Cara Menghilangkan Ngorok

Cara Menghilangkan Ngorok –Apakah Anda atau teman satu kamar Anda memiliki kebiasaan ngorok? Jika ya, Anda tidak perlu malu. Kenapa? Karena ngorok adalah hal yang wajar.

Hanya saja, perlu diingat, walaupun wajar, ngorok cenderung beresiko menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Biasanya, saat ngorok, pasokan oksigen yang masuk ke dalam paru – paru akan berkurang. Dampaknya, di pagi hari, tubuh akan menjadi terasa lelah.

Menurut hasil penelitian, kebiasaan ngorok juga memiliki kaitan yang erat dengan berbagai penyakit mematikan seperti: stroke, darah tinggi, serangan jantung, dan diabetes.

Simak juga: Cara Menghilangkan Sesak Nafas

Di lain sisi, ngorok juga berpotensi menjadi pemicu keretakan hubungan dengan teman sekamar. Suara ngorok yang keras biasanya akan membuat teman satu kamar Anda merasa terganggu. Itulah kenapa kebiasaan tidur ngorok harus segera diatasi.

Cara Menghilangkan Ngorok via Mydailybiz

Cara Menghilangkan Ngorok via Mydailybiz.com

Cara Menghilangkan Ngorok yang Terbukti Ampuh

Untuk bisa mengatasi permasalahan ngorok, Anda dapat menerapkan beberapa alternatif cara di bawah ini:

1. Ubah Posisi Tidur Anda

Meskipun terlihat sepele, mengubah posisi tidur ternyata sangat ampuh untuk menghilangkan kebiasaan ngorok.

Menurut hasil penelitian, posisi tidur terlentang cenderung meningkatkan risiko tidur ngorok. Saat tidur terlentang, pangkal lidah dan langit – langit mulut biasanya akan menutupi area dinding tenggorokan.Nah, hal ini biasanya akan menimbulkan getaran suara ngorok.

Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mengubah posisi tidur Anda ke posisi menyamping atau tengkurap.

2. Selalu Penuhi Kebutuhan Tidur Harian Anda

Cara menghilangkan ngorok yang kedua adalah dengan selalu memenuhi kebutuhan tidur harian Anda.

Penting untuk diketahui, ngorok cenderung lebih sering terjadi pada orang yang mengalami kelelahan dan kurang tidur.

Biasanya, saat mengalami kelelahan, beberapa bagian otot yang ada pada tubuh, termasuk jaringan otot di sekitar tenggorokan akan menjadi lemah.

Nah, hal tersebut ternyata berpotensi menimbulkan suara ngorok.

Sebagai solusinya, Anda disarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan tidur harian Anda.

Sekurang – kurangnya, dalam sehari Anda harus tidur selama 6 – 8 jam.

3. Hindari Mengonsumsi Alkohol

Banyak yang bilang mengonsumsi alkohol sesaat sebelum tidur dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Nyatanya, berbanding terbalik dengan anggapan tersebut, kebiasaan mengonsumsi alkohol sesaat sebelum tidur malah berpotensi menimbulkan permasalahan ngorok.

Ya, menurut hasil penelitian, orang yang mengonsumsi alkohol sekitar 3 sampai dengan 5  jam sebelum tidur cenderung lebih beresiko mengalami ngorok.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin terhindar dari kebiasaan ngorok, sebisa mungkin hindarilah kebiasaan mengonsumsi alkohol sesaat sebelum tidur.

4. Jangan Minum Obat Tidur!

Cara menghilangkan ngorok yang selanjutnya adalah dengan tidak mengonsumsi obat tidur.

Obat tidur memang dapat membuat tidur Anda menjadi lebih lelap. Walaupun begitu, obat tidur cenderung akan membuat jaringan otot di sekitar leher Anda menjadi lebih rileks.Ketika hal ini terjadi, maka risiko mengalami ngorok akan meningkat.

Maka dari itu, agar terhindar dari kebiasaan ngorok, sebisa mungkin hindarilah mengonsumsi obat tidur.

5. Banyak Minum Air Putih

Selain dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, banyak mengonsumsi air putih ternyata juga bisa menjadi solusi permasalahan ngorok yang ampuh.

Menurut hasil penelitian, orang yang mengalami dehidrasi ataupun kekurangan cairan cenderung lebih sering mengalami permasalahan ngorok.

Hal ini dikarenakan saat mengalami dehidrasi, hidung akan melepaskan banyak lendir. Dampaknya, langit – langit lunak di area sekitar mulut dan tenggorokan akan menjadi lengket.Kondisi ini dapat memicu Anda untuk mengeluarkan suara ngorok.

Untuk mengatasi hal ini, Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih. Kaum pria dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sekitar 16 gelas per hari, sedangkan kaum wanita dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sekitar 11 gelas per hari.

6. Turunkan Berat Badan

Cara menghilangkan ngorok yang selanjutnya adalah dengan menurunkan berat badan.

Menurut hasil penelitian, orang yang mengalami permasalahan obesitas alias kelebihan berat badan cenderung lebih beresiko mengalami permasalahan ngorok ketimbang mereka yang memiliki berat badan ideal.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Hal ini dikarenakan saat mengalami obesitas, area sekitar tenggorokan biasanya akan tertutupi lemak. Nah, ketika hal ini terjadi, saluran pernafasan akan menjadi lebih sempit.

Dampaknya, saat tidur orang yang mengalami permasalahan obesitas akan menjadi lebih beresiko mengalami ngorok.

Lantas, bagaimanakah solusinya? Solusinya adalah dengan menurunkan berat badan.

7. Hindari Kebiasaan Merokok

Cara menghilangkan ngorok yang selanjutnya adalah dengan menghindari kebiasaan merokok.

Kebiasaan merokok dapat membuat area sekitar hidung dan paru – paru menjadi tersumbat.

Ketika area sekitar hidung dan paru – paru mengalami penyumbatan, maka risiko untuk mengalami permasalahan ngorok akan menjadi semakin besar.

Di lain sisi, kebiasaan merokok juga telah terbukti dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit mematikan seperti serangan jantung, kanker, stroke, dll.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindarilah kebiasaan merokok!

8. Selalu Jaga Kebersihan Kamar Tidur Anda

Tingkat kebersihan kamar tidur ternyata juga memiliki andil yang cukup besar terhadap kebiasaan ngorok lho!

Seperti yang telah kita ketahui bersama, kamar yang kotor dapat memicu berbagai macam permasalahan kesehatan, termasuk salah satunya adalah reaksi alergi.

Nah, reaksi alergi ini dapat memicu tubuh untuk mendengkur.

Untuk itu, sebisa mungkin jagalah tingkat kebersihan kamar tidur Anda.

9. Jangan Tidur Bersama Hewan Peliharaan

Cara menghilangkan ngorok yang selanjutnya adalah dengan tidak tidur bersama hewan peliharaan.

Sama seperti halnya kamar yang kotor, tidur dengan hewan peliharaan juga dapat memicu terjadinya reaksi alergi.

Tidak hanya itu, tidur dengan hewan peliharaan juga beresiko menimbulkan berbagai macam permasalahan kesehatan lainnya, seperti: sesak nafas, paru – paru basah, dll.

Maka dari itu, agar tidak mengalami ngorok, sebisa mungkin hindarilah kebiasaan tidur satu kamar dengan hewan peliharaan.

10. Periksa dan Bersihkan Sinus Anda

Permasalahan di area sekitar sinus dapat memicu terjadinya ngorok. Parahnya lagi, permasalahan sinus cenderung tidak menimbulkan gejala sama sekali, sehingga agak sedikit sulit untuk dideteksi.

Nah, maka dari itu, jika Anda mengalami permasalahan ngorok yang parah, Anda kami sarankan untuk segera memeriksakan sinus Anda ke dokter.

Jika permasalahannya memang ada di area sekitar sinus, mintalah dokter Anda untuk membersihkan area sekitar sinus Anda tersebut.

11. Hirup Uap Air Sebelum Tidur

Cara menghilangkan ngorok yang selanjutnya adalah dengan menghirup uap air sebelum tidur.

Menghirup uap air sebelum tidur dapat membantu melegakan dan membersihkan area sekitar hidung dan organ pernafasan lainnya.

Nah, ternyata, selain dapat melancarkan pernafasan, tindakan tersebut juga dapat membantu mengurangi permasalahan ngorok.

Dalam prakteknya, agar area sekitar sinus Anda bisa benar – benar bersih, Anda dapat turut menambahkan garam (satu – dua sendok teh) ke dalam air panas yang Anda gunakan untuk menghasilkan uap.

****

Itulah sedikit informasi mengenai cara menghilangkan ngorok yang bisa kami bagikan kepada Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses ya! Jangan lewatkan juga: Cara Menghilangkan Gusi Bengkak

Leave a Reply