27 Cara Mengobati Vertigo Secara Alami dengan Cepat yang Terbukti Ampuh

Cara Mengobati Vertigo – Penyakit vertigo terjadi akibat kerja otak mengalami kebingungan sehingga memberikan respon palsu yang seolah semua benda dab objek berputar sebenarnya tidak. Penyakit vertigo akan membuat penderitanya membutuhkan banyak istirahat agar rasa pusing yang seperti berputar tersebut dapat segera hilang.

Vertigo bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, perubahan posisi dalam waktu yang sangat singkat akan memicu kambuhnya penyakit vertigo. Sensitifitas terhadap cahaya dan kebisingan juga akan membuat penyakit mudah muncul

Saat pusing sudah tidak bisa dikendalikan anda bisa saja merasa mual, muntah bahkan hilang kesadaran diri atau pingsan. Terhambatnya suplai darah yang membawa oksigen ke otak akibat otot disekitar mengalami kekauan merupakan penyebab utama vertigo.

Penyakit vertigo sangat mengganggu kegiatan dan kesehatan oleh sebab penyakit ini harus segera diobati agar tidak bertambah serius. Cara mengobati vertigo sebenarnya tidak terlalu sulit. Mengubah beberapa gaya hidup yang salah bisa menjadi salah satu cara mengobati vertigo.

Cara Mengobati Vertigo

Cara Mengobati Vertigo

Penyebab Penyakit Vertigo

Namun sebelum kita melihat beberapa cara mengobati vertigo sebaiknya kita lihat dulu secara pasti apa saja penyebab penyakit vertigo berikut ini:

  • Anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan kekurangan darah yang membuat suplai darah dari jantung menuju ke otak berkurang sehingga jumlah oksigen juga berkurang. Hal tersebutlah yang membuat anda menjadi pusing dan mengalami vertigo.

  • Stress

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika stress akan membuat syaraf yang ada di otak menjadi tegang dan membuat anda mengalami vertigo. Stress yang berlebihan juga akan membuat berbagai penyakit lain menyerang tubuh anda sebaiknya kelola stress dengan baik agar tubuh menjadi sehat.

  • Perubahan posisi

Merubah posisi dalam  waktu singkat akan membuat kepala anda pusing dan bisa menjadi salah satu penyebab vertigo. Seperti saat dalam posisi duduk dan akan segera berdiri yang dilakukan secara tiba-tiba.

  • Pengaruh obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan kimia yang berlebihan atau obat untuk penyakit tertentu seperti obat kejang bisa menyebabkan vertigo menyerang kepala anda.

  • Penyakit jantung

Saat jantung anda mengalami masalah maka kerja jantung dalam memompa darah menuju tubuh dan otak akan terhambat makan hal tersebut bisa membuat anda menderita penyakit vertigo.

Cara mengobati vertigo

Setelah kita melihat beberapa penyebab penyakit vertigo yang bisa terjadi akibat beberapa hal sebaiknya kita menghindari hal tersebut agar penyakit vertigo tidak menyerang tubuh kita. Namun jika penyakit vertigo sudah terlanjur menyerang kepala anda sebaiknya lakukan beberapa cara mengobati vertigo agar penyakit tersebut tidak bertambah parah.

Mari kita lihat beberapa cara mengobati vertigo yang akan membatu anda mengurangi dan menyembuhkan penyakit tersebut. Cara mengobati vertigo juga sangat mudah. berikut beberapa cara mengobati vertigo secara alami seperti:

1. Hindai mengubah posisi secara tiba-tiba

Cara mengobati vertigo bukan hanya dilakukan dengan mengkonsumsi oabt-obatan namun bisa anda lakukan dengan mengubah kebiasaan anda yaitu dengan cara menghindari mengubah posisi secara cepat dan tiba-tiba seperti saat anda bangun tidur sebaiknya jangan langsung duduk atau berdiri tapi biarkan anda dalam posisi tidur selama beberapa saat agar darah yang ada di otak menjadi normal

2. Hindari membawa gadget saat bepergian

Gadget yang sudah menjadi kebutuhan pokok saat ini sebenarnya memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan karena radiasi yang dihasilkan bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit salah satunya bisa menyebabkan vertigo, sebaiknya hindari membawa gadget saat bepergian atau saat anda di dalam kendaraan sebagai salah satu cara mengobati vertigo dan mencegah vertigo kambuh kembali.

3. Hindari musik dan suara keras

Penderita vertigo biasanya sangat sensitif terhadap cahaya dan suara keras. Sebaiknya hindari tempat-tempat yang bisa memicu kambuhnya vertigo. hindari juga menyetel musik terlalu keras agar vertigo tidak kambuh kembali. Cara sederhana ini juga ampuh mencegah dan mengobati vetigo.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga menjadi salah satu kunci hidup sehat. Begitu juga dengan penyakit  vertigo dapat disembuhkan dan dicegah dengan memperbanyak istirahat. Pastikan anda tidur 7 sampai 8 jam perhari agar penyakit vertigo anda tidak menyerang kembali.

Anda juga bisa istirahat atau tidur sesaat saat vertigo tiba-tiba menyerang agar rasa pusing yang anda rasakan cepat mereda.

5. Posisi nyaman

cara mengobati vertigo juga bisa dilakukan dengan mengambil posisi yang lebih nyaman.  Saat penyakit vertigo menyerang sebaiknya jangan paksakan tubuh anda tetap berdiri tapi cari posisi yang lebih nyaman seperti duduk atau berbaring.

Setelah itu biarkan tubuh anda beristirahat sejenak untuk menghilangkan rasa pusing yang berlebihan dan jangan panik saat penyakit tersebut menyerang anda.

6. Lakukan rukuk atau sujud

Vertigo dapat terjadi akibat aliran darah menuju otak terhambat yang akan membuat otak kekurangan oksigen. Sebaiknya setelah anda merasa lebih baik lakukan gerakan rukuk atau sujud agar aliran darah ke otak menjadi lancar dan suplai oksigen juga akan terpenuhi  sehingga rasa pusing tersebut dapat hilang dalam beberapa saat.

7. Minum air putih dan teh hangat

Mengkonsumsi air putih atau teh hangat setelah saat vertigo menyerang juga bisa meredakan gejala pusing yang anda rasakan. Cara ini juga membuat otak anda merasa segar dan relaks sehingga rasa pusing tersebut cepat mereda

8. Hindari keramaian

Menghinadri keramai yang akan memicu sesak napas dan rasa kurang nyaman bisa menjadi salah satu cara mengobati vertigo. keramaian akan memicu vertigo kambuh. Sebaiknya tempatkan diri anda pada keadaan yang nyaman untuk menghindai serangan vertigo yang datang tiba-tiba

9. Hindari rok*k

Kebiasaan merokok dapat memicu tubuh terserang berbagai penyakit. Zat adiktif seperti nikotin pada rokok sangat tidak baik bagi tubuh. Asap rokok juga sama pengaruhnya bagi tubuh. Sebaiknya hindari rokok dan asap rok*k agar anda bisa terhindar dari penyakit salah satunya dapat menghindari penyakit vertigo.

10. Jauhi minuman beralkoh*l

Jika anda salah seorang penderita vertigo sebaiknya hindari minuman yang mengandung alkohol agar penyakit anda bisa sembuh dan tidak kambuh kembali. Sebaiknya minuman beralkohol tifak hanya dihindari bagi penderita vertigo saja namun wajib dihindari semua orang agar tubuh anda lebih sehat

11. Hindari minuman berkafein

Selain minuman beralkoh*l, minuman berkafein juga harus anda hindari untuk mengobati penyakit vertigo. mengkonsumsi minuman berkafein akan membuat rasa pusing di kepala anda semakin bertambah parah itulah mengapa minuman ini harus anda hindari agar vertigo tidak kambuh kembali.

12. Madu

Mengkonsumsi madu secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan yang akan membantu melawan berbagai penyakit salah satunya penyakit vertigo. Berbagai kandungan di dalam madu sangat baik bagi tubuh.

Sebaiknya buat air madu setiap pagi dengan cara masukkan 3 sendok madu ka dalam 1 gelas air dingin lalu aduk. Setelah tercampur rata minum air madu tersebut secara rutin maka rasa pusing akibat vertigo dapat sembuh dengan mudah.

13. Teh hangat dan jahe

Minum segelas teh yang diberi sedikit jahe akan membuat otak anda merasa lebih tenang dan mengurangi ketegangan yang ada di kepala dan daerah sekitarnya. Cara ini akan membuat vertigo yang anda rasakan cepat menghilang.

Sebaiknya gunakan teh hijau yang mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi trubuh anda dari bahaya radikal bebas seperti asap rokok yang akan memperparah penyakit vertigo anda.

Buatlah 1 gelas teh tanpa gula, lalu tambahkan beberapa irisan jahe segar. Tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis. Lalu aduk semua bahan sampai tercampur setelah itu anda dapat meminum teh jahe selagi hangat.

14. Ketumbar dan madu

Mengkonsumsi madu yang dikombinasikan dengan ketumbar bisa menjadi salah satu cara mengobati vertigo. Ramuan ini akan memberikan rasa nyaman pada tubuh dan otak anda. langkah pertama yang harus anda lakukan adalah merendam 1 sendok ketumbar selama 1 hari.

Setelah 1 hari berlalu panaskan air rendaman tersebut sampai mendidih. Setelah itu angkat dan tunggu sampai air menjadi hangat, kemudian tambahkan 3 sendok madu lalu aduk dan minum ramuan tersebut segelas perhari sampai pusing yang anda rasakan menghilang

15. Strawberry dan yoghurt

Cara mengobati vertigo bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat menambah nutrisi dan energi. Mengkonsumsi jus strawberry yang dicampur dengan sedikit yoghurt sangat baik dikonsumsi penderita vertigo menambah nutrisi dan  membantu mengurangi gejala vertigo.

Mengkonsumsi jus Strawberry juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang akan membantu melawan penyakit dari dalam secara alami. Buatlah jus tersebut seperti saat anda membuat jus lainnya.

16. Susu dan kacang almond

Susu dan kacang almond merupakan obat vertigo yang rasanya enak dan berkhasiat tinggi. Tidak seperti penyakit lainnya yang menggunakan ramuan yang memiliki rasa pahit, namun penyakit vertigo ini justru menggunakan bahan alami yang memiliki rasa yang cukup enak. Selain enak tentunya juga bergizi tinggi dan menyembuhkan dengan cepat.

Sebab penyakit vertigo menekankan peningkatan nutrisi tubuh dan otak untuk mengobati penyakit ini. Bahan alami yang memiliki banyak nutrisi untuk obat vertigo selanjutnya adalah susu dan kacang almond.

Mengkonsumsi segelas susu hangat yang ditambahkan 2 sendok kacang almond yang telah dihaluskan setiap pagi akan mengurangi rasa pusing akibat vertigo yang anda alami.

Baca juga: Penyakit Telinga: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati serta Tips Mencegahnya

17. Susu hangat

Minum segelas susu hangat setiap pagi dapat meredakan gejala vertigo. susu juga dapat menghindari darah rendah dan anemia yang menjadi salah satu penyebab vertigo. oleh sebab itu susu hangat sangat baik dikonsumsi saat gejala vertigo menyerang anda.

Untuk menghindari kolesterol sebaiknya pilih susu rendah lemak. Buatlah segelas susu dengan cara tambahkan 2 sendok susu ke dalam segelas air hangat lalu aduk. Setelah itu anda dapat meminum susu tersebut setiap pagi dan malam menjelang tidur.

18. Tidur dengan posisi kepala lebih rendah atau sejajar dengan tubuh

saat kepala anda terasa berputar atau vertigo sebaiknya segeralah istirahat dan tidur sejenak. Tapi hindari penggunaan bantal saat anda tidur agar aliran darah ke otak menjadi lancar. Saat aliran darah berjalan lancar maka rasa pusing yang anda rasakan akan menghilang sedikit demi sedikit.

19. Jus lemon

Cara mengobati vertigo juga bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi segelas jus lemon yang ditambah sedikit taburan lada hitam bubuk. Cara ini juga dapat menenangkan dan memberikan kenyamanan bagi tubuh.

Minumlah segelas jus lemon setiap pagi setelah sarapan agar gejala vertigo seperti pusing, mual, muntah dan pingsan bisa berkurang

20. Daun teh

Daun teh yang biasa diekstrak menjadi bahan dasar pembuatan air teh ini juga bisa digunakan secara langsung untuk mengurangi gejala vertigo seperti pusing dan muntah. Daun teh juga bisa merelaksasi pikiran anda.

Caranya

  • Ambil 1 genggam daun teh
  • Cuci lalu rebus daun teh dengan 1 gelas air
  • Tunggu sampai air mendidih lalu angkat
  • Setelah itu minum selagi hangat

21. Buah manggis

Untuk mengobati berbagai penyakit biasanya kita menggunakan kulit manggis namun ternyata buahnya juga bisa dijadikan obat vertigo yang cukup ampuh. Nilai gizi di dalamnya dapat menutrisi tubuh dan mengobati vertigo yang mengganggu.

22. Minyak zaitun

Minum 2 sendok minyak zaitun setiap pagi untuk membantu meredakan vertigo yang menyerang anda. berbagai kandungan pada minyak zaitun memang sangat baik bagi tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya vertigo.

23. Yoghurt

Susu fermentasi yang satu ini juga sangat baik bagi tubuh dan kulit. Kandungan pada yoghurt lebih baik dari pada bahan dasarnya yaitu susu. Anda dapat mengkonsumsi yoghurt setiap hari agar penyakit vertigo bisa sembuh berkurang.

24. Konsumsi vitamin D

Inti pengobatan vertigo adalah penambahan nutrisi. Salah satu nutrisi yang digunakan untuk mengobati vertigo adalah vitamin D. Anda dapat mengoptimalkan kerja vitamin D dengan bantuan sinar matahari pagi di bawah jam 9.

25. Vitamin B6

Makanan yang mengandung vitamin B6 bisa anda konsumsi setiap hari guna mengurangi gejala vertigo seperti pusing, mual dan muntah. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B6 seperti pisang, alpukat, ikan tuna, ikan salmon, bayam, dan brokoli serta masih banyak makanan lainnya.

26. Vitamin C

Vitamin C akan meredakan pusing yang menyerang anda. vitamin C yang didapat dari bahan alami lebih dianjurkan dari pada vitamin C tablet untuk meredakan gejala pusing akibat vertigo. Bahan alami tentunya lebih aman dari pada vitamin C kemasan.

Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur yang tinggi vitamin C seperti jeruk, mangga, tomat, pepaya, kembang kol, paprika, melon dan brokoli.

27. Cabai rawit

Meski rasanya sangat pedas namun khasiat cabai rawit dapat menghilangkan gejala vertigo yang anda rasakan. Cabai rawit merupakan rempah  yang tinggi vitamin C serta mengandung ginko biloba yang dapat melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh dan otak

Beberapa kandungan tersebut tentu tidak dipungkiri lagi sangat baik bagi tubuh serta bisa mengobati vertigo yang anda alami. Batasi penggunaan cabai rawit jika anda mengalami gangguan pencernaan.

Itulah 27 cara mengobati vertigo yang bisa anda coba dirumah untuk membantu meredakan gejala vertigo seperti pusing, mual, muntah dan pingsan. Selamat mencoba semoga berhasil. Jangan lewatkan juga 17 Penyebab Kepala Pusing yang Wajib Anda Ketahui dan Cara Mencegahnya

Leave a Reply