18 Cara Mengobati Kista Secara Alami yang Terbukti Ampuh

Cara mengobati kista – Penyakit kista banyak menghantui kaum wanita karena sebagian besar kista menyerang bagian reproduksi wanita yang dapat menyebabkan kemandulan. Kista merupakan tumor yang berupa cairan kental yang berpotensi berubah menjadi nanah.

Kista banyak menyerang wanita pada masa menoupose. Kista ringan dapat hilang atau mengecil saat seorang wanita hamil dan melahirkan itu sebabnya wanita yang sudah menoupose lebih berpotensi terserang kista karena wanita tersebut tidak dapat hamil lagi.

Kista yang serius juga dapat membesar dan pecah hal tersebut akan menyebabkan perut terlihat membesar dan terjadi pendarahan hebat akibat kista yang pecah serta rasa nyeri yang tak tertahankan.

Loading...

Sebagian besar penyakit kista disebabkan karena faktor keturunan namun bukan berarti wanita yang tidak memiliki faktor genetik tidak bisa terserang kista. Hal itu disebabkan karena pola hidup yang buruk bisa menjadi salah satu penyebab kista.

Meski begitu kista bukanlah penyakit yang tidak memiliki obat. Cara mengobati kista sebenarnya bukan hanya dengan melakukan operasi pengangkatan kista, namun cara mengobati kista juga dapat dilakukan menggunakan obat-obatan herbal yang mampu membunuh sel kanker atau sel tumor.

Obat-obatan herbal yang dapat membunuh dan mengobati kista bahkan telah diuji secara ilmiah. Berbagai kandungan pada ramuan herbal tersebut dapat menyembuhkan kista dengan mudah.

Cara mengobati kista dengan mahkota dewa

Cara mengobati kista dengan mahkota dewa

Cara mengobati kista secara alami

cara mengobati kista juga dapat dilakukan dirumah menggunakan tanaman herbal yang dapat mengobati penyakit tersebut serta dapat membunuh sel yang tumbuh secara ubnormal tersebut sampai ke akarnya. mari kita lihat beberapa cara mengobati kista seperti berikut ini:

1. Mengobati kista dengan Mahkota dewa

Buah mahkota dewa berbentuk bulat berwarna merah yang memiliki banyak kandungan yang dapat membunuh  atau mengobati kista. Beberapa kandungan pada mahkota dewa seperti alkoid, polifenol yang merupakan antioksidan yang dapat melawan sel kanker dan sel tumor seperti kista.

Selain itu mahkota dewa juga merupakan antibakteri dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat membantu melawan penyakit secara alami. Mengkonsumsi mahkota dewa secara teratur akan membantu mengurangi peradangan atau rasa nyeri akibat kista yang semakin membesar.

Cara membuat ramuan

  • Siapkan beberapa bahan berikut ini 30 gram daun mahkota dewa, 50 gram temu mangga, serat 5 gram buah mahkota dewa kering
  • Setelah itu rebus ketiga bahan menggunakan air sebanyak 800 cc
  • Rebus sampai ramuan menyusut menjadi setengahnya
  • Lalu anda dapat mengkonsumsi air tersebut sebanyak 1 setiap pagi dan 1 gelas di malam hari

2. Mengobati kista dengan Benalu teh

Benalu teh sudah terkenal manfaatnya sejak dulu mampu mengobati berbagai penyakit berbahaya salah satunya penyakit kista. Di dalam benalu teh banyak mengandung sifat anti alergi, mencegah penggumpalan darah, meningkatkan kekebalan tubuh serta anti kanker.

Benalu adalah tanaman yang menumpang hidup pada tanaman lain salah satunya benalu teh yang memiliki banyak kandungan penting seperti flavonoid, chalcones, flavanone, c-glycoflavonols dan flavan3-ols yang dapat mengobati penyakit kista dengan mudah

Cara membuat

  • Rebus 800 cc air
  • Lalu tambahkan 60 gram benalu teh dan 30 gram rumput mutiara
  • Masak sampai ramuan mendidih
  • Setelah itu angkat dan biarkan sampai dingin
  • Saring ramuan dan minum 200 cc pagi dan 200 cc malam secara teratur

3. Mengobati kista dengan Kunyit putih

Kunyit merupakan tanaman herbal yang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Kunyit memiliki dua jenis yaitu kunyit kuning dan kunyit putih. Anda dapat menjadikan kunyit putih sebagai obat kista. Kunyit putih atau curcuma mangga memiliki berbagai kandungan yang baik melawan sel kanker dan sel tumor seperti kandungan flavonoid dan anti inflamasi.

Cara membuat

  • Siapkan bahan-bahan seperti 10 gram kunyit putih kering, 5 gram temu putih, 10 gram tapak liman kering , 30 gram cakar ayam, dan 10 gram pegagalan
  • Lalu campurkan semua bahan dan rebus dengan 1 ltr air bersih
  • Rebus sampai ramuan tersisa setengahnya
  • Anda dapat meminum ramuan ini 3 kali sehari masing-masing 1 gelas

Artikel terkait: Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami

4. Mengobati kista dengan Rumput mutiara

Tanaman yang merupakan perdu liar ini bisa anda jadikan obat untuk mengobati penyakit kista. Cara membuatnya juga sangat mudah, anda hanya perlu merebus 30 gram rumput mutiara dan 5 gram buah mahkota dewa bersama dengan 600 cc air.

Biarkan sampai ramuan tersisa setengahnya. Setelah ramuan dingin lalu saring dan minum 2 kali sehari secara rutin agar penyakit kista anda bisa segera sembuh.

5. Mengobati kista dengan Teripang

Teripang saat ini sudah banyak dikemas dalam bentuk kapsul yang mampu mengobati penyakit kista. Teripang biasa hidup di dasar laut yang memiliki berbagai kandungan yang mampu melawan sel yang tumbuh secara ubnormal.

Bahkan pengujian secara ilmiah telah dilakukan pada teripang atau gamat yang terbukti ampuh melawan kista ovarium yang anda alami, teripang memiliki 40 jenis yang biasa dijadikan obat namun untuk mengatasi penyakit kista ovarium ini jenis gamat yang berspesies stichopus hermanii. Minum kapsul gamat ini sesuai petunjuk kemasan.

6. Kompres dengan minyak jarak

Cara mengobati kista juga bisa anda lakukan dengan cara mengompres bagian perut dengan minyak jarak. Namun penggunaan minyak kompres ini dilarang saat anda sedang dalam masa menstruasi dan kehamilan.

Sebab minyak jarak mampu merangsang pengeluaran darah saat menstruasi sehingga akan terjadi menstruasi berat. Minyak jarak mampu memecahkan kista secara alami dan dapat membersihkan semua jaringan yang mengganggu dan tidak diperlukan seperti kista.

Cara membuat

  • Ambil handuk kecil lalu berikan beberapa tetes minyak jarak
  • Setelah itu letakkan handuk di perut lalu tutupi dengan handuk yang lebih tebal
  • Anda dapat meletakkan botol yang berisi air hangat di atas handuk tebal tadi
  • Lalu tutup lagi dengan kain
  • Biarkan handuk mengompres perut anda selama 30 menit
  • Ulangi cara ini 2 hari sekali

8. Kompres dengan haduk hangat

Saat kista yang semakin membesar menyebabkan rasa sakit atau nyeri yang cukup serius anda dapat mengompres perut anda dengan handuk hangat atau butul yang berisi air hangat. Cara ini cukup efektif mengurangi rasa sakit tersebut serta membantu menghancurkan kista secara perlahan. Anda juga dapat melakukan cara ini meski tidak mengalami rasa nyeri.

Cara membuat

  • Siapkan air hangat di dalam baskom
  • Lalu masukkan handuk kecil ke dalam air hangat tersebut
  • Peras handuk lalu tempelkan pada perut atau panggul yang terasa nyeri
  • Ulangi cara ini sesering mungkin untuk membantu mengeluarkan kista ringan melalui proses menstruasi

8. Mengobati kista dengan Minum cuka sari apel

Kandungan kalium pada cuka sari apel dapat membantu melarutkan kista yang masih  berukuran kecil. Cara ini cukup ampuh mengusir kista dari rahim anda. selain itu cuka sari apel juga memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Cara membuat

  • Masukkan 2 sendok cuka sari apel pada segelas air hangat
  • Lalu aduk menggunakan sendok sampai keduanya tercampur rata
  • Lalu minum ramuan tersebut selagi hangat
  • Minum secara teratur sekali sehari namun hindari mengkonsumsi ramuan ini saat menstruasi karena akan menyebabkan pendarahan berat

9. Mengobati kista dengan Minum jus buah bit

Buah bit biasa dijadikan minuman untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh atau yang lebih dikenal dengan toksin sehingga mengkonsumsi buah ini sangat baik merawat kesehatan organ hati karena buah ini mengandung senyawa betasianin yang mampu mengatasi masalah tersebut.

Selai itu buah bit juga bersifat asam yang mampu mengeluarkan kista melalui masa menstruasi

Cara membuat

  • Buat jus buah bit dengan mencampurkan buah strawberry, jambu merah, dan wortel menggunakan blender atau juicer
  • Hindari penambahan gula karena akan mengurangi khasiat jus tersebut
  • Anda bisa meminum jus ini setiap pagi secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal

10. Mandi dengan garam epsom

Cara mengobati kista juga bisa menggunakan garam epsom atau garam inggris yang biasa digunakan untuk mencuci perut. mandi dengan garam epsom dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri dan mengecilkan ukuran kista yang lama-kelamaan akan hilang dan larut.

Selai itu kandungan magnesium pada garam inggris tersebut mampu membuat otot bagian pinggul mejadi santai.

Cara membuat

  • Campurkan garam epsum pada bak mandi anda yang berisi air hangat
  • Aduk sampai garam larut ke dalam air
  • Lalu anda dapat merendam tubuh anda di dalam bak tersebut selama 1 jam
  • Ulangi cara ini 2 kali sehari saat anda mandi

Artikel terkait: 12 Penyebab Miom yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Terlambat

11. Mengobati kista dengan Makan kacang almond

Kacang almond sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena berbagai kandungan di dalamnya sangat baik menutrisi ibu dan bayi. Selain itu kacang almond juga dapat menyembuhkan kista dengan mudah.

Kacang almond juga mengandung magnesium yang dapat mengurangi rasa sakit akibat kista dan menstruasi. Selain kacang almond anda juga bisa menggunakan olahan almond lainnya sebagai obat kista seperti minyak almond untuk mengompres perut dan susu almond tanpa tambahan gula.

Konsumsi kacang almond setiap hari untuk membunuh dan mengobati kista ovarium

12. Mengobati kista dengan Minum teh chamomile

Teh memang mengandung banyak antioksidan yang dapat melawan sel kanker. Salah satu teh yang dapat melawan sel kanker seperti kista ovarium adalah teh chamomile, teh ini juga bisa membantu menenangkan dan mengurangi rasa sakit akibat kista ovarium tersebut.

Cara membuatnya juga sangat mudah sama dengan pembuatan teh lainnya yaitu anda hanya perlu menyeduh teh camomile dengan segelas air panas tanpa menambahkan gula, namun anda dapat menggantinya dengan madu.

Minum teh ini setiap hari secara teratur agar kista benar-benar sembuh.

13. Mengobati kista dengan mengonsumsi flazseed

 Flazseed merupakan biji yang hampir sama dengan biji wijen yang berasal dari tanaman bunga flax yang dapat menyeimbangkan hormon estrogen. Hormon estrogen yang terganggu akan menyebabkan kista tumbuh dan berkembang di dalam rahim.

Jika anda mengkonsumsi biji flazseed secara teratur maka hormon tersebut akan seimbang dan mencegah sel ubnormal tumbuh dan berkembang di dalam rahim anda atau dengan kata lain dapat mencegah pertumbuhan kista serta mencegah perkembangan penyakit kista tersebut.

Anda dapat melarutkan flazseed dengan segelas air hangat lalu aduk dan minum setiap pagi sebelum makan.

14. Mengobati kista dengan Minum air jahe

Selain dapat dijadikan penghangat tubuh secara alami jahe juga bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan kista ovarium. Berbagai kandungan di dalam jahe seperti gingerol yang bisa mengurangi rasa nyeri akibat kista yang meradang dan membesar.

Mengkonsumsi air jahe secara teratur dapat mengecilkan ukuran kista yang lama-kelamaan akan larut bersama darah saat menstruasi.

Cara membuat

  • Bersihkan 100 gram jahe
  • Setelah itu geprek jahe dan tambahkan air panas
  • Anda bisa minum air jahe ini setiap pagi agar mendapatkan hasil yang maksimal

15. Mengobati kista dengan Buah naga

Siapa yang tidak mengenal buah naga ini, rasanya yang manis serta berbagai kandungan nutrisi didalamnya sangat baik bagi tubuh. Kandungan antioksidan pada buah naga mampu melawan sel kanker pada tubuh anda.

Anda dapat mengkonsumsi buah naga secara langsung atau membuatnya sebagai jus untuk mengobati kista ovarium yang anda alami. Hindari penambahan gula saat anda membuat jus buah naga.

16. Mengkonsumsi makanan tinggi vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dapat melawan sel kanker dan sel tumor. Vitamin C bisa anda dapatkan dari berbagai buah seperti jeruk, pepaya, wortel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Konsumsi beberapa buah yang mengandung vitamin C secara teratur untuk mengobati penyakit kista ovarium dengan mudah.

Info terkait: 14 Penyebab Kista Ovarium dan Cara Mencegahnya yang Harus Anda Ketahui Sejak Dini

17. Kendalikan paparan ekstrogen yang masuk ke dalam tubuh

Menghindari paparan estrogen yang masuk ke dalam dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu cara mengobati kista.  Jika paparan estrogen yang masuk kedalam tubuh tidak dikendalikan maka bisa merubah kista menjadi kanker ganas yang dapat berujung kematian.

Ada beberapa cara menghindari estrogen secara alami seperti berikut ini:

  • Tingkatkan konsumsi susu kambing dan menjauhi susu yang dibuat dari bahan bukan organik.
  • Hindari penggunaan perabot memasak dari bahan plastik
  • Kurangi makanan atau minuman yang berbahan kedelai atau olahan kedelai
  • Hindari mengkonsumsi minuman yang dikemas dengan bahan plastik
  • Hindai pemakaian kosmetik yang terbuat dari bahan kimia berbahaya

18. Tingkatkan progesteron dan keseimbangan hormon secara alami

Saat kadar estrogen meningkat maka level progesteron akan mengalami  penyusutan sehingga akan mengganggu keseimbangan hormon. Hal tersebutlah yang membuat kista tumbuh dan bekembangbiak di dalam tubuh

Sebaiknya tingkatkan kadar progeteron agar penyakit kista yang anda alami semakin mengecil dan akhirnya dapat larut bersama masa menstruasi. Berikut cara meningkatkan kadar progestreon seperti:

  • Hindari stress yang berlebihan
  • Jauhi makanan berlemak jahat
  • Mengkonsumsi makanan sehat yang tinggi magnesium seperti bayam, ikan makarel, beras merah dan coklat hitam
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 seperti ikan tuna, kurma, daging kalkun, dan kacang pistachi
  • Makanan mengandung mineral juga dibutuhkan seperti tiram, daging sapi tanpa lemak, kacang mete, dan gandum
  • Perbanyak makanan berserat tinggi
  • Konsumsi juga makanan yang dapat menyuburkan kandungan seperti tauge dan kacang hijau
Loading...

Itulah beberapa cara mengobati kista secara alami yang dapat anda lakukan sendiri di rumah, namun untuk kista yang sudah sangat serius sebaiknya segera hubungi dokter apalagi jika kista tersebut sudah terlanjur pecah, penanganan medis sangat diperlukan. Semoga bermanfaat. Simak juga 18 Ciri-ciri Penyakit Kista yang Harus Anda Waspadai Sejak Dini

loading...

Leave a Reply