20 Tips Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Cara Menurunkan Gula Darah – Penyakit gula atau yang lebih dikenal dalam istilah medis penyakit diabetes sepertinya kini semakin menggurita. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia, tidak hanya diderita oleh orang tua atau dewasa saja, bahkan juga remaja.

Berdasarkan data yang ada menurut pernyataan Prof. Harun Rasyid Lubis SpPD KGH dalam sebuah seminar diabetes, setidaknya ada 8,4 juta orang Indonesia yang menderita diabetes. Ini tentu merupakan angka yang sangat tinggi, dan kedepannya akan terus meningkat karena gaya hidup masyarakat kita yang semakin hari semakin tidak sehat.

Yang lebih memperparah kondisi ini adalah, penyakit diabetes bisa diturunkan, bahkan keturunan penderita diabetes atau penyakit gula beresiko 6 kali terkena diabetes. Maka dari itu, kita harus mengetahui bagaimana cara menurunkan gula darah sejak dini. Kadar gula darah yang tinggi bisa berakibat fatal bagi tubuh kita.

Bagi penderita giabetes tingkat lanjut, biasanya akan diiringi dengan kerusakan berbagai orga tubuh. Normalnya, gula atau glukosa di dalam tubuh kita dibutuhkan karena merupakan sumber energi untuk beraktivitas.namun saat kadar glukosa dalam darah menjadi terlalu tinggi, maka tubuh Anda dalam bahaya.

Jelasnya, pada penderita diabetes, tubuh mereka tak bisa mengontrol tingkat gula darah (glukosa) secara otomatis karena tubuh tak memproduksi cukup insulin sehingga gula darah ini menjadi racun bagi tubuh. Bagi penderita stadium lanjut, kerusakan organ bisa terjadi.

Cara Menurunkan Gula Darah

Cara Menurunkan Gula Darah

Tips Menurunkan Gula Darah

Berikut ini beberapa cara mengendalikan gula darah secara sederhana yang bisa kita lakukan:

1. Jangan melewatkan jam makan

Tips menurunkan gula darah yang pertama adalah dengan merutinkan waktu makan dan jangan sampai terlewatkan. Jika kita sering melewatkan waktu makan maka tubuh akan kelaparan sehingga bahan bakar tubuh Anda adalah glukosa yang dilepaskan dari hati yang lama-kelamaan dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Mulai saat ini biasakan untuk menjaga waktu makan rutin, jangan biarkan tubuh kelaparan.

2. Konsumsi karbohidrat sehat

Tips menurunkan gula darah yang kedua adalah dengan cara mengkonsumsi karbohidrat sehat. Lalu, apakah ada karbohidrat tidak sehat? Sebaiknya hindari mengonsumsi roti tawar putih sebab roti tersebut mengandung karbohidrat kompleks yang memperlambat penyerapan glukosa.

3. Tidur cukup

Tidur cukup juga sangat penting, karena kurang tidur dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Sehingga pastikan bahwa setidaknya Anda tidur 8 jam setiap malam.

Nah itu dia beberapa tips sederhana yang sebaiknya anda perhatikan untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh anda.

Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Untuk anda yang memiliki kadar gula darah tinggi, sebaiknya lakukan segera tindakan pengobatan atau tidak semakin parah. Mengkonsumsi makan sehat serta mengatur pola makan bisa menjadi kunci utama untuk mengatur kondisi gula darah agar tetap dalam kondisi normal.

Sangat direkomendasikan untuk aneka minuman sehat mulai dari jus buah bit, apel hijau, tomat, jus semangka, makan pare dan sayuran-sayuran yang menyehatkan. Makan roti gandum juga baik karena banyak mengandung serat yang bagus.

Untuk lebih lengkapnya Ceksehat telah rangkum dari berbagai sumber untuk anda beberapa bahan makanan, sayuran, buah, dan sebainya yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah anda:

1. Pare

Cara menurunkan gula darah yang pertama adalah dengan mengolah si buah pahit yang satu ini. Pare yang pahit ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah kita. Pare terbukti ampuh dapat mengobati diabetes secara alami. Hal ini dikarenakan buah atau sayuran pare mengandung beberapa nutrisi utama seperti phyto nutrient, folat, vitamin C, flavonoid, vitamin B komplek  serat dan charntin.

Senyawa Charntin sendiri peptida yang menyerupai insulin dan alkaloid yang dapat menyembuhkan diabetes. Buah pare juga berepran aktif mencegah terjadinya lonjakan penurunan insulin dengan cara mengatur gula dalam metabolisme yang telah diperoleh melalui makanan. Semua komponen ini akan secara aktif mempengaruhi untuk menurunkan kadar gula darah.

Lalu bagaimana cara menurunkan gula darah dengan buah pare? Simak caranya berikut ini:

Bahan :

– 200 gram buah pare segar
– 2 gelas air bersih

Cara membuat :

– Potong-potong buah pare lalu tuang air 2 gelas
– Rebus hingga air tersisa 1 gelas saja
– Angkat, dinginkan, dan minum air rebusan pare.

Penting !!

Perlu anda semua ketahui, mengkonsumsi pare tidak boleh digunakan bersamaan dengan obat lain yang berfungsi untuk menurunkan gula darah. Hal ini karena pare sebagai penurun gula darah bukan untuk menaikkan gula darah tersebut.

2. Kayu Manis

Selain dengan buah pare, cara menurunkan gula darah yang sudah terbukti ampuh selanjutnya adalah dengan ramuan kayu manis. Kayu manis terbukti dapat mengontrol kadar gula dalam darah dikarenakan kandungan antioksidan di dalamnya.

Kayu manis dapat membantu kita mengurangi kolesterol jahat yang tidak diperlukan oleh tubuh kita. Berdasarkan pada hasil penelitian menunjukan bahwa studi menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis baik untuk menurunkan glukosa dalam darah, kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Namun hati-hati menggunakan kayu manis dalam dosis besar dapat berbahaya. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai kayu manis jenis apa yang cocok untuk anda.

Anda dapat menambahkan ¼-½ sendok teh kayu manis ke dalam makanan atau minuman yang anda konsumsi.

3. Buah Merah

Buah merah mungkin belum terlalu menyebar keberadaannya, terutama di perlosok-pelosok desa, karena buah asli Wamena ini baru bisa kita temui di kota-kota besar saja. Buah merah dengan nama Latin Pandanus Conoideus ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Buah ini bereperan memperbaiki fungsi kerja pankreas sehingga pankreas dapat memproduksi insulin dengan baik. Pada buah merah terdapat tokoferol dan vitamin E, yang dapat memperbaiki pankreas untuk memproduksi insulin dan menghilangkan resistensi insulin oleh tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah merah secara rutin makan kadar gula darah anda akan turun seara perlahan tapi pasti.

4. Bawang Putih

Selanjutnya, bawang putih ternyata bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Sebuah studi yang dilakukan kepada seekor tikus dan kelinci menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan gula darah. Ekstrak bawang putih meningkat jumlah insulin pada orang dengan diabetes. Meskipun menimbulkan bau nafas tidak sedap, bawang putih merupakan bumbu makanan yang baik dan ternyata baik untuk mengelola kadar gula darah anda.

5. Alpukat

Selain bawang putih, alpukat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Asam lemak tak jenuh merupakan komponen penting dari mengelola kadar gula darah. Asam lemak tak jenuh adalah unsur hara utama yang terkandung dalam beberapa makanan antara lai seperti alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah zaitun, rami, dan minyak zaitun. Alpukat terbukti mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes. Alpukat juga meningkatkan perasaan kepuasan setelah makan, dan memiliki dampak yang sehat pada tekanan darah dan peradangan.

6. Telur

Ternyata telur juga bermanfaat untuk mengatasi diabetes. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2008 di jurnal internasional obesitas menemukan orang-orang yang kelebihan berat badan dan obesiti diberikan dua telur sehari untuk sarapan. Para peneliti mengatakan mengkonsumsi telur dapat mengontrol rasa lapar dengan mengurangi insulin pasca makanan. Respon mengendalikan nafsu makan dapat mencegah fluktuasi kadar glukosa dan insulin.

7. Cuka

Selain telur, cuka makan juga terbukti menghambat laju gula darah dan meningkatnya insulin, serta meningkatkan perasaan kenyang setelah makan. Studi yang dilakukan Arizona State University menemukan orang-orang yang mengkonsumsi makanan dengan meminum cuka memiliki kadar gula darah dan insulin yang normal. Anda juga bisa mengkonsumsi cuka apel.

8. Kacang Almond

Kacang almond merupakan makanan sehat yang sangat baik untuk kita konsumsi. Selain baik untuk kesehatan jantung, kacang almon juga dapat membantu tubuh kita mengendalikan gula darah. Kacang almond sangat kaya akan nutrisi, kandungan nutrisi kacang almond meliputi magnesium, serat dan protein. Almond memiliki kandungan magnesium yang tinggi daripada kacang-kacangan lainnya. Semua kacang-kacangan, termasuk almond, juga kaya Kromium yang dapat membantu mengelola kadar gula darah. Anda bisa membeli kacang almond di supermarket di kota anda, bisa anda konsumsi langsung sebagai camilan atau sebagai campuran masakan anda.

9. Teh Hijau

Menyeduh teh hijau untuk dikonsumsi juga bisa menjadi salah satu cara menurunkan gula darah yang terkbukti efektif. Tentu saja teh hijau tanpa gula. Teh hijau berfungsi untuk mengendalikan gula darah serta menambah aktivitas dari produksi insulin. Polifenol di dalam teh meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.  Efek teh hijau terhadap insulin ini pernah diteliti oleh Hiroshi Tsuneki dkk dan diterbitkan dalam jurnal BMC Pharmacology tahun 2004.

10. Kacang Kedelai

Selain kacang almond, kacang kedelai juga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Kedelai memiliki sedikit kandungan pati tetapi jumlah serat dan protein yang tinggi dapat memberikan sebuah efek yang berharga dalam menurunkan ekskresi urin pada orang yang menderita diabetes.

11. Brotowali

Cara menurunkan gula darah selanjutnya bisa kita lakukan dengan memanfaatkan tanaman brotowali. Tanaman ini memiliki efek farmakologi: Analgesik (menghilangkan rasa sakit), anti piretik (menurunkan panas). Lalu bagaimana cara mengolahnya? Silahkan siapkan 6 cm batang brotowali dicuci dan dipotong-potong. Tambahkan sepertiga genggam daun sambiloto dan sepertiga daun kumis kucing. Rebus dengan tiga gelas sampai menjadi dua gelas. Diminum setelah makan.

12. Lidah Buaya

Cara menurunkan gula darah berikutnya adalah dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Tanaman ini selain bermanfaat untuk perawatan kecantikan ternyata juga dapat kita gunakan untuk mengobati diabetes yang kita derita.

Tanaman lihda buaya memiliki efek farmakologi: Antiradang. Pencahar. Cara pengolahan lidah buaya untuk mengobati diates yaitu, pertama siapkan 1 lembar lidah buaya lalu cuci bersih, buang durinya kemudian dipotong-potong. Rebus lidah buaya dengan tiga gelas air sampai menjadi satu setengah gelas. Minum 3×1,5 gelas setiap habis makan.

13. Mahkotadewa

Cara menurunkan gula darah yang terbukti ampuh selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tanaman mahkotadewa. Tanaman ini memiliki efek farmakologi antiradang, obat disentri dan obat sakit kulit dan eksim. Cara pengolahan tanaman mahkota dewa yaitu, sediakan 5 -7 iris buah mahkotadewa lalu seduh dengan satu gelas air panas (200 cc). Tutup dan biarkan sebentar agar melarut dulu. Setelah itu minum secukupnya.

14. Mengkudu

Buah mengkudu juga bisa kita manfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan buah mengkudu memiliki efek farmakologi untuk memperbaiki sel beta pankreas dan reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

Kira-kira bagaimana cara menurunkan gula darah dengan buah mengkudu? Silahkan sediakan 2 buah mengkudu masak. Parut dan tambahkan sedikit air kapur. Aduk sampai merata. Peras dengan sepotong kain lalu diminum.

15. Havermut

Havermut juga mengandung serat beta-glucan yang terbukti membantu menstabilkan gula darah. Havermut memberikan manfaat tambahan bagi mereka dengan diabetes atau pra-diabetes, juga mengurangi kadar kolesterol LDL dan membantu menurunkan berat badan. Satu porsi havermut di pagi hari adalah cara mudah untuk memasukkan gandum ke dalam asupan harian.

16. Bayam

Cara menurunkan gula darah selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi sayuran bayam. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium di dalam bayam yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan mengatur pengeluaran insulin serta penggunaan glukosa pada tubuh. Kebetulan, orang dengan diabetes tipe 2 sering memiliki tingkat rendah serum magnesium. Bayam juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti beta-karoten, lutein, asam folat, vitamin K, magnesium, mangan, kalsium, dan kalium.

17. Cabai

Selain bayam cabai juga menjadi salah satu bahan pangan yang bermanfaat untuk menurunkan gula dalam darah. Hal ini didasarkan pada penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition, para peneliti Australia menemukan bahwa memasukan cabai dalam bagian rutin diet setiap hari akan membantu menurunkan gula darah setelah menyantap makan. Selain itu, cabai juga mengandung antioksidan, vitamin C dan karotenoid yang dapat membantu meningkatkan regulasi insulin.

Bagaimana? Ternyata ada banyak cara menurunkan gula darah bukan? Bukan saatnya lagi untuk putus semangat karena mengidap penyakit diabetes, saatnya untuk bangkit.

Itulah beberapa cara menurunkan gula darah secara alami dari kami, semoga bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada penderita diabetes lainnya agar lebih banyak lagi yang terbantuk Baca juga 14 Penyebab Diabetes Melitus yang Wajib Diketahui

One Response to “20 Tips Menurunkan Gula Darah Secara Alami”
  1. ADI July 3, 2017

Leave a Reply