengatasi mual saat hamil. Namun ada baiknya anda mengetahui apa saja penyebab mual saat hamil itu. Apakah mual saat hamil itu dapat membahayakan? Kira-kira mual seperti apa yang membahayakan itu? Berikut ini selengkapnya.

Cara Mengatasi Mual saat Hamil

Cara Mengatasi Mual saat Hamil

Penyebab Mual Saat Hamil

Banyak hal yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami mual. Jika ingin mengatasi mual, sebaiknya mengetahui penyebab apa saja yang bisa menyebabkan mual. Barulah ibu hamil tahu bagaimana cara mengatasi mual yang menderanya. Penyebab mual pada ibu hamil adalah sebagai berikut ini:

  • Hormon Meningkat

Penyebab mual saat hamil yang pertama adalah karena hormon estrogen di dalam tubuh meningkat. Sebagai akibat Hosmon estrogen ini meningkat akan mempengaruhi kondisi asam lambung seseorang. Saat asam lambung meningkat maka timbullah rasa mual. Hormon estrogen akan banyak dikeluarkan saat pagi hari, oleh sebab itulah banyak ibu hamil yang merasakan mual saat pagi hari. Ibu hamil yang tidak memiliki asam lambung, biasanya dia tidak akan mengalami mual dan muntah di pagi hari.

  • Menderita Asam Lambung

Penyebab mual saat hamil selanjutnya adalah menderita penyakit asam lambung. Bagi anda yang pernah menderita asam lambung maka akan sangat rentan sekali mengalami mual dan muntah saat hamil.  Apalagi jika ibu hamil sering membiarkan perutnya kosong dalam waktu yang lama maka dia akan rentan untuk mual disebabkan asam lambung yang naik.

  • Hormon HCG

Apa itu hormon HCG, serta apa pengaruhnya terhadap mual atau muntahnya ibu hamil? Berikut ini penjelasannya:

  1. Saat tes urin, testpack akan mengidentifikasi adanya hormon HCG di dalam rahim.
  2. Jika hormon HCG di dalam rahim telah terbentuk, maka hasilnya akan positif. Jika tidak, hasilnya akan negatif.
  3. HCG adalah hormon yang diciptakan oleh plasenta atau ari-ari bayi.
  4. Sebelum janin terbentuk, ari-ari bayi terbentuk terlebih dahulu. Hormon yang dihasilkan oleh plasenta bisa menimbulkan perubahan di dalam rahim ibu.
  5. Perubahan itulah yang menyebabkan tanda kehamilan, yang menyebabkan ibu hamil muda menjadi mual.
  • Metabolisme Berubah

Satu lagi penyebab mual saat hamil yang sering kita alami yaitu akibat berubahnya metabolis tubuh yang mengakibatkan sistem imun tubuh berubah-ubah. Begitu pula saat hamil muda, metabolisme di dalam tubuh berubah. Saat hamil, metabolisme terjadi lebih cepat sehingga terkadang menyebabkan mual serta muntah.

  • Pencernaan Terdesak

Mual yang satu ini biasanya terjadi pada saat kehamilan tua. Saat hamil tua, janin yang semakin membesar dan mendesak organ pencernaan dan saluran cerna. Saluran cerna dan organ pencernaan semakin terdesak karena memberikan ruang kepada janin untuk tumbuh dan berkembang.

  • Psikologis

Faktor psikologi juga dapat mengakibatkan mual. Perasaan tertekan dan belum siap memiliki momongan menjadi pemicu utama ibu hamil merasakan mual.

Nah, itu dia beberapa penyebab mual saat hamil yang harus anda ketahui. Kira-kira apakah mual atau muntah saat hamil itu berbahaya?

Kondisi Mual Saat Hamil Yang Bahaya

Berikut ini 3 kondisi mual yang berbahaya dan harus mendapatkan penangan medis segera:

  1. Saat makan dan minum ibu hamil selalu disertai dengan muntah dan mual.
  2. Sedikit berkemih dan jumlah urin sedikit.
  3. Badan terus lemas dan lesu. Tidak bisa beranjak dari tempat tidur.

Jika anda mengalami 3 kondisi di atas, sebaiknya periksakan segera karena ketiga indikasi di atas mengarah ke indikasi bahwa ibu hamil mengalami penyakit hiperemisi gravidarum. Penyakit itu merupakan penyakit mual dan muntah yang over atau berlebihan. Perawatan intensif di rumah sakit sangat diperlukan untuk mengembalikan kondisi ibu hamil seperti sedia kala. Jika tidak mendapatkan penanganan dengan segera, akan membahayakan nyawa ibu hamil. Membahayakan nyawa karena ibu hamil kekurangan cairan dan tenaga untuk bertahan hidup.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mual dapat menghilangkan selera makan sehinga mengakibatkan kita kekurangan nutrisi, dehidrasi yang berakibat bayi kekurangan asupan nutrisi. Nah, beirkut ini adalah beberapa cara mengatasi mual saat hamil yang bisa anda coba:

1. Makan Sedikit Demi Sedikit Tapi Sering

Ini mungkin tips sederhana yang bisa anda coba, makanlah secara perlahan dalam jumlah sedikit jamun sering. Jangan makan banyak sekaligus karena makan dalam porsi banyak bisa menambah mual bumil. Jangan sampai perut anda terisi penuh sehingga akan membuat anda tidak nyaman..

2. Mengambil Jeda Saat Pagi Hari

Cara mengatasi mual saat hamil berikutnya adalah biasakan untuk mengambil jeda saat pagi hari. Usahakan untuk ‘leyeh-leyeh’ sejenak di tempat tidur, jangan langsung bangkit. Saat merasakan mual, sebaiknya ibu hamil mengambil camilan atau biskuit yang sudah ibu hamil siapkan di tempat tidurnya. Saat mual sudah mereda, barulah ibu hamil bisa bangkit dari tempat tidurnya.

3. Hindari Makanan Penimbul Gas

Cara mengatasi mual saat hamil berikutnya adalah hindari makanan yang dapat menimbulkan gas seperti kol, nagka, durian, makanan hasil fermentasi, misal tempe ketan, tape singkong, sawi hijaudan sebagainya. Makanan tersebut dapat mengakibatkan perut terasa kembung atau penuh. Akibatnya adalah gas memenuhi perut dan terjadilah mual.

4. Jauhi Makanan Berlemak Tinggi

ara mengatasi mual saat hamil yang harus anda perhatikan, jangan konsumsi yang dapat menambah rasa mual. Makanan berlemak tinggi dapat menambah mual saat hamil.

5. Jangan konsumsi makanan Berminyak

Selain makanan berlemak tinggi, sebaiknya anda juga menghindari makanan berminyak tinggi seperti gorengan akan meninggalkan sisa minyak di lidah dan di usus. Minyak tidak dapat diuraikan oleh usus akaibatnya adalah rasa mual akan timbul setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

6. Hindari makanan pedas

Hindari juga makanan yang terlalu pedas, karena makanan terlalu pedas dapat menambah mual saat hamil, terutama bumil yang memiliki asam lambung. Makanan pedas bisa memicu meningkatnya kadar asam lambung di dalam lambung. Saat asam lambung naik, ibu hamil akan merasakan mual. Oleh karena itu, makanan pedas merupakan salah satu pantangan makanan ibu hamil yang perlu anda waspadai.

7. Minum Cukup

Cara mengatasi mual saat hamil selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi cukup air putih. Air putih hangat bisa dipilih bagi ibu hamil yang merasakan mual dan muntah. Air hangat bisa dijadikan sebagai penetralisir penyebab mual saat hamil  dikarenakan rasa hangatnya bisa lebih diterima oleh usus dibandingkan dengan air putih dingin atau es.

8. Konsumsi Buah Kaya Vitamin C

Mengkonsumsi buah yang kaya dengan kandungan vitamin C bisa menjadi salah satu Cara mengatasi mual saat hamil yang sangat ampuh. Vitamin C yang ada di dalam buah bermanfaat untuk menetralisir rasa mual. Buah yang terlalu asam tidak dianjurkan bagi ibu hamil yang menderita asam lambung.

9. Mengkonsumsi Buah Dingin

Cara mengatasi mual saat hamil yang bisa anda coba selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi buah yang kaya serta dan vitamin dalam kondisi dingin. Buah yang dingin dapat menetralisir rasa mual dibandingkan dengan buah yang didiamkan dalam suhu ruang. Penyebab buah dingin bisa menetralisir rasa mual karena buah yang didiamkan dalam lemari es, suhunya akan menurun. Suhu buah yang menurun akan bisa diterima usus dibandingkan dengan buah dengan suhu biasa.

10. Menghirup Udara Pagi

Cara mengatasi mual saat hamil yang satu ini sebaiknya dilakukan rutin pada pagi hari. Anda bisa jalan-jalan pagi bersama suami. Udara pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, selain itu juga dapat membuat kita rileks. Saat rileks itulah, syaraf otak akan bekerja untuk menghilangkan rasa mual. Otak adalah sistem syaraf pusat yang membawahi sistem syaraf yang ada di bawahnya termasuk usus dan organ-organ lainnya.

11. Olahraga

Siapa bilang hamil itu saat bermalas-malasan? Ibu hamil sebaiknya juga melakukan olahraga ringan, bisa dengan jalan-jalan, atau senam ringan, dan aneka olahraga ringan lainnya.

12. Terapi

Terapi juga bisa anda jadikan piliah untuk menghilangkan mual saat hamil. Anda bisa mencoba terapi akupuntur, terapi akupuntur adalah terapi yang menggunakan totok jarum di titik syaraf tertentu. Akupuntur ini berguna untuk memperbaiki syaraf perut yang mengalami kelainan. Kelainan itulah yang menyebabkan ibu hamil mual dan muntah dengan intensitas yang lebih sering.

13. Mendinginkan Suhu Tubuh

Selain mengkonsumsi makanan dingin, cara mengatasi mual saat hamil selanjutnya adalah dengan mendinginkan suhu tubuh kita. Saat suhu tubuh meningkat rasa mual pun akan ditimbulkan. Untuk mengatasinya, duduklah dan berdiam dirilah di tempat yang sejuk dan dingin. Tempat-tempat tersebut bermanfaat untuk mendinginkan suhu tubuh ibu hamil, jika suhu tubuh normal kembali. Rasa mual pun akan hilang.

14. Mengkonsumsi Vitamin B6

Mengkonsumsi vitamin B6 juga dapat menghilangkan rasa mual saat hamil. Anda bisa mengkonsumsi produk susu untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6. Susu ibu hamil selain memperbaiki cairan tubuh juga bisa dijadikan sebagai tenaga untuk mencukupi gizi ibu hamil. Saat ini banyak sekali varian rasa yang ditawarkan oleh susu hamil, ibu hamil bisa memilih varian yang sesuai dengan seleranya.

15. Istirahat Cukup

Bumil sebaiknya juga beristirahat cukup untuk meminimalisir mual saat hamil. Karena istirahat cukup akan membuat anda lebih rileks. Saat rileks, mual bisa hilang dan diatasi.

16. Hindari Stress

Stress juga dapat mengakibatkan bumil merasa mual. Hindrasi stress, beban mental dan psikis serta lelah berlebihan. Semua faktor penyebab stress tersebut dalam mengganggu mood anda, dan pada akhirnya akan menyebabkan mual dan muntah. Bahkan dengan psikis yang kacau dan terganggu akan berpengaruh pada syarat otak. Syaraf otak akan tegang dan berpengaruh pada sistem syaraf yang dibawahinya termasuk syaraf perut dan usus.

17. Konsumsi Jahe hangat

Cara mengatasi mual saat hamil berikutnya adalah dengan mengkonsumsi jahe hangat. Wedang jahe hangat bermanfaat untuk mengatasi rasa mual.  Hal ini dikarenakan jahe mengandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk mengatasi rasa mual. Zat itu membuat bau jahe khas dan terasa hangat di perut. Sebelum meminum jahe hangat, ciumlah dulu aromanya yang segar. Aroma jahe bisa membuat tubuh dan pikiran rileks.

18. Minum Teh mint

Selain jahe, Cara mengatasi mual saat hamil berikutnya adalah dengan minum teh mint. Kandungan menthol pada teh mint memberikan rasa sejuk dan dingin. Sama halnya dengan buah-buahan dingin, rasa dingin pada menthol lebih bisa diterima usus dibandingkan dengan teh dengan rasa biasa.

19. Konsumsi air hangat dengan perasan lemon

Cara mengatasi mual saat hamil selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi air hangat plus perasan lemon. Air hangat dengan perasan lemon bisa membuat rasa mual teratasi. Air hangat lebih bisa diterima oleh usus dibandingkan air putih dingin. Dicampurkan dengan lemon yang mengandung vitamin C, rasa mual yang dialami akan segera hilang.

20. Lakukan Hal Menenangkan

Jangan lupa, melakukan aktivitas yang menyenangkan juga menjadi salah satu Cara mengatasi mual saat hamil yang cukup ampuh. Pikiran anda disibukan dengan hal-hal yang menyenangkan sehingga tidak memikirkan mual dan muntah lagi.

21. Hindari Bau Menyengat

Sebisa mungkin, hindarilah bau-bauan yang menyengat seperti bensin, solar, durian dan lain sebagainya. Karena bau menyengat bisa memicu mual dan muntah.

22. Konsumsi Jus Buah

Cara mengatasi mual saat hamil yang bisa anda coba selanjutnya adalah perbanyak mengkonsumsi jus buah. Mengkonsumsi jus buah buahan untuk ibu hamil, juga bisa menghilangkan rasa mual, dikarenakan kandungan vitamin yang di jus bisa menetralisir rasa mual.

23. Berbaring

Tips mengatasi mual selanjutnya adalah dengan berbaring. Saat merasakan mual, sebaiknya ibu hamil berbaring sebentar. Jangan memaksakan diri untuk duduk. Saat berbaring, aturlah pernafasan dengan sedemikian rupa.

24. Menghirup Aroma Terapi

Cara mengatasi mual saat hamil yang terakhir dari kami adalah dengan menghirup aroma terapi selain menenangkan juga bisa menghilangkan rasa mual. Bau aroma terapi yang dihirup bisa membuat tubuh ibu hamil rileks.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan Cara mengatasi mual saat hamil yang bisa anda lakukan, jadi tidak perlu khawatir lagi dengan mual dan muntah-muntah, dan rasa khawatir itu sendiri menjadi pemicu stress, dan ini harus anda hindari.

Demikianlah ulasana seputar Cara mengatasi mual saat hamil yang bisa kami bagikan dari berbagai sumber, semoga bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini dengna yang lainnya agar lebih bermanfaat lagi. Baca juga 34 Manfaat Kunyit Asam yang Sangat Luar Biasa

Leave a Reply