Cara Menghilangkan Bau Mulut

Cara menghilangkan bau mulut ternyata cukup mudah. Ada banyak alternatif cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut. Dari mulai menggunakan bahan – bahan alami sampai dengan menggunakan obat kumur, semua nya bisa digunakan untuk membantu menghilangkan permasalahan bau mulut.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bau mulut merupakan salah satu permasalahan organ pencernaan yang paling sering dialami oleh manusia. Meski pun permasalahan ini bukan lah sesuatu yang “mengancam” jiwa, namun permasalahan ini cenderung membuat orang yang mengalami nya menjadi kurang percaya diri.Itu lah kenapa permasalahan bau mulut harus diatasi dengan segera.

Cara menghilangkan bau mulut via Beritahati

Ilustrasi: Cara menghilangkan bau mulut via Beritahati

Jenis Bau Mulut dan Penyebabnya

Bau mulut dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu bau mulut normal dan bau mulut akut:

Bau Mulut Normal

Bau mulut normal merupakan bau mulut yang disebabkan oleh proses sekresi air liur yang tidak berlangsung dengan sempurna. Normal nya jenis bau mulut ini terjadi di pagi hari ketika kita baru bangun tidur.Untuk mengatasi nya, kita hanya perlu menggosok gigi dan bila perlu juga berkumur menggunakan obat kumur khusus.

Bau Mulut Akut

Bau mulut akut merupakan bau mulut yang disebabkan oleh infeksi atau pun radang yang terjadi di area mulut dan kerongkongan. Bau mulut jenis ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan menggosok gigi saja. Dibutuhkan upaya lebih dari sekedar “gosok gigi” untuk bisa menghilangkan bau mulut jenis ini.

Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Terbukti Ampuh

Berikut merupakan beberapa alternatif cara menghilangkan bau mulut yang terbukti ampuh dan layak untuk Anda coba terapkan di rumah:

1. Rajin Menyikat Gigi

Alternatif cara menghilangkan bau mulut yang pertama adalah dengan rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari.

Ketika makan, kita cenderung meninggalkan banyak sisa makanan di sela – sela permukaan gigi. Jika dibiarkan begitu saja, sisa – sisa makanan tersebut berpotensi menimbulkan permasalahan bau mulut.

Tidak hanya itu, sisa makanan yang ada pada gigi juga berpotensi menimbulkan berbagai macam permasalahan lain nya, seperti salah satu nya adalah permasalahan gigi berlubang.

Nah, maka dari itu, kita harus rajin membersihkan sisa – sisa makanan yang tertinggal di sela – sela gigi kita. Cara nya adalah dengan rajin menggosok gigi, yaitu setidaknya dua kali dalam sehari.

2. Rajin Membersihkan Gigi Menggunakan Benang Gigi

Alternatif cara menghilangkan bau mulut yang ke dua adalah dengan rajin membersihkan gigi menggunakan benang gigi.

Meski pun sudah digosok menggunakan sikat gigi, terkadang masih ada sisa – sisa makanan yang tertinggal di sela – sela permukaan gigi.

Nah, untuk membersihkan sisa – sisa makanan yang tertinggal tersebut, kita dianjurkan untuk rajin membersihkan gigi menggunakan benang gigi.

Selain dapat membantu membersihkan sisa makanan yang tidak bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi, penggunaan benang gigi juga dapat membantu mencegah timbulnya flak dan tumpukan karang pada gigi.

3. Rajin Menggunakan Obat Kumur

Alternatif cara menghilangkan bau mulut yang ke tiga adalah dengan rajin menggunakan obat kumur.

Selain sisa makanan, bau mulut terkadang juga bisa timbul akibat tumpukan bakteri di rongga mulut.

Nah, untuk membasmi tumpukan bakteri penyebab bau mulut tersebut, kita dapat menggunakan obat kumur secara rutin setiap beberapa hari sekali.

4. Rajin Membersihkan Lidah

Tahukah Anda bahwa ternyata bakteri dan kotoran juga bisa terselip di organ lidah?

Ya, organ lidah ternyata juga bisa menjadi sarang bakteri dan kotoran yang menimbulkan permasalahan bau mulut.

Maka dari itu, agar mulut kita bisa terbebas dari permasalahan bau mulut, kita dianjurkan untuk selalu rajin membersihkan permukaan lidah.

Untuk membersihkan nya, kita dapat menggunakan alat khusus yang memang didesain sebagai alat pembersih lidah.

Atau, jika mau kita juga bisa menggunakan sikat gigi khusus yang sudah dilengkapi dengan alat pembersih lidah.

5. Rajin Mengunyah Permen Karet

Alternatif cara menghilangkan bau mulut yang selanjutnya adalah dengan rajin mengunyah permen karet.

Selain asyik, mengunyah permen karet ternyata juga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif cara menghilangkan bau mulut yang ampuh.

Ya, dengan mengunyah permen karet, secara otomatis organ gigi kita akan terhindar dari tumpukan kotoran dan bakteri penyebab bau mulut.

Namun begitu, perlu diingat, permen karet yang dikunyah sebaiknya dipilih dari jenis permen karet bebas gula ya.

6. Segera Mengobati Sakit Gusi dan Radang Tenggorokan

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, sakit gusi, sariawan dan radang tenggorokan dapat menimbulkan permasalahan bau mulut akut.

Nah, maka dari itu, jika Anda mengalami permasalahan sakit gusi dan radang tenggorokan, Anda harus segera mengobati nya.

Hal ini dikarenakan, ketika mengalami sakit gusi atau pun radang tenggorokan, kuman dan bakteri akan berkembang dua kali lebih cepat dari biasa nya.

Dampak nya, permasalahan bau mulut pun akhirnya tidak dapat dihindari.

7. Mengonsumsi Teh Hijau

Alternatif cara menghilangkan bau mulut yang selanjutnya adalah dengan rajin mengonsumsi teh hijau.

Teh hijau sangat kaya akan zat antioksidan yang dapat membasmi bakteri dan kuman penyebab bau mulut.

Cukup konsumsi teh hijau secara rutin di pagi hari, maka permasalahan bau mulut Anda akan langsung teratasi.

8. Berkumur dengan Rebusan Daun Sirih

Selain dapat dijadikan sebagai obat mata dan obat pembersih organ kewanitaan, daun sirih ternyata juga bisa digunakan sebagai alternatif cara menghilangkan bau mulut secara alami.

Ya, berkat kandungan zat antiseptik yang terdapat di dalam nya, daun sirih dapat digunakan untuk membantu membasmi tumpukan kuman dan bakteri penyebab bau mulut yang ada pada rongga gigi dan gusi.

Jika Anda tertarik untuk mencoba, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan satu liter air hingga mendidih
  • Setelah mendidih, biarkan air rebusan daun sirih tersebut dingin
  • Gosok gigi Anda seperti biasa
  • Gunakan air rebusan daun sirih yang telah disiapkan sebelumnya untuk berkumur
  • Ulangi secara rutin setiap 1 – 2 minggu sekali

9. Banyak Mengonsumsi Buah Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk juga bisa membantu menghilangkan tumpukan kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

Cukup konsumsi buah jeruk secara rutin setiap hari, maka permasalahan bau mulut yang Anda alami akan hilang secara bertahap.

10. Rajin Mengonsumsi Buah Pir

Selain enak dan menyehatkan tubuh, buah pir ternyata juga bisa dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan bau mulut menggunakan bahan alami.

Ya, karena tekstur daging buah nya yang keras, buah pir diyakini dapat membantu mengikis tumpukan bakteri dan kotoran yang berpotensi menjadi penyebab timbulnya bau mulut.

Cukup konsumsi satu buah pir secara rutin setiap hari, maka Anda akan terhindar dari permasalahan bau mulut yang kronis.

***

Itu lah beberapa alternatif cara menghilangkan bau mulut yang bisa Anda coba untuk terapkan di rumah. Selamat Mencoba dan semoga sukses ya!

Jangan lewatkan juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Leave a Reply