18 Cara Menghancurkan Karang Gigi Sendiri di Rumah

Cara menghilangkan plak gigi pada dasarnya relatif cukup mudah. Jika Anda mau, Anda bisa membersihkan sendiri plak dan karang yang ada pada gigi Anda di rumah. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot – repot mengantri dan membayar biaya perawatan ke dokter.

Pertanyaan nya, bagaimanakah cara menghilangkan plak tanpa ke dokter? Apakah plak yang sudah berubah menjadi karang gigi bisa dihilangkan sendiri di rumah? Dan apakah semua cara tersebut aman?

Nah, sebelum menjawab semua pertanyaan tersebut, kami akan menjelaskan sedikit tentang apa itu plak dan karang gigi.

Plak adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sisa – sisa makanan yang menumpuk dan melekat pada sela – sela gigi. Jika dibiarkan dalam waktu lama, plak akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi.

Normal nya, ketika masih berupa plak, tumpukan sisa kotoran di sela – sela gigi ini masih bisa dihilangkan dengan cukup mudah. Namun jika plak sudah mengeras, maka diperlukan usaha yang lebih keras untuk bisa menghilangkan nya.

Bahkan dalam kondisi tertentu, karang gigi terkadang hanya bisa dihilangkan dengan menggunakan alat khusus yang hanya dimiliki oleh dokter gigi.

Penyebab Utama Munculnya Karang Gigi

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, atau minimal agar karang gigi tidak semakin parah lagi. Nah, beberapa penyebab timbulnya karang dipicu akibat tumpukan sisa-sisa dari makanan pada gigi anda. Sisa makanan yang tidak langsung dibersihkan ini lama kelamaan akan mengakibatkan terbentuknya karang gigi.

Sisa makanan tadi menjadi keras karena air liur kita yang mengandung mineral, sehingga pengerasan pada gigi anda dan terbentuk karang yang keras atau sedimentasi. hal itu menyebabkan gigi anda tidak sehat dan hiasanya menimbulkan bau yang tidak sedap pada mulut anda.

Efek Burung Plak Gigi untuk Kesehatan

Kira-kira adakah bahaya dari plak gigi ini? Berikut ini beberapa bahaya plak gigi yang harus anda ketahui:

  • Bau mulut. Efek negatif yang pertama akan anda rasakan adalah bau mulut.
  • Gigi berlubang. Selain bau mulut, plak gigi ini juga dapat mengakibatkan gigi menjadi keropos. Gigi keropos ini diakibatkan oleh zat asam karena karang gigi tersebut. Perlahan, gigi yang keropos ini akan mudah berlubang
  • Radang gusi. Selain gigi berlubang, plak gigi ini juda dapat memicu radang gusi 
  • Periodontitis. Terakhir, plak gigi ini juga akan memicu periodontitis yang merupakan fase atau tahapan yang parah dari peradangan pada gusi. Dalam fase ini ketika gusi lunak dan gigi berlubang maka gigi akan mudah tanggal. Bahkan  ketika bakteri yang ada pada gusi masuk ke aliran darah akan menyebabkan hal yang lebih serius lagi.
Cara Menghilangkan Plak Gigi

Ilustrasi: Cara Menghilangkan Plak Gigi

Cara Menghilangkan Plak Gigi

Meski pun terlihat sepele, jika dibiarkan begitu saja, plak dapat menimbulkan berbagai macam permasalahan baru yang terkait dengan gigi dan gusi. Beberapa permasalahan yang sering ditimbulkan oleh tumpukan plak di sela – sela gigi adalah: radang gusi, periodontitis, gigi berlubang, dan bau mulut.

Artikel terkait: 17 Penyebab Gigi Berlubang yang Harus Anda Ketahui

Untuk itu, jika gigi sudah mulai dihinggapi plak, Anda sebaiknya segera membersihkan nya. Caranya, Anda tinggal menerapkan beberapa alternatif cara membersihkan plak gigi sendiri di rumah berikut ini:

1. Rajin Menggosok Gigi

Sekurang – kurang nya, gosok lah gigi Anda 2 kali sehari, yaitu di pagi hari setelah Anda makan dan di malam hari sesaat sebelum Anda tidur.

Selain itu, agar gigi Anda bisa benar – benar bersih, terapkan lah cara menggosok gigi yang benar dan tepat. Sebisa mungkin, hindari pula menggosok gigi dengan terburu – buru atau pun terlalu cepat. Lama jangka waktu gosok gigi yang dianjurkan oleh pakar kesehatan gigi dan mulut adalah 2 menit.

2. Menggunakan Pasta Gigi Berbahan Flouride

Menggosok gigi menggunakan pasta gigi berbahan flouride juga terbukti ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan plak gigi.

Berbeda dengan pasta gigi biasa, pasta gigi yang dilengkapi dengan flouride biasa nya memiliki daya gerus yang relatif lebih tinggi. Karena kemampuan nya tersebut, pasta gigi jenis ini dapat dipakai untuk mengikis noda kuning dan tumpukan plak yang ada pada gigi.

Satu hal yang harus Anda ingat, penggunaan pasta gigi berflouride sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Pasal nya, jika digunakan dalam kurun waktu yang lama, pasta gigi ini dapat merusak lapisan email gigi dan membuat gigi menjadi lebih mudah berlubang.

3. Menggunakan Benang Gigi

Penggunaan benang gigi sebagai alternatif cara menghilangkan plak gigi memang masih belum begitu populer di kalangan masyarakat kita. Padahal, teknik ini relatif sangat ampuh untuk membersihkan plak gigi di area yang sulit untuk dijangkau.

Produk benang gigi saat ini sudah bisa didapatkan dengan cukup mudah. Harga beli nya pun juga relatif cukup murah dan terjangkau.

Jika memungkinkan, bersihkan lah gigi Anda menggunakan benang gigi secara teratur setiap satu atau dua minggu sekali.

4. Menggunakan Mouthwash

Selain dapat menyegarkan mulut, cairan mouthwash juga cukup ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan plak gigi di sela – sela gigi yang sulit untuk dijangkau.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, ketika menyikat gigi, kita tidak bisa menjangkau semua sudut bagian yang ada pada gigi kita. Dampak nya, beberapa area gigi akhirnya menjadi luput dari proses pembersihan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat berkumur dengan menggunakan cairan mouthwash.

5. Menyikat Gigi dengan Baking Soda

Alternatif cara menghilangkan plak gigi yang selanjutnya adalah dengan menyikat gigi menggunakan baking soda.

Baking soda memiliki sifat mengikis, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan pasta gigi untuk membersihkan tumpukan plak dan noda kuning yang ada pada gigi.

Jika Anda telaten, baking soda bahkan bisa Anda gunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.

Cara membersihkan plak gigi menggunakan baking soda tergolong cukup mudah. Dalam hal ini, pertama – tama Anda perlu membuat pasta gigi dari baking soda terlebih dahulu. Cara nya, campurkan satu sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air bersih, lalu aduk hingga menjadi pasta.

Setelah menjadi pasta, Anda tinggal menggunakan nya sebagai pasta gigi seperti biasa.

Satu hal yang harus Anda ingat, karena baking soda memiliki sifat mengikis yang sangat kuat, sebisa mungkin hindari lah menyikat gigi terlalu keras dengan menggunakan baking soda. Selain itu, aktivitas sikat gigi dengan baking soda sebaiknya juga tidak dilakukan terlalu sering (maksimal 2 kali dalam sebulan).

6. Menggunakan Kulit Jeruk

Menggosok gigi dengan menggunakan kulit jeruk juga bisa menghilangkan plak dan noda kuning pada gigi.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, kulit jeruk memiliki sifat asam yang cukup tinggi. Karena sifat asam nya tersebut, kulit jeruk bisa dimanfaatkan untuk mengikis tumpukan plak dan noda kuning yang sudah terlanjur melekat pada gigi.

Secara keseluruhan cara menghilangkan plak gigi menggunakan kulit jeruk tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan kulit jeruk yang masih segar, lalu menggosokkan secara langsung ke permukaan gigi Anda. Setelah itu, biarkan selama lebih kurang 5 – 6 jam, atau bila Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal Anda dapat melakukan nya sesaat sebelum Anda tidur.

7. Rajin Mengonsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Selain itu, beberapa buah dan sayur juga memiliki senyawa tertentu yang dapat membantu mengikis tumpukan plak dan noda kuning pada gigi.

Beberapa jenis buah dan sayur yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan plak dan noda kuning pada gigi adalah: apel, wortel, melon, dan seledri.

8. Rajin Mengunyah Daun Sirih

Meski pun terkesan kuno dan ketinggalan jaman, mengunyah daun sirih benar – benar sangat ampuh untuk dijadikan alternatif cara menghilangkan plak gigi.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, daun siri sangat kaya akan zat senyawa bermanfaat. Berkat kandungan zat senyawa bermanfaat yang terdapat di dalam nya, daun sirih diyakini dapat membantu merontokkan plak dan noda kuning membandel di sela – sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

Dalam praktek nya nanti, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal, Anda dapat turut menambahkan satu buah cengkeh ke dalam gulungan daun sirih yang hendak Anda kunyah.

9. Mengganti Pasta Gigi dengan Buah yang Kaya Vitamin C

Selanjutnya, anda bisa menghancurkan karang gigi dengan menggunakan buah-buahan yang kaya vitamin C, misalnya jeruk, stroberi, atau lemon sebagai pengganti pasta gigi yang anda gunakan, atau sebagai tambahan pasta gigi saja.

Caranya cukup mudah, silahkan anda ambil sari buah tersebut, bisa dengan memerasnya atau menghancurkannya, kemudian celupkan sikat gigi anda kemudian gunakan untuk menyikat gigi selama 2 menit.

10. Buah Tomat dan Strawberry

Cara menghilangkan plak gigi selanjutnya bisa anda lakukan dengan mengkombinasikan antara buah strawberry dan tomat. Kedua buah ini berguna untuk memelihara kesehatan gigi dan gusi plus menghancurkan plak pada gigi.

Hal ini dikarenakan buah strawberry ini kaya akan kandungan asam malat sedangkan tomat, kaya akan vitamin A dan C. Bagaimana caranya? Silahkan ikuti panduannya berikut ini: 

Cara menghilangkan karang gigi dengan tomat

  • Pertama silahkan anda hancurkan buah segar strawberry dan tomat seukupnya dengan blender
  • Selanjutnya silahkan anda gunakan pasta kombinasi dua buah ini sebagai sebagai pasta gigi
  • Gosok gigimu dengan benar kemudian akhiri dengan berkumur air hangat
  • Untuk mendapatkan hasil yang optimal, silahkan gosok gigi secara rutin minimal 1x sehari

11. Menggunakan Siwak

Anda tentu sudah tidak asih lagi dengan siwak. Biasanya orang yang baru pulang umroh atau haji akan membawa siwak seabgai oleh-oleh. Siwak atau juga dikenal dengan miswak ini berasal dari ranting atau akar pohon arak (salvadora persica).

Siapa sangka ternyata siwak ini memiliki khasiat yang luar biasa, menurut laporan U.S. National Library of Medicine tahun 2012, juga membuktikan bahwa siwak memang bermanfaat bagi gigi karena mengandung mineral seperti flouride, silika, sulfur, vitamin C, tannin, potasium, dan sodium.

Wow, amazing sekali bukan? Nah, anda bisa juga menggunakan siwak ini untuk menghancurkan plak gigi.

Cara menghilangkan karang gigi dengan siwak:

  • Kuliti salah satu ujung kayu siwak dengan panjang sekitar 3 cm
  • Kunyahlah bagian yang sudah dikuliti (awalnya mungkin akan terasa cukup pedas, walau kurang nyaman tapi tidak berbahaya)
  • Jika sudah lunak dan berbentuk bulu-bulu sikat segera rendam air
  • Bersihkan gigi dengan menggunakan siwak yang sudah berbentuk bulu. Lakukan minimal seminggu 2x untuk hasil terbaik.

12. Cobalah Gunakan Biji Wijen

Cara menghilangkan plak gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan biji wijen. Biji wijen yang sering digunakan sebagai bahan untuk kue ini ternata mengandung minyak alami yang dapat membunuh bakteri streptococcus mutans yang menjadi penyebab gigi berkarang.

Bagaimana cara menggunakannya? Caranya yaitu dengan menguyah biji wijen ini bagian gigi yang berkarang. Kemudian ratakan dengan memakai sikat gigi. Terakhir berkumurlah dengan menggunakan air bersih. Sebaiknya hindari menelan biji wijen yang sudah dikunyah.

13. Coba Manfaatkan Cengkeh

Ternyata cengkeh selain berkhasiat untuk mengobati sakit gigi berlubang juga ampuh untuk menghancurkan pak gigi. Caranya yaitu:

  • Pertama silahkan anda haluskan cengkeh secukupnya 
  • Selanjutnya, ambil 1 sendok teh bubuknya, lalu campurkan bersama perasan lemon
  • Terakhir, pakai untuk menggosok gigi sebelum tidur.

14. Bisa Juga dengan Arang Aktif

Cara menghilangkan plak gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan karang aktif. Bahkan menurut drg. Mark Wolf, seorang pakar kesehatan dari New York University College of Dentistry di Amerika Serikat, arang aktif sudah digunakan dalam banyak hal terutama untuk menyerap kotoran atau racun. Kandungan pori-pori pada arang aktif berguna untuk mengikat kotoran, termasuk salah satunya karang gigi.

Cara cepat menghilangkan karang gigi dengan arang:

  • Pertama, silahak anda hancurkan sedikit arang aktif kemudian hancurkan
  • Selanjutnya, gosok gigi anda dengan arang tersebut jangan terlalu lama
  • Gosok gigi selama 30 detik saja ke bagian yang berkarang
  • Perlu diingat juga agar jangan terlalu sering menggunakan arang aktif karena dapat merusak enamel sehingga menyebabkan gigi sensitif.

14. Cara menghilangkan Karang Gigi dengan Daun Jambu biji

Selanjutnya, anda juga bisa mencoba menghilangkan plak gigi dengan menggunakan daun jambu biji. Kandungan zat anti inflamasi dan anti bacterial pada daun jambu biji ini akan menghalangi bakteri penyebab plak gigi. Kandungan analgesic-nya juga dapat meminimalisir sakit dan bengkak pada gusi.

Caranya menghilangkan plak gigi dengan daun jambu biji:

  • Pertama ambil daun jambu biji muda
  • Selanjutnya, kunyah daun tersebut plus tambahkan sedikit percikan garam
  • Berkumurlah setelah itu.
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa melakukan sehari 2 kali.

15. Cara menghilangkan Karang Gigi dengan Minyak kelapa

Tahukah anda, minyak kelapa juga bisa anda manfaatkan untuk menghancurkan karang gigi. Hal ini dikanrekanan minyak kelapa ini memiliki kandungan asam lauric yang dapat menghancurkan karang gigi. Hal ini didasarkan pada jurnal yang diterbitkan oleh pakar medis Nigeria tahun 2015. Caranya yaitu:

  1. Pertama, silahkan sediakan 1 sendok teh minyak kelapa lalu menggunakannya untuk berkumur-kumur selama sekitar 3-5 menit
  2. Ludahkan minyak tersebut dan hindari menelan
  3. Anda bisa menggosok gigi seperti biasa untuk melihat hasilnya
  4. Kebiasaan menggunakan minyak kelapa ini bisa diulangi setiap pagi sebelum makan

16. Pakai Lidah Buaya atau Aloe Vera

Selanjutnya anda juga bisa menggunakan lidah buaya untuk membersihkan karang gigi yang menempel. Caranya yaitu:

  1. Ambil buah naga, kemudian belah dan ambil bagian gelnya
  2. Silahkan anda gosokkan gel buah naga tersebut ke area gigi dan gusi
  3. Diamkan sekitar 10 menit
  4. Setelah 10 menit, silahkan anda bersihkan.
  5. Anda bisa mengulangi 2 kali dalam sehari

Tips Mencegah Plak Gigi Tidak Kembali

Agar plak gigi tidak kembali lagi, sebaiknya anda melakukan tindakan preventif, seperti

1. Kunyah Apel

Pertama silahkan anda kunyah buah apel hijau 1 jam setelah makan, hal ini berguna untuk membersihkan gigi sekaligus meminimalisir bengkak dan luka pada gusi. Apel hijau ini membantu produksi saliva lebih banyak sehingga masalah kesehatan gigi dan gusi bisa lebih dihindari. Produksi saliva lebih banyak juga bisa didapatkan dengan konsumsi makanan pedas.

2. Batasi Makanan Tidak Sehat

Selanjutnya, anda sebaiknya membatasi konsumsi makanan yang dapat menimbulkan plak pada gigi, seperti kopi, makanan manis, serta makanan berkanji. Makanan dan minuman tersebut hanya akan meningkatkan bakteri dalam mulut sehingga karang gigipun muncul.

***

Atau anda sebaiknya menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut 30 menit setelahnya.

Nah, bagaimana? Cara menghilangkan plak gigi itu mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! Jangan lewatkan juga: 19 Penyebab Sakit Gigi yang Harus Anda Ketahui

Leave a Reply