11 Tips Mengatasi Sakit Mata Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Mata – Mata memiliki peran yang sangat penting bagi kita. Sehingga menjaga kesehatan mata juga menjadi penting. Mata yang banyak ‘berinteraksi’ dengan dunia luar secara langsung, kerap mendapatkan masalah.

Salah satu masalah mata adalah sakit mata. Sakit mata memang tidak membahayakan nyawa kita, namun sangat mengganggu aktivitas harian kita. Sakit mata yang biasanya mengakibatkan mata merah, perih dan belekan ini disebabkan oleh banyak hal. Sebelum kita bahas mengenai cara mengobati sakit mata, ada biknya kalau anda mengetahui apa saja penyebab sakit mata.

Cara mengobati sakit mata

Cara mengobati sakit mata

Penyebab Sakit Mata

Berikut ini beberapa penyebab sakit mata yang mesti kita waspadai:

Loading...

1. Bintitan (hordeolum)

Penyebab sakit mata yang pertama adalah karena bintitan. Bintitan sendiri merupakan kondisi dimana kelopak mata bagian atas maupun bawah mengalami pembengkakan, terasa keras dan sakit. Bintitan disebabkan oleh debu dan bakteri yang masuk ke dalam mata, atau bisa jadi karena bulu mata yang tercabut lalu terinfeksi bakteri.

2. Infeksi karena bakteri (belekan)

Penyebab sakit mata yang kedua adalah karena adanya infeksi bakteri. Biasnaya gejala yang timbul berupa mata merah, gatal, dan mengeluarkan cairan kental atau belek, sehingga saat bangun tidur biasanya sulit terbuka. Ini karena mata rapat oleh belek yang mengering. Infeksi pada mata ini disebabkan karena bakteri, dan termasuk penyakit menular. Bila anda terkena belekan saat bangun tidur, sebaiknya jangan memaksa untuk membuka mata dengan kasar. Karena akan menyebabkan iritasi pada kulit mata.

3. Alergi

Alergi juga dapat mengakibatkan sakit mata. Bisa saja karena bulu hewan, kotoran masuk, atau udara kotor, dan sebagainya. Biasanya  alergi ditandai dengan mata yang terasa sangat gatal, dan terjadi dalam waktu yang cukup lama. Namun demikian penyakit ini tidak menular.

4. Debu

Debu juga dapat menyebabkan mata merah. Namun mata merah karena debu biasanya tidak belekan (banyak kotoran mata), jarang membengkak, merahnya semakin lama semakin pudar dan bisa mereda sendiri.

5. Penyakit glaukoma

Mata merah juga dapat diakibatkan oleh glaukoma. Penyakit ini dibagi menjadi 2 yaitu yang tenang (tidak memberikan keluhan kecuali sudah berat) dan yang akut (gejalanya mata merah, penglihatan buram, sakit kepala , mual hingga muntah) . Penyakit mata ini tidak menular tapi bisa diturunkan (genetis). Merupakan penyebab kebutaan kedua setelah katarak di Indonesia.

6. Penyakit Lainnya

Penyabab sakit mata selanjutnya kemungkinan disebabkan oleh beberapa jenis penyakit rheumatic, seperti rheumatoid arthritis dan systemic lupus erythematosus. Mata merah juga terlihat pada penyakit Kawasaki (suatu penyakit yang jarang yang dihubungkan dengan demam pada bayi-bayi dan anak-anak) dan penyakit-penyakit usus tertentu seperti radang borok usus besar (ulcerative colitis) dan penyakit Crohn.

Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami

Berikut ini beberapa cara mengobati sakit mata yang bisa anda lakukan secara alami yang berhasil CekSehat rangkum untuk anda:

1. Cara Mengobati Sakit Mata dengan Mengompres air hangat

cara mengobati sakit mata yang pertama adalah dengan menggunakan air hangat. Ingat air hangat ya, bukan air panas. Caranya yaitu dengan mencelupkan kain bersih ke dalam air hangat. Peras lalu tempelkan pada mata selama 15 menit, dengan cara ini otot mata yang meradang akan menjadi tenang.

2. Cara Mengobati Sakit Mata dengan Daun Sirih

Daun sirih sudah sangat terkenal dapat mengobati sakit mata dengat cepat. Caranya pun cukup mudah, silahkan siapkan 5 lembar daun sirih, ekmudian rebus 5 lembar daun sirih tersebut dengan air secukupnya, setelah itu saring dan dinginkan air rebusannya. Gunakan untuk membasuh mata anda. Untuk pemakaian pertama mungkin sedikit perih tetapi tetapi ini aman.

3. Cara Mengobati Sakit Mata dengan Kentang

Selain daun sirih, anda juga bisa menggunakan kentang untuk mengobati sakit mata, hal ini dikarenakan zat di dalam kentang dapat mematikan kuman dan bakteri yang bersarang pada mata. Caranya yaitu kupas dan cuci bersih kentang, parut kenang kemudian bungkus dengan kain yang halus kompres 10 menit pada mata.

4. Cara Mengobati Sakit Mata dengan Bawang Putih

Bawang putih? Ya memang agak pedih. Namun cukup ampuh untuk mengobati sakit mata yang anda alami. Caranya yaitu ambil sesiung bawang putih, kupas dan iris sedikit ujungya. Setelah itu gunakan pada garis bawah mata seperti saat memakai eyeliner. Diamkan beberapa saat, meskipun perih cara menyembuhkan sakit mata secara alam ini efektif untuk mengeluarkan kotoran pada mata.

5. Cara Mengobati Sakit Mata dengan Madu

Madu jgua bermanfaat untuk mengobati skait mata atau mata merah yang anda derita. Caranya pertama bersihkan dulu mata menggunakan kapas yang telah di basahi dengan air hangat. Satu kapas untuk satu mata dan satu kali usapan. Teteskan madu murni satu tetes pada mata yang sakit. Lakukan 3 kali dalam sehari.

Info lainnya seputar madu: 14 Obat Ambeien Tradisional yang Ada di Sekitar Kita

6. Cara Mengobati Sakit Mata dengan Getah daun patikan kebo

Selanjut, anda dapat mengobati sakit mata dengan menggunakan getah daun patikan kebo. Baru pertama mendengar nama daun ini? Mungkin anda tidak menyadari, ternyata daun ini tumbuh di skeitar kita.
Cara Mengobati Sakit Mata dengan Getah daun patikan kebo

Daun patikan kebo

Berikut ini caranya:
  • Ambil 2-3 tangkai tanaman patikan kebo
  • ambil getahnya 2-3 tetes
  • Selanjutnya teteskan getah patikan kerbau pada mata yang sakit¬†
  • lakukan cara ini 2 kali sehari sebanyak 2-3 tetes.

Tips Mengobati Sakit Mata Lainnya

Beirkut ini beberapa cara untuk meminimalisir penyakit mata supaya tidak semakin parah:

  1. Lindungi mata dari debu
  2. jangan menyentuh atau mengucek mata berlebihan
  3. kurangi atau bahkan hindari penggunaan make-up
  4. Cucilah tangan dengan sabun sebelum anda menyentuh mata
  5. Jika anda menggunakan lensa kontak, maka lepaskan dulu.

Demikianlah uraian ringkas mengenai penyebab dan cara mengobati sakit mata yang bisa kita lakukan. Semoga bermanfaat. Jika sakit terus berlanjut, silahkan periksakan mata anda ke dokter. Baca juga Penyebab Penyakit Katarak yang Wajib Diwaspadai

loading...

Leave a Reply