27 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami yang Bisa Anda Terapkan

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami  – Langsing merupakan sebuah kata yang mudah diucapkan namun sangat sullit untuk mendapatkannya. Berbagai cara rela ditempuh untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Timbuhan lemak pada tubuh juga dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Pada saat ini banyak pola hidup yang buruk yang dapat mengakibatkan timbunan lemak semakin subur berada di tubuh kita. Seperti pola makan yang tidak sehat dengan banyak mengkonsumsi makan cepat saji yang tidak sehat.

Pola hidup yang kurang baik juga sangat mempengaruhi bentuk badan kita seperti terlalu banyak menonton televisi dan terlalu banyak di depan layar komputer yang membuat kita malas bergerak. Tubuh yang jarang digerakkan juga dapat membuat lemak tertimbun ditubuh.

Bagi sebagian orang mendapatkan berasehat badan yang ideal menjadi mimpi yang sangat sulit untuk diraih. Banyaknya godaan saat ini seperti menjamurnya restoran yang menyediakan makan yang lezat biasanya mengandung banyak lemak, santan, dan minyak membuat kita sulit mengendalikan.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Sedang Diet

Tanpa disadari berbapa kesalahan kecil berikut ini tenryata dapat mengganggu program diet yang sedang kita jalankan, kira-kira apa saja ya? Silahkan simak berikut ini:

  1. Kesalahan saat diet yang pertama adalah melewatkan menu makanan utama dengan sengaja, padahal cara ini justru akan membuat anda sering mengemil makanan-makanan ringan di sela waktu makan utama.
  2. Selain itu, banyak juga orang yang menyepelekan kandunan makanan ringan, padahal ada beberapa cemilan yang jumlah kalorinya tidak disangka banyak. Jadi jangan lupa memeriksa label nutrisi sebelum ngemil.
  3. Selain makanan minuman juga harus kita perhatikan. Percuma saja kalau makanan sudah kita jaga dengan baik, namun ternyata kita malah mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan kalori tinggi, seperti kopi dengan krim ataupun minuman soda. Padahal minuman-minuman semacam itu jumlah kalorinya tidak kalah dibandingkan dengan makanan yang berusaha kamu hindari.
  4. Kesalahan saat diet yang berikutnya adalah kurang mengkonsumsi air putih, kesalahan yang satu ini tidak jarang juga terjadi, padahal air mineral penting untuk meningkatkan metabolisme.
  5. Kesalahan yang terakhir adalah seringnya menetapkan target berat badan yang kurang realistis, misalnya saja mengurangi berat badan 5 kilogram seminggu. Hal ini malah akan memicumu untuk melakukan segala cara agar berat badan turun termasuk cara diet tak sehat. Akhirnya kamu bisa stress dan makan lebih banyak.

Nah, sebisa mungkin hindarilah kesalahan-kesalahan di atas agar diet anda bisa berjalan sesuai dengan rencana dan target yang sudah dibuat.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Lemak yang tertimbun pada tubuh membuat kita menjadi gendut. Lama-kelamaan akan menjadi obesitas lalu kita akan lebih susak bergerak. Dan akan mengganggu kesehatan kita. Bagi pemilik lemak berlebih yang sedang berusaha untuk menurunkannya dengan banyak cara, kami akan membantu anda dengan cara menurunkan berat badan secara alami yang tidak terlalu sulit melakukannya. Adapun beberapa cara menurunkan berat badan secara alami sebagai berikut:

  1. Jangan Meninggalkan Sarapan

Kebanyakan diet yang dilakukan sebagian orang yaitu meninggalkan sarapan yang justru akan meningkatkan selera makan disiang hari yang justru akan menyiksa kita. Meninggalkan sarapan juga akan menghambat metabolisme tubuh.

Sarapan juga akan membantu beraktivitas tetap aktif. Selengkapnya simak ulasan: 15 Ide Menu Sarapan Sehat Agar Berat badan Tetap Ideal

  1. Awali Dengan Air Putih

Saat kita akan melakukan aktifitas makan ada baiknya kita meminum air putih terlebih dahulu untuk menjaga nafsu makan kita karna sudah merasa kenyang sebelum kita akan makan .

Hal itu sangat baik karna kita akan mengurangi porsi makan kita yang dapat membantu menurunkan berat badan secara alami. Baca juga: 13 Tips Diet Air Putih yang Mudah untuk Dilakukan

  1. Konsumsi Protein

Dalam proses diet protein sangat dibutuhkan karna dapat membantu membakar lemak yang baik. Protein dapat kita peroleh dari makanan seperti putih telur.

  1. Konsumsi Sayur

Sayuran merupakan makan sehat kaya aka serat yang dibutuhkan tubuh untuk  proses pencernaan. Serta dapat memperlancar proses metabolisme terutama untu memperlancar pergerakan makanan dalam tubuh.

Hal ini dapat menghambat penumpukan lemak dalam tubuh karna makan yangmasuk kedalam tubuh dapat dicerna dengan baik. Memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh dapat mencegah obesitas dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

  1. Aktif Bergerak

Saat berolag raga terjadi pembakaran lemak di dalam tubuh yang diubah menjadi energi. Saat pembakran terjadi saat itu juga metabolisme meningkat. Maka keluarlah keringat

Dengan berkeringat membuat tubuh kita menjadi sehat karna racun yang terdapat di dalam tubuh ikut keluar melalui keringat. Banyak berdiam diri akan mengakibatkan lemak tertimbun pada tubuh karna tidak bisa dibakar secara maksimal.

  1. Kurangi Makan Berlemak

Sama seperti lemak dalam tubuh yang ingin kita buang dari dalam tubuh kita makan berlemak sebaiknya juga kita hindari. Tapi jangan menghidari secara berlebihan karna lemak juga dibutuhkan oleh tubuh.

Lemak yang harus kita hindari adalah lemak jahat yang dapat menimbulkan berbagai masalah.lemak yang berasal dari alpukat merupakan lemak baik yang juga kita butuhkan.

Hanya saja kita mengontrol jumlah lemak yang masuk ketubuh kita, jika terlalu banyak tubuh kita akan sulit mengatasinya dan terjadilah penumpukan lemak di dalam tubuh.

  1. Hindari Makan Terlalu Malam

Tubuh kita membutuhkan istirahat di waktu-waktu tertentu untuk mengoptimalkan kerja tubuh. Begitu juga organ dalam tubuh kita juga membutuhkan waktu istirahat terutama dimalam hari.

Setelah lelah seharian sistem perncernaan bekerja mengolah makanan saat malam hari sistem kerjanya mulai melemah. Jika kita makan pada malam hari tidak dapat dicerna secara optimal.

Maka akan banyak makanan yang mengendap pada tubuh dan mengakibatkan kegemukan

  1. Istirahat Yang Cukup

Banyak orang bertanya apa hubungan istirahat dengan menurunkan berat badan. Tentu ada dengan istirahat kita bisa mengoptimalkan kerja tubuh kita. Jika kurang istirahat tentu tubuh kita tidak dapat bekerja dengan baik.

Tubuh yang segar setelah istirahat dengan cukup akan melekukan tugasnya dengan baik seperti membakar lemak, mencerna makanan akan dilakukan dengan optimal jadi tubuh kita dapat terhindar dari lemak jahat .

  1. Kurangi Jumlah  Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi pokok yang sangat penting untuk mendapatkan energi yang digunakan dalam kita beraktifitas. Kekurangn karbohidrat juga dapat berpengaruh buruk bagi tubuh kita.

Hanya saja mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan akan menimbun gula di dalam tubuh kita yang dapat mengakibatkan obesitas. Sebaiknya kita mengurangi jumlahnya bukan menghindarinya.

  1. Hindari Mengemil Gorengan

Gorengan yang kita beli di pasar biasanya tidak sehat. Ada baiknya kita menghindari makanan yang berpengaruh buruk bagi tubuh kita. Gorengan juga termasuk makanan tinggi karbohidrat .

Selain itu minyak yang digunakan untuk menggoreng biasanya dipakai berulang kali yang merupakan sumber kolesterol jahat. Sebaiknya kita menghindari gorengan yang kurang sehat.

  1. Makan Sesering Mungkin

Menurunkan berat badan secara alami dengan melakukan diet bukan berarti tidak makan justru snda dianjurkan sesering mungkin makan tapi dengan porsi yang sedikit.

Sistem pencernaan kita akan lebih mudah mencerna makanan dan menghindari timbunana lemak pada tubuh

  1. Mengkonsumsi Buah Dan Jus

Buah merupakan salah satu sumber serat yang sangat baik untuk membantu sistem pencernaan. Pencernaan yang baik akan menghindari lemak yang tertimbun di tubuh yang dapat membuat tubuh kita mendapatkan  bentuk yang ideal.

Didalam buah juga banyak terdapat vitamin C yang dapat membantu membakar lemak.

Dengan mengkonsumsi serat akan membantu mengatasi selera makan yang berlebih karna kita akan merasa kenyang lebih lama.

  1. Mengkonsumsi Jeruk Nipis

Kandungan jeruk nipis yang tingi akan vitamin C dan asm polat dan potasium sangat membantu dalam proses penurunan berat badan secara alami karna dapat membantu proses pembakaran lemak. Lemak yang dapat terbakar secara maksimal akan membuat tubuh kita menjadi langsing. Baca juga 14 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet yang Harus Anda Ketahui

  1. Beras Merah

Beras merah merupakan beras yang baik untuk mengganti beras putih yang tinggi kadar gula. Karna memiliki susunan molekul yang kompleks, yang membutuhkan waktu lama untuk dipecah menjadi kalori.

Sehingga karbohidrat dan lemak tidak sempat menumpuk pada tubuh kita.

Jika sedang menjalani program penurunan berat badan secara alami sebaiknya anda mengganti nasi putih dengan beras merah. Yang menjadikan anda tidak mudah lapar.

Nafsu makan anda dapat dikontrol dengan baik tentunya.

Selain itu beras merah juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

  1. Mengkonsumsi Kayu Manis

Cara menurunkan berat badan secara alami juga dapat dilakukan menggunakan kayu manis. Dengan cara menghaluskan kayu manis lalu masukkan 1 sendok makan madu, lalu masukkan ke dalam 1 gelas air hangat yang diminum rutin di pagi dan sore hari.

Dengan rajin mengkonsumsi ramuan tersebut anda akan mendapatkan bentuk tubuh yang anda inginkan

  1. Alpukat

Mengkonsumsi alpukat juga dapat membantu anda menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung nutrisi yang memabtu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama. Kandungan asam lemak tidak jenuh inilah yang akan membuat perut kita akan merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian ‘Nutritional Journal’ menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi setengah bagian buah alpukat saat makan siang dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar dalam 3 hingga 5 jam setelah waktu makan berlalu.

Studi lainnya yang dipublikasikan dalam Critical Reviews in Food Science pada tahun 2013 menyebutkan bahwa alpukat dapat membantu mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Anda dapat mendapatkan semua manfaat ini dengan hanya mengkonsumsi setengah bagian buah alpukat setiap hari.

Jadi, untuk anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah alpukat.

  1. Almonds

Kacang almond juga dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kacang almond banyak mengandung erat, protein dan lemak tak jenuh yang berperan dalam menjaga dan mengurangi berat badan.

Untuk menurunkan berat badan secara optimal, kita dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi 150 gram almonds setiap hari selama empat minggu berturut-turut tidak mengalami kenaikan berat badan sama sekali. Selain itu, Vitamin B dan Zinc yang terkandung dalam almonds juga dapat mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis atau yang dikenal dengan istilah sugar craving.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, kita bisa mengkonsumsi segenggam kacang almond kering atau yang telah direndam terlebih dahulu sebagai snack setiap hari atau anda juga dapat mengkonsumsi susu almond yang tidak mengandung gula. Hindari konsumsi almonds berlebihan mengingat kalori yang terkandung dalam kacang almond cukup tinggi.

  1. Ikan Salmon

Selain baik untuk perkembangan otak, kandungan asam lemak omega 3 di dalam ikan salmon bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh. Salmon juga kaya akan protein yang berperan dalam metabolisme pembakaran lemak serta memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama.

Ikan salmon sangat bermanfaat untuk mempertahankan berat badan ideal, kadar lemak dalam tubuh serta mengontrol reaksi peradangan dan kepekaan hormon insulin.

  1. Oatmeal

Makanan yang satu ini mungkin belum terlalu tenar di masyarakat kita, padahal oatmeal ini merupakan superfood yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sedang mengjalankan program diet.

Kandungan serat larut beta glucan di dalam oatmeal bermanfaat untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh, memberikan rasa kenyang dan menekan rasa lapar. Berdaarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Nutrition diketahui bahwa kadar serat larut oatmeal lebih tinggi dibandingkan jenis sereal lainnya. Studi lain juga menyebutkan bahwa konsumsi rutin oatmeal dapat menurunkan berat badan dan mengurangi lingkar pinggang secara efektif.

Anda dapat mengkonsumsi oatmeal yang dicampur dengan susu, buah atau sayuran sebagai sereal sarapan di pagi hari dan rasakan manfaatnya. Cara menurunkan berat badan secara alami dengan mengkonsumsi oatmeal memang belum terbiasa di Indonesia, namun tidak ada salahnyau ntuk dicoba.

  1. Kunyit

Kunyit yang selama ini dijadikan sebagai rempah masakan ternyata juga dapat menurunkan berat badan secara alami. Hal ini dikanrekan kandungan kurkumin di dalam kunyit yang bermanfaat untuk meningkatkan aliran empedu. Hal ini penting untuk memecah lemak dalam tubuh. Kunyit juga meningkatkan resistensi insulin yang terkait dengan obesitas dan gangguan metabolik.

Adapun cara menurunkan berat badan secara alami dengan kunyit yaitu, pertama sediakan 1 sdt bubuk kunyit, 1 sdt perasan jeruk nipis dan sedikit madu asli dalam 1 gelas kecil air hangat. Minum ramuan ini sehari sekali.

  1. Pappermint

Cara menurunkan berat badan secara alami berikutnya adalah dengan mengkonsusmi pappermint. Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk teh yang kemudian diseduh dan bisa anda konsumsi 2 -3 cankir perharinya. Mengkonsumsi pappermint terbukti merupakan salah satu cara menurunkan berat badan secara alami.

Peppermint juga membantu pencernaan dan mengurangi kembung. Selain itu, penenang alami pada peppermint membantu mengurangi stres, salah satu penyebab berat badan berlebih. Wah ternyata ada banyak sekali manfaat pappermint bukan?

  1. Cuka Apel

Cara menurunkan berat badan secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel, dimana cuka ini sangat bermanfaat untuk mengurangi kelebihan berat badan. Cuka sari apel membantu memecah lemak dalam tubuh dan dengan demikian mencegah akumulasi lemak tubuh. Caranya: Campur 2 sdt cuka sari apel dalam segelas air. Minum setiap hari di pagi hari dan sebaiknya sebelum makan. Lakukan hal ini rutin setiap hari hingga ada perubahan pada berat badan anda.

  1. Tomat

Selain dengan cuka apel, cara menurunkan berat badan secar alami berikutnya adalah dengan mengkonsumsi tomat. Hal ini dikarenakan memiliki kandungan senyawa yang mengubah kadar hormon yang mempengaruhi nafsu makan. Selain itu, tomat kaya vitamin A, C, dan K, magnesium, mangan, kolin, folat, dan nutrisi lainnya, baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dan juga mengandung antioksidan yang melindungi tubuh terhadap serangan penyakit kanker.

  1. Dark Chocolate

Tentu saja bukan sembarang coklat, cokelat yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan adalam dark chocolate. Hal ini berdasarkan pada penelitian tahun 2014 yang dipublikasikan dalam Phytotherapy Research menyebutkan bahwa dark chocolate memiliki pengaruh positif pada penurunan berat badan dan mampu mengah obesitas dengan cara menghambat ekspresi gen penghasil sel lemak serta mencegah terserapnya lemak makanan dalam tubuh.

Adapun caranya adalah dengan mengkonsumsi dark chocolate yang rendah gula dengan kompisisi coklat antara 70 hingga 85%.

  1. Jeruk

Cara menurunkan berat badan secara alami berikutnya adalah dengan mengkonsumsi jeruk. Sebagaimana yang kita ketahui, jeruk kaya akan serat serta protein yang dapat membantu mengurangi berat badan berlebih. Memulai hari dengan mengkonsumsi sebuah jeruk segar atau segelas jus jeruk dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga tubuh anda tetap fit sepanjang hari.

  1. Blueberry

Buah-buahan memang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, termasuk buah blueberry. Buah ini kaya akan antioksidan yang dapat menangkal pengaruh radikal bebas. Selain antioksidan, blueberry juga mengandung serat dan cairan yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama serta menekan nafsu makan. Mineral mangan yang terkandung dalam blueberry juga mampu meningkatkan metabolisme protein, lemak dan karbohidrat sehingga tidak tertimbun dalam tubuh.

Berdasarkan fakta ilmiah hasil penelitian Universitas Michigan, Amerika pada tahun 2009 menyebutkan bahwa blueberry dapat menghilangkan lemak perut secara efektif dan menurunkan resiko gangguan metabolisme.Anda dapat mengkonsumsi satu cangkir blueberry setiap hari sebagai snack atau campuran salad dan jus buah untuk menjaga dan menurunkan berat badan.

  1. Teh Hijau

Gantilah teh yang biasa anda konsumsi dengan teh hijau. Teh hijau bermanfaat untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), salah satu jenis antioksidan yang ada di dalam teh hijau bermanfaat untuk meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh khususnya pada perut sehingga berat badan kita akan turun secara signifikan jika kita rutin menyeduh teh hijau ini.

Selain bisa membakar lemak, teh hijau juga ampuh untuk mencegah penyakit kanker. EGCG yang terkandung di dalam teh hijau juga dapat mencegah penyerapan lemak dan meningkatkan pembakaran dalam tubuh sehingga berat badan tetap terkontrol. Untuk membantu menurunkan berat badan, minumlah teh hijau dua hingga tiga cangkir dalam sehari.

Menu Diet Sehat 2.000 Kalori

Berikut ini beberapa ide menu diet sehat dalam sehari yang bisa anda coba. Perlu sama-sama diketahui, kebutuhan 2000 kalori saja sudah cukup dalam sehari. Berikut ini beberapa menu diet yang bisa anda pilih:

Menu Sarapan

  • Sereal ditaburi kismis dengan susu bebas lemak sebagai pelengkap.
  • Setelah itu jangan lupa makan satu buah pisang kecil ditambah selembar roti terbuat dari biji-bijian utuh yang diolesi margarin atau selai jelly.

Alternatif:

  • Oatmeal yang ditaburi kismis dan dimasak dengan margarine.
  • Jus jeruk atau susu bebas lemak kira-kira 250 ml untuk jus jeruk atau 120 ml untuk susunya.

Menu Makan siang

  • Roti sandwich yang terbuat dari biji-bijian utuh diisi saus mustard, ayam, tumis jamur, dan selada.
  • Sebagai tambahan, kamu juga bisa menyantap 200 gr kentang rebus.

Menu Makan malam

  • Satu mangkuk nasi merah dengan capcay tahu dan sayuran serta paprika.
  • Secangkir 250 ml teh lemon

Meskipun anda sedang diet, anda masih tetap bisa ngemil, anda bisa ngemil 245 gr yoghurt rendah lemak dengan potongan buah. Program diet yang terlalu ketat juga dapat membuat stress kita. Apalagi kalau sampai melewatkan makanan favorit sampai seminggu ini tentu bisa membuat kita jenuh, nah anda tetap bisa mengonsumsi makanan berlemak atau berkalori tinggi sewaktu-waktu, misal hanya pada hari minggu saja. Tapi hari berikutnya, kamu harus kembali lagi mengonsumsi makanan rendah lemak karena berguna untuk menghindari penumpukan kalori yang bisa menjadi lemak.

5 Jenis Diet yang Bisa Anda Pilih

Untuk anda yang sedang mencari formula diet yang tepat, anda bisa mencoba 5 contoh diet yang sudah ada. Berikut ini contohnya:

1. Diet Paleo

Ide diet yang pertama adalah ide diet Paleo, Inti diet ini adalah kamu hanya boleh mengonsumsi makanan-makanan alami layaknya manusia gua di jaman prasejarah. Makanan yang dimaksud seperti:

  • Sayuran
  • Ikan
  • Daging tanpa lemak
  • Kacang-kacangan
  • Minyak nabati
  • Biji-bijian

Beberapa pantangan diet ini seperti gula, ubi, garam, biji sereal, produk susu, kentang, serta makanan/minuman olahan. Efek samping? Bisa cepat bosan karena makanan terasa hambar, dapat kurang tercukupi asupan kalsium serta karbohidrat, dan tentunya mahal karena harus beli makanan organik.

2. Diet 5:2

Selain diet Paleo, anda juga bisa mencoba ide diet 5:2, yaitu kita dibolehkan makan selama 5 hari saja dalam seminggu, sedangkan 2 hari selanjutnya wajib puasa! Menurut beberapa penelitian, diet ini katanya bisa mengurangi resiko penyakit mematikan seperti diabetes tipe 2, dapat meningkatkan usia hidupmu, melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan demensia, menurunkan resiko kanker payudara dan yang berhubungan dengan obesitas, dan meningkatkan fungsi kognitif. Efek sampingnya saat puasa bisa mudah pusing, dehidrasi, bau mulut, mengantuk, susah konsentrasi, mudah marah, dan susah tidur.

3. Diet Atkins

Ide diet selanjutnya adalah diet atkins. Inti diet ini kita dilarang untuk mengkonsumsi karbohidrat dan lebih banyak makan makanan yang mengandung lemak serta protein. Intinya saat kamu merasa lapar karena tidak mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan membakar lemak untuk membuat energi. Efek sampingnya sama dengan diet 5:2 seperti mudah pusing, mulut kering, mudah kecapaian, mual, insomnia, kurang serat, dan bahkan bisa beresiko terhadap kesehatan jantung.

4. Diet Dukan

Diet selanjutnya adalah diet dukan yang intinya kita titekankan agar mengkonsumsi makanan yang rendah lemak, rendah karbohidrat, serta tinggi protein. Diet ini sengaja dirancang agar kamu tidak mudah merasa lapar. Kamu bisa memilih sekitar 100 makanan (28 dari sumber nabati dan 72 dari sumber hewani) yang berbeda dan boleh mengonsumsinya sesuka-suka kamu ASALKAN tetap mengambil dari 100 makanan yang diperbolehkan tersebut. Efek sampingnya, berat badan bisa saja turun disebabkan oleh hilangnya massa otot dan cairan di dalam tubuh. Selain itu, kamu bisa mengalami bau mulut, sembelit, kurang gizi, mulut kering, mudah lelah, sampai kerusakan hati maupun ginjal.

5. Diet Mayo

Jenis diet yang terakhir dari kami adalah diet mayo yang merupakan hasil dari kreasi Mayo Clinic yang sudah teruji dengan pengalaman klinis serta penelitian. Diet mayo ini konon dapat menekan resiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, insomnia, dan tekanan darah tinggi. Dalam diet Mayo kamu perlu mengubah kebiasaan tidak sehat dan diganti dengan yang lebih sehat.

Diet ini memiliki piramida makanan dengan sayur dan buah sebagai jumlah yang paling banyak harus dikonsumsi. Lalu asupan susu, karbohidrat, serta daging juga ada di dalam piramida makanan diet Mayo dengan makanan manis yang perlu dibatasi tiap harinya. Selain itu, diet ini juga menganjurkan untuk kamu melakukan aktivitas fisik/olah raga. Intinya diet ini cocok untuk kamu yang ingin mengubah kebiasaan konsumsi makanan tak sehat dengan memperbaiki kebiasaan makan

Bagaimana? Apa anda siap menjalan program diet yang benar sesuai dengan aturan? Tentu saja untuk mendapatkan berat badan ideal membutuhkan usaha ekstra. Namun sekali lagi, tentu saja kita tidak boleh stress menjalankan program diet yang anda pilih.

Demikianlah beberapa cara menurunkan berat badan secara alami dari kami, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian, jangan lupa juga untuk membagikan artikel cara menurunkan berat badan secara alami ini kepada yang lainnya. Baca juga 22 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga yang Mudah Dijalankan

Leave a Reply