Cara Menghilangkan Sesak Nafas

Cara menghilangkan sesak nafas memang tidak mudah. Bahkan dalam beberapa kasus, penyakit sesak nafas terkadang malah tidak bisa disembuhkan sama sekali. Satu – satunya hal yang bisa dilakukan hanyalah mengurangi gejala yang terjadi serta menghindari hal – hal yang berpotensi memicu kambuhnya sesak nafas.

Sesak nafas yang juga dikenal dengan nama dyspnea merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan bernafas akibat kurangnya asupan udara menuju ke organ paru – paru.

Walaupun terlihat sepele, sesak nafas cenderung akan membuat orang yang mengalaminya merasa sangat tersiksa. Bahkan, bila tidak ditangani dengan segera, penyakit sesak nafas akan berpotensi menimbulkan permasalahan kesehatan lain yang lebih serius.

Cara Menghilangkan Sesak Nafas

Cara Menghilangkan Sesak Nafas

Penyebab Sesak Nafas

Mengetahui penyebab terjadinya sesak nafas akan sangat membantu proses penanganan sesak nafas itu sendiri. Beberapa kondisi kesehatan yang berpotensi menjadi penyebab timbulnya sesak nafas adalah:

  • Gangguan pada organ paru – paru
  • Penyakit stroke
  • Penyakit kanker paru – paru
  • Penyempitan organ jantung
  • Obesitas
  • Anemia
  • Gagal jantung
  • Kelelahan
  • Serangan panik
  • Asma
  • Emboli paru, dll

Sesak nafas yang timbul akibat penyakit tertentu (seperti penyempitan jantung, anemia, obesitas, stroke, dll) hanya dapat dihilangkan dengan cara mengatasi penyakit yang menyebabkannya.

Bila penyakit yang menyebabkan terjadinya sesak nafas belum disembuhkan, maka di masa mendatang, gejala sesak nafas yang dialami akan berpotensi kambuh lagi.

Cara Menghilangkan Sesak Nafas yang Terbukti Ampuh

Khusus untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit sesak nafas, Anda dapat mencoba beberapa alternatif cara di bawah ini untuk mengurangi dan menghilangkan gejala sesak nafas yang Anda alami:

1. Coba Aplikasikan Teknik Pursed Lip Breathing

Teknik Pursed Lip Breathing dapat membantu memperlambat laju pernafasan. Ketika laju pernafasan berjalan dengan lambat, proses pernafasan di tubuh Anda akan menjadi lebih dalam dan lebih efektif. Hasilnya, gejala sesak nafas yang Anda alami secara otomatis akan langsung berkurang.

Cara menghilangkan sesak nafas dengan teknik Pursed Lip Breathing tergolong cukup mudah. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Pertama – tama, coba rilekskan otot leher dan bahu Anda
  • Setelah otot leher dan bahu terasa rileks, selanjutnya tutup mulut Anda menggunakan telapak tangan
  • Ambil nafas secara perlahan melalui hidung dalam dua hitungan
  • Buang nafas Anda melalui mulut dalam empat hitungan
  • Ulangi terus hingga gejala sesak nafas yang Anda alami hilang mereda

2. Coba Duduk dengan Posisi Membungkuk

Bila dilakukan dalam kurun waktu yang lama, duduk dengan posisi membungkuk memang cenderung kurang sehat untuk kesehatan. Walaupun begitu, dalam kasus sesak nafas, posisi duduk membungkuk ternyata dapat membantu melancarkan proses pernafasan.

Normalnya, duduk dengan posisi membungkuk akan membuat jaringan otot leher, otot bahu dan otot punggung terasa lebih rileks. Hasilnya, saluran pernafasan di tubuh Anda akan menjadi lebih terbuka sehingga proses pernafasan pun bisa berjalan dengan lebih lancar.

3. Terapkan Teknik Pernafasan Perut

Cara menghilangkan sesak nafas yang selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik pernafasan perut. Teknik pernafasan perut sangat cocok untuk diterapkan pada penyakit sesak nafas yang timbul akibat asam lambung. Seperti yang telah kita ketahui bersama, saat kambuh, penyakit asam lambung terkadang dapat menimbulkan gejala sesak nafas.

Nah, untuk mengatasinya, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Ambil posisi tidur telentang, lalu tekuk bagian lutut Anda
  • Tekan otot perut Anda menggunakan salah satu bagian tangan
  • Tarik nafas dalam – dalam hingga rongga perut Anda terasa mengembang
  • Kurangi efek tekanan pada bagian perut, lalu buang nafas Anda secara perlahan
  • Ulangi langkah di atas hingga gejala sesak nafas yang Anda alami mereda

4. Manfaatkan Serai

Selain dapat dijadikan sebagai bahan bumbu masakan, serai ternyata juga cukup ampuh untuk dijadikan sebagai obat sesak nafas alami.

Secara keseluruhan, cara menghilangkan sesak nafas menggunakan serai tergolong cukup mudah. Dalam hal ini Anda hanya perlu menerapkan beberapa langkah praktis di bawah ini:

  • Siapkan sekitar 10 batang serai yang masih segar
  • Tumbuk / geprek batang serai hingga pecah
  • Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih
  • Setelah mendidih, jangan lupa untuk menambahkan gula merah secukupnya
  • Biarkan rebusan air serai hingga tersisa satu gelas saja
  • Setelah air rebusan tinggal tersisa satu gelas, matikan api kompor, lalu diamkan hingga suhu air berubah menjadi hangat suam – suam kuku
  • Terakhir, jika sudah bisa diminum, segera minum air rebusan serai tersebut hingga habis
  • Agar hasilnya bisa lebih optimal, konsumsi air rebusan serai secara rutin setiap hari

Baca juga: 14 Gejala ISPA yang Patut Diwaspadai Sejak Dini!

5. Manfaatkan Daun Sirih

Selain dapat digunakan sebagai obat untuk membersihkan organ mata dan organ intim wanita, daun sirih ternyata juga cukup ampuh untuk dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan sesak nafas.

Menurut hasil penelitian, daun sirih mengandung beberapa jenis zat alami yang diyakini dapat membantu meredakan dan menghilangkan gejala sesak nafas. Beberapa zat alami tersebut adalah tannin, minyak atsiri, kavibetol, fenil propane, terpennena, diastase, dll.

Untuk bisa menghilangkan sesak nafas dengan menggunakan daun sirih, Anda dapat mengikuti panduan langkah di bawah ini:

  • Siapkan 5 helai daun sirih yang masih segar dan setengah sendok teh daun lada
  • Campurkan ke dua bahan tersebut, lalu tumbuk keduanya hingga halus
  • Setelah halus, oleskan hasil tumbukan tersebut ke bagian dada orang yang sedang mengalami gejala sesak nafas

6. Manfaakan Jahe

Cara menghilangkan sesak nafas yang selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe.

Jahe merupakan bahan bumbu masakan yang sangat kaya akan manfaat. Selain dapat digunakan sebagai bahan bumbu masakan, jahe juga sangat pas untuk dijadikan sebagai obat radang, sebagai obat masuk angin, dan sebagai obat sesak nafas alami.

Saat dikonsumsi oleh orang yang mengalami sesak nafas, jahe secara aktif akan membuat rongga dada dan perut menjadi terasa hangat dan rileks. Hasilnya, aliran pernafasan di tubuh Anda akan menjadi lebih lancar.

Cara mengobati sesak nafas dengan menggunakan jahe tergolong cukup mudah. Dalam hal ini Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Siapkan 2 ruas jahe yang masih segar
  • Kupas bagian kulitnya, lalu cuci dengan air bersih
  • Geprek jahe tersebut hingga pecah
  • Seduh dengan satu gelas air hangat
  • Jangan lupa untuk menambahkan gula pasir secukupnya
  • Minum secara rutin dua kali sehari hingga gejala sesak nafas yang dialami hilang dengan sempurna

7. Rajin Olahraga

Olahraga dapat membantu membakar tumpukan lemak yang ada di area sekitar rongga dada dan rongga pernafasan di tubuh Anda.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu melancarkan proses peredaran darah dan menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit mematikan yang berpotensi menyebabkan sesak nafas, seperti: penyempitan jantung, stroke, dll.

Oleh sebab itu, jika Anda benar – benar ingin sembuh dan ingin terhindar dari penyakit sesak nafas, Anda kami sarankan untuk berolahraga secara rutin minimal selama 30 menit per hari.

Artikel terkait: Penyebab Tenggorokan Terasa Mengganjal dan Cara Mengatasinya

8. Pernapasan Diafragma

Cara menghilangkan sesak nafas selanjutnya adalah dengan melakukan metode pernafasan diafragma. Bagaiana cara melakukan pernafasan diafragma?

Caranya cukup mudah, silahkan Anda duduk di kursi, lalu rilekskan lutut, bahu, kepala, dan leher. Letakan satu tangan Anda di depan perut, dan satu lagi di depan dada. Kemudian silahkan bernafas dengan perlahan melalui hidung, hingga tangan Anda merasakan perut Anda bergerak saat bernapas.

Nah, ketika Anda mengembuskan napas, kencangkan otot perut. Selanjutnya, anda hembuskan secara secara perlahan melalui mulut dengan bibir mengerucut. Beri penekanan lebih pada embusan napas dibandingkan saat menghirupnya. Jaga agar mengembuskan napas lebih lama dari biasanya, sebelum perlahan menghirup napas lagi. Ulangi sekitar lima menit.

9. Sengaja Batuk

Sengaja batuk? Ya, ternyata batuk bisa membantu Anda bernapas lebih baik. Apalagi kalau sesak nafas yang diakibatkan oleh banyak lendir dalam tenggorokan atau di sekitar paru-paru Anda.

10. Menggunakan Kipas Angin

Udara kipas angin yang sejuk juga dapat membantu meredakan sesak napas. Anda cukup menyalakan kipas angin dan bernapaslah seperti biasa. Tapi jangan lupa untuk sering membersihkan kipas angin agar tidak terpapar debu.

11. Berbaring Santai

Cara menghilangkan sesak nafas selanjutnya adalah dengan berbaring dengan santai, misal berbaring miring dengan bantal di antara kedua kaki dan kepala ditinggikan bertumpu pada bantal, kemudian cobalah bernafas. Usahakan untuk punggung anda tetap lurus.

Selain itu, anda juga bisa  berbaring telentang dengan kepala ditinggikan beralaskan bantal dan lutut ditekuk dengan meletakkan bantal di bawah lutut. Kedua posisi ini membantu tubuh dan saluran udara Anda rileks, membuat pernapasan menjadi lebih mudah.

12. Cobalah untuk Berdiri Menyandar Dinding

Cara menghilangkan sesak nafas yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah dengan berdiri sambil bersandar ke dinding.

Sembari anda bersandar, buatlah diri anda serileks mungkin, tempelkan pinggul anda ke dinding. Jaga agar kaki Anda terbuka selebar bahu dan tangan berada di samping kedua paha Anda. Santailah dan condongkan badan sedikit ke depan. Anda juga bisa berdiri sambil telapak tangan Anda bertumpu pada meja dan merilekskan otot leher dan bahu Anda.

Baca juga: 28 Tips Gaya Hidup Sehat Alami yang Sebaiknya Dijalankan

13. Menggunakan Uap Minyak Essensial

Berikutnya, anda juga bisa mencoba terapi menggunakan uap minyak essensial untuk mengatasi sesak nafas yang anda derita.

Anda bisa menggunakan minyak kayu putih atau daun mint. Masukkan air hangat ke baskom kemudian tambahkan beberapa tetes minyak essensial secukupnya. Hirup secara perlahan.

14. Konsumsi Buah Bit Secara Rutin

Mengkonsumsi buah bit juga dapat melonggarkan saluran pernafasan dengan alami, serta dapat memproduksi sel darah merah yang membantu melancarkan oksigen yang masuk.

15. Konsumsi Kopi Hitam

Cara menghilangkan sesak nafas yang terakhir yang kami rekomendasikan adalah dengan mengkonsumsi kopi hitam. Kafein dalam kopi ini ternyata bermanfaat untuk mengatasi otot pernafasan yang lelah sehingga menimbulkan sesak nafas. Namun minum kopi ada efek sampingnya yaitu bisa meningkatkan denyut jantung dan lain-lain.

****

Itulah sedikit informasi mengenai cara menghilangkan sesak nafas yang bisa kami bagikan kepada Anda. Penting untuk diingat, sesak nafas terkadang dapat menjadi gejala awal keberadaan berbagai macam penyakit tertentu. Oleh sebab itu, bila frekuensi sesak nafas yang Anda alami cenderung sangat sering, Anda kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter.

Akhir kata, semoga bermanfaat ya! Jangan lewatkan juga: Penyakit Sesak Nafas

Leave a Reply