20 Cara Mengobati Mata Minus Tanpa Operasi!

Cara mengobati mata minus memang tidak mudah. Ketika mata sudah mengalami minus, dibutuhkan effort yang tidak sedikit untuk bisa membuat mata kembali normal seperti sedia kala. Bila minus yang dialami sudah terlalu parah, mata minus bahkan tidak dapat diobati sama sekali. Satu – satunya solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan memanfaatkan kaca mata.

Permasalahan mata minus merupakan salah satu permasalahan mata yang paling banyak dialami oleh manusia. Seakan tidak pandang bulu, mata minus bisa dialami oleh siapa saja. Dari mulai orang dewasa sampai dengan anak – anak, semuanya berpotensi mengalami penyakit yang satu ini.

Cara Mengobati Mata Minus

Cara Mengobati Mata Minus

Daftar Gejala Mata Minus

Menurut hasil penelitian, mayoritas orang di seluruh penjuru dunia sebenarnya adalah penderita mata minus. Hanya saja banyak orang yang tidak menyadarinya karena angka minus yang mereka alami tidak terlalu besar. Mata minus seperti ini biasanya masih belum terlalu kentara dan mengganggu.

Ketika permasalahan mata minus yang dialami sudah berada dalam tingkat lanjut, penderita mata minus biasanya akan mulai mengalami kesulitan untuk melihat benda jauh. Selain itu, penderita mata minus biasanya juga akan mengalami beberapa gejala mata minus di bawah ini:

  • Pandangan terasa kabur
  • Kepala sering terasa sakit atau pusing
  • Penglihatan memburuk di malam hari
  • Mata terasa gatal sehingga harus sering dikucek / banyak berkedip
  • Untuk bisa melihat benda dengan jelas, kita harus melihat lebih dekat ke arah benda tersebut

Artikel terkait: 28 Obat Mata Bengkak dan Penyebabnya yang Harus Anda Ketahui

Alternatif Cara Mengobati Mata Minus yang Ampuh

Bila saat ini Anda atau anggota keluarga Anda sedang mengalami permasalahan mata minus, Anda dapat mengobati mata minus yang dialami menggunakan beberapa alternatif cara di bawah ini:

1. Rajin Melakukan Senam Mata

Salah satu penyebab utama terjadinya mata minus adalah karena pelemahan pada jaringan otot mata. Ketika otot mata melemah, mata menjadi kehilangan fleksibelitas. Dampaknya mata menjadi sulit untuk fokus ke satu benda tertentu.

Untuk mengatasi permasalahan jaringan otot mata yang lemah Anda dapat melakukan senam mata. Caranya:

  • Pertama – tama percikkan air bersih ke arah mata Anda
  • Putar kepala Anda ke arah kiri dengan posisi mata terbuka sebanyak 4 kali putaran
  • Lakukan hal yang sama ke arah berlawanan sebanyak 4 putaran
  • Dalam posisi tegak, coba miringkan badan Anda ke arah kanan, lalu tahan selama 10 detik
  • Lakukan hal yang sama ke arah berlawanan hingga 4 kali repetisi untuk setiap sisi
  • Lirikkan bola mata Anda ke arah kanan, kiri, atas, dan bawah
  • Jangan lupa untuk turut melatih tingkat fokusnya
  • Tutup kelopak mata Anda, lalu coba pijit kelopak mata Anda dengan lembut
  • Terakhir, buka kelopak mata Anda, lalu kedipkan mata Anda seperti biasa

2. Latihan Melihat Objek yang Jauh

Melihat objek yang jauh juga dapat membantu menghilangkan mata minus. Seperti yang telah kami sebutkan di atas, salah satu penyebab utama terjadinya mata minus adalah karena otot mata yang melemah. Nah, menurut hasil penelitian otot mata yang sudah terlanjur lemah dapat dikuatkan kembali dengan cara dilatih, yaitu dengan melihat objek yang jauh.

Secara keseluruhan, cara mengobati mata minus dengan latihan melihat objek yang jauh adalah sebagai berikut:

  • Tetapkan dua objek segaris dengan jarak yang berbeda (objek pertama berjarak sekitar 10 – 15 meter dan objek ke dua berjarak sekitar 20 – 30 meter)
  • Fokuskan mata Anda untuk melihat ke objek dekat selama 10 detik, lalu pindah fokus mata Anda ke objek jauh (objek ke dua) selama 10 detik
  • Pindah kembali fokus mata Anda ke objek yang pertama selama 10 detik, lalu pindah kembali fokus mata Anda ke objek yang ke dua juga selama 10 detik
  • Ulangi terus hal tersebut selama kurang lebih 10 menit secara rutin setiap hari

3. Latihan Fokus ke Objek Bergerak

Cara mengobati mata minus yang selanjutnya adalah dengan menerapkan latihan fokus ke objek bergerak.

Sama seperti latihan yang sebelumnya, latihan fokus ke objek bergerak juga bertujuan untuk melatih kemampuan otot mata. Untuk melakukannya, Anda dapat pergi ke jalan raya, lalu coba fokuskan pandangan Anda ke arah mobil dan kendaraan yang sedang lalu lalang.

4. Terapkan Aturan 25 – 5 atau 50 – 10

Khusus untuk Anda yang sering beraktivitas di depan komputer, untuk mengurangi gejala mata minus, Anda disarankan untuk menerapkan aturan 25 – 5 atau 50 – 10.Aturan ini berguna untuk mencegah terjadinya mata lelah.

Cara menerapkan aturan ini tergolong sangat simpel. Anda dapat bekerja selama 25 menit nonstop di depan monitor dan beristirahat selama 5 menit. Atau Anda dapat bekerja selama 50 menit non stop dan beristirahat selama 10 menit.

5. Rajin Makan Buah Cepokak / Leunca

Selain menggunakan teknik senam mata, cara mengobati mata minus juga bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai macam bahan alami.

Salah satu bahan alami yang telah terbukti dapat digunakan sebagai obat mata minus adalah buah cepokak atau pun buah leunca. Buah ini adalah salah satu jenis terong bulat dengan ukuran yang kecil, yaitu sebesar kelereng.

Anda dapat mengkonsumsi buah ini dengan cara direbus terlebih dahulu, dibuat sebagai jus atau bahkan dengan dikonsumsi secara langsung.

Baca juga: 11 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami

6. Rutin Minum Jus Wortel

Cara mengobati mata minus yang selanjutnya adalah dengan rutin mengkonsumsi jus wortel. Wortel sangat kaya akan vitamin A dan betakaroten yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Menurut hasil penelitian, orang yang rajin mengkonsumsi buah wortel cenderung memiliki mata yang lebih sehat.

Selain itu, beberapa dokter spesialis mata juga sangat mengajurkan para penderita mata minus untuk rutin mengonsumsi jus wortel 1 – 2 kali dalam seminggu.

7. Kurangi Penggunaan Kacamata

Kaca mata memang dapat membantu penderita mata minus untuk melihat dengan lebih jelas. Namun sebagai konsekuensinya, penggunaan kacamata akan membuat kondisi mata minus menjadi semakin parah.

Untuk itu, bila Anda ingin menghilangkan mata minus, Anda harus mengurangi durasi penggunaan kacamata. Bila memungkinkan, gunakanlah kacamata yang tingkat minusnya satu tingkat lebih rendah dari tingkatan minus yang Anda alami.

Dengan begitu harapannya kemampuan fokus mata Anda bisa kembali seperti sedia kala, dan masalah minus pada mata Anda bisa segera berkurang dan hilang secara bertahap.

8. Banyak Makan Sayuran Hijau

Cara mengobati mata minus yang selanjutnya adalah dengan banyak mengonsumsi sayuran berwarna hijau.

Sayuran berwarna hijau sangat kaya akan vitamin A. Vitamin A sendiri merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan mata.

Beberapa sayur hijau yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan mata minus adalah bayam, kangkung, sawi, pakcoi, dll.

9. Memfokuskan Penglihatan dengan Telunjuk

Selanjutnya anda bisa mencoba latihan mata yang satu ini. Latihan ini bermanfaat untuk mengembalikan mata anda agar bisa normal kembali.

Letakkan kaca mata anda. Kemudian cari tempat duduk yang nyaman. Letakkan telunjuk anda 10 cm dari hidung. Cobalah untuk melihat telunjuk anda kemudian alihkan fokus anda ke objek jauh yang berada di belakang telunjuk, kemudian kembalikan fokus anda ke telunjuk.

Coba teknik ini tanpa menggerakkan kepala. Untuk hasil yang maksimal, coba terapi mata ini hingga 10 kali setiap hari.

10. Jemur Mata Anda di Pagi Hari

Ternyata bukan hanya pakaian yang di jemur, mata juga bisa di jemur, tentu tidak dengan melepasnya ya. Aktivitas menjemur mata ini dilakukan di pagi hari ketika matahari baru terbit dan udara masih segar dan bersih dari polusi.

Bagaimana caranya? Silahkan anda tutup kedua mata dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata terasa hangat.

11. Mengistirahatkan Mata Anda dengan Menggunakan Teknik Eye Palming

Apa itu tekni eye palming? Teknik eye palming  ini merupakan teknik yang dapat membuat mata kita menjadi rileks kembali. Dengan menerapkan teknik ini mata anda akan menjadi lebih rileks. Bagaimana caranya?

Silahkan anda gosokan telapak tangan hingga hangat, tutup kedua mata dan tempelkan dengan telapak tangan yang sudah hangat. Anda bisa lakukan ini di mana mata terasa penat selama 15 menit.

Cara ini dapat merilekskan kembali mata anda. Coba saja!

12. Pijat Titik Mata Ketika Bangun Tidur

Ketika bangun tidur cobalah untuk memijat beberapa bagian di sekitar mata anda. Pijatan ringan ini akan melancarkan peredaran darah dan merilekskan mata lelah.

13. Coba Teknik Terapi Daun Sirih

Coba lakukan terapi daun sirih untuk mengobati mata minus anda. Daun sirih memiliki banyak manfaat untuk mata, beberapa produk kesehatan mata menggunakan daun sirih sebagai bahan bakunya. Hal ini dikarenakan daun sirih ini memang bermanfaat untuk mengurangi iritasi dan membuang kotoran mematikan kuman serta jamur pada mata.

Bagaimana cara melakukan terapi daun sirih ini? Pertama silahkan sediakan 2 lembar daun sirih, cuci bersih, kemudian tempelkan pada kelopak mata sebelum tidur, Pagi harinya, anda bisa lepas daun sirih dan cuci bersih wajah anda. Selain daun sirih hijau, manfaat daun sirih merah juga di ketahui sangat baik untuk kesehatan mata.

14. Lihat Pemandangan Hijau

Terapi mata minus tanpa operasi selanjutnya adalah dengan merutinkan terapi melihat pemandangan hijau. Mungkin terkesan sederhana, tetapi terapi ini berguna untuk menyegarkan mata anda.

Cobalah untuk melihat objek pegunungan atau pepohonan dalam rangka penyegaran mata. Objek berwarna hijau diyakini dapat memberikan ketenangan dan dampak positif bagi mata.

15. Geser Penglihatan atau Ganti Objek Pandangan

Terapi mata minus selanjutnya yaitu dengan menggeser-geser penglihatan atau mengganti objek pandangan dalam rentan waktu tertentu.

Fokus pada satu objek dalam waktu yang lama dapat mengibatkan otot mata menjadi tegang dan kaku. Misalnya ketika kamu sedang menatap layar komputer, alihkan pandangan beberapa saat ke jendela atau objek lain di sekitarmu, barulah kembali menatap layar komputer.

16. Olahraga Secara Teratur

Untuk menunjang semua terapi yang kita lakukan di atas, sebaiknya anda merutinkan untuk berolahraga setiap hari. Dengan berolahraga maka mata anda akan teraliri oksigen dan nutrisi secara optimal. .

Untuk anda yang minusnya cukup tinggi misal di atas 5, sebaiknya anda melakukan olahraga yang ringan saja, jangan lakukan olahraga yang dapat membebankan mata (bola mata dapat kejang) anda seperti angkat beban yang berat. Beberapa olahraga santai yang bisa anda lakukan seperti aerobic, bersepeda, jogging, dan berenang.

17. Batasi Konsumsi Beberapa Makanan

Coba untuk membatasi konsumsi beberapa makanan dan minuman yang dapat memperparah kondisi mata anda. Bebebrapa diantaranya adalah:

  • Yang berkafein, seperti kopi
  • Yang beralk*hol
  • Yang bergula, seperti: permen, es krim, minuman kalengan, dan lain-lain
  • Yang mengandung susu
  • Gorengan
  • Rokok

18. Minum 3 Kombinasi Jus Berikut

Untuk anda yang sudah berusaha optimal melakukan beberapa terapi untuk menyembuhkan mata minus anda, coba tambahkan menu diet anda. Anda bisa menambahkan menu diet berupa jus sehat.

 

  • Siapkan buah bit (buah super yang kaya akan manfaat, untuk lebih jelasnya silahkan baca: 12 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan), buah belimbing dan buah wortel.
  • Silahkan di buat jus dengan juicer secara terpisah.
  • Pertama, minum sari buah bit terlebih dahulu, baru belimbing, dan terakhir baru wortel.
  • Lakukan terapi pada pagi dan sore hari.

Cobalah untuk mengkonsumsi jus ini selama 6 bulan. Anda akan merasakan manfaatnya.

19. Bunga Kitolod

Cara mengobati mata minus tanpa operasi selanjutnya adalah dengan menggunakan bunga kitalod atau kembang jangar atau bunga bintang lima. Tanaman ini merupakan jenis tanaman semak yang tumbuh liar dan bisa digunakan untuk mengobati banyak masalah mata, diantaranya adalah mata minus, mata plus, mata silinder, rabun jauh, rabun dekat, katarak dan beberapa masalah mata lainnya.

Cara Mengobati Mata Minus dengan Bunga Kitalod

  • Pertama silahkan cuci bunga kitalod beberapa tangkai, kemudian masukkan ke dalam gelas berisi air selama beberapa menit.
  • Ambil 1 tangkai bunga lalu teteskan air dari buang tersebut ke mata
  • Saat menggunakan air bunga kitolod ini, mata akan terasa perih sebentar. Lakukan setidaknya 3 kali dalam sehari.

20. Menggunakan Tanaman Binahong

Anda juga bisa mengobati mata minus yang anda derita dengan menggunakan tanaman binahong atau juga dikenal masyarakat kita dengan nama tanaman gondola.

Tanaman ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan seperti untuk mengobati masalah pada mata, penyakit jantung, masalah kulit dan berbagai penyakit lainnya. Bagaimana cara meramunya?

Cara Mengobati Mata Minus dengan Daun Binahong

  • Pertama cuci bersih beberapa lembar daun binahong
  • Tumbuk halus daun binahong tersebut
  • Kompres mata dengan tumbukan tersebut selama beberapa menit.
  • Dengan cara berbaring dan mata terpejam lalu balurkan daun binahong ke mata kamu, setelah itu cuci sampai bersih dengan air mengalir.

Operasi Lasik

Operasi lasik ini adalah cara terakhir jika terapi di atas ternyata tidak juga membuahkan hasil. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter mata yang dapat dipercaya sebelum menempuh cara mengurangi mata minus ini, mengingat resiko dan biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

***

Itulah beberapa alternatif cara mengobati mata minus yang bisa Anda coba terapkan di rumah. Penting untuk diingat, menghilangkan mata minus bukanlah pekerjaan yang mudah. Bila Anda ingin mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus sabar dan konsisten dalam menerapkan cara mengobati mata minus yang sudah Anda pilih.

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga berhasil ya! Jangan lewatkan juga: 18 Kelainan Pada Mata

Leave a Reply