Cara Menghilangkan Gusi Bengkak

Cara menghilangkan gusi bengkak sebenarnya cukup mudah. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda dapat memanfaatkan berbagai macam bahan alami yang ada di sekitar Anda, seperti jeruk nipis, madu, lemon, bawang putih, dan lain sebagainya.

Tidak dapat dipungkiri, permasalahan gusi bengkak memang cenderung sangat sulit untuk dihindari. Terkadang, tanpa ada penyebab yang jelas, gusi yang sebelumnya baik – baik saja bisa mengalami bengkak secara tiba – tiba.

Jika sudah begini, maka mau tidak mau Anda harus menanggung akibatnya. Dari mulai harus menahan rasa nyeri sampai dengan harus menahan rasa lapar (karena mulut tidak enak diajak makan), semuanya harus Anda rasakan hanya karena permasalahan gusi bengkak.

Cara Menghilangkan Gusi Bengkak via Inilahtasik

Cara Menghilangkan Gusi Bengkak via Inilahtasik.com

Penyebab Gusi Bengkak

Meskipun permasalahan gusi bengkak dapat terjadi kapan saja, namun jika diperhatikan dengan seksama, permasalahan gusi bengkak tersebut pasti terjadi akibat salah satu penyebab di bawah ini:

  • Tumpukan plak dan atau karang gigi
  • Radang Gingivitis
  • Serangan virus atau jamur
  • Penggunaan aksesoris gigi yang tidak tepat
  • Kesalahan dalam menggosok gigi
  • Gigi berlubang

Cara Menghilangkan Gusi Bengkak

Permasalahan gusi bengkak pada dasarnya dapat sembuh atau pun hilang dengan sendirinya. Hanya saja, proses penyembuhan gigi bengkak dengan sendirinya biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Jika Anda ingin permasalahan gusi bengkak yang Anda alami bisa sembuh dengan lebih cepat, Anda dapat menerapkan salah satu atau pun beberapa alternatif cara menghilangkan gusi bengkak di bawah ini:

1. Menggunakan Garam

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, salah satu penyebab utama terjadinya permasalahan gusi bengkak adalah karena serangan virus dan jamur di rongga mulut. Untuk mengatasi permasalahan gusi bengkak yang terjadi karena serangan virus dan jamur ini, Anda dapat memanfaatkan bahan alami yang memiliki sifat anti virus dan anti jamur, seperti salah satunya adalah garam.

Untuk menyembuhkan gusi bengkak menggunakan garam, Anda hanya perlu berkumur secara rutin menggunakan larutan air garam hangat setiap kali selesai menggosok gigi. Harapannya, dengan berkumur menggunakan air garam, tumpukan bakteri, virus dan jamur yang ada di rongga mulut bisa segera hilang dan permasalahan gusi bengkak pun bisa segera sembuh.

2. Menggunakan Jeruk Lemon

Jeruk lemon banyak dikenal sebagai buah untuk menyembuhkan panas dalam.Nah, ternyata selain dapat digunakan untuk menyembuhkan panas dalam, jeruk lemon juga dapat dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan gusi bengkak yang ampuh.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, jeruk lemon memiliki kadar vitamin C dan zat alkali yang cukup tinggi. Ketika digunakan sebagai obat kumur, jeruk lemon diklaim dapat membantu menetralisir kadar pH di rongga mulut. Dengan begitu, tumpukan bakteri, virus, dan jamur di rongga mulut pun bisa teratasi.

Cara mengobati gusi bengkak menggunakan jeruk lemon tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu berkumur dengan larutan jeruk lemon hangat secara rutin sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Nantinya, selain dapat menghilangkan gusi bengkak, jeruk lemon juga akan membantu membersihkan plak dan noda kuning yang ada pada gigi.

3. Jeruk Nipis

Alternatif cara menghilangkan gusi bengkak yang selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis.

Secara keseluruhan, kandungan nutrisi yang dimiliki oleh jeruk nipis tidak jauh berbeda dengan kandungan nutrisi yang dimiliki oleh jeruk lemon. Oleh karenanya, Anda dapat memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat gusi bengkak alami pengganti jeruk lemon.

4. Menggunakan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ternyata tidak hanya dapat digunakan sebagai obat diare. Lebih dari itu, daun ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan gusi bengkak yang ampuh.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, daun jambu biji memiliki kandungan anti bakteri, anti inflamasi, dan analgesi yang sangat kuat. Nah, berkat kemampuannya tersebut, daun jambu biji dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak yang terjadi karena serangan virus dan jamur.

Cukup rebus beberapa helai daun jambu biji hingga mendidih, lalu gunakan air rebusannya untuk berkumur. Nantinya, permasalahan gusi bengkak yang Anda alami akan sembuh secara perlahan – lahan.

5. Menggunakan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memilih rasa yang sangat asam. Berkat rasa asam yang dimilikinya tersebut, buah ini diklaim memiliki kemampuan anti bakteri dan anti virus yang sangat kuat.

Nah, dalam prakteknya, kita dapat memanfaatkan buah ini untuk dijadikan sebagai obat alami penghilang gusi bengkak. Caranya, cukup tumbuk belimbing wuluh hingga halus, lalu oleskan hasil tumbukannya ke bagian gusi Anda yang bengkak.

Nantinya, selain dapat mengatasi permasalahan gusi bengkak, belimbing wuluh juga akan membantu menghilangkan plak dan memutihkan gigi secara alami.

6. Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah selama ini cenderung hanya dikenal sebagai bahan bumbu masakan dan obat alami untuk menyembuhkan masuk angin saja. Padahal, lebih dari itu, bawang merah sebenarnya juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan lainnya, termasuk salah satunya adalah sebagai alternatif cara menghilangkan gusi bengkak.

Untuk bisa menghilangkan gusi bengkak menggunakan bawang merah, Anda hanya perlu menempelkan irisan bawang merah ke bagian gusi Anda yang bengkak.Nantinya, bawang merah akan bekerja melawan bakteri dan jamur penyebab gusi bengkak yang ada di rongga mulut sehingga permasalahan gusi bengkak yang Anda alami bisa segera sembuh.

7. Menggunakan Bawang Putih

Sama seperti halnya bawang merah, bawang putih juga memiliki sifat anti bakteri, anti virus, dan anti jamur yang sangat kuat. Konon, karena kemampuan nya tersebut, bawang putih diklaim sebagai salah satu bahan antiseptic alami terbaik di dunia.

Nah, untuk bisa mengatasi permasalahan gusi bengkak menggunakan bawang putih, Anda hanya perlu menumbuk campuran satu siung bawang putih dengan setengah sendok teh garam hingga halus.

Nantinya, setelah kedua bahan tercampur dengan merata, Anda tinggal menempelkannya ke bagian gusi Anda yang bengkak.

8. Menggunakan Cengkeh

Alternatif cara menghilangkan gusi bengkak yang berikutnya adalah dengan menggunakan cengkeh.

Cengkeh merupakan salah satu bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Jauh sebelum produk pasta gigi ada seperti sekarang ini, cengkeh sudah digunakan sebagai bahan pembersih gigi oleh para leluhur kita.

Nah, jika Anda mau, Anda dapat memanfaatkan cengkeh untuk mengatasi permasalahan gusi bengkak yang Anda alami. Caranya, cukup tumbuk cengkeh hingga halus, lalu tempelkan ke bagian gusi Anda yang bengkak hingga gusi tersebut kempis.

9. Menggunakan Biji Asam Jawa

Cara menyembuhkan gusi bengkak menggunakan asam jawa memang tergolong agak sedikit ribet. Dalam hal ini, Anda harus menyangrai biji asam jawa terlebih dahulu. Setelah itu, Anda harus menumbuknya hingga halus dan kemudian menempelkannya ke bagian gusi Anda yang bengkak.

Dengan sifat asam yang dimilikinya, nantinya biji asam jawa akan membantu menekan dan mengatasi serangan bakteri dan jamur penyebab gusi bengkak yang ada di sekitar rongga mulut Anda.

****

Itulah beberapa alternatif cara menghilangkan gusi bengkak menggunakan bahan alami yang dapat Anda coba praktekkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh ya!

Artikel terkait: Cara Mengobati Gusi Bengkak

Leave a Reply