22 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga yang Mudah Dijalankan

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga – Apakah berat badan anda cukup tinggi? Memiliki berat badan berlebih memang menjadi satu momok yang cukup menakutkan, apalagi kalau kita berada di lingkungan yang suka mem bully. Tentu memiliki berat badan berlebih bisa menjadi bulan-bulanan.

Nah, untuk anda yang ingin mendapatkan berat badan ideal namun tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga atau malas berolahraga, ada beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa anda lakukan. Tips-tips yang akan kami bagikan lebih ke manajemen dan asupan yang kita konsumsi.

Jadi meskipun tikda berolahraga, kita juga bisa mengontrol berat badan agar tetap ideal. Bahkan, tips menurunkan berat badan tanpa olahraga dan tanpa diet ternyata sangat mudah dilakukan.

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

Ilustrasi: Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

Kira-kira apa saja yang harus kita lakukan supaya berat badan kita bisa bisa turun dalam waktu seminggu atau lebih? Berikut ini cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang berhasil Ceksehat rangkum untuk anda, silahkan aplikasikan:

1. Mengunyah makanan dengan halus dan pelan

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang pertama adalah dengan makan secara perlahan. Setiap kali memakan makanan, jangan sampai terburu-buru menelannya. Biasakan untuk mengunyah sampai lembut. Dengan begitu, makanan akan lebih mudah tercerna dan tentunya tidak menumpuk di perut.

Walaupun sedikit makanan yang masuk, namun kita akan merasa kenyang, karena makanan yang halus langsung diproses di tubuh.

Dengan mengunyah pelan-pelan, maka makanan yang akan kita konsumsi akan lebih sedikit. Selain itu, porsi yang bakal termakan tidak akan banyak. Yang membuat kalori tidak terlalu banyak masuk.

Seberapa cepat kalian menghabiskan seporsi makanan juga bisa memengaruhi berat badan. Hal ini terungkap berkat riset 23 studi observasional, yang melaporkan bahwa pemakan cepat memiliki resiko penambahan berat lebih tinggi daripada yang pemakan lambat.

2. Pakai piring yang lebih kecil

Jika akan memakan sesuatu, sebaiknya gunakanlah piring yang berukuran kecil. Walaupun kebanyakan piring berukuran besar, namun kalian bisa mencari yang berukuran yang lebih kecil.

Kenapa harus begitu ? Karena dengan itu, otak akan terkelabuhi. Jika kita menggunakan piring besar dengan porsi kecil, maka kita akan cenderung ingin menambah porsi.

Berbeda dengan piring kecil, walaupun porsi kecil, namun akan terlihat besar. Sehingga keinginan untuk menambanya sangat kecil.

3. Sajikan Makanan tidak sehat di piring Merah

Tidak bisa berhenti memakan makanan yang tidak sehat ?. Gunakan saja piring bewarna merah sebagai tempat menaruh makanan tersebut.

Hal ini akan membantu mengurangi asupan makanan. Dengan ini, setidaknya kalian bisa makan lebih sedikit.

Menurut studi, dengan menggunakan piring merah, nafsu makan akan terkurangi. Hal itu dikarenakan warna merah berhubungan erat dengan tanda bahaya atau stop. Artinya, otak seakan mempercayai bahwa warna ituu sebagai peringatan berhenti.

4. Sajikan Porsi Kecil

Jika kalian ingin berat badan turun, maka salah satu hal yang penting adalah dengan mengurangi porsi makanan.

Jika sebelumnya memakan porsi besar, maka ganti saja dengan porsi kecil. Salah satu studi mengungkapkan, jika menu makan malam berukuran dua kali lipat dari normalnya porsi, maka akan meningkatkan asupan kalori sebesar 30%.

Karena itulah, makan dengan porsi banyak dikaitkan dengan obesitas, karena mampu mendorong pelakunya untuk senantiasa terbiasa makan makanan yang lebih banyak.

5. Meninggalkan minuman manis

Minuman manis yang dimaksud adalah minuman yang diberi tambahan gula dan minuman yang bersoda. Kedua jenis itu memang menjadi pemicu utama perut gemuk dan penyakit bebahaya lain.

Minuman manis tentu memiliki kandungan kalori tinggi, hal itu sangat tidak baik. Bahkan, kalori cair dikatakan tidak terlalu memengaruhi rasa kenyang. Jadi yang kalian dapat hanya rasa manisnya dan kalori jahat.

Untuk itu tinggalkanlah budaya meminum yang manis-manis, dan gantilah dengan minuman seperti air putih, Kopi dan Teh hijau yang asli.

Jika kalian menggantinya dengan jus buah, boleh-boleh saja. Namun lebih baik 3 minuman diatas, karena jus bisa saja memiliki kandungan gula yang tinggi.

6. Perbanyak meminum air putih

Air putih adalah minuman sejuta manfaat. Sudah kita ketahui bersama, jika air putih akan memperlancar pencernaan, mengganti cairan dan mempercepat metabolisme.

Namun, jika kalian mengonsumsi air 30 menit sebelum makan sebanyak setengah liter, kalian akan lebih sedikit memakan kalori dan rasa lapar bisa terkurangi.

Bahkan menurut salah satu studi, 44% orang akan memiliki berat badan yang ideal karena penurunan bobot jika meminum air putih sebelum makan selama 12 minggu.

7. Konsumsi Makan Berprotein

Dengan memakan protein, maka kalian akan lebih cepat dan lama merasa kenyang. Selain itu, dengan protein kebiasaan mengonsumsi kalori akan berkurang dengan sendirinya.

Hal ini dikarenakan, kandungan gizi protein bisa mempengaruhi hormon yang berkaitan dengan rasa kenyang dan lapar. Hormon tersebut adalah ghrelin dan GLP-1.

Studi mengatakan, Jika asupan protein meningkat sebanyak 15% sampai dengan 30%, maka kalian bisa mengurangi 441 kalori setiap harinya dan kehilangan 6 kg selama 12 minggu, tanpa dibatasi apapun.

Untuk makanan yang paling baik dengan kandungan protein yang bagus adalah telur. Untuk itu biasakan sarapan dengan telur setiap harinya. Makanan lainnya adalah dada ayam, ikan (khususnya salmon dan tuna), Yoghurt yunani atau yang rendah lemak, kacang-kacangan dan almond.

8. Makan makanan kaya akan serat

Makanan yang memiliki kandungan serat sangat baik untuk menurunkan berat badan. Dengan serat, kalian akan kenyang lebih lama dan mengurangi konsumsi lemak.

Selain itu, ada juga serat yang desebut dengan serat kental yang memiliki kelebihan untuk menurunkan bobot tubuh. hal itu karena serat kental memiliki gel yang meningkatkan waktu menyerap nutrisi.

Kebanyakan serat ditemukan di buah dan sayur. Namun untuk serat kental dapat kalian temui di makanan berupa kacang-kacangan, asparagus, jeruk, biji rami dan oat.

9. Jangan perlihatkan makanan tidak sehat

Makanan yang tidak sehat seperti makanan ringan sebaiknya buang jauh-jauh dari rumah anda. Karena jika kalian melihatnya, maka rasa lapar akan muncul dan keinginan untuk memakannya akan naik.

Hal ini akan membuat asupan kalori bertambah. Untuk itu, ganti saja makanan tak sehat dengan buah dan sayur. Jafi, jangan sampai makanan tak sehat terlihat di meja makan dan kulkas kalian.

10. Tidur Cukup dan Hindari Stres

Jika kalian kurang tidur dan mudah stres, maka hal itu akan menggangu kesehatan kalian. Bahkan berat kalian juga bisa terganggu.

Hal itu dikarenakan oleh hormon leptin dan ghrelin membuat anda menjadi lebih sering makan. Kedua hormon itu sangat terkait dengan kurangnya tidur. Karena hormon yang tidak normal, hal itu akan membuat kalian lebih sering mengonsumsi makanan berkalori dan tidak sehat.

Diatas adalah cara untuk menurunkankan berat badan dengan buah dan sayur tanpa olahraga yang sudah dibuktikan oleh penelitian.

11. Biasakan Memulai Hari dengan Sarapan

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga selanjutnya adalah dengan sarapan setiap pagi. Jangan pernah melewatkan untuk sarapan. Isi sarapan anda dengan makanan berprotein. Dengan memenuhi nutrisi di pagi hari, maka saat makan siang kita tidak akan terlalu lapar sehingga porsi makan tetap dibatasi.
Namun jika anda melewatkan sarpaan, biasanya perut anda sangat lapar pada siang harinya dan anda akan makan berlebihan pada siangnya. Melewatkan sarapan juga dapat memperlambat metabolisme Anda. Oleh karena itu, selalu makan sarapan Anda dalam waktu satu jam setelah bangun tidur. Semangkuk sereal gandum utuh dan susu rendah lemak dapat memberikan gizi awal untuk hari Anda .

12. Sedikit Makan tapi Sering

Nah, tips untuk anda selanjutnya adalah dengan lebih sering makan namun dengan porsi yang sedikit. Jadi sebaiknya anda lebih sering makan. Hal ini dapat mempercepat metabolisme, dan energi berada di tingkat yang lebih tinggi secara terus menerus sepanjang hari. Oleh karena itu, sangat ideal untuk makan lima sampai enam kali per hari dengan 2-3 jam istirahat antara waktu makan dan snack. Mengontrol porsinya adalah penting untuk mencegah kelebihan makan. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan mangkuk kecil, piring dan gelas. Mengurangi porsi sebesar 10 % sampai 20 % bisa menjadi kondusif untuk penurunan berat badan.

13. Hindari Makan Terlalu Matang

Sebaiknya anda menghindari makanan yang terlalu matang, karena makanan yang terlalu matang biasanya akan menurunkadar nutrisi. Jika Anda kehilangan nutrisi, tentu Anda akan merasa tidak kenyang, dan mungkin menginginkan untuk makan junk food. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat meningkatkan konsumsi makanan mentah seperti salad dan sushi. Dianjurkan untuk makan makanan yang dikukus, atau dipanggang, panggang sayuran dan panggang daging dan ikan.

14. Ngemil cokelat hitam

Anda ingin ngemil? Tidak pelru khawatir untuk anda yang sedang diet, cokelat hitam bisa anda jadikan pilihan sebagai menu cemilan sehat.  Memang, cokelat hitam rasanya tidak seenak cokelat susu, tapi pastinya bisa melepaskan Anda dari keinginan berlebih terhadap makanan manis. Anda pun akan gembira jika tahu berapa banyak kalori yang bisa dihindari dari mengonsumsi cokelat hitam.

15. Bergerak lebih banyak

Meskipun anda tidak berolahraga, namun tentu saja sebaiknya anda tetap bergerak lebih banyak, bisa jalan kaki, bersepeda santai dan sebagainya. 

16. Jangan minum minuman berkalori

Tips selanjutnya adalah dengan cara menghindari konsumsi minuman berkalori tinggi. Jangan minum minuman bersoda, berpengawet, kadar gula tinggi dsb. Pilihlah air putih dengan potongan buah segar seperti mentimun, lemon, atau mint untuk menyimpan kalori penting.

17. Jangan biarkan lapar terlalu lama

Satu lagi yang perlu anda perhatikan, jangan biasnaya perut anda dalam kondisi lapar dalam waktu yang lama. Makanlah pada waktu yang tepat dan mengudap di saat yang pas untuk menghindari merosotnya kadar gula darah.

18. Makan malam lebih awal dengan porsi ringan

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga berikutnya adalah dengan makan malam lebih awal dengan porsi yang ringan. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang hanya mengandung 25 persen dari kalori harian Anda. Serta pastikan juga Anda makan malam dua atau tiga jam sebelum tidur. Makan dalam porsi besar dan terlalu dekat dengan waktu tidur bisa mengganggu pencernaan dan membuat sulit tidur.

19. Atur Jadwal Makan Dengan Tepat Waktu

Cobalah untuk mulai mengatur jadwal makan anda. Tahukah kamu bahwa jam makan terbaik adalah jam 12.00 hingga 20.00, karena lewat jam 20.00 tubuh sedang memasuki fase penyerapan hingga pukul 04.00. Selanjutnya jam 04.00 hingga jam 12.00 merupakan fase pembuangan. Karena itulah kamu sangat dianjurkan untuk makan malam dengan tenggat waktu 4 jam sebelum tidur. Agar metabolisme tubuhmu berjalan dengan baik dan lancar.

Tepati waktu makan. Ini sangat penting untuk membiasakan tubuh dengan ‘jadwal’ metabolisme yang teratur. Ketika aktivitas sedang padat-padatnya, siapkan makanan dalam wadah agar jam makan bisa selalu ditepati. Dan kamu tidak perlu takut telat makan.

20. Mendetoks Tubuh Dari Racun Dengan Minum Air Jeruk Lemon

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga selanjutnya yaitu dengan mendetoks tubuh dari racun dengan minum air jeruk lemon. Jeruk lemon memang sudah terkenal manfaatnya sejak dulu untuk kesehatan, karena bisa membakar lemak dan membersihkan tubuh dari zat zat yang tidak berguna.

Awali hari dengan meminum campuran segelas air hangat dengan lemon atau jeruk nipis tanpa gula. Cara ini baik berfungsi sebagai detoks dan tonik liver. Selain itu minuman ini juga dapat memberikan rasa segar di pagi hari dan mengaktifkan sistem metabolisme.

21. Cari pendukung

Sendiri memang rapuh, maka dari itu carilah teman yang satu ide dan satu pemikiran juga sama-sama ingin mendapatkan brat badan ideal, sehingga anda tidak akan merasa galau.

22. Beri penghargaan

Tips terakhir adalah dengan cara memberi pengharggan atas capaian yang sudah diraih. Penghargaan ini biasanya akan semakin meningkatkan motivasi untuk menurunkan berat badan kita.

Bagaimana, kira-kira cara mana yang akan anda lakukan? Silahkan anda tentukan sendiri piliah anda. Demikianlah beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga dari kami, semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Jangan lewatkan juga 13 Tips Diet Air Putih yang Mudah untuk Dilakukan

Leave a Reply