17 Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat!

Cara menghilangkan insomnia memang agak sulit. Terlebih bila gangguan tidur ini sudah Anda alami cukup lama. Untuk menghilangkannya, terkadang dibutuhkan terapi khusus dalam jangka waktu yang cukup lama.

Untuk Anda yang belum tahu, insomnia merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan gangguan tidur berupa sulit terlelap atau sulit untuk tetap terlelap dalam tidur. Dalam kebanyakan kasus, penderita insomnia biasanyaakan merasa tidak puas dengan kualitas tidurnya.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh National SleepFoundation, disebutkan bahwa sekitar 59 persen penduduk (Amerika Serikat) yang berusia sekitar 30 – 60 tahun, dan sekitar 68 persen penduduk yang berusia sekitar 18 – 29 tahun telah terjangkit gejala insomnia.

Di Indonesia sendiri, setiap tahunnya insomnia diperkirakan telah dialami oleh sekitar 2 juta penduduk. Mayoritas diantaranya didominasi oleh orang dewasa yang berusia dari mulai 19 – 60 tahun ke atas.

Cara Menghilangkan Insomnia

Ilustrasi: Cara Menghilangkan Insomnia

Jenis dan Penyebab Terjadinya Insomnia

Untuk bisa sembuh dan terhindar dari gejala insomnia, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu jenis dan penyebab insomnia yang dialami. Bila jenis dan penyebab insomnia yang dialami sudah teridentifikasi, selanjutnya Anda tinggal mencari cara menghilangkan insomnia yang paling cocok.

Berdasarkan jangka waktu terjadinya, insomnia dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Insomnia akut, yaitu insomnia yang dialami dalam kurun waktu satu malam sampai dengan beberapa minggu
  • Insomnia kronis, yaitu insomnia yang dialami dalam kurun waktu yang lama, yaitu beberapa minggu sampai dengan beberapa bulan

Berdasarkan penyebabnya, insomnia dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Insomnia primer, yaitu gejala insomnia yang terjadi bukan karena disebabkan oleh gangguan kesehatan lain
  • Insomnia sekunder, yaitu insomnia yang terjadi sebagai dampak gangguan kesehatan tertentu.

Cara Menghilangkan Insomnia  Tanpa Obat

Bila Anda merasa tengah mengalami gejala insomnia, Anda dapat mengatasinya dengan beberapa alternatif cara menghilangkan insomnia di bawah ini:

1. Ubah Gaya Hidup

Cara pertama yang dapat diterapkan untuk menghilangkan insomnia adalah dengan mengubah gaya hidup.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkohol, mengonsumsi obat – obatan terlarang dapat memicu terjadi insomnia.

Bila dikonsumsi sesaat sebelum jadwal istirahat, rokok, alkohol, dan obat – obatan terlarang dapat memacu jantung untuk tetap bekerja di waktu istirahat. Dampaknya, walaupun sudah merasa lelah, tubuh Anda akan menjadi sulit untuk tidur dengan lelap.

Dengan menghindari seluruh gaya hidup tidak sehat tersebut, tubuh Anda akan menjadi lebih rileks, dan permasalahan insomnia yang Anda alami pun bisa segera teratasi.

Baca artikel selengkapnya: Panduan Tips Hidup Sehat yang Sebaiknya Kita Jalankan!

2. Perbanyak Aktivitas Fisik Harian Anda

Cara menghilangkan insomnia tanpa obat yang kedua adalah dengan memperbanyak jadwal aktivitas fisik harian.

Saat tubuh Anda berada dalam kondisi lelah, apa yang akan segera Anda lakukan? Ya, tepat!, saat lelah tubuh pasti akan minta untuk diistirahatkan, yaitu dengan cara tidur.

Oleh sebab itu, agar tubuh Anda bisa tidur dengan lelap di malam hari, sebisa mungkin perbanyaklah aktivitas fisik harian Anda. Dengan begitu, tubuh Anda akan merasa kelelahan dan akan lebih mudah terlelap.

3. Olahraga Secara Rutin

Bila pekerjaan Anda tidak membutuhkan banyak aktivitas fisik, Anda dapat mengakalinya dengan cara berolahraga secara rutin setiap hari.

Bila Anda merupakan pekerja kantoran, olahraga selama 30 menit di pagi hari akan sangat membantu. Atau Anda juga bisa mengikuti program fitness di gym. Dengan begitu, selain dapat terhindar dari insomnia, Anda juga akan mendapatkan bentuk tubuh yang bagus.

4. Hindari Kebiasaan Mengoperasikan Gadget Sebelum Tidur

Cara menghilangkan insomnia yang selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan gadget sebelum tidur.

Penggunaan gadget sebelum tidur dapat membuat organ otak kita terpancing untuk terus aktif bekerja. Terlebih bila aktivitas yang kita kerjakan dalam perangkat gadget kita merupakan aktivitas yang sangat menarik (seperti chatting, main game, dll).

Tidak jarang, karena bermain gadget sesaat sebelum tidur, otak kita menjadi terus terngiang – ngiang tentang apa yang baru saja kita kerjakan.Bila sudah begini, maka dapat dipastikan kita pasti akan mengalami kesulitan untuk tidur dengan lelap.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindarilah perangkat gadget sesaat sebelum Anda tidur.

5. Hindari Kopi dan Teh Selepas Pukul 6 Sore

Bagi para pekerja, kopi dan teh mungkin memang bisa diandalkan untuk meningkatkan produktivitas kerja harian. Sayangnya, bila kopi dan teh dikonsumsi setelah pukul 6 sore, mereka berpotensi menimbulkan permasalahan sulit tidur alias insomnia.

Oleh sebab itu, secinta apa pun Anda dengan kopi dan teh, bila Anda ingin terhindar dari insomnia, sebisa mungkin hindarilah dua jenis minuman tersebut selepas pukul 6 sore.

6. Jangan Tidur Siang

Menurut sejumlah penelitian, tidur siang dalam porsi yang cukup telah terbukti dapat meningkatkan produktivitas kerja harian.Sayangnya, saat tidur siang, tidak jarang diantara kita yang malah kebablasan hingga beberapa jam.

Bila tidur siang yang dilakukan sudah kebablasan, alih – alih meningkatkan produktivitas kerja, tidur siang yang dilakukan malah akan membuat produktivitas kerja menjadi berkurang.

Hanya karena tidur siang yang kelamaan, waktu berharga yang kita miliki menjadi terbuang begitu saja.Parahnya lagi, di malam hari, kita biasanya akan menjadi sulit untuk tidur.

Oleh sebab itu, bila Anda ingin terhindar dari insomnia, usahakan untuk tidak tidur siang. Kalaupun Anda ingin melakukannya, pastikan porsi tidur siang harian Anda tidak lebih dari 20 menit.

7. Atur Kamar Anda Hingga Senyaman Mungkin

Selain dapat memperindah tampilan kamar, mengatur kamar hingga serapi dan senyaman mungkin ternyata juga bisa dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan insomnia yang ampuh lho.

Jika kamar kita berantakan dan tidak nyaman, kita pasti akan sulit untuk tidur. Oleh sebab itu, sebisa mungkin aturlah kamar Anda agar terasa nyaman untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat.

8. Coba Padamkan Lampu Kamar

Khusus untuk Anda yang memiliki kebiasaan tidur dengan lampu kamar utama menyala, sekali – kali coba padamkan lampu utama kamar Anda.

Menurut hasil penelitian, kamar yang gelap telah terbukti dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu, aktivitas tidur di kamar yang gelap kabarnya juga jauh lebih sehat ketimbang tidur di kamar yang terang benderang.

9. Coba Nyalakan Musik Klasik

Selain dapat meningkatkan produktivitas kerja, mendengarkan musik klasik ternyata juga cukup ampuh untuk dijadikan sebagai cara menghilangkan insomnia.

Menurut hasil penelitian, musik klasik dapat membuat perasaan kita menjadi lebih tenang. Dampaknya, tubuh akan terpicu untuk merasa ngantuk dan lebih mudah tertidur.

Satu hal yang harus diingat, bila Anda ingin mendengarkan musik klasik, pastikan musik tersebut tidak mengganggu teman satu kamar Anda.

10. Gunakan Kasur yang Nyaman

Jangan salah, ternyata memilih kasur yang nyaman dan sesuai juga dapat membantu kita tidur lebih pulas. Pastikan anda menggunakan kasur tidur yang empuk, karena dengan demikian anda akan merasa tenang dan enjoy ketika rebahan di atas kasur.

Sebaiknya anda membeli kasur yang tidak memberikan tekanan berlebih pada bagian tubuh. Caranya tentu saja dengan mencoba kasur yang akan kita beli dengan berbaring di atasnya, jika kita merasa seperti berdiri, kasur tersebut berarti nyaman.

Dengan kasur yang nyaman, bukan hanya tidur kita yang menjadi lebih mudah tetapi juga baik untuk menopang tulang dan mencegah gangguan pada bagian punggung.

11. Coba untuk Memindahkan Jam

Jika selama ini anda meletakkan jam di dalam kamar, maka cobalah untuk memindahkannya. Mengingat setiap detak jam dinding akan menimulkan bunyi yang cukup keras, apalagi kalau sudah malam sunyi, bunyi pergerakan jarum detik jam akan semakin terdengar kencang.

12. Jaga Kerapian Tempat Tidur

Selain memilih kasur yang nyaman pastikan juga tempat tidur anda tertata dengan rapi. Menurut ahli dari University of Havard berpendapat bahwa, kamar pria yang berantakan membuat mereka lebih beresiko mengalami insomnia sebesar 25 % dari pada masyarakat umumnya.

Maka dari itu, segera menikah buat yang jomblo! Karena dengan demikian ada yang akan membantu anda untuk merapikan tempat tidur, karena memang wanita biasanya cenderung lebih rapi ketimbang pria.

13. Buat Sirkulasi Udara Mengalir

Dengan sirkulasi udara yang berjalan dengan baik maka udara di kamar anda akan lebih segar. Sehingga pernapasan anda menjadi lebih lancar.

Udara yang kotor akan membuat kualitas tidur anda terganggu, bahkan dapat mengganggu sistem pernapasan anda. Sering-seringlah untuk membuka jendela anda agar oksigen masuk ke dalam kamar.

14. Usahakan Tidak Makan Terlalu Malam

Oh yang guys, usahakan untuk tidak makan setelah pukul 8 malam ya, apalagi makan berat. Hal ini selain tidak sehat juga akan membuat tidur anda terganggung. Bahkan jika anda berbaring setelah makan, ini dapat mengakibatkan asam lambung anda menjadi naik.

15. Susu Hangat Sebelum Tidur

Cara menghilangkan insomnia selanjutnya adalah dengan minum susu hangat sebelum tidur. Namun pastikan minimal 30 menit sebelumnya ya, jangan terlalu dekat jaraknya dengan waktu tidur anda.
Mengkonsumsi susu hangat yang ditambahkan dengan madu atau kacang-kacangan dapat membantu mengobati insomnia yang selama ini mengganggu malam-malam anda.
Hal ini dikarenakan madu dikenal memiliki efek sedatif sama seperti gula, tapi tidak berbahaya bagi penderita diabetes. Selai yang ditambahkan ke susu hangat akan membantu seseorang untuk tidur nyenyak dan menghindari penggunaan obat tidur atau obat kimia lainnya.

16. Gunakan Akar Ginseng

Cara mengatasi insomnia berikutnya adalah dengan mengkonsumsi akar ginseng. Hal ini menurut hasil penelitian University of Chicago School of Medicine” yang menyebutkan bahwa ginseng dapat membantu menjaga pola tidur dan membantu mengatasi insomnia. Berapa jumlah yang digunakan? Silahkan konsumsi Akar ginseng kasar sebanyak 1 gram sampai 2 gram per hari. Estrak ginseng sebanyak 200 mg sampai 600 mg per hari.

17. Konsumsi Makanan yang Mengandung Tryptophan

Cara mengobati insomnia yang terakhir dari kami adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Tryptophan. Zat ini merupakan bahan kimia yang merangsang otak agar lebih cepat tidur. Triptofan tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga harus didapat dari makanan tertentu.
Beberapama jenis makana yang memiliki kandungan triptofan, seperti Keju cair, Daging ayam, Ayam kalkun, Ikan tuna. Kacang kedelai.

***

Itulah beberapa alternatif cara menghilangkan insomnia yang bisa Anda coba untuk terapkan di rumah. Bila setelah menerapkan salah satu atau beberapa cara di atas gejala insomnia yang Anda alami tidak kunjung berkurang, Anda sebaiknya segera menghubungi dan berkonsultasi ke dokter.

Artikel terkait: 28 Tips Gaya Hidup Sehat Alami yang Sebaiknya Dijalankan

Leave a Reply