28 Tips Mengatasi Keputihan Secara Alami

Cara Menghilangkan Keputihan – Setiap wanita pastinya mengalami yang namanya keputihan. Sebab pada dinding vagina dan leher rahim memproduksi cairan yang bermanfaat sebagai penjaga kesehatan organ kewanitaan. Cairan tersebutlah yang dimaksud dengan keputihan.

Keputihan yang wajar berwarna jernih atau putih susu. Namun beberapa faktor dapat merubah keputihan normal menjadi tidak normal. Dikatakan keputihan tidak normal ketika keputihan berubah warna menjadi lebih keruh, berbau dan menyebabkan gatal.

Selain itu keputihan tidak normal bisa berlangsung lama dan jumlahnya meningkat. Keputihan tidak normal disebabkan beberapa faktor seperti infeksi vaginosis bakterial, penggunaan antibiotik, kanker serviks, penggunaan pil kontrasepsi,  klamidia, infeksi parasit trikomoniasis, serta infeksi jamur.

Jika keputihan tidak normal dibiarkan tanpa pengobatan bisa sangat berbahaya bagi kesehatan organ kewanitaan dan organ reproduksi wanita. Untuk itu sebaiknya lakukan cara menghilangkan keputihan sejak dini.

Cara menghilangkan keputihan

Cara menghilangkan keputihan

Cara menghilangkan keputihan bisa dilakukan secara alami menggunakan bahan alami tanpa efek samping berbahaya. Cara menghilangkan keputihan secara alami ini juga dijamin efektif mengatasi keputihan yang tidak normal.

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami

Cara menghilangkan keputihan secara alami sebenarnya tidak begitu sulit. Namun perawatan organ kewanitaan juga tidak boleh dilakukan setiap hari sebab dapat membunuh bakteri baik yang bertugas melawan bakteri jahat penyebab berbagai masalah. Berikut beberapa cara menghilangkan keputihan yang meliputi :

1. Jaga kebersihan pakaian dalam dan luar

Terjaganya kebersihan sekitar area kewanitaan menjadi kunci kesehatan organ intim wanita. Selain terpeliharanya kebersihan disekitar area kewanitaan menjaga kebersihan pakaian dalam dan luar juga sangat penting agar keputihan tidak lagi menyerang kita.

Selain kebersihan pakaian dalam yang mesti dijaga penggunaan bahan juga perlu diperhatikan. Gunakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat serta gunakan bahan yang menyerap keringat seperti bahan katun.

2. Hindari penggunaan cairan pembersih wanita

Salah satu cara penyebab keputihan adalah penggunaan cairan pembersih kewanitaan dari bahan kimia. Apa lagi jika anda menggunakan pembersih kewanitaan yang dijual bebas di pasaran tanpa resep dokter.

Pembersih yang menggunakan bahan kimia justru akan memicu keputihan yang tidak normal. Untuk itu jika anda ingin menghilangkan keputihan dengan cepat sebaiknya hindari penggunaan cairan pembersih kewanitaan.

3. Gunakan biji fenugreek

Cara menghilangkan keputihan secara alami juga bisa dilakukan menggunakan biji fenugreek. Biji fenugreek mampu menyeimbangkah kadar pH organ kewanitaan. Dengan begitu keputihan akan teratasi dengan mudah. Selain efektif menghilangkan keputihan biji ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga sistem imun akan membantu melawan bakteri jahat yang menyerang organ intim.

Cara membuatnya sangat mudah pertama rendam selama semalaman 1 sendok biji fenugreek. Keesokan harinya saring dan minum airnya setiap pagi sebelum makan.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel selain sering digunakan untuk merawat kecantikan kulit dan rambut ternyata cukup ampuh mengatasi keputihan dengan cepat. Cuka sari apel ini mampu memperkuat dan memperbanyak bakteri baik pada vagina dan membantu menyeimbangkan kadar pH organ intim wanita.

Siapkan 1 gelas air hangat, lalu tambahkan 5 sendok cuka ari apel dan 2 sendok madu murni. Aduk semua bahan lalu minum segelas perhari.

5. Makan pisang

Mengkonsumsi 2 buah pisang oerhari mampu membantu mengatasi keputihan yang tidak normal. Buah pisang yang dikonsumsi secara rutin setiap hari mampu membantu menyeimbangkan Ph organ intim sehingga maslaah keputihan akan teratasi dengan baik.

Selain itu mengkonsumsi buah pisang juga memiliki banyak kelebihan lain salah satunya dapat memperlancar buang air besar, serta menyehatkan jantung.

Simak juga yuk: 9 Panduan Cara Diet Pisang yang Benar untuk Bakar Lemak Hingga 18 Kg

6. Minum jus delima

Buah delima memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga sangat efektif melawan bakteri jahat penyebab keputihan. Selain itu buah delima juga membantu menyeimbangkan hormon sehingga dapat mencegah keputihan yang tidak normal.

Cara membuat jus delima sama dengan cara membuat jus buah lainnya. Minumlah 1 gelas jus buah delima tanpa gula tambahan setiap pagi.

7. Jus basil dan susu

Cara menghilangkan keputihan juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jus basil dan susu. Bahkan basil sudah digunakan sejak dulu untuk mengatasi keputihan secara alami. Mengkombinasikan basil dengan susu akan membuat khasiatnya semakin baik dalam melawan bakteri penyebab keputihan tidak normal.

Caranya : siapkan blender lalu masukkan 1 gelas susu tawar dan 5 lembar daun basil. Setelah itu haluskan kedua campuran tersebut lalu minum setiap pagi.

8. Minum jahe hangat

Mengkonsumsi wedang jahe bukan hanya bertujuan untuk menghangatkan tubuh namun ada manfaat luar biasa dari mengkonsumsi wedang jahe yakni dapat mengatasi keputihan dengan mudah.

Wedang jahe akan membantu melawan virus dan bakteri penyebab keputihan. Rebuslah 1 gelas air lalu tambahkan satu ruas kecil jahe. Setelah mendidih angkat air rebusan jahe tersebut. Tunggu beberapa saat, setelah hangat minumlah wedang jahe tersebut untuk mengatasi keputihan.

9. Makan yoghurt

Yoghurt merupakan bahan alami kaya probiotik alami yang mengandung bakteri baik yang dapat melawan bakteri jahat. Begitu juga dengan bakteri jahat pada vagina akan dilawan dengan mudah, dengan begitu masalah keputihan akan teratasi dengan baik. Selain itu mengkonsumsi yoghurt juga bisa menyeimbangkan kondisi organ reproduksi dari dalam tubuh.

10. Minum jus anggur dan madu

Kedua bahan alami yakni anggur dan madu memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu melawan bakteri jahat penyebab keputihan. Selain itu kombinasi keduanya akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sistem imun yang baik akan membantu melawan penyakit dari dalam secara alami. Buatlah jus anggur dengan cara, blender anggur secukupnya dan tambahkan sedikit air. Setelah halus tambahkan 2 sendok madu murni aduk lalu minum secara rutin.

11. Hindari mengkonsumsi makanan berminyak

Menghindari makanan berminyak bisa menjadi salah satu cara menghilangkan keputihan dengan cepat. Sebab makanan berminyak akan membuat keputihan menjadi tidak normal atau semakin parah. Selain itu makanan berminyak akan membuat hormon tidak seimbang sehingga resiko terserang keputihan akan semakin meningkat.

12. Hindari kafein

Jika anda ingin menghilangkan keputihan sebaiknya tinggalkan kebiasaan mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh. Sebab minuman berkafein yang dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan hormon tidak seimbang.

Ketika hormon tidak seimbang maka resiko terserang keputihan tidak normal akan semakin tinggi. Selain itu minuman berkafein akan memperburuk kondisi Ph anda, dengan begitu keputihan juga akan semakin mengancam.

13. Menggunakan panty liner

Pemilihan panty liner yang benar akan membantu menghilangkan keputihan. Pilihlah panty liner yang terbuat dari kapas murni yang tipis dan nyaman sehingga kondisi Ph akan terjaga dengan baik. Hindari penggunaan panty liner yang terbuat dari bahan campuran sintetis untuk mencegah keputihan semakin buruk.

14. Perbanyak konsumsi air putih

Cara menghilangkan keputihan yang paling mudah adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih.  Minumlah 8 hingga 10 gelas air putih setiap harinya, agar racun yang mengendap di dalam tubuh dapat keluar dengan maksimal sehingga keseimbangan pH juga akan terjaga dengan baik.

Artikel terkait: Manfaat air putih

15. Yoga

Sudah bukan rahasia lagi jika beberapa gerakan yoga bertujuan merawat organ kewanitaan dan membantu menyeimbangkan hormon dan pH tubuh. selain itu yoga yang dilakukan secara rutin akan memperlancar peredaran darah disekitar organ reproduksi.

Dengan terpeliharanya kesehatan organ kewanitaan maka masalah keputihan yang tidak normal juga akan terhindar. Anda dapat mengikuti yoga dari para instruktur yang sudah berpengalaman untuk membantu menghilangkan keputihan.

16. Jaga kebersihan vagina

Sudah barang tentu sesuatu yang kotor dan tidak terawat itu menjadi biang dan sarang penyakit, begitu juga jika organ kewanitaan tidak terjaga kebersihannya maka berbagai masalah atau penyakit akan mudah menyerang, salah satunya keputihan yang tidak normal.

Dengan begitu menjaga kebersihan organ kewanitaan bisa membantu mengatasi keputihan yang tidak normal. Pastikan anda mencuci organ kewanitaan setelah buang air kecil dan besar.

17. Hindari makanan peningkat suhu badan

Beberapa makanan berikut ini sebaiknya anda hindari untuk mencegah keputihan yang meliputi, terong, nanas, ikan laut, serta lemak dari daging sapi dan ayam, sebab beberapa makanan tersebut dapat meningkatkan suhu tubuh yang juga dapat memicu keputihan menjadi tidak normal.

18. Hindari stres

Salah satu dampak stres yang paling nyata adalah dapat menyebabkan hormon tidak seimbang. Hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai masalah atau penyakit menyerang tubuh salah satunya dapat menyebabkan keputihan.

Dengan begitu sebaiknya hindari stres atau solusi lain anda bisa mengelola stres dengan cara melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti jalan-jalan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

19. Gunakan rebusan daun sirih

Cara paling ampuh mengatasi keputihan adalah dengan mencuci daerah kewanitaan dengan air rebusan daun siri. Daun sirih mengandung antiseptic, anti jamur dan antibakteri yang mampu melawan bakteri jahat penyebab keputihan, cara ini bahkan telah diuji secara klinis.

Caranya : rebus beberapa lembar daun sirih dengan air secukupnya, setelah mendidih angkat dan biar beberapa saat. Setelah air menjadi hangat gunakan air tersebut untuk mencuci organ kewanitaan anda.

Artikel terkait: 33 Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Kecantikan

20. Minum jus lemon dan madu

Mengkonsumsi jus lemon yang ditambah sedikit madu secara teratur bisa menjadi salah satu cara menghilangkan keputihan secara alami. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan tinggi yang dapat membantu melawan bakteri jahat penyebab keputihan.

21. Minum air rebusan beras putih

Alah satu cara menghilangkan keputihan secara alami adalah dengan rajin mengkonsumsi air rebusan beras atau lebih dikenal dengan air tajin. Anda juga bisa mengkombinasikan air tajin dengan 2 sendok madu agar hasilnya lebih maksimal dalam menyembuhkan keputihan yang tidak normal.

22. Minum jus lemon dan bawang putih

Jika anda merasa keputihan yang kerap anda alami sudah tidak normal lagi yakni menyebabkan gatal, baud an berwarna keruh sebaiknya anda segera lakukan pengobatan dan perawatan secara alami, salah satunya dengan rajin mengkonsumsi jus lemon dan bawang putih.

Bawang putih mengandung antiseptic, antibakteri dan antijamur yang akan melawan bakteri jahat penyebab keputihan.

23. Makan biji rami dan alpukat

Salah satu cara mengatasi keputihan bisa dilakukan dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. sebab daya tahan tubuh yang baik akan membantu tubuh melawan bakteri jahat penyebab keputihan secara alami. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi biji rami yang dicampur dengan buah alpukat. Kombinasi keduanya selain dapat meningkatkan sistem imun juga dapat membantu menyeimbangkan pH

24. Penuhi kebutuhan yodium

Ternyata kekurangan kadar yodium yang di dapat dari garam dapat menyebabkan keputihan menjadi tidak normal. Kurang kadar yodium membuat tubuh lebih rentan terhadap serangan virus dan bakteri sebab sistem imun akan menurun jika kadar yodium di dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik.

Untuk itu penuhi kebutuhan yodium setiap harinya dengan menambahkan garam beryodium dalam setiap masakan.

25. Makan sayuran hijau

Beberapa jenis sayuran hijau tingga zat klorofil alami, zat besi, vitamin dan mineral alami seperti sayur kale, bayam, asparagus, kubis dan masih banyak lagi yang lainnya akan membantu mengatasi keputihan yang tidak normal.

Berbagai kandungan zat di dalam sayuran hijau ini akan membantu menyeimbangkan hormon dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga sistem imun tersebut akan membantu melawan bakteri penyebab keputihan secara alami.

26. Penggunaan obat antibiotik

jika keputihan yang anda alami tidak kunjung membaik meski telah melakukan berbagai perawatan kemungkinan keputihan tersebut mengindikasi adanya penyakit serius, maka sebaiknya pemeriksaan ke dokter perlu dilakukan.

Kemudian dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik sebagai langkah pengobatan awal. Namun obat antibiotik ini memiliki efek samping bagi tubuh yakni dapat menyebabkan kelelahan dan mual yang berlebihan.

27. Cuci dengan air hangat

Bila anda merasa keputihan yang anda alami sudah tidak normal lagi, dan menyebabkan gatal dan perih yang berlebihan sebaiknya hindari mencuci organ kewanitaan menggunakan cairan pembersih kewanitaan.

Sebaiknya untuk mengurangi rasa gatal dan perih cuci organ kewanitaan anda menggunakan air hangat. Cara ini bisa anda lakukan sesering mungkin agar hasilnya lebih maksimal.

Artikel terkait: 26 Manfaat Air Putih Hangat untuk Kesehatan dan Kecantikan

28. Kompres dengan air dingin

Untuk meghilangkan gatal dan perih akibat keputihan yang tidak normal bukan hanya bisa dilakukan dengan mencuci organ kewanitaan menggunakan air hangat namun juga bisa dilakkan dengan kopres dingin.

Demikianlah 28 cara menghilangkan keputihan secara alami, semoga cara ini dapat membantu anda mengatasi keputihan yang tidak normal yang tengah anda alami. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Daftar Tanda Kanker Serviks yang Harus Anda Waspadai!

Leave a Reply