13 Cara Alami Mengobati Ambeien Tanpa Operasi!

Cara mengobati ambeien tidak harus dengan operasi. Operasi bedah hanya perlu dilakukan jika kondisi ambeien yang dialami sudah benar – benar parah. Bila ambeien yang dialami masih belum begitu parah, ambeien dapat diobati dengan menggunakan berbagai macam bahan alami dan obat medis.

Ambeien merupakan penyakit yang terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus mengalami pembengkakan. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal seperti karena kebiasaan duduk dalam jangka waktu yang terlalu lama, karena permasalahan sulit buang air besar, karena konsumsi makanan pedas, karena kebutuhan serat tidak terpenuhi, dsb.

Faktor Penyebab Wasir Ambeien

Berikut ini beberapa penyebab ambeien yang sebaiknya anda hindari:

  1. Penyebab yang pertama adalah akibat mengejan yang kuat pada saat BAB
  2. Kebiasaan nongkrong yang lama di toilet saat BAB.
  3. Karena diare kronis.
  4. Terjadi perubahan hormon esterogen yang meningkat pada wanita hamil.
  5. Sembelit atau konstipasi.
  6. Pola hidup tidak sehat seperti merokok, sering mengkonsumsi makanan bersantan dan pedas mengkonsumsi alk*hol dan minuman yang bersoda
  7. Menjalankan program diet rendah serat.
  8. Obesitas atau kegemukan.
  9. Kehamilan.
  10. Hubungan s*ksual melalui anus.

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk wasir ambeien?

Berikut ini beberapa faktor risiko untuk ambeien yang mungkin saja anda lakukan, yakni:

  • Kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.
  • Diare atau konstipasi kronik.
  • Obesitas.
  • Hamil.
  • S*ks anal.
  • Konsumsi makanan tinggi lemak dan rendah serat.

Apa Saja Gejala Ambeien Itu?

Ketika mengalami ambeien, penderita akan mengalami beberapa gejala, yaitu:

  • Area sekitar dubur terasa panas
  • Sulit buang air besar
  • Buang air besar terasa sakit
  • Buang air besar disertai dengan lendir
  • Buang air besar disertai dengan darah
  • Area sekitar anus ditumbuhi benjolan

Ambeien yang parah ditandai dengan pendarahan. Jika penderita ambeien sudah mengeluarkan darah saat buang air besar, maka dapat dipastikan ambeien yang dialami orang tersebut sudah dalam kondisi lanjut.

Baca artikel selengkapnya: Gejala Penyakit Ambeien yang Harus Anda Ketahui Sejak Dini

Jenis Ambeien Atau Wasir

Ambeien sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu penyakit ambeien luar dan penyakit ambeien dalam.

1. Ambeien Dalam

Ambeien dalam terjadi karena pembuluh darah ditutupi oleh selaput lendir yang basah di dalam anus. Pada taraf awal memang wasir tidak terlihat dari luar, namun jika sudah membesar akan menonjol keluar. Gejala awal penyakit ambeien atau wasir dalam adalah keluarnya darah saat buang air besar.

Pada penyakit ambeien dalam ini ada beberapa stadium yaitu :

  • Stadium satu : tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya darah menetes setiap selesai buang air besar.
  • Stadium dua : tonjolan sudah keluar dengan ukuran sedang. Dengan gejala jika selesai buang air besar, tonjolan keluar namun akan masuk kembali saat penderita berdiri.
  • Stadium tiga : ukuran tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya selesai buang air besar tonjolan keluar dan tidak akan masuk lagi kecuali didorong dengan tangan.
  • Stadium empat : tonjolan sudah sebesar bola tenis. Tonjolan ini tidak dapat masuk kembali meski sudah didorong dan harus dioperasi.

2. Ambeien Luar

Jenis ambeien yang kedua biasanya ditandai dengan kulit sudah menutupi pembuluh darah dan berada di luar anus hingga gampang terlihat. Gejala umum wasir luar adalah rasa sakit atau nyeri dikarenakan pembuluh darah yang pecah. Darah yang pecah tidak keluar namun berkumpul menjadi trombus (darah beku).

Ciri Ambeien Luar

  • Pertama terjadi pembengkakan dan benjolan di sekitar dubur
  • Anda akan merasa nyeri yang kadang sangat hebat sampai tak bisa duduk
  • Gatal
  • Terkadang disertai perdarahan

Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Mayoritas orang sampai saat ini masih beranggapan bahwa ambeien hanya bisa disembuhkan dengan cara operasi. Padahal bila ambeien masih belum begitu parah, prosedur operasi pada dasarnya tidak perlu dilakukan.

Bila ambeien yang dialami tidak parah, Anda dapat mencoba beberapa alternatif cara mengobati ambeien menggunakan bahan alami di bawah ini:

1. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan bumbu dapur yang sangat kaya akan zat nutrisi bermanfaat. Berkat zat nutrisi bermanfaat yang dimilikinya, bawang putih dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk salah satunya adalah penyakit ambeien.

Tidak tanggung-tanggung, ternyata bawang putih ini memiliki kandungan berupa vitamin C, kalsium, besi, karbohidrat, serat, allicin, dan sulfida alili. Sementara kandungan nutrisi yang paling besarnya adalah allicin. Nutrisi ini bermanfaat sebagai anti-oksidan dan anti-bakteri. Maka dari itu, bawang putih merupakan salah satu tanaman yang terbukti ampuh untuk mengobati ambeien yang efektif.

Cara mengobati ambeien dengan bawang putih tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan dua siung bawang putih, lalu kupas dan tumbuk hingga halus
  • Bersihkan daerah sekitar anus Anda, lalu olesi daerah tersebut dengan bawang putih yang telah dihaluskan sebelumnya
  • Untuk melawan serangan bakteri dari dalam tubuh, Anda disarankan untuk turut mengkonsumsi jus bawang putih secara rutin setiap hari

Simak selengkapnya: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

2. Menggunakan Kulit Manggis

Selain dapat dijadikan sebagai obat anti kanker, kulit manggis ternyata juga bisa dijadikan sebagai alternatif cara mengobati ambeien yang ampuh.

Sama seperti halnya bawang putih, kulit manggis juga memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, selain memiliki zat anti oksidan yang tinggi kulit manggis juga memiliki kandungan anti kanker, anti inflamasi, dan anti plasmodial yang bermanfaat untuk menghentikan peradangan ambeien yang terjadi di daerah sekitar anus.

Untuk mengobati ambeien menggunakan kulit manggis, Anda dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

  • Siapkan kulit manggis yang masih segar lalu jemur hingga kering
  • Rebus kulit manggis yang sudah dikeringkan sebelumnya hingga mendidih
  • Minum air rebusan kulit manggis tersebut secara rutin setiap hari

3. Menggunakan Daun Sirsak

Daun sirsak banyak dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi kanker. Ternyata, menurut hasil penelitian, selain dapat mengobati kanker, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit lainnya, termasuk salah satunya adalah penyakit ambeien.

Menurut hasil penelitian, daun sirsak memiliki kandungan senyawa anti bakteri dan anti kanker yang cukup tinggi. Berkat kedua jenis senyawa tersebut, daun sirsak diyakini dapat digunakan sebagai obat alami ambeien.

Cara mengobati ambeien dengan daun sirsak tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Siapkan 5 helai daun sirsak, lalu cuci hingga bersih
  • Rebus daun sirsak tersebut menggunakan 2 gelas air bersih hingga sisa air rebusan yang tersisa hanya tinggal 1 gelas saja
  • Minum air rebusan daun sirsak tersebut secara rutin di pagi dan malam hari

4. Menggunakan Lidah Buaya

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Tanaman ini merupakan tanaman yang sangat kaya akan manfaat, terutama untuk kecantikan rambut dan kulit.

Ternyata, menurut hasil penelitian, selain dapat digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kulit dan rambut, lidah buaya juga dapat digunakan untuk dijadikan sebagai bahan makanan sehat untuk mengobati ambeien.

Lidah buaya memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi. Saat dikonsumsi, lidah buaya akan berperan aktif sebagai zat detoksifikasi alami dan zat penghilang radang.

Bila Anda tertarik untuk mencoba, cara mengobati ambeien menggunakan lidah buaya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan dua helai daun lidah buaya yang masih segar, lalu cuci hingga bersih
  • Potong lidah buaya tersebut menjadi beberapa bagian kecil, lalu bilas sekali lagi menggunakan air bersih
  • Haluskan potongan daun lidah buaya tersebut menggunakan blender
  • Minum jus lidah buaya tersebut secara rutin setiap hari

5. Menggunakan Daun Cocor Bebek

Cocor bebek merupakan tanaman hias yang sangat kaya akan zat nutrisi bermanfaat. Daun ini memiliki kandungan glikosida, damar, biofilin, oksalat, asam formiat, magnesium malat, dan tanin yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Berkat kandungan nutrisi bermanfaat yang dimilikinya, daun ini diyakini dapat menyembuhkan peradangan yang terjadi pada tubuh, termasuk salah satunya peradangan di sekitar anus yang timbul karena ambeien.

Cara mengobati ambeien dengan daun cocor bebek adalah sebagai berikut:

  • Ambil daun cocor bebek, lalu jemur hingga kering di bawah terik sinar matahari
  • Setelah kering, tumbuk daun cocor bebek tersebut hingga menjadi bubuh halus
  • Seduh bubuk halus tersebut seperti ketika Anda menyeduh teh bubuk
  • Minum air seduhan daun cocor bebek tersebut secara rutin setiap hari

6. Menggunakan Ubi Jalar Ungu

Alternatif cara mengobati ambeien yang selanjutnya adalah dengan menggunakan ubi jalar ungu.

Ubi jalar ungu sangat kaya akan serat dan zat anti oksidan.Kandungan serat yang dimiliki ubi ungu dapat memperlancar sistem pencernaan sehingga menghindarkan Anda dari penyakit ambeien. Di lain sisi, kandungan anti oksidan yang dimilikinya dapat membantu mengatasi radang yang terjadi di sekitar anus karena penyakit ambeien.

Untuk mengobati ambeien dengan ubi jalar ungu, Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin setiap hari di pagi dan malam hari.

7. Menggunakan Akar Kangkung

Saat menyayur kangkung, mayoritas orang biasanya akan membuang bagian akarnya. Padahal, bagian akar kangkung memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh.

Dari mulai vitamin C sampai dengan zat besi, semuanya bisa didapatkan dari akar kangkung. Karena kandungan nutrisinya yang sangat lengkap, menurut hasil penelitian akar kangkung telah terbukti dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati ambeien.

Untuk bisa mengobati ambeien menggunakan akar kangkung, Anda hanya perlu mengonsumsi air rebusan akar kangkung secara rutin setiap hari. Zat nutrisi yang ada dalam akar kangkung nantinya akan membantu menyembuhkan radang yang terjadi di sekitar anus karena ambeien.

8. Cara Menghilangkan Ambeien dengan Daun Pagoda

Cara mengobati ambeien selanjutnya adalah dengan daun pagoda. Tanaman pagoda sendiri memiliki rasa yang manis dan ternyata memiliki kandungan berupa saponindan polifenol, alkaloid, dan flavonoida. 3 kandungan inilah yang membuat bunga pagoda berfungsi sebagai anti-peradangan.

Cara Menghilangkan Ambeien dengan Daun Pagoda

Cara Menghilangkan Ambeien dengan Daun Pagoda

Sehingga tanaman ini sangat efektif kita gunakan untuk mengobati ambeien secara alami tanpa operasi. Bagaimana cara mengobati ambeien dengan daun pagoda? Berikut ini panduannya:

  • Petik beberapa bunga pagoda beberapa lembar, kemudian rebus dengan air secukupnya
  • Setelah airnya tinggal setengah, tunggu hingga dingin, kemudian minum air rebusannya.

9. Obat Herbal Ambeien Berupa Urang-Aring

Obat alami ambeien yang bisa kita gunakan selanjutnya adalah tanaman urang-aring. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai herbal untuk menghitamkan dan melebatkan rambut, ternyata juga bisa kita gunakan untuk mengobati ambeien yang kita alami.

Obat Herbal Ambeien Berupa Urang-Aring

Obat Herbal Ambeien Berupa Urang-Aring

Tanaman ini ternyata memiliki kandungan berupa ecliptine, alfa terthienylmethanol, 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(but-3-en-1-ynyl) thiophene, 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(4-chloro-3-hydroxybut-1-ynyl) thiophene, 5-(3-Buten-1-ynyl)-2,2-bithienyl-5-methyl acetate, wedelolactone membuatnya berguna sebagai obat herbal yang mujarab.

Cara menggunakan tanaman ini yaitu:

Untuk diminum 

  1. Rebus urang-aring hingga matang.
  2. Minum air rebusannya.

Untuk dioleskan 

  1. Tumbuk urang-aring hingga halus
  2. Oleskan pada benjolan.

10. Herbal Ambeien Berupa Daun Jambu Biji

Selain biasa digunakan sebagai obat untuk diare, ternyata daun jambu biji juga bermanfaat untuk mengobati ambeien lo. Bagaimana caranya? Silahkan anda ikuti panduannya berikut ini:

  • Pertama silahkan ambil segenggam pucuk daun jambu biji segar, cuci bersih
  • Rebus pucuk jambu biji tersebut dengan segelas air bersih
  • Rebus sampai air tersebut tingga sekitar setengahnya saja
  • Saring air rebusan tersebut
  • Kemudian minum ketika masih hangat
  • Lakukan cara ini rutin 2 kali sehari sampai sembuh

11. Obat Alami Ambeien dengan Tanaman Adas

Cara mengobati ambeien secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan tanaman adas. Tanaman yang banyak tumbuh di daerah pegunungan dan daerah yang memiliki suhu dingin. Bersama dengan beberapa bahan tanaman obat lainnya, tanaman Adas dapat dijadikan sebagai obat Ambeien tradisional paling ampuh.

Obat Alami Ambeien dengan Tanaman Adas

Obat Alami Ambeien dengan Tanaman Adas

Bagaimana cara mengobati ambeien dengan tanaman adas? Silahkan anda ikuti panduannya berikut ini:

  • Pertama silahkan sediakan tanaman adas kering sebanyak 1 sendok makan, pucuk jambu klutuk sebanyak 5 pucuk dan pulasari sekitar 10 cm.
  • Selanjutnya anda bersihkan semua bahan tersebut
  • Setelah bersih, silahkan anda rebus semua bahan tadi dengan dengan 2 gelas air
  • Rebus hingga tersisa setengahnya kemudian angkat dan saring airnya
  • Minum herbal ramuan ambeien tersebut selagi hangat
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, silahkan anda lakukan metoda diatas minimal 2 kali sehari sampai sembuh

12. Cara Mengobati Ambeien dengan Daun Jawer Kotok

Cara Mengobati Ambeien dengan Daun Jawer Kotok

Cara Mengobati Ambeien dengan Daun Jawer Kotok

Daun jawer kotok? Ya, tanaman hias yang satu ini selain bisa dijadikan sebagai tanaman hias juga bisa dijadikan sebagai herbal untuk mengobati ambeien lo. Bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini panduannya:

  • Pertama ambil 10 lembar daun jawer kotok segar, 5 lembar daun handeuleum dan ½ cangkir daun pegagan (antanan)
  • Bersihkan bahan-bahan tersebut
  • Setelah bersih, rebus seluruh bahan tadi dengan 2 gelas air
  • Biarkan hingga mendidih dan tersisa setengahnya saja
  • Saring airnya, kemudian minum ramua ambeien tersebut selagi hangat sampai habis.
  • Konsumsi rutin 2 kali sehari sampai sembuh untuk mendapatkan hasil optimal

13. Obat Ambeien dari Lempuyang Wangi

Obat herbal alami ambeien selanjutnya adalah tanaman lempuyang wangi yang sudah terkenal sebagai herbal, baik untuk obat cacingan pada anak-anak maupun sebagai obat ambeien alami. Bagaimana caranya? Silahkan ikuti panduannya berikut ini:

  • Pertama silahkan ambil sekitar ¾ jari lempuyang dan cuci sampai bersih kemudian parut.
  • Kemudian tambahkan garam dan air matang secukupnya.
  • Peras, dan minum airnya minimal 2 kali sehari sebanyak 1 sendok makan sampai sembuh.

Artikel selengkapnya: 14 Obat Ambeien Tradisional yang Ada di Sekitar Kita

Cara Mencegah Ambeien Atau Wasir

Untuk anda yang belum menderita ambeien atau belum parah kondisinya, ada baiknya lo kalau anda melakukan tindakan pencegahan dini. Sebenarnya tidak sulit kok. Apa saja? Berikut ini beberapa cara mencegah ambeien yang sebaiknya anda ketahui:

  • Pertama, mulailah mengkonsumsi makanan yang mendung serat tinggi
  • Penuhi kebutuhan air putih anda, minimal 8 gelas sehari. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara teratur.
  • Batasi konsumsi makanan pedas, daging (terutama kambung), goreng-gorengan, dan durian.
  • Biasakan juga untuk tidak duduk terlalu lama, sering pindah posisi duduk.
  • Sebisa mungkin hindari kebiasaan mengejan.
  • Jangan tunda BAB anda, karena akan mengakibatkan feses anda mengeras. Kalau anda sulit BAB, gunakan minyak mineral untuk melemaskan feses.
  • Khusus untuk bumil, tidurlah dalam posisi miring.

***

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan? Kami sudah sajikan informasi yang lengkap mengenai ambeien atau wasir, mulai dari jenis ambeien, penyebab ambeien, gejala ambeien, cara mengobati ambeien secara alami, cara mencegah ambeien dsb.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua. Agar lebih bermanfaat untuk orang banyak, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa alternatif cara mengobati ambeien menggunakan bahan alami yang dapat kami bagikan kepada

Jangan lewatkan juga: 9 Penyebab BAB Berdarah Menurut Ahli

Leave a Reply