Cara Diet Jeruk Nipis: Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis ternyata cukup mudah. Anda hanya perlu mengkonsumsi air jeruk nipis secara rutin setiap hari, baik secara langsung mau pun dengan mengolah nya terlebih dahulu.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, berat badan berlebih merupakan salah satu permasalahan tubuh yang banyak dialami orang dewasa. Selain dapat merusak penampilan, berat badan berlebih ternyata juga dapat memicu timbul nya berbagai macam penyakit mematikan seperti stroke, serangan jantung, diabetes, dll.

Itu lah mengapa Anda harus selalu menjaga berat badan Anda, termasuk salah satu nya dengan menjalankan diet jeruk nipis.

Sampai saat ini sudah ada banyak sekali orang yang membagikan kisah sukses dan pengalaman diet jeruk nipis mereka. Tidak tanggung – tanggung, beberapa di antara nya bahkan ada yang berhasil menurunkan berat badan hingga puluhan kg.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Jeruk Nipis

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Jeruk Nipis

Nah, bila Anda saat ini sedang berencana menjalankan diet jeruk nipis 21 hari atau dalam jangka waktu yang lebih lama, berikut merupakan panduan cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis yang bisa Anda coba untuk terapkan:

Alternatif Cara Menurunkan Berat Badan dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat kaya akan kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan nutrisi yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi jeruk nipis yaitu mineral, kalsium, zat besi, asam sitrat, vitamin B1, fosfor, dan vitamin C.

Untuk bisa menurunkan berat badan menggunakan jeruk nipis, Anda sebenarnya hanya perlu mengonsumsi nya secara rutin setiap hari. Namun begitu, agar tidak bosan, Anda juga bisa mengkombinasikan nya dengan beberapa bahan makanan lain nya atau mengolah jeruk nipis terlebih dahulu menjadi minuman yang lebih lezat.

Beberapa alternatif cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut:

1. Air Jeruk Nipis Hangat

Alternatif pertama yang bisa Anda pakai dalam mengonsumsi jeruk nipis adalah dengan mencampur air perasan jeruk nipis dengan air hangat. Untuk membuat nya, Anda hanya perlu mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan segelas air hangat secara langsung.

Untuk mendapatkan sari jeruk nipis lebih banyak, sebelum diperas, Anda dapat memanaskan jeruk nipis terlebih dahulu di dalam microwave selama 2-5 menit.

Larutan jeruk nipis dengan air hangat ini bisa Anda konsumsi di pagi hari beberapa saat sebelum makan.

2. Jeruk Nipis dan Madu

Alternatif cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis yang ke dua adalah dengan mengkonsumsi campuran air jeruk nipis dan madu.

Madu memiliki kandungan nutrisi yang sangat luar biasa. Konon karena khasiat nya yang sangat luar biasa, madu telah digunakan sebagai bahan untuk merawat kulit para ratu di kerajaan Mesir kuno.

Ketika dicampurkan dengan madu, jeruk nipis cenderung akan lebih enak untuk dikonsumsi. Karena rasa madu yang manis, rasa asam pada jeruk nipis akan tersamarkan.

Tidak hanya itu, selain berfungsi sebagai ramuan alami untuk menurunkan berat badan, campuran jeruk nipis dan madu juga akan membuat kulit menjadi jauh lebih sehat dan kencang.

3. Larutan Air Jeruk Nipis Hangat dan Garam

Alternatif cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis yang ke tiga adalah dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air hangat dan garam.

Garam memiliki sifat menyerap air. Karena sifat osmosis nya ini, garam dipercaya dapat membantu mempercepat proses pelarutan air jeruk nipis dalam tubuh.

Meski pun begitu, dalam praktik nya, Anda tidak boleh menggunakan terlalu banyak garam. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari dampak negatif penggunaan garam berlebihan terhadap organ penting dalam tubuh.

4. Mengkonsumsi Pepaya dengan Jeruk Nipis

Alternatif cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi buah pepaya menggunakan perasan jeruk nipis.

Pepaya merupakan buah yang kaya akan kandungan serat dan vitamin. Selain dapat memperlancar proses pencernaan, pepaya juga sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan makanan untuk diet.

Penting untuk diingat, buah pepaya yang Anda konsumsi sebaik nya merupakan buah pepaya yang belum terlalu tua. Anda dapat memotong nya dengan bentuk dadu berukuran sedang, lalu mengucuri nya dengan perasan jeruk nipis.

Agar air jeruk nipis menyerap ke dalam daging buah, Anda dapat mengaduk nya hingga merata.

Artikel terkait: keBadan

5. Campuran Jeruk Nipis, Cabai, dan Madu

Alternatif cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis yang berikutnya adalah dengan mengkonsumsi campuran air jeruk nipis, cabai, dan madu.

Meski pun terkesan agak aneh, tapi tahu kah Anda bahwa cabai memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi? Ya, karena kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi ini lah cabai dijadikan sebagai bahan untuk diet.

Untuk mencampurkan ke tiga bahan tersebut, Anda dapat mengiris tipis – tipis satu buah jeruk nipis terlebih dahulu. Selanjutnya tumbuk 1 buah cabai hingga halus lalu masukkan jeruk nipis dan cabai yang telah dihaluskan ke dalam satu gelas air putih. Jangan lupa tambahkan pula satu sendok teh madu, lalu aduk hingga semua bahan tercampur dengan merata.

Larutan tersebut bisa Anda konsumsi secara rutin sesaat sebelum makan.

6. Campuran Jeruk Nipis dengan Teh Hijau

Alternatif cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi campuran jeruk nipis dan teh hijau.

Teh hijau sangat kaya akan anti oksidan yang dapat memerangi racun dan toxin dalam tubuh. Tidak hanya itu, teh hijau juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan berlebih.

Untuk membuat campuran jeruk nipis dan teh hijau, Anda dapat menyeduh teh hijau terlebih dahulu menggunakan 200 ml air hangat. Setelah itu, Anda dapat menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam nya.

Larutan tersebut bisa Anda konsumsi sebagai minuman sehari – hari Anda.

Artikel terkait: 9 Resep Teh Hijau Untuk Diet : Tips Cara Cepat Menurunkan Berat Badan yang Aman

7. Buat Infused Water 

Alternatif cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis yang ke tujuh adalah dengan mengolah jeruk nipis menjadi infused water.

Infused water saat ini telah menjadi salah satu alternatif minuman kesehatan yang banyak dipilih. Nah, kalau kebanyakan orang biasa nya membuat infused water menggunakan jeruk lemon, dalam proses diet Anda dapat mengganti nya dengan jeruk nipis.

Jika mau, Anda juga bisa turut menambahkan buah strawberry.

8. Jeruk nipis, gula batu dan es 

Cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis selanjutnya adalah dengan membuat minuman segar berbahan dasar jeruk nipis. Jika cuaca sedang panas pasti segar kalau minum yang sejuk-sejuk. Nah, anda juga bisa membuat minuman pembakar lemak dari jeruk nipis. Caranya silahkan potong jeruk nipis menjadi 2 bagian kemudian peras.

Tambahkan es dan gula batu pada perasan jeruk nipis tersebut. Selanjutnya tambah juga sekitar 400 ml air putih. Aduk dan tambahkan beberapa es batu agar lebih segar. Gula batu ini mengandung kalori yang lebih rendah.

9. Teh hijau dan jeruk nipis

Kalau selama ini anda hobi minum teh, silahkan lanjutkan hobi anda tersebut. Namun ada sedikit tambahan agar hobi minum teh ini bermanfaat untuk membakar lemak. Silahkan tambahkan perasan jeruk nipis pada teh hijau yang anda seduh.

Caranya sama seperti biasa, silahkan seduh sekitar 200 ml teh hijau dan air hangat kemudian belah dua jeruk nipis dan peras jeruk nipis tersebut. Minum teh hijau dicampur dengan jeruk nikis 5 cangkir sehari dapat membantu menurunkan berat badan.

10. Jeruk nipis dengan minyak kayu putih 

Tidak semua perasan air jeruk nipis itu untuk diminum. Nah, anda bisa menggunakan perasan jeruk nipis yang ditambah dengan minyak kayu putih untuk digosokkan ke perut anda.

Caranya yaitu, pertama silahkan masukan perasan jeruk nipis kedalam mangkuk kecil lalu tambahkan 5 tetes minyak kayu putih lalu aduk hingga merata. Setelah itu gosokkan campuran jeruk nipis dan minyak kayu putih ini kebagian perut anda dan pijat lembut sekitar 15 menit. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu maka perut anda akan mengecil.

11. Jeruk nipis dengan kapur sirih 

Jika anda memiliki kapur sirih di rumah, ini bisa dimanfaatkan untuk membakar lemak di tubuh anda. Caranya yaitu pertama silahkan peras jeruk nipis kemudian masukan ke dalam mangkuk kecil setelah itu tambahkan juga beberapa kapur sirih ke dalamnya dan aduk hingga rata.

Setelah itu lumuri perut anda dengan ramuan ini lalu gosok selama kurang lebih 15 menit maka perut anda tidak lagi terlihat buncit. Selain diaplikasikan di perut anda juga bisa mengaplikasikan ramuan ini dibagian wajah dan badan. Lakukan cara ini 3 kali dalam seminggu maka kulit wajah dan tubuh anda menjadi sehat dan halus.

12. Puding Jeruk Nipis 

Buat anda yang suka ngemil, tidak ada salahnya kalau mengganti cemilan anda dengan yang lebih sehat. Anda bisa membuat puding yang berbahan dasar jeruk nipis. Silahkan siapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan :

  • 750 cc air
  • 2 bungkus agar-agar tanpa warna
  • 150 gram gula pasir rendah kalori
  • 1 bungkus susu kental manis
  • garam secukupnya
  • vanili secukupnya
  • pewarna hijau secukupnya
  • 2 buah jeruk nipis lalu peras sari buahnya

Cara membuatnya:

  • Pertama panaskan sekitar 750 cc air, masukkan garam, vanili, gula secukupnya.
  • Lalu masukan 2 bungkus agar-agar dan pewarna hijau aduk hingga rata.
  • Tunggu sampai mendidih dan masukan perasan jeruk nipis kedalam panci dan aduk hingga merata.
  • Sekitar 20 menit atau telah mendidih angkat lalu tuang ke cetakan agar-agar.
  • Masukan cetakan agar-agar kedalam kulkas agar cepat dingin. Saat anda ingin menikmatinya jangan lupa tuang susu kental manis agar lebih enak.

13. Lime Mint 

Anda juga bisa membuat minuman lime mint yang sangat bermanfaat untuk membakar lemak dengan cepat. Silahkan siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan berikut ini:

Bahan :

  • 4 daun mint
  • 4 buah jeruk nipis, 2 dipotong tipis dan 2 lainnya diperas sari buahnya
  • 500 ml soda tawar
  • es batu
  • 150 gram gula pasir rendah kalori
  • 500 cc air
  • 2 sdm bubuk sari buah jeruk nipis
  • 3 lembar daun jeruk nipis

Cara membuatnya:

  • Pertama panaskan 500 cc air, lalu masukan gula, perasan jeruk nipis, bubuk sari buah jeruk nipis dan daun jeruk nipis yang telah dicincang terlebih dahulu masak hingga mendidih.
  • Setelah itu siapkan gelas jus dan tuang masakan yang telah dingin.
  • Lalu masukan potongan jeruk nipis, daun mint, dan soda tawar. Agar lebih segar masukan juga es batu. Dan lime mint dapat dinikmati.

14. Jus Jeruk Nipis 

Anda juga bisa membuat jus dari jeruk nipis. Silahkan siapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan :

  • 2 buah jeruk nipis
  • 100 gram gula pasir rendah kalori
  • 450 cc air
  • es batu

Cara membuatnya:

  • Pertama silahkan potong jeruk nipis lalu peras sari buahnya.
  • Masukkan 100 gram gula pasir rendah kalori, air dan perasan jeruk nipis lalu aduk hingga rata.
  • Minuman ini sudah dapat dinikmati, tetapi agar lebih segar tambahkan pula es batu kedalam gelas.

15. Jus wortel dan jeruk 

Buatlah jus wortel dan jeruk nipis. Berikut ini bahan-bahan yang harus anda persiapkan:

Bahan:

  • 2 wortel
  • 1 buah jeruk nipis
  • 100 cc air
  • 100 gram gula pasir rendah kalori
  • 1 bungkus susu kental manis
  • es batu

Cara membuatnya:

  • Pertama silahkan kupas dan cuci wortel lalu potong dadu.
  • Lalu potong jeruk nipis dan ambil sari buahnya saja.
  • Masukan potongan wortel, air, gula, susu kental manis, dan es batu kedalam blender.
  • Blender semua bahan hingga halus, setelah itu tuang perasan jeruk nipis dan aduk hingga merata.
  • Lalu tuang dalam gelas jus dan jus wortel jeruk nipis dapat dinikmati.

16. Sate Jeruk Saus Karamel 

Sate jeruk? Hmm, bagaimana rasanya ya? Silahkan cobain sendiri. Siapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan :

  • 4 jeruk nipis
  • 150 gram gula pasir rendah kalori
  • tusuk sate

Cara membuatnya:

  • Pertama silahkan kupas jeruk nipis (anda bisa menggunakan jeruk lainnya seperti jeruk sunkist) lalu tusuk jeruk dengan tusukan sate.
  • Panaskan panci lalu masukan 150 gram gula pasir hingga mencair.
  • Tata tusukan jeruk pada piring lalu oles jeruk dengan karamel gula.
  • Sate jeruk saus karamel siap dihidangkan.

17. Wedang Jahe Jeruk Nipis 

Selanjutnya anda bisa membuat wedang jahe dan jeruk nipis untuk dinikmati di malam hari yang dingin. Silahkan siapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan :

  • 2 buah jeruk nipis
  • 1 ruas jahe
  • kayu manis
  • 3 sdm madu
  • 200 cc air
  • gula batu

Cara membuatnya:

  • Potong jeruk nipis dan ambil sari buahnya. Lalu jahe di cuci dan di tumbuk sedikit halus.
  • Masak air lalu masukan jahe dan kayu manis hingga mendidih dan tambahkan madu.
  • Setelah semua tercampur rata dan mendidih, saring dan masukan kedalam gelas yang telah dibeli perasan jeruk nipis dan gula batu.
  • Wedang jahe jeruk nipis siap dinikmati. Ini sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

18. Jus pepaya dan jeruk nipis 

Buat jus pepaya dan jeruk nipis untuk membakar lemak secara maksimal. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan :

  • 1 buah pepaya yang sudah agak matang
  • 1 jeruk nipis
  • 100 gram gula pasir rendah kalori
  • 150 cc air
  • 1 bungkus susu kental manis
  • es batu

Cara membuatnya:

  • Pertama silahkan kupas dan cuci pepaya lalu potong seperti dadu.
  • Potong dan peras sari buah jeruk nipis lalu masukan kedalam mangkok kecil.
  • Masukan potongan pepaya, gula, susu kental manis, air, dan es batu kedalam blender.
  • Blender hingga halus dan setelah itu masukan perasan jeruk nipis aduk hingga rata.
  • Setelah itu masukan kedalam gelas jus, dan jus pepaya jeruk nipis siap dinikmati.

19. Milk Punch 

Anda juga bisa membuat minuman segar dari jeruk nipis plus susu. Berikut ini bahan yang dibutuhkan:

Bahan :

  • 1 bungkus susu kental manis
  • 2 buah jeruk nipis
  • 150 cc air
  • es batu

Cara membuatnya:

  • Pertama silahkan potong dan peras sari buah jeruk nipis.
  • Masukan 1 bungkus susu kental manis, perasan jeruk nipis, dan air kedalam gelas lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Agar lebih segar masukan juga es batu dan milk punch siap dinikmati di cuaca yang panas.

20. Es Tipis ( Mentimun Jeruk Nipis ) 

Tambahkan mentimun pada jeruk nipis, maka perut anda bisa menjadi tipis. Siapkan bahan-bahannya berikut ini:

Bahan :

  • 1 buah mentimun
  • 2 buah jeruk nipis
  • 150 cc air
  • es batu

Cara membuatnya:

  • Pertama silahkan kupas dan cuci mentimun.
  • Setelah bersih serut mentimun dan masukan kedalam gelas jus.
  • Potong 2 buah jeruk nipis dan peras sari buahnya kedalam gelas yang telah diberi serutan mentimun.
  • Setelah itu masukan 150 cc air dan aduk hingga tercampur rata. Agar lebih segar tambahkan pula es batu.

21. Asinan rambutan 

Nah, anda yang gemar makan asinan, cobalah buat asinan asinan rambutan yang ditambahkan jeruk nipis. Berikut ini bahan yang dibutuhkan:

Bahan :

  • 10 buah rambutan
  • 2 buah jeruk nipis
  • 5 cabai rawit
  • air

Cara membuatnya:

  • Pertama silahkan kupas buah rambutan lalu pisahkan daging dengan isinya.
  • Tumbuk 5 cabai rawit atau sesuka anda hingga halus. Iris tipis jeruk nipis lalu sisihkan.
  • Siapkan baskom lalu masukan daging buah rambutan, cabai rawit halus, dan irisan jeruk nipis.
  • Jangan lupa juga masukan sedikit air lalu aduk hingga merata. Asinan rambutan siap dinikmati beramai-ramai.

22. Infused Water dengan jeruk nipis dan daun mint 

Selain dengan mentimun, cara diet dengan jeruk nipis anda juga bisa mencoba infused water dengan daun mint. Caranya hampir sama dengan infused water di atas tadi. Potonglah daun mint menjadi dua bagian dan jeruk nipis menjadi potongan tipis-tipis. Masukan dalam gelas yang berisi air putih. Simpan infused water dengan daun mint ini didalam kulkas terlebih dahulu.

23. Mimun Jeruk Nipis Pada Malam Hari

Cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis yang terakhir adalah dengan sebelum tidur sekitar setelah 2 jam lebih usai makan malam (Usahakan makan malam tidak lebih dari jam 18.00), minum campuran air jeruk nipis, air hangat dan madu sebagaimana yang dilakukan pada pagi hari.

Jika anda mengkonsumsi jeruk nipis sebelum tidur ini maka lemak-lemak di tubuh akan terbakar dengan cepat.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Selain untuk diet menurunkan berat badan, jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Berikut ini daftar manfaat jeruk nipis yang harus anda ketahui:

1. Menyehatkan Sistem pencernaan dalam tubuh 

Manfaat jeruk nipis yang pertama adalah untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh kita. Jeruk nipis bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan mulai dari sembelit, perut kram atau pun usus yang kotor dan bisa menyebabkan usus buntu.

Kandungan asam nitrat yang tinggi di dalam jeruk nipis akan bekerja sama dengan asam lain yang ada dalam tubuh membantu menyehatkan pencernaan. Selain itu, kadar asm nitrat dan vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis juga berkhasiat untuk membantu penyerapan gula yang ada didalam tubuh sehingga terhindar dari obesitas atau pun kegemukan.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, jeruk nipis juga sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dari dalam. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C di dalamnya yang sangat tinggi. Jika tubuh kita memiliki sistem imun yang kuat maka akan kebal terhadap berbagai penyakit.

Beberapa penyakit seperti sakit flu, batuk, demam, diare, dan penyakit-penyakit yang lebih bahaya lainnya akan sulit menyerang tubuh kita.

3. Membakar Lemak Sehingga Berat Badan Turun

Ini di manfaat jeruk nipis yang secara khusus kita ulas, yaitu untuk membakar lemak di dalam tubuh kita. Caranya sudah dibahas panjang lebar di atas.

4. Mencerahkan Kulit Secara Alami 

Manfaat jeruk nipis lainnya adalah untuk mencerahkan kulit secara alami. Perawatan kulit dengan jeruk nipis ini terbukti dapat membersihkan berbagai kotoran yang ada di kulit kita. Misal saja komedo, kita bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk mengatasinya, caranya yaitu potong 1 buah jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu tetesi jeruk nipis dengan madu. Setelah itu gosokan jeruk nipis kebagian wajah yang berkomedo selama kurang lebih 5 menit. Cuci wajah dengan sabun dan air dingin lalu keringkan dengan handuk.

Untuk manfaat lainnya, silahkan simak pada: 14 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet yang Harus Anda Ketahui

5. Meringankan sakit kepala 

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk meringankan sakit kepala yang kita alami. Caranya yaitu silahkan potong dua bagian jeruk nipis lalu gosokan perlahan pada pelipis kepala anda. Dengan ini sakit kepala anda akan berangsur berkurang.

6. Meningkatkan pertumbuhan rambut 

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut kita. Jika rambut anda tipis, lepek, atau lambat panjang, silahkan gunakan jeruk nipis untuk mengatasinya. Caranya yaitu pertama silahkan cuci rambut terlebih dahulu, lalu balurkan perasan air jeruk keseluruh rambut tapi jangan sampai terkena ke kulit rambut. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu cuci rambut kamu dengan air dingin hingga bersih.

Jangan lupa pakai condisioner agar rambut menjadi halus. Selain mempercepat pertumbuhan rambut, jeruk nipis juga bermanfaat untuk membuat rambut berkilau, mencerahkan warna rambut dan menghilangkan ketombe.

7. Dapat Mengobati batuk 

Manfaat jeruk nipis yang satu ini tentu sudah tidak diragukan lagi. Bahkan orang tua dahulu tidak mengkonsumsi obat-obatan untuk mengobati batuk, cukup dengan menggunakan jeruk nipis, maka batuk langsung terkikis.

Caranya sangat mudah, yaitu peras jeruk nipis 1 buah kemudian tambahkan madu dan sedikit garam lalu minum 2-3 kali sehari. Apabila anda tidak mau terlalu ribet dengan bahan yang diatas, cukup campurkan perasan jeruk nipis dan kecap minum 2-3 kali sehari maka batuk anda akan segera reda.

8. Membantu mengurangi kebiasaan merokok 

Anda seorang perokok berat? Nah, jeruk nipis ini juga bermanfaat untuk membantu anda mengurangi kecanduan rokok.Caranya yaitu hisaplah potongan jeruk nipis lalu minumlah air putih maka lama kelamaan kebiasaan merokok anda akan menghilang.

9. Mengobati demam 

Selain untuk mengobati batuk, jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengatasi demam. Caranya yaitu minumlah air yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis 3 kali sehari maka demam anda akan segera turun.

10. Mengatasi haid yang tidak lancar 

Untuk anda yang sering mengalami gangguan ketika haid, maka jeruk nipis ini bisa menjadi solusinya. Caranya konsumsi perasan jeruk nipis dan 2 sdm madu asli lalu tambahkan kedalam 150 cc air hangat. Minumlah 3 kali dalam sehari.

Efek Samping Diet Jeruk Nipis

Selain bermanfaat untuk membakar lemak, diet jeruk nipis juga memiliki efek samping yang harus kita perhatikan. Berikut ini diantaranya:

1. Gigi ngilu

Efek samping pertama yaitu gigi ngilu. Efek ini mungkin tidak semua orang mengalami, namun jika anda mengalaminya hal ini dikarenakan zat asam pada buah jeruk nipis memicu otot-otot pada gigi menjadi bereaksi. Jadi sering kali saat minum air putih di pagi hari gigi terasa ngilu, itu akibat panjang dari mengkonsumsi jeruk nipis yang berlebihan.

2. Memicu asam lambung yang tinggi

Asam lambung meningkat bukan karena rasa jeruk nipis yang asam, melainkan karena kandungan asam sitrat yang sangat tinggi. Apalagi kita minum air dengan perasan jeruk nipis ini dipagi hari saat perut sedang kosong maka dengan seketika asam lambung kita menjadi naik dan mengakibatkan nyeri diperut. Jika ini dikakukan terus menerus akan terjadi kerusakan pada lambung atau yang biasa disebut tukak lambung.

3. Perut sakit seperti diremas-remas

Untuk penderita maag sebaiknya tidak mengkonsumsi perasan jeruk nipis ketika perut sedang kosong.

4. Memicu mual dan muntah

Selain perut seperti diremas-remas, bisa juga hingga mual dan muntal. Hal ini terjadi dikarenakan asam lambung yang tinggi naik ke tenggorokan dan memicu mual dan muntah pada penderita maag.

5. Perut menjadi begah

Sebaiknya anda tidak mengkonsumsi perasan jeruk nipis ini secara berlebihan karena dapat mengakibatkan perut menjadi begah. Ini terjadi karena asam lambung yang naik dan menghasilkan gas yang berlebihan. Asam lambung yang naik ini juga membuat perut terasa penuh dengan cairan dan begah.

6. Diare

Efek samping berikutnya adalah diare. Hal ini dikarenakan asam sitrat akan mendorong makanan cepat menuju usus besar, sehingga nutrisi dalam makanan tidak bisa diserap secara sempurna. Dan hal inilah yang menyebabkan diare.

7. Mengikis email gigi

Efek samping berikutnya adalah email gigi akan menipis. Apalagi dalam waktu yang panjang dan jumlah yang banyak. Konsumsi secukupnya saja.

8. Membuat air liur berlebih

Mengkonsumsi perasan jeruk nipis secara terus menerus juga dapat mengakibatkan produksi air liur berlebihan sebagai akibat dari kandungan asam sitrat. Asam sitrat akan membuat enzim ptialin memproduksi air liur yang berlebihan.

9. Bau mulut

Bua mulut juga menjadi salah satu efek samping dari diet jeruk nipis ini. Hal ini dikarenakan naiknya asam lambung dan ini mengakibatkan bau mulut. Bau mulut tidak hanya terjadi saat kita mengkonsumsi makanan yang dapat membuat mulut jadi bau seperti jengkol atau pete tetapi asam lambung yang tinggi dan naik ke tenggorokan dapat memicu bau pada mulut.

10. Pembentukan batu ginjal

Efek samping yang satu ini terjadi jika kita mengkonsumsi perasan jeruk nipis secara berlebihan dan setiap hari.. Pembentukan batu ginjal ini terjadi karena asupan vitamin C yang sangat tinggi pada jeruk nipis. Selain itu juga batu ginjal juga disebabkan oleh kurangnya volume urin dan menumpuknya unsur senyawa garam pada ginjal yag tidak dapat disaring.

11. Insomnia atau susah tidur

Efek samping yang terakhir adalah insomnia. Insomnia terjadi karena mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C yang tinggi. Jadi memperhatikan kandungan makanan yang kita konsumsi sehari-hari itu sangat penting.

Itu lah beberapa alternatif cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis yang bisa Anda coba untuk terapkan. Sekedar tambahan, agar hasil yang Anda dapatkan lebih maksimal, selain menjalankan diet jeruk nipis, Anda juga kami sarankan untuk berolahraga dengan giat dan menerapkan pola makan yang benar.

Sebisa mungkin hindari lah makanan – makanan berlemak dan perbanyak lah mengkonsumsi makanan tinggi protein dan rendah lemak. Selamat mencoba dan semoga sukses ya!

Sebagaimana sudah disampaikan dia atas bahwa cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis ini memiliki efek samping, maka dari itu kita harus lebih berhati-hati, jangan berlebihan.

Jangan lewatkan juga: Daftar Olahraga untuk Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Leave a Reply