Tips Mengatasi Bau Mulut Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Cara Menghilangkan Bau Mulut – Meski bukan menjadi salah satu gangguan kesehatan yang mengancam nyawa namun bau mulut menjadi salah satu masalah yang sangat ditakutkan, baik pada wanita, pria dan anak-anak. Sebab bau mulut akan membuat kita tidak dapat berinteraksi dengan baik di kehidupan sehari-hari.

Bau mulut bisa berdampak pada menurunnya  rasa percaya diri atau minder, dijauhi banyak orang, serta bisa menjadi tanda tubuh tengah terserang penyakit serius. Meskipun berwajah cantik atau tampan percuma saja jika anda mengalami bau mulut sebab orang enggan berhubungan dengan anda, dicap jorok dan sebagainya.

Namun bau mulut terkadang tidak kita sadari sebab kita sulit mencium aroma yang keluar dari mulut kita sendiri. Namun ketika kita melihat orang yang sedang berbicara pada kita semakin menjauh atau bahkan menutup hidung maka sebaiknya kita mulai curiga dengan nafas yang kita keluarkan.

Untuk itu kita lakukan pengecekan bau mulut kita sendiri dengan melakukan cara berikut ini:

  • Angkat telapak tangan anda lalu jilat menggunakan lidah
  • Lalu biarkan hingga air liur mengering dengan sendirinya
  • Setelah kering coba cium telapak tangan anda

Jika aroma pada tangan anda mengeluarkan aroma biasa berarti anda tidak mengalami bau mulut serta sebaliknya jika anda mmencium aroma yang tidak sedap berarti mulut anda juga mengelurkan aroma yang kurang sedap.

Untuk itu anda harus segera melakukan cara menghilangkan bau mulut secara alami yang akan kami rekomendasikan. Cara menghilangkan bau mulut secara alami ini sangat efektif membantu anda membuat nafas menjadi segar.

`Cara Menghilangkan Bau Mulut

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Penyebab Bau Mulut

Sebelum kita melihat beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami sebaiknya kita lihat terlebih dahulu beberapa penyebab bau mulut seperti berikut ini :

  • Penumpukan bakteri pada sisa makanan
  • Kurang menjaga kebersihan mulut
  • Gangguan kesehatan gusi
  • Plak atau karang gigi
  • Sariawan
  • Gigi berlubang
  • Luka akibat pencabutan gigi
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang beraroma kurang sedap
  • Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Penyakit yang berhubungan dengan peradangan usus
  • Menderita diabetes

Cara Menghilangkan Bau Mulut Paling Ampuh

Cara mengatasi bau mulut sebenarnya tidaklah begitu sulit. Cara mengatasi bau mulut bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan sehari-hari yang dapat meningkatakn resiko bau mulut seperti berikut ini:

1. Menyikat gigi secara teratur

Cara menghilangkan bau mulut yang paling sederhana adalah dengan rajin menggososk gigi minimal 2 kali sehari. Dengan menyikat gigi secara teratur akan membantu mmebersihkan kotoran sisa makanan yang menumpuk di dalam mulut anda.

Sikat gigi anda setiap pagi, setelah makan dan sebelum tidur, dengan cara yang benar hingga ke sela-sela gigi terdalam. Selain itu jangan lupa untuk mengganti sikat gigi anda setiap tiga bulan sekali.

2. Periksakan gigi anda secara teratur

Dalam dunia medis pemeriksaan gigi secara rutin wajib dilakukan setiap 6 bulan sekali untuk mencegah berbagai masalah dan kerusakan yang menyebabkan bau mulut dan masalah lainnya.

3. Mencabut atau menambal gigi berlubang

Gigi berlubang akan mengeluarkan aroma yang kurang sedap sehingga aroma mulut anda juga kurang sedap, oleh sebab itu cara mengatasi bau mulut adalah dengan menambal atau mencabut gigi berlubang.

4. Gunakan obat kumur anti bakteri

Menggunakan obat kumur anti bakteri sangat efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut dengan begitu maslaah bau mulut juga akan teratasi dengan mudah. Obat kumur bisa anda gunakan setelah anda menyikat gigi.

5. Konsumsi air putih secukupnya

Mengkonsumsi air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas perhari memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh salah satunya dapat menjadi cara menghilangakan bau mulut dengan mudah.

Air putih akan membantu melarutkan kotoran dan bakteri penyebab bau mulut yang akan dilarutkan melalui air seni.

6. Kunyah permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan produksi air liur yang juga dapat membantu menghilangkan bau mulut dengan cepat. Produksi air liur yang berkurang akan membuat bau mulut menjadi tak sedap

Dengan begitu mengunyah permen karet tanpa gula memiliki banyak manfaat yakni meningkatkan produksi air liur, melarutkan bakteri penyebab bau mulut dan membersihkan kotoran yang melekat pada gigi sebagai sumber bau mulut.

7. Berkumur dengan kunyit

Beberapa bahan alami atau bahan tradisional bisa dijadikan bahan kumur alami sebagai bahan penghilang bau mulut fdan memutihkan gigi dengan cepat yakni anda bisa menggunakan kunyit. Kunyit kaya akan antioksidan dan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan mencegahnya dating kembali

Caranya

  • Siapkan kunyit secukupnya dan gambir
  • Lalu haluskan kunyit dan tambahkan gambir tersebut ke dalam kunit
  • Setelah itu rebus keduanya menggunakan 2 gelas air
  • Setelah air tersisa setengahna atau 1 gelas angkat dan biarkan beberapa saat
  • Setelah air hangat lalu berkumurlah menggunakan ramuan tersebut 3 kali sehari
  • Sarapan

Meski terdengar sepele namun sarapan juga bisa membantu anda mengatasi bau mulut yang anda secara alami. Dengan anda sering mengabaikan sarapan maka kadar asam lambung akan meningkat sehingga bau mulut juga menjadi kurang sedap.

Sebaiknya sarapan setiap jam 7 dan sebelum jam 9 dengan makanan sehat kaya serat lalu setelah sarapan jangan lupa gosok gigi dan berkumut menggunakan obat kumur alami dan obat kumur anti bakteri.

8. Batasi mengkonsumsi kopi

Kopi menjadi salah satu minuman penyebab naiknya asam lambung dengan begitu bau mulut juga akan menjadi tidak sedap. Oleh sebab itu untuk mengatasi bau mulut bisa dilakukan dengan membatasi konsumsi kopi.

9. Beras

Mengunyah beras dipercaya sejak dulu bisa mengatasi bau mulut, terutama setelah anda mengkonsumsi makanan yang beraroma menyengat seperti jengkol dan petai. Caranya sangat mudah seperti anda mengunyah makanan pada umumnya.

Kunyahlah beras hingga lembut lalu anda bisa menelannya atau membuangnya. Lakukan beberapa kali hingga aroma tak sedap benar-benar hilang lalu bisa anda akhiri dengan mengkonsumsi segelas air putih

10. Kopi hitam

Jika kopi dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan resiko bau mulut sebab kopi tinggi kandungan kafein yang dapat meningkatkan asam lambung. Namun ketika kadar kafein tersebut dijadikan obat kumur justru dapat mengatasi masalah bau mulut dengan mudah.

Seduh segelas kopi hitam lalu setelah dingin berkumurlah dengan kopi tersebut. Maka aroma tak sedap yang keluar dari mulut anda akan menghilang.

11. Susu kental manis

Susu kental manis memang diketahui sejak dulu sebagai bahan penetral racun dan sebagainya. Salah satu yang dapat dinetralkan adalah bau mulut. Terutama bau mulut akibat mengkonsumsi jengkol dan petai.

Caranya

  • Ambil gelas yang bersih lalu tuang sedikit suus kental manis ke dalamnya
  • Lalu sedu dengan sedikit air hangat
  • Setelah itu aduk hingga rata
  • Setelah rata gunakan air tersebut untuk berkumur.

12. Hindari makanan penyebab bau mulut

Cara menghilangkan bau mulut bisa anda lakukan dengan menghindari makanan yang dapat meningkatkan resiko bau mulut. Mengkonsumsi makanan seperti jengkol dan petai dijamin bau mulut anda akan naik levelnya.

Oleh sebab itu untuk menghindari bau mulut tak sedap bisa anda lakukan dengan menghindari makanan yang berpotensi meningkatkan bau mulut.

13. Kencur

Kencur merupakan salah satu jenis rempah yang beraroma wangi. Aroma tersebut dapat menghilangkan bau mulut yang kurang sedap.

Caranya

  • Ambil sedikit kencer lalu kupas dan cuci bersih
  • Setelah itu kunyah kencur secara langsung
  • Lalu telan airnya dan buang ampasnya
  • Maka aroma mulut anda akan menajdi wangi dalam beberapa kali perawtaan

14. Daun sirih

Daun sirih memiliki kandungan antibakteri dan antiseptic yang dapat membunuh bakteri dan kuman penyebab bau mulut. Selain itu baun sirih juga akan membantu menguatkan   gigi dan menyehatkan gusi anda.

Ambil 5 lembar daun sirih segar, lalu cuci bersih. Rebuslah daun sirih tersebut menggunakan 1 gelas air bersih. Setelah air mendidih angkat dan biarkan beberapa saat. Setelah air menjadi hangat lalu berkumurlah menggunakan air  tersebut.

15. Teh hijau

Zat katekin dalam teh hijau yang merupakan antioksidan tinggi dapat membantu melindungi mulut anda dari serangan bakteri dan berbagai kerusakan. Selain itu kandungan antibakterialnya dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Konsumsilah 1 gelas the hijau setiap hari untuk membantu menghilangkan bau mulut dan mengatasi berbagai maslaah lainnya seperti penuaan dini, obesitas dan masih banyak lagi masalah lainnya.

Artikel terkait: 28 Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

16. Konsumsi buah

Kurang vitamin, terutama vitamin C dapat membuat jamur dan bakteri mudah menyerang tubuh anda. Selain itu jamur dan bakteri tersebut dapat menyerang bagian mulut dengan begitu resiko bau mulut juga akan semakin meningkat.

Oleh sebab itu penuhi kebutuhan vitamin harian anda terutama vitamin C dengan mengkonsumsi berbagai jenis buah seperti jeruk, strawberry, dan masih banyak lagi yang lainnya.

17. Hindari kebiasaan merokok

Salah satu cara ampuh mengatasi bau mulut adalah dengan menjauhi penyebab bau mulut, salah satunya adalah rokok. Merokok akan membuat tubuh anda mudah terserang berbagai penyakit serta bau mulut.

18. Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol akan menyebabkan aroma mulut anda menjadi kurang sedap. Jadi salah satu cara menghilangkan bau mulut dengan mudah adalah dengan menghindari minuman tersebut. Selain anda akan terhindar dari bau mulut, tubuh anda juga akan menjadi sehat.

19. Konsumsi vitamin C

Mengkonsumsi suplemen vitamin C bisa membantu membunuh bakteri dan jamur penyebab bau mulut dengan mudah. Selain itu vitamin C juga akan membantu mengatasi sariawan yang menyebabkan bau mulut.

20. Daun kemangi

Kunyah daun kemangi secara teratur akan membantu membuat tubuh anda menjadi wangi. Namun bukan itu saja mengunyah kemangi juga efektif menghilangkan bau mulut. Sebab kemangi mempunyai aroma yang sangat wangi yang dapat melawan aroma tak sedap.

21. Berkonsultasi pada dokter

Jika berbagai cara alami yang kami reomendasikan belum dapat menghilangkan bau mulut anda secara optimal maka besar kemungkinan bau mulut yang anda alami menjadi indikasi adanya penyakit berbahaya di dalam tubuh anda.

Jika hal itu terjadi maka sebaiknya periksakan kondisi anda pada dokter agar kondisi tubuh anda bisa diketahui dengan jelas dan penanganan bisa dilakukan dengan tepat.

Selain beberapa cara menghilangkan bau mulut seperti dia atas ada juga beberapa cara menghilangkan bau mulut secara efektif lainnya yang meliputi :

  • Adas manis
  • Cuka apel
  • Biji fenugreek
  • Jambu
  • Cengkeh
  • Jus lemon
  • Jeruk nipis
  • Kapulaga
  • Baking soda
  • Jus nanas
  • Kapulaga
  • Alpukat
  • Apel
  • Biji bunga matahari
  • Aniseeds
  • Madu
  • Buah berry
  • Salad sehat
  • Air
  • Ketumbar
  • Hydrogen peroksida
  • Pisang
  • Biji mustard
  • Kayu manis
  • Mint
  • Keju
  • Parsley
  • Margosa
  • Murr
  • Jelatang
  • Duan ketumbar
  • Minyak essensial papermint
  • Daun sage
  • Obat kumur
  • Bersihkan lidah
  • Lipgloss rasa

Simak juga: 29 Cara Meredakan Sakit Gigi Secara Alami yang Cepat dan Ampuh

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami yang dapat membantu mengatasi bau mulut yang anda rasakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Simak juga: 33 Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Leave a Reply