37 Cara Mengatasi Asam Lambung Tinggi Secara Alami

Cara Menurunkan Asam Lambung – Asam lambung pada dasar nya merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Zat ini berperan aktif dalam proses pencernaan makanan di lambung. Dengan bantuan asam lambung, proses pencernaan makanan di lambung bisa berjalan dengan lebih cepat dan lebih maksimal.

Cara Menurunkan Asam Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung

Dalam kondisi tertentu, kadar asam lambung dapat mengalami peningkatan. Ketika hal ini terjadi, sistem pencernaan biasa nya akan mengalami gangguan. Untuk mengatasi nya, ada banyak cara menurunkan asam lambung yang bisa Anda coba. Beberapa di antara nya adalah sebagai berikut:

Opsi Cara Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung dapat menyebar ke organ pencernaan lain nya karena katup yang terdapat antara lambung dan kerongkongan tidak bekerja dengan baik. Dalam dunia kedokteran, kondisi seperti ini dikenal dengan istilah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Ketika gejala ini terjadi, penderita nya akan mengalami nyeri ulu hati, sakit dada, tidak nafsu makan, mulut pahit, susah menelan, kembung, perut terasa kenyang dan tidak nyaman, dll.

Simak selengkapnya: 15 Gejala Asam Lambung Naik yang Harus Anda Ketahui

Sampai saat ini belum ditemukan penyebab pasti terjadi nya GERD. Namun begitu, beberapa hal yang dapat memicu terjadi nya GERD yaitu: obesitas, kopi, alkohol, dan cokelat yang dikonsumsi secara berlebihan, esofagitis, kebiasaan telat makan, gastroparesis, mengenakan pakaian terlalu ketat, gastritis, stress dll.

Untuk mencegah terjadi nya GERD, Anda dapat menerapkan beberapa cara menurunkan asam lambung berikut ini:

A. Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Merubah Gaya Hidup

Menjalankan pola hidup sehat merupakan cara terbaik yang dapat ditempuh untuk mencegah penyakit asam lambung. Namun begitu, jika Anda sudah terlanjur mengalami sakit asam lambung yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, maka mengubah gaya hidup hanya akan membantu mencegah kambuh nya sakit asam lambung saja.

Ya, jika Anda sudah terlanjur mengalami sakit asam lambung, pola hidup sehat tidak akan bisa mengobati nya, namun hanya akan mencegah kambuh nya sakit asam lambung saja.

Beberapa aktivitas yang telah terbukti dapat dijadikan sebagai pencegah sekaligus cara menurunkan asam lambung yaitu:

1. Menghindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Beberapa bahan makanan seperti alkohol, kopi, santan, serta makanan tinggi lemak merupakan makanan pantangan bagi penderita asam lambung.

Jika Anda ingin sembuh, sebisa mungkin hindari lah bahan – bahan makanan tersebut. Atau kalau pun Anda ingin mengonsumsi nya, maka konsumsi lah dalam porsi yang wajar.

2. Hindari Hal – Hal yang dapat Menekan Perut

Cara menurunkan asam lambung yang ke dua adalah dengan menghindari hal – hal yang dapat menyebabkan tekanan pada perut, seperti pakaian yang terlampau ketat, gerakan sit up, gerakan membungkuk, dll.

3. Beristirahat dengan Cukup

Cara mencegah asam lambung yang selanjutnya adalah dengan selalu memenuhi kebutuhan istirahat harian Anda.

GERD cenderung terjadi ketika Anda mengalami stress dan tekanan mental. Dalam kasus ini, beristirahat dengan cukup dapat dijadikan sebagai alternatif cara mengatasi asam lambung secara alami.

Ketika kurang tidur, tubuh cenderung akan memproduksi hormon penyebab stress lebih banyak dari biasa nya. Sebaliknya, ketika tidur, tubuh cenderung akan lebih rileks, sehingga rasa stress bisa berkurang, dan sakit asam lambung pun dapat dicega.

4. Tidur dengan Bagian Atas Lebih Tinggi dari Bagian Bawah

Cara menurunkan asam lambung yang berikutnya adalah dengan mengatur posisi tidur, yaitu bagian tubuh atas dibuat lebih tinggi dari bagian tubuh bawah.

Posisi tidur seperti ini akan mencegah asam lambung naik kerongkongan. Kalau pun sudah naik, posisi tidur seperti ini cenderung akan mempercepat proses normalisasi kadar asam lambung dalam saluran pencernaan.

5. Makan Tepat Waktu

Makan tepat waktu ternyata juga ampuh lho untuk dijadikan sebagai alternatif cara menurunkan asam lambung.

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu penyebab naik nya asam lambung ke kerongkongan adalah karena telat makan. Maka dari itu, agar kadar asam lambung Anda tidak meningkat dan naik ke kerongkongan, jangan lupa untuk selalu makan tepat waktu ya!

B. Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Bahan Alami

Selain mempraktikkan cara menurunkan asam lambung di atas, Anda juga bisa mempraktekkan cara mengatasi asam lambung naik ke kerongkongan menggunakan bahan – bahan alami berikut ini:

1. Baking Soda

Baking soda dapat membantu menormalkan kadar asam lambung dalam tubuh. Untuk menggunakan nya, anda hanya perlu mengonsumsi satu gelas larutan baking soda (takaran satu sendok teh) secara rutin sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda disarankan untuk mengkonsumsi larutan baking soda ini sekitar 1 hingga 2 jam sebelum makan.

2. Jahe dan Madu

Cara menurunkan asam lambung yang ke dua adalah dengan mengkonsumsi campuran jahe dan madu. Campuran jahe dan madu dipercaya dapat membantu mempercepat proses pengosongan lambung. Ketika dikonsumsi oleh orang yang menderita sakit asam lambung, campuran dua bahan makanan ini akan membantu mengurangi terjadi nya gejala refluks asam lambung ke kerongkongan.

untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda dapat mengonsumsi 1 – 2 gram jahe dengan 1 sendok makan madu setiap 1 jam sebelum makan.

3. Konsumsi Makanan yang mengandung Vitamin B

Anda dianjurkan juga untuk mengkonsumsi makanan yang kaya dengan kandungan vitamin B.  Vitamin B yang dimaksud yaitu vitamin B2 dan B6. Kedua jenis vitamin B ini bermanfaat untuk menekan produksi asam lambung.

Bagi ibu hamil juga direkomendasikan untuk mengkonsumsi 2 jenis vitamin ini karena dapat menghilangkan gangguan asam lambung yang biasanya muncul selama kehamilan.

Lalu apa saja kira-kira jenis makanan yang kaya dengan vitamin tersebut. Silahkan anda konsumsi hati, berbagai jenis kacang-kacangan, bayam, ikan salmon, ikan tuna dan ikan sarden.

4. Teh Chamomile

Cara menurunkan asam lambung yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi teh chamomile secara rutin setiap hari.

Meski pun sampai saat ini belum ada penelitian yang menerangkan tentang dampak positif teh chamomile terhadap penderita asam lambung, namun sudah banyak masyarakat yang berhasil mengobati gejala maag dan dispesia menggunakan produk ini.

5. Konsumsi Permen karet Bebas Gula

Cara menurunkan asam lambung yang berikutnya adalah dengan selalu mengunyah permen karet bebas gula.

Mengunyah permen karet dapat membantu meningkatkan produksi air liur dalam mulut.

Air liur sendiri memiliki sifat basa, sehingga sangat pas untuk digunakan sebagai penetralisir asam lambung dalam sistem pencernaan.

6. Minum susu rendah lemak

Bagi anda yang menderita asam lambung tinggi sebaiknya anda mengkonsumsi susu rendah lemak. Susu rendah lemak ini mengandung obat maag alami yaitu antasida adalah kalsium. Selain itu susu juga termasuk minuman alkali yang bisa membuat perut menjadi lebih nyaman dan membantu pH tubuh alami sehingga bisa membuat penyebaran asam dalam perut menjadi lebih rendah.

7. Manisan jahe

Anda juga dianjurkan untuk makan manisan yang terbuat dari jahe murni, bukan pemanis jahe tentunya. Manisan jahe ini bermanfaat untuk menurunkan asam lemak dengan cara yang sangat alami. Selama ini jahe sering digunakan sebagai herbal atau obat alami untuk mengatasi mual dan muntah.

Kandungan gingerol di dalam jahe bermanfaat untuk lambung dan perut menjadi lebih nyaman.  Caranya, pertama silahkan makan manisan jahe buatan anda sendiri secara langsung atau rendam manisan jahe dengan air panas lalu meminum airnya saat masih hangat. Meskipun manisan jahe memiliki rasa yang sedikit pedas tapi ini sangat aman untuk lambung.

8. Manisan apel organik

Selain manisan jahe, anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi manisan apel organik. Manisan apel organik ini bermanfaat untuk menyembuhkan asam lambung. Apel memang memiliki rasa asam yang kuat tapi justru rasa asam inilah yang akan membantu produk asam lambung bisa terkendali. Namun ketika asam lambung sudah stabil atau tidak terasa sakit maka jangan terlalu banyak mengkonsumsi apel organik. Dan hindari makan bagian biji apel karena mengandung racun sianida yang menyebabkan keracunan.

9. Konsumsi Buah yang Menenangkan Lambung

Ada beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi para penderita asam lambung. Beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi yang dapat menenangkan lambung diantaranya apel, anggur, pisang, pir, melon, semangka dan cranberry. Semua buah ini mengandung nutrisi termasuk cairan yang banyak dan serat. Selain bisa menurunkan asam lambung maka buah ini juga bisa membuat perut Anda tidak terlalu sakit.

10. Hindari buah asam

Selain buah yang dianjurkan untuk anda konsumsi, ada beberapa buah yang harus anda hindari. Beberapa diantaranya buah jeruk, lemon, nanas, limau dan straberry asam. Semua buah yang mengandung asam bisa menyebabkan asam lambung menjadi lebih buruk.

Buah-buahan tersebut jika dikonsumsi dapat meningkatkan asam lambung sehingga sebaiknya anda hindari.

11. Konsumsi Makanan Produk Gandum

Saat asam lambung anda sedang naik, segera konsumsi makanan produk gandum seperti oatmeal, sereal, bubur gandum, pasta gandum sampai roti gandum. Produk gandum ini sangat baik untuk menurunkan asam lemak.

Beras merah juga baik untuk anda konsumsi. Semua makanan tersebut sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena kaya akan serat yang bisa dicerna oleh usus dengan baik sehingga bisa membatasi produk asam lambung.

12. Hindari produk daging berlemak

Saat makan hindarilah makanan produk daging berlemak tinggi. Karena produk daging berlemak tinggi akan menyiksa usus dan lambung kita. Lemak ini akan mengakibatkan perut melilit, gas dalam perut dan perut kembung. Beberapa jenis daging yang mengandung lemak rendah seperti daging ikan, putih telur, daging kambing tanpa lemak dan dada ayam tanpa lemak. Semua daging ini bisa dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang, namun hindari menggoreng produk daging ini.

13. Minum Air Cukup

Selain makan tepat waktu, penderita asam lambung tinggi juga sebaiknya mengkonsumsi air cukup.

14. Jangan Konsumsi Kafein

Bagi anda penderita asam lambung tinggi, hindari semua produk yang mengandung kafein. Karena kafein ini ini menyebabkan lambung kita memproduksi asam lebih tinggi. Tidak hanya itu, kafein ini juga dapat mengakibatkan detak jantung yang lebih cepat sehingga menyebabkan perasaan terbakar pada bagian diafragma.

Jika anda masih saja mengkonsumsi produk kafein makan ini dapat mengakibatkan penyakit maag atau tukak lambung. Beberapa jenis produk kafein yang harus dihindari seperti kopi, teh, coklat dan teh herbal dari daun mint.

15. Jangan Makan Terlalu Cepat

Selain dianjurkan untuk makan tepat waktu, anda juga sebaiknya jangan makan terlalu cepat. Kebiasaan makan terlalu cepat ini dapat menyebabkan usus harus bekerja lebih keras untuk mengolah makanan yang tidak tercerna dengan baik akibat terlalu cepat.

Nah, jika anda makan terlalu cepat maka produksi asam lambung menjadi sangat tinggi. Selain itu, makan terlalu cepat juga bisa menyebabkan banyak udara yang masuk ke perut. Ini bisa menyebabkan gas perut dalam lambung. Jadi perhatikan untuk makan dengan baik dan dikunyah hingga lembut.

16. Biasakan Makan dengan Posisi Duduk yang Benar

Ternyata posisi duduk juga berpengaruh untuk produksi asam lambung. Makan sambil bergerak berarti Anda makan ketika beberapa bagian otot tubuh juga banyak bergerak. Jika Anda sudah menderita asam lambung maka penyakit ini bisa menjadi lebih parah. pertimbangkan untuk makan di tempat duduk dengan postur tubuh yang baik. Biasakan untuk tidak terlalu membungkuk atau terlalu tegak saat makan.

17. Hindari Mengkonsumsi Protein dan Lemak Bersamaan

Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak secara bersamaan, karena hal ini dapat memicu asam lambung yang tinggi. Sebaiknya anda memilih apakah akan mengkonsumsi lemak terlebih dahulu atau protein, usahakan setidaknya berjarak sekitar 30 menit hingga salah satu nutrisi ini masuk ke pencernaan. Cara ini akan membuat lambung lebih nyaman dan Anda tidak akan merasa sakit karena asam lambung yang tinggi.

18. Jangan Mengkonsumsi Minuman Asam Sehabis Makan 

Untuk anda yang menderita asam lambung tinggi sebaiknya menghindari kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi minuman asam setelah makan. Kebiasaan seperti makan berat kemudian minum es jeruk ini dapat menyebabkan asam lambung diproduksi dengan cepat.

Minuman asam yang bercampur dengan protein, lemak dan karbohidrat akan menyebabkan proses pencernaan menjadi lebih lambat. Bahkan bisa memicu terbentuknya kanker di saluran pencernaan atau lambung. Zat asam menghambat proses pemecahan nutrisi lain termasuk karbohidrat, lemak dan protein. Jadi hindari kebiasaan ini sebagai cara menurunkan asam lambung.

19. Hindari Pemanis Buatan

Pemanis buatan pada makanan berdampak tidak baik untuk lambung. Tahukah anda pemanis buatan pada makanan ini dapat membuat perut terasa kenyang sesaat lalu bisa menekan rasa lapar dalam waktu yang lama. Kebiasaan ini kemudian akan membuat produksi asam lambung naik sehingga Anda tidak bisa makan dengan baik. jadi hindari makanan ini untuk menurunkan asam lambung secara alami.

20. Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan yang Digoreng

Untuk anda yang menderita asam lambung tinggi sebaiknya menghindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng. Tahukah anda makanan yang digoreng ini mengandung lemak tinggi yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Lemak juga bisa membuat bagian pencernaan mengandung banyak minyak sehingga asam lambung akan naik dengan cepat.

21. Batasi Konsumsi Makanan Fast Food

Makanan junk food atau fast food tidak sehat jika dikonsumsi terus menerus. Karena makanan cepat saji ini biasnaya mengandung MSG, dan garam yang lebih tinggi.

Garam yang tinggi ini dapat mengakibatkan tubuh membutuhkan banyak cairan dan ini bisa menyebabkan mual dan muntah. Kemudian makanan yang mengandung MSG akan merusak rasa lapar sehingga membuat perut tidak bisa  merasa lapar. Semua dampak ini akan membuat kadar asam naik dengan cepat.

22. Minum jus sayuran sebelum makan

Untuk menenangkan lambung anda sebaiknya konsumsilah jus sayuran sebelum makan. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi jus sayuran ini 30 menit sebelum makan. Sayuran hijau yang digunakan juga harus jenis organik sehingga tubuh aman dari ancaman pestisida. Setelah minum jus sayuran hijau maka beberapa jam  atau setidaknya satu jam kemudian maka bisa minum.

23. Minum madu dan air hangat

Mengkonsumsi madu dan air hangat bermanfaat untuk meredakan sakit perut karena asam lambung naik. Caranya silahkan campurkan beberapa sendok madu ke dalam satu gelas air hangat lalu aduk dan minum saat masih hangat. Madu mengandung beberapa mineral yang sangat penting untuk menyembuhkan asam lambung yang tinggi seperti magnesium, kalsium dan seng.

24. Hindari stres

Stres menjadi salah satu pemicu asam lambung naik dengan cepat. Stres mempengaruhi hormon dalam tubuh yang bisa membuat Anda merasa cemas, mulas, dan gangguan perut. Bahkan dalam waktu singkat stres bisa menyebabkan Anda seperti ingin mual atau muntah.

Sebaiknya anda hindari pemicu stres itu seperti dengan melakukan olahraga, berjalan-jalan keluar rumah, bertemu dengan teman, bersama keluarga dan bepergian. Anda bisa mencoba cara yang paling nyaman untuk diri Anda sendiri.

25. Dengan Jus Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk perawatan rambut saja, ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk mendinginkan perut kita. Bahkan gel lidah buaya ini berkhasiat untuk mengatasi peradangan dalam perut.

Mengkonsumsi jus lidah buaya ini juga membantu menyembuhkan tukak lambung yang sering menyebabkan asam lambung naik dengan cepat. Bahkan jus lidah buaya sangat baik untuk meredakan peradangan pada kerongkongan akibat terlalu sering terkena asam lambung.

Jika anda tidak terlalu suka dengan rasa lidah buaya, anda bisa menambahkan jus dengan air mineral atau air kelapa. Tapi jangan terlalu banyak minum jus ini karena bisa menjadi obat pencahar sehingga bisa menyebabkan diare dan mulas.

26. Makan sedikit tapi lebih sering

Nah, orang yang mengalami asam lambung tinggi sebaiknya makan lebih sering dalam porsi yang sedikit namun dalam intensitas sering. Jangan sampai makan menunggu sampai sangat lapar kemudian makan sampai terlalu kenyang. Kebiasaan ini dapat membuat asam lambung akan naik dengan cepat sehingga perut menjadi melilit.

27. Jangan Pakai Celana Ketat

Perlu juga untuk disimak, agar anda tidak mengenakan celana ketat karena hal ini bisa menekan area perut berlebihan sehingga juga bisa membuat rasa mulas. Bahkan ini akan membuat saluran pencernaan mengalami tekanan yang berlebihan. Jika sering digunakan maka celana ketat juga bisa berbahaya karena cairan perut akan naik melewati kerongkongan dan Anda bisa muntah.

28. Berhenti Merokok

Ternyata selain dapat menyebabkan serangan jantung, impotensi dan segudang masalah lainnya, merokok juga dapat memicu naiknya asam lambung. Kandungan nikotin pada rokok dapat membuat anda selalu merasa kenyang sehingga anda kurang selera makan.

Selain itu, nikotin pada rokok juga dapat mengakibatkan masalah tukak lambung dan luka pada usus. Jadi ketika Anda sering mengalami masalah asam lambung maka lebih baik untuk berhenti merokok.

29. Makan almond saat lapar

Almond sangat baik untuk dikonsumsi. Jika anda merasa lapar dan perut mulai sakit karena asam lambung naik, maka segeralah mengkonsumsi almond, karena kacang almond bermanfaat untuk menurunkan asam lambung. Kebiasaan ini juga sangat baik untuk membantu agar perut lebih netral karena asam lambung yang bisa dikendalikan dengan baik.

30. Makan pisang secara teratur

Buah yang satu ini sangat baik untuk kita konsumsi secara teratur. Pisang yang memiliki tekstur lembut ini sangat baik untuk membantu menyehatkan lambung kita. Selain itu buah pisang juga bermanfaat untuk mengatur agar detak jantung lebih stabil sehingga juga bisa menghilangkan cemas dan stres. Kebiasaan ini juga sangat baik untuk membantu melindungi lapisan perut, menenangkan perut dan membuat luka lambung bisa diatasi dengan baik.

Artikel terkait: 9 Panduan Cara Diet Pisang yang Benar untuk Bakar Lemak Hingga 18 Kg

31. Sarapan oatmeal setiap pagi

Untuk menjaga agar asam lambung tetap normal, anda juga bisa mengganti sarapan anda dengan oatmeal. Untuk anda yang menderita asam lambung, biasanya perut anda akan tidak nyaman pada pagi hari, nah agar asam lambung turun dengan cepat maka biasakan untuk makan oatmeal hangat setiap pagi.

Kebiasaan ini akan membuat lapisan pencernaan menjadi lebih santai sehingga asam lambung juga tidak naik. Bahkan oatmeal yang mengandung lemak sehat bisa membantu membuat bagian esofagus bawah menjadi sangat nyaman.

artikel terkait lainnya: 16 Makanan untuk Mengobati Asam Lambung yang Baik Dikonsumsi

C. Mengkonsumsi Obat Asam Lambung

Terakhir, selain menjalankan dua opsi cara menurunkan asam lambung di atas, Anda juga bisa mengkonsumsi berbagai macam produk obat penurun kadar asam lambung. Saat ini ada banyak sekali varian produk obat penurun kadar asam lambung yang dijual bebas di pasaran.

Namun begitu, untuk langkah yang lebih aman, Anda kami sarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar Anda bisa mendapatkan produk obat asam lambung yang benar – benar pas dengan kondisi dan tingkat keparahan sakit asam lambung yang Anda alami.

Simak selengkapnya: 9 Obat Asam Lambung Tradisional Paling Ampuh yang Ada di Sekitar Kita

Bagaimana? Sudah cukup lengkap bukan ulasan dari kami. Semoga bisa membantu anda penderita asam lambung tinggi

Demikianlah ulasan seputar cara menurunkan asam lambung tinggi secara alami yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: 17 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Harus Anda Waspadai

Leave a Reply