7 Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria yang Ampuh!

Kesehatan reproduksi merupakan hal yang sangat penting. Jika tidak dijaga dengan baik, sistem reproduksi dapat mengalami berbagai macam permasalahan yang pada akhirnya berpotensi memicu terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan.

Walaupun sangat penting, sampai saat ini tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi yang benar.

Mayoritas orang, terutama kaum pria, cenderung masih tidak begitu peduli dengan kesehatan organ reproduksi mereka. Mereka biasanya baru mulai perduli ketika permasalahan terkait organ reproduksi mereka mulai teridentifikasi.

Tidak jarang karena terlambat teridentifikasi, kaum pria akhirnya harus mengalami hal – hal yang agak tragis, seperti mudah mengalami disfungsi ereksi, atau yang paling parah hingga mengalami kemandulan.

Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, Anda harus lebih “aware” lagi terhadap sistem reproduksi Anda.

Lantas, bagaimana sih cara yang tepat untuk menjaga kesehatan reproduksi kaum pria?

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria via Liputan6.com

Fakta Terkait Kesehatan Reproduksi Pria

Saat sebuah pasangan keluarga tidak kunjung mendapatkan momongan, mayoritas orang biasanya langsung memvonis bahwa kesalahannya ada pada kaum wanita. Padahal kenyataannya tidak seperti itu.

Menurut hasil penelitian, sekitar 20 sampai dengan 30 persen permasalahan tidak bisa mendapatkan momongan ternyata ditengarai oleh kesehatan organ reproduksi pria.

Dalam penelitian lainnya, disebutkan bahwa kaum pria bahkan cenderung lebih sering melakukan aktivitas yang beresiko mengganggu kesehatan reproduksi mereka. Dengan kata lain, kaum pria cenderung lebih sembrono terhadap kesehatan reproduksi mereka.

Menurut sebuah studi yang dilakukan salah satu universitas ternama di Amerika Serikat, disebutkan bahwa kaum pria yang rutin menjaga kesehatan reproduksi sedari muda cenderung memiliki risiko terserang kanker prostat yang lebih rendah.

Sebaliknya, pria yang kurang “aware” terhadap kesehatan reproduksi cenderung lebih rentan terserang kanker prostat.

Menurut penelitian lainnya, pria yang sembrono dan sering berganti pasangan seksual juga cenderung lebih rentan terserang penyakit menular seksual ketimbang mereka yang setia dan tidak suka “jajan” di sembarang tempat.

Nah, dari fakta – fakta di atas, jelaslah bahwa menjaga kesehatan reproduksi itu benar – benar penting!

Hal – Hal Buruk yang Beresiko Mengganggu Kesehatan Reproduksi Pria

Ada banyak hal buruk yang beresiko mengganggu kesuburan kaum pria. Dari mulai kebiasaan buruk yang terus diulangi setiap hari, kondisi fisik yang kurang ideal, sampai dengan perawatan diri yang salah, semuanya beresiko menimbulkan permasalahan pada sistem reproduksi pria.

Dari sekian banyak hal buruk yang beresiko mengganggu sistem reproduksi pria tersebut, beberapa yang dianggap paling fatal adalah: kebiasaan berganti – ganti pasangan, tidak sunat, kebiasaan mengonsumsi alkohol, kebiasaan merokok, obesitas, dan menggunakan pakaian yang terlalu ketat.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria

Untuk menjaga kesehatan organ reproduksi, kaum pria disarankan untuk melakukan beberapa alternatif cara di bawah ini:

1. Membatasi (Berhenti) Mengonsumsi Alkohol dan Merokok

Menurut sebuah studi yang dilakukan di sebuah lembaga penelitian asal Inggris, ditemukan fakta menarik bahwa pria yang merokok dan mengonsumsi alkohol cenderung memiliki sel sperma yang kurang berkualitas.

Sel sperma yang dihasilkan oleh pria perokok dan pengonsumsi minuman beralkohol cenderung jauh lebih sedikit. Dan parahnya lagi, jaringan sel sperma tersebut cenderung kurang lincah.

Untuk itu, jika Anda ingin bisa menghasilkan sperma dengan normal, sebisa mungkin batasi lah jumlah konsumsi rokok dan alkohol Anda. Jika memungkinkan, tinggalkan dua aktivitas ini dan gantilah minuman Anda dengan minuman yang lebih sehat.

2. Menjaga Berat Badan

Cara menjaga kesehatan reproduksi pria yang selanjutnya adalah dengan rutin menjaga berat badan.

Peluang untuk bisa memiliki keturunan dapat berkurang hanya karena permasalahan obesitas.

Menurut hasil penelitian, pria yang mengalami obesitas juga lebih rentan mengalami permasalahan disfungsi ereksi ketimbang mereka yang berberat badan normal.

Untuk itu, agar sistem reproduksi Anda bisa berjalan dengan normal, Anda disarankan untuk selalu menjaga berat badan Anda dalam kondisi ideal (tinggi badan dikurangi 90 – 100).

3. Jaga Kesehatan Organ Testis

Organ testis merupakan organ vital yang memegang peranan besar terhadap sistem reproduksi tubuh pria.

Untuk itu, jika ingin memiliki sistem reproduksi yang sehat, kaum pria harus selalu menjaga kesehatan organ testis mereka.

Dalam prakteknya, untuk menjaga kesehatan organ testis, Anda dapat menerapkan beberapa teknik berikut ini:

  • Kurangi / batasi aktivitas mandi / berendam di air hangat
  • Jika pekerjaan Anda menuntut Anda untuk duduk dalam kurun waktu yang lama, jangan lupa mengambil jeda setiap 30 – 60 menit sekali untuk berdiri dan berjalan ke tempat lain
  • Bila Anda bekerja di area yang bersuhu tinggi, ambil beberapa waktu untuk beristirahat di tempat sejuk secara teratur
  • Gunakan pakaian dalam yang longgar
  • Hindari mengendarai sepeda atau pun sepeda motor dalam kurun waktu yang terlalu lama

4. Jalankan Pola Makan dan Pola Hidup Sehat

Pola makan dan pola hidup sehat cenderung sangat berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi Anda.

Dengan makanan yang sehat dan tepat, tubuh Anda dapat memproduksi lebih banyak sel sperma dengan kualitas yang lebih baik.

Di lain sisi, dengan pola hidup yang sehat, aliran darah di tubuh Anda bisa berjalan dengan lebih lancar. Dengan begitu, organ – organ penting yang terkait dengan sistem reproduksi Anda akan mendapatkan suplai darah yang memadai.

5. Rutin Berolahraga

Dengan rutin berolahraga, tubuh Anda dapat terbebas dari permasalahan obesitas.

Di lain sisi, rutin berolahraga juga dapat membantu memperlancar aliran darah menuju ke organ reproduksi Anda.

Satu hal yang harus Anda ingat, jika ingin berolahraga, lakukanlah secara wajar.

Pasalnya, jika Anda berolahraga secara berlebihan, tubuh akan memproduksi terlalu banyak hormon steroid. Hal ini beresiko menurunkan tingkat kesuburan Anda.

6. Berhubungan Seks Secara Teratur.

Cara menjaga kesehatan reproduksi pria yang selanjutnya adalah dengan rutin berhubungan seks.

Hubungan seks dapat memicu organ p*nis untuk ereksi.

Ereksi sendiri merupakan hal yang sangat penting untuk organ p*nis.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang pakar seksologi asal Amerika Serikat, ditemukan fakta menarik bahwa pria yang tidak mengalami ereksi secara teratur beresiko mengalami penurunan elastisitas dan penyusutan orang p*nis sekitar 1 – 2 cm.

Untuk itu, jangan lupa untuk memperhatikan keteraturan ereksi organ p*nis Anda ya!

7. Upayakan untuk Sunat

WHO yang notabene merupakan organisasi kesehatan terbesar dunia merekomendasikan kaum pria untuk melakukan sunat demi mencegah penyebaran HIV.

Menurut penelitian tim ahli WHO, sunat telah terbukti dapat menurunkan risiko pria untuk terserang berbagai macam penyakit, seperti: kanker p*nis, HIV, dll.

Untuk itu, sebisa mungkin upayakanlah untuk menyunat organ p*nis!

****

Itulah sedikit informasi mengenai kesehatan reproduksi pria yang dapat kami bagikan kepada Anda.

Penting untuk diingat, dalam dunia kesehatan, menjaga jauh lebih baik serta lebih mudah dari mengobati. Untuk itu, sebelum semuanya terlambat, Anda kami sarankan untuk berupaya sebisa mungkin dalam menjaga kesehatan organ reproduksi Anda!

Akhir kata, selamat menerapkan tips di atas, dan semoga sukses ya! Jangan lewatkan juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut

Leave a Reply