27 Cara Mengatasi Sakit Maag yang Terbukti Ampuh Agar Tidak Kambuh Lagi

Cara mengatasi sakit maag – Sakit maag merupakan penyakit yang sering menyerang banyak orang karena pola makan yang buruk. Sakit maag merupakan penyakit yang melukai bagian lambung. atau biasa disebut radang lambung.

Jangan sepelekan gangguan lambung ini karena jika dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan maag kronis yang bisa berakibat kebocoran lambung. sebaiknya mulailah pola makan teratur, dianjurkan makan sedikit tapi sering serta menjauhi makanan yang dapat memperparah luka pada lambung.

Penderi maag juga dilarang membiarkan perut kososng terlalu lama karena akan membuat tubuh mencerna lambung itu sendiri yang dapat mengikis dinding lambung dan membuat luka pada lambung semakin parah.

Artikel terkait: 13 Ciri Sakit Maag yang Harus Anda Ketahui Sejak Dini

Jika pola hidup sehat sudah anda mulai namun penyakit maag sudah terlanjur menyerang anda sebaiknya segera atasi sakit maag menggunakan obat yang dapat meringankan peradangan lambung. Cara mengatasi sakit maag  sebagai pengobatan dasar bisa anda mulai sendiri di rumah.

Ciri sakit maag - Cara mengatasi sakit maag

Ciri sakit maag – Cara mengatasi sakit maag

Cara mengatasi sakit maag bisa menggunakan bahan alami disekitar kita tanpa memerlukan biaya mahal tapi bisa memberikan hasil yang maksimal.

Cara Mengatasi Sakit Maag

Sakit maag sebenarnya dimulai dari naiknya kadar asam lambung yang sering diabaikan dan akhirnya menjadi penyakit maag yang sudah terlanjur melukai lambung. jika lambung sudah mulai luka maka  anda harus sangat berhati-hati dalam memilih makanan. Jika anda tidak ingin lebih tersiksa dengan penyakit maag yang semakin parah atau kronis sebaiknya segera lakukan beberapa cara mengatasi sakit maag berikut ini:

1.  Sari kedelai

Sari kedelai dapat anda jadikan obat sakit maag yang pertama. Berbagai kandungan pada kacang kedelai ini sangat baik dikonsumsi penderita maag seperti atioksidan, dan berbagai nutrisi penting yang baik bagi sistem pencernaan seperti vitamin, protein, serta lemak nabati.

Berbagai kandungan pada kacang kedelai tersebut dapat mempermudah kerja lambung serta dapat mengurangi peradangan yang terjadi di lambung.

Cara membuat

  • Siapkan 200 gram kacang kedelai
  • Setelah itu masak kacang kedelai tanpa minyak atau disangrai
  • Setelah kedelai masak biarkan sampai dingin
  • blender kedelai sampai berbentuk seperti bubuk susu
  • Lalu seduh bubuk kedelai tersebut menggunakan air panas
  • Minum sari kedelai ini setiap pagi dan melam menjelang tidur

2. Biji pepaya

Biji pepaya sudah sejak dulu digunakan sebagai obat maag yang sangat efektif. Memilih biji pepaya sebagai pengobatan alami untuk penyakit maag sangat tepat karena mengkonsumsi biji pepaya dapat menyembuhkan luka pada lambung secara berangsur-angsur.

Cara membuat

  • Ambil biji pepaya matang secukupnya
  • Jemur biji pepaya tersebut sampai kering
  • Setelah biji pepaya kering haluskan sampai berbentuk bubuk
  • Setelah itu seduh biji pepaya bubuk menggunakan air panas dan minum selagi hangat
  • Minum ramuan ini segelas perhari sampai sakit maag membaik

3. Kunyit

Cara mengatasi sakit maag selanjutnya adalah menggunakan kunyit. Kunyit merupakan tanaman herbal serba guna salah satunya dapat mengobati lambung dengan cepat. zat warna orange pada kunyit atau disebut curcumin inilah yang membuat kunyit dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kunyit juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Cara membuat

  • Siapkan 100 garm kunyit tua atau empu kunyit
  • Lalu bersihkan dan parut kunyit tersebut menggunakan parutan
  • Setelah selesai diparut peras dan ambil airnya
  • Lalu minum air perasan kuyit setiap pagi anda juga bisa menambahkan madu untuk menambah rasa manis serta menambah khasiat ramuan tersebut

4. Daun jambu biji

Berbagai kandungan pada daun jambu biji seperti flavonoid, polifenol, saponin, alkaloid, karoten, antioksidan tinggi dan senyawa anti mutagenic ini sangat baik merawat sistem pencernan seperti usus dan lambung. sehingga daun jambu biji dapat menjadi obat maag yang sangat baik serta melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Cara membuat

  • Pertama siapkan daun jambu biji segar dan 3 gelas air
  • Setelah itu rebus sampai mendidih dan tunggu sampai air menyusut dan tersisa tinggal 2 gelas
  • Setelah itu minum segelas setiap pagi dan segelas setiap malam menjelang tidur
  • Minum air rebusan ini setelah makan tentunya agar mendapatkan hasil yang maksimal

5. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman herbal yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit seperti gangguan lambung atau sakit maag. Selain itu temulawak juga dapat merangsang nafsu makan sehingg penderita maag yang kehilangan nafsu makan sangat terbantu dengan ramuan temulawak ini

Cara membuat

  • Ambil temulawak secukupnya bersihkan lalu iris tipis-tipis
  • Lalu masukkan temulawak di dalam nampan dan biarkan semalaman
  • Kemudian rebus temulawak menggunakan 8 gelas air
  • Serelah itu biarkan ramuan tersebut menyusut sampai tinggal 3 gelas
  • Setelah itu angkat dan dinginkan
  • Anda dapat meminum ramuan tersebut segelas perhari
  • Sisanya bisa disimpan di dalam kulkas utuk penggunaan berikutnya

6. Biji pala

Biji pala biasa dijadikan rempah memasak, namun bukan hanya itu manfaat biji pala. Biji pala bisa dijadikan ramuan untuk mengobati berbagai penyakit salah satunya dapat mengobati sakit maag. Mengkonsumsi biji pala setiap hari akan menyembuhkan luka pada lambung dan menurunkan kadar asam lambung

Cara membuat dan menggunakannya juga sangat mudah. pertama siapkan 2 buah biji pala. Setelah itu haluskan biji pala dengan cara digiling sampai benar-banar lembut. Setelah berbentuk seperti bubuk lalu seduh biji pala menggunakan air hangat lalu minum segelas setiap hari

7. Daun salam

Anda sudah mendengar manfaat daun salam? Daun salam bisa mengobati berbagai penyakit berbahaya seperti kolesterol dan darah tinggi. Namun bukan hanya itu saja daun salam ternyata juga mampu mengatasi sakit maag. Daun salam juga dapat mengontrol kadar asam lambung

Cara membuat

  • Rebus 20 lembar daun salam menggunakan 3 gelas air putih
  • Setelah itu biarkan air rebusan tersebut sampai menyusut dan menyisakan segelas air saja
  • Setelah itu angkat dan biarkan sampai air rebusan menjadi hangat
  • Air rebusan daun salam siap diminum segelas setiap malam menjelang tidur

8. Tepung kanji atau sagu

Cara mengatasi sakit maag juga bisa dilakukan menggunakan tepung sagu. Tepung sagu dapat meredakan rasa panas yang ditimbulkan gangguan lambung tersebut. Tepung sagu atau tepung kanji ini juga dapat mengobati luka pada lambung secara perlahan

Seduh 3 sendok tepung kanji menggunakan ½ gelas air putih biasa, setelah itu aduk lalu minum ramuan ini setiap pagi sampai sakit yang anda alami membaik.

9. Madu

Madu merupakan minuman serbaguna, berbagai penyakit bisa disembuhkan dengan mudah salah satunya sakit maag. Selain dapat memperbaiki keadaan lambung madu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat melawan penyakit secara alami.

Campurkan 3 sendok madu dengan segelas air setelah itu aduk agar tercampur rata. Air madu siap diminum, anda juga bisa menambahkan sedikit es batu. Minum setiap pagi dan malam menjelang tidur, tapi setelah meminum air madu jangan langsung tidur tapi 2 jam sesudahnya untuk mencegah asam lambung naik sampai kekerongkongan.

10. Daun keji

Daun keji telah diuji secara klinis bisa mengobati sakit maag. Khasiat memang sudah tidak diragukan lagi dapat mengobati luka pada lambung dan menurunkan kadar asam lambung. daun keji merupakan obat maag yang paling manjur dan proses penyembuhannya sangat cepat.

Cara membuat

  • Siapkan 4 lembar daun keji lalu cuci bersih
  • Setelah itu rebus daun keji sebentar arau setengah matang
  • Setelah itu angkat dan gunakan daun tersebut sebagai lalap saat makan sampai lambung anda terasa membaik.

11. Lidah buaya

Cara mengatasi sakit maag juga bisa menggunakan bahan alami yang satu ini yaitu lidah buaya atau aloe vera. Lidah buaya bukan hanya digunakan sebagai alat untuk merawat kecantikan namun juga bisa merawat kesehatan tubuh seperti menyehatkan lambung.

Cara membuat

  • Ambil 2 lembar daun lidah buaya, kupas lalu cuci bersih
  • Setelah itu potong lidah buaya menjadi beberapa bagian
  • Setelah itu rebus sampai air mendidih dan biarkan sampai air tersisa setengahnya
  • Setelah itu angkat dan biarkan sampai air menjadi hangat lalu tambahkan 2 sendok madu agar rasanya menjadi manis
  • Setelah itu minum air tersebut segelas setiap hari

12. Pisang raja

Pisang juga bisa mengurangi gejala maag yang anda alami. Namun bukan sembarang pisang yang dapat digunakan segai obat maag tapi gunakan pisang raja untuk mengurangi nyeri pada lambung.

Pisang raja juga dapat melindungi selaput lendir karena pisang raja mengandung pektin yang dapat mengatasi masalah tersebut. Selaput lendir yang berperan melindungi lambung jika terkikis akan membuat lambung menjadi luka dan meyebabkan rasa nyeri dan perih.

Sebaiknya konsumsi 1 buah pisang raja setiap hari untuk melindungi lambung dan mengobati sakit maag. Namun jangan mengkonsumsi pisang terlalu banyak karena ditakutkan bisa menimbulkan efek samping yang buruk

13. Kacang hijau

Kacang hijau mengandung serat yang cukup tinggi. Sehingga sangat baik bagi lambung dan membantu meringankan kerja lambung serta membantu kenyang lebih lama. berbagai khasiat kacang hijau tersebut membuat kacang hijau dapat menjadi obat sakit maag yang cukup efektif.

Anda bisa mengkonsumsi kacang hijau dengan mengolahnya menjadi bubur atau dimakan secara langsung tanpa tambahan bahan lain. Anda juga bisa mengkonsumsi  air kacang hijau atau jus kacang hijau.

14. Daun alpukat kering

Daun alpukat biasa digunakan sebagai obat darah tinggi. Biasanya saat tensi meningkat anda bisa meminum air daun alpukat. Namun bukan hanya itu manfaat daun alpukat tapi juga bisa digunakan sebagai obat sakit maag.

Cara membuat

  • Siapkan 5 lembar daun lapukat , cuci bersih
  • Setelah itu jemur daun alpukat di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering
  • Setelah kering iris daun alpukat menjadi bagian yang lebih kecil atau dirajang
  • Lalu buat air daun alpukat dengan cara ambil 1 sendok daun alpukat
  • Lalu siram daun alpukat dengan air panas
  • Air seduhan alpukat tersebut bisa diminum selagi hangat
  • Minum air seduhan daun alpukat tersebut 2 kali sehari

15. Akar daruju kering

Pohon daruju memang tekenal khasiatnya sebagai tanaman herbal yang dapat mengobati berbagai penyakit seperti radang tenggorokan dan hepatitis. Selain itu akar pohon daruju juga bisa digunakan sebagi obat maag yang cukup efektif. Meski pohon ini sulit dijumpai tapi anda bisa mendapatkan akar daruju di toko obat tradisional.

Cara membuat

  • Rebus 50 gram daun daruju kering menggunakan 3 gelas air
  • Rebus air tersebut sampai mendidih dan menyusut hingga tersisa 1 gelas
  • Setelah tersisa segelas angkat ramuan tersebut
  • Biarkan beberapa saat sampai air menjadi hangat
  • Lalu minum air ramuan tersebut selagi hangat sebanyak 2 gelas perhari

16. Akar bunga matahari

Siapa sangka ternyata akar bunga matahari juga bisa menjadi obat maag yang sangat ampuh. Akar biji bunga matahari juga bisa menurunkan asam lambung dan menghilangkan nyeri pada ulu hati.

Cara membuat

  • Pertama siapkan beberapa bahan berikut ini 10 gram adas, 30 gram akar bunga matahari, 5 gram ketumbar halus, dan 500 cc air
  • Langkah selanjutnya rebus semua bahan sampai mendidih
  • Biarkan ait tersebut sampai tersisa setengahnya
  • Lalu minum air rebusan tersebu segelas perhari sampai gejala maagnya mereda

17. Bengle

Bengle merupakan tanaman herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti sakit maag. Anda juga bisa membuat obat maag dengan mencampurkan beberapa bahan alami yang baik bagi lambung

Cara membuat

  • Siapkan beberapa bahan alami berikut inisetengah ruas bengle, setengah ruas kencur, setengah ruas jahe dan 2 gelas air
  • Langkah berikutnya bersihkan semua bahan lalu cuci bersih
  • Iris tipis semua bahan lalu rebus
  • Tunggu sampai air tersisa 1 gelas
  • Lalu minum air rebusan tersebut segelas setiap hari

18. Susu kambing

Susu kambing memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Susu kambing dapat melembutkan, dan membutuhkan kulit. Lalu manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya dapat mengurangi luka pada lambung atau mengobati sakit maag.

Minum susu kambing secara rutin 2 kali sehari setiap pagi dan malam agar sakit maag yang anda alami segera membaik. Dan asam lambung menjadi normal.

19. Daun mint

Kunyah 3 lembar daun mint setiap pagi dan malam untuk membantu mengobati sakit maag yang anda alami. Cara ini sangat tepat dilakukan untuk menurunkan kadar asam lambung dan mengurangi peradangan pada lambung.

20. Alpukat

Selain menggunakan daun alpukat kering untuk mengobati sakit maag ternyata buah alpukat juga berkhasiat mengurangi sakit maag yang anda alami. Buah alpukat mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat menekan kadar asam lambung.

Makan ½ buah alpukat sebelum makan untuk menurangi gejala sakit maag dan membantu mengurangi porsi makan karena buah alpukat mengandung serat yang dapat membantu kenyang lebih lama. serat sangat baik bagi penderita maag karena sangat tepat dengan anjuran makan pada penderita maag yaitu makan sedikit tapi sering.

21. Gandum

Gandum mengandung vitamin E yang dapat mengobati dan mengurangi sakit maag. Mengkonsumsi gandum juga bisa mengobati saluran pencernaan seperti usus dan lambung.

22. Bawang putih

Cara mengatasi sakit maag juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi bawang putih. Bumbu dapur yng satu ini memang terkenal khasiatnya yaitu dapat menyembuhkan berbagai penyakit kronis seperti darah tinggi, kolesterol serta radang lambung atau sakit maag. Kandungan antiseptik pada bawang putih juga dapat menormalkan kadar asam lambung.

Cara membuat

  • Anda bisa mengunyah 1 siung bawang putih setiap hari
  • Atau anda juga bisa membuat air seduhan bawang putih dengan cara geprek 3 siung bawang puti lalu seduh dengan air hangat lalu minum setiap pagi

23. Mengatur pola makan

Sakit maag terjadi akibat dari pola makan yang buruk.  Yang dimaksud pola makan buruk disini adalah anda sering telat makan dan membiarkn perut kosong dalam waktu yang lama, setelah itu saat makan anda mengkosumsi makanan dalam porsi besar atau biasa disebut maruk.

Ganti cara makan tersebut dengan makan tepat waktu, makanlah dalam jumlah sedikit tapi sering.

24. Diet sehat

Pola diet sehat juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi sakit maag. Cara diet sehat biasanya sangat tepat untuk penderita maag seperti, menghindari makanan berlemak, berminyak, pedas, dan menghindari makan dalam porsi yang besar.

Saat diet biasanya makanan yang dikonsumsi sangat diperhatikan seperti memperbanyak makanan berserat seperti sayur dan buah serta makan dalam jumlah sedikit tapi sering. Sebaiknya lakukan diet sehat saat maag kambuh.

25. Menjauhi sumber makanan yang melukai lambung serta makan yang menaikan kadar asam lambung

Untuk orang yang mengidap penyakit maag sebaiknya jauhi makan yang dapat memicu peradangan lambung dan naiknya kadar asam lambung seperti makanan pedas, makanan yang mengandung gas, makanan asam, kafein, rokok, alkohol dan vitamin C. Agar maag yang anda alami tidak semakin parah

26. Hindari makanan berserat tinggi

Serat memang baik bagi penderita maag tapi jika serat yang terdapat pada makanan terlalu tinggi justru akan memperparah penyakit anda karena serat tinggi akan sangat sulit dicerna hal itu akan mempersulit kerja lambung.

Sebaiknya hindari mengkonsumsi makan yang mengandung serat tinggi seperti kol, sawi dan daun singkong

27. Obat maag

Ketika anda telah melakukan berbagai cara menghilangkan sakit maag diatas namun sakit maag yang anda alami belum juga menunjukkan perbaikan tapi justru bertambah parah sebaiknya minum obat maag dari resep dokter bisa menjadi solusi terakhir.

Bisa jadi sakit maag yang anda alami sudah sampai ke tahap maag kronis atau lambung bocor yang memang membutuhkan penanganan medis.

Itulah 27 cara mengatasi sakit maag yang dapat membantu anda meringankan gejala maag dan menurunkan kadar asam lambung yang anda derita. Selamat mencoba, semoga berhasil. Baca juga 15 Gejala Asam Lambung Naik yang Harus Anda Ketahui

Leave a Reply