9 Cara Ampuh Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi – Setiap orang pasti pernah mengalami cegukan. Dari mulai anak – anak sampai dengan orang dewasa semuanya pasti pernah mengalami cegukan. Biasanya, cegukan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat.

Pada orang dewasa, cegukan biasanya akan dibiarkan begitu saja. Pasalnya menurut pengalaman, setelah berlangsung selama beberapa saat, cegukan biasanya akan hilang sendiri tanpa perlu diobati sama sekali.

Lantas, bagaimana jika cegukan terjadi pada bayi? Apakah hal tersebut tidak berbahaya? Terlebih jika cegukan yang dialami bayi berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Bagaimanakah cara menghilangkan cegukan pada bayi?

Cegukan adalah Hal yang Wajar Terjadi Pada Bayi

Menurut hasil penelitian, cegukan ternyata adalah hal yang wajar terjadi pada bayi, terutama pada bayi yang berusia di bawah satu tahun. Bahkan, ketika masih berada dalam kandungan pun, bayi sebenarnya sudah mengalami cegukan.

Dalam kebanyakan kasus, cegukan yang terjadi pada bayi bukanlah hal yang berbahaya. Oleh karenanya, Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir.

Hanya saja perlu diingat, dalam kondisi tertentu (sangat jarang) ada cegukan yang dapat membahayakan bayi.Oleh sebab itu, Anda harus bisa membedakan antara cegukan yang normal dan cegukan yang berbahaya.

Penyebab Terjadinya Cegukan pada Bayi

Penyebab terjadinya cegukan pada bayi pada dasarnya tidak berbeda dengan penyebab terjadinya cegukan pada orang dewasa. Cegukan hanya akan terjadi ketika jaringan otot diafragma mengalami kontraksi berlebihan karena iritasi atau pun stimulasi pada otot.

Khusus untuk bayi, kontraksi diafragma dapat terjadi karena aktivitas makan dan minum, entah itu karena menyusu ASI, karena minum susu formula, karena makan bubur tim, dan lain sebagainya.

Dalam kondisi tertentu, perubahan suhu tubuh yang terjadi secara tiba – tiba terkadang juga dapat menyebabkan cegukan pada bayi. Saat bayi dimandikan air dingin misalnya, bayi biasanya akan langsung mengalami cegukan.

Tanda – Tanda Cegukan yang Berbahaya

Dalam beberapa kasus (sangat jarang), cegukan dapat menjadi salah satu gejala awal atas penyakit tertentu. Bayi dengan penyakit Gastroesophageal reflux (GERD) misalnya, bayi seperti ini cenderung lebih rentan mengalami cegukan.

Cegukan yang berbahaya juga bisa ditandai dengan berbagai macam gejala yang menyertai, seperti muntah, batuk, rewel, dan lain sebagainya.

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Ilustrasi: Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi

Untuk menghilangkan cegukan pada bayi, Anda dapat menerapkan beberapa alternatif cara menghilangkan cegukan pada bayi di bawah ini:

1. Beri ASI dan Biarkan Bayi Bersendawa

ASI memang dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya cegukan pada bayi. Namun begitu, dalam kebanyakan kasus ASI juga dapat menjadi solusi jitu untuk mengatasi permasalahan cegukan yang terjadi pada bayi.

Menurut hasil penelitian, gerakan saat menyusu dapat membuat diafragma bayi menjadi lebih rileks. Ketika diafragma bayi rileks, otot di sekitar diafragma akan berhenti mengalami kontraksi, sehingga cegukan pun akan segera berhenti.

Pemberian ASI biasanya juga akan memicu bayi untuk bersendawa. Saat bayi bersendawa, udara yang terjebak di sekitar perut bayi akan menjadi lebih lega. Hasilnya cegukan yang dialami oleh bayi pun akan langsung reda atau bahkan hilang dengan seketika.

Baca juga ya bund: Cara Tepat Menyiapkan Menu Makanan untuk bayi 8 bulan

2. Ganti Posisi Menyusui

Ganti posisi menyusui juga bisa menjadi alternatif cara menghilangkan cegukan pada bayi yang ampuh. Saat menyusu, biasanya udara juga akan ikut masuk ke mulut bayi. Hal ini sering kali memicu terjadinya cegukan pada bayi.

Nah, agar hal ini tidak terjadi, bunda disarankan untuk mengganti posisi menyusui. Sebisa mungkin aturlah posisi menyusu bayi sehingga udara tidak lagi masuk ke mulut bayi saat ini tengah menyusu.

Bila posisi menyusui sudah diganti namun cegukan pada bayi masih tetap terjadi, bunda sebaiknya segera menghentikan proses menyusui. Hal ini dikarenakan bila diteruskan bayi akan berpotensi tersedak.

Bunda wajib baca: 31 Cara Diet Ibu Menyusui yang Aman untuk Ibu dan Bayi

3. Memeluk Bayi

Cara menghilangkan cegukan pada bayi baru lahir yang selanjutnya adalah dengan memeluk bayi. Pelukan dapat memberikan ketenangan. Ketika bayi mengalami cegukan, tubuh bayi biasanya akan terasa tidak nyaman. Untuk itu, kita dapat memeluk bayi, sehingga tubuh bayi bisa terasa lebih tenang dan nyaman.

Normalnya, setelah dipeluk, dalam beberapa saat tubuh bayi akan langsung menjadi tenang dan cegukan yang dialami bayi juga akan langsung berhenti.

4. Menepuk Punggung Bayi

Menepuk punggung bayi juga bisa menjadi alternatif cara menghilangkan cegukan pada bayi yang ampuh. Tepukan lembut di area sekitar punggung bayi dapat membuat otot diafragma bayi menjadi lebih tenang dan rileks. Cara ini akan menghentikan kontraksi yang terjadi di otot diafragma bayi dan menghentikan cegukan pada bayi dengan seketika.

Satu hal yang harus diingat, tepukan ke arah punggung bayi tidak boleh dilakukan terlalu keras. Cukup tepuk lembut atau beri urutan lembut di area sekitar punggung bayi, nantinya cegukan yang dialami bayi akan berkurang dan berhenti dengan perlahan.

5. Atur Posisi Bayi

Cara menghilangkan cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah dengan mengatur posisi bayi hingga ia merasa nyaman.

Posisi tubuh bayi sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan tubuh bayi. Oleh karenanya, saat bayi mengalami cegukan sebisa mungkin posisikan bayi dalam posisi yang paling nyaman.

Mayoritas dokter anak biasanya menyarankan posisi tegak berdiri untuk mengatasi permasalahan cegukan yang dialami oleh bayi. Posisi ini bisa diterapkan sambil menggendong bayi.

Dalam posisi bayi berdiri tegak, bunda disarankan untuk turut menepuk punggung bayi sehingga gas yang ada pada perut bayi bisa segera naik.

6. Beri Bayi Sesuatu untuk Dihisap

Gerakan menghisap juga dapat menjadi salah satu alternatif cara menghilangkan cegukan pada bayi yang ampuh.

Saat bayi mengalami cegukan, cobalah untuk memberinya sesuatu untuk dihisap entah itu, dot, empeng, atau puting ibu.

Gerakan mulut dan sedotan yang terjadi nantinya akan merangsang bayi untuk bersendawa sehingga tekanan gas di perut bayi bisa segera berkurang dan gejala cegukan pun akan segera hilang.

7. Bawa Bayi ke Tempat yang Hangat

Seperti yang telah Ceksehat sebutkan di atas, cegukan pada bayi dapat disebabkan oleh perubahan suhu tubuh yang berlangsung secara tiba – tiba. Oleh karenanya, bila bayi mengalami cegukan, terutama karena bayi baru saja dimandikan memakai air dingin, sebisa mungkin bawa dan tempatkan bayi ke ruangan yang hangat.

Hindari ruangan ber-AC atau pun ruangan bersuhu dingin. Pasalnya suhu dingin dapat membuat cegukan yang terjadi pada bayi menjadi semakin parah.

8. Tenangkan Bayi Anda

Cobalah untuk menenangkan bayi anda, bisa dengan mengusap bagian kepala, mengelus punggung, melepaskan bedongnya atau memberikan sentuhan hangat lainnya yang dapat membuat bayi merasa nyaman.

9. Beri Bayi Makanan

Khusus untuk bayi yang sudah mulai belajar makan, cara mengatasi cegukan pada bayi bisa dilakukan dengan memberi bayi makanan sedikit demi sedikit. Harapannya dengan diberi makanan secara perlahan, otot diafragma bayi bisa lebih rileks sehingga cegukan yang terjadi bisa segera berhenti.

Bila saat diberi makanan bayi mengalami muntah, maka segera bawa bayi ke dokter secepatnya.

****

Itulah beberapa alternatif cara menghilangkan cegukan pada bayi yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Artikel terkait: Bunda, Lakukan Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Berikut Ini!

Leave a Reply