Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat dengan Cepat dan Alami

Ada banyak cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang bisa Anda coba. Namun begitu, cara yang terbaik adalah dengan menggunakan bahan – bahan alami yang notabene tidak mengandung bahan pengawet sama sekali.

Dengan menggunakan bahan alami, selain bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat, Anda nanti nya juga akan mendapatkan asupan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Di era seperti sekarang ini, kolesterol dan asam urat berlebih merupakan dua permasalahan yang sangat umum terjadi di usia lanjut. Kebiasaan hidup dan pola makan yang kurang sehat disertai dengan rendah nya aktivitas fisik merupakan penyebab utama timbul nya tumpukan asam urat dan kolesterol.

Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Ciri ciri kolesterol dan asam urat biasa nya tidak begitu kentara. Namun begitu, beberapa gejala yang bisa dijadikan signal adalah persendian yang terasa linu dan sakit saat dipakai bergerak, kaki dan tangan yang sering kesemutan, dll.

Artikel terkait: Daftar Penyebab Kadar Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

Cara Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat Secara Alami

Nah, untuk Anda yang sering mengalami gejala asam urat dan kolesterol di atas, berikut merupakan beberapa alternatif cara menurunkan kolesterol dan asam urat dengan cepat dan alami yang bisa Anda coba untuk terapkan:

1. Memperbanyak Konsumsi Serat

Serat dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh manusia. Selain itu, serat juga dapat memperlancar proses pencernaan dan menyerap kadar asam berlebih pada darah.

Khusus untuk Anda yang menderita kolesterol tinggi, mengonsumsi serat juga akan merangsang tubuh Anda untuk mempercepat proses metabolisme, sehingga tumpukan lemak kolesterol pun bisa terbakar dengan lebih cepat.

Beberapa bahan makanan kaya serat yang bisa Anda jadikan sebagai makanan penurun asam urat dengan cepat yaitu: gandum, oats, wortel, brokoli, dan kubis.

Artikel terkait: Faktor Penyebab Asam Urat Tinggi yang Harus Anda Waspadai

2. Buah Ceri

Cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang ke dua adalah dengan mengonsumsi buah ceri.

Menurut hasil penelitian di University Boston disebutkan bahwa jika dikonsumsi secara rutin setiap hari, buah ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ceri kabarnya juga dapat membantu mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga sangat ramah untuk penderita kolesterol tinggi.

Artikel terkait: Daftar Buah Penurun Kolesterol yang Sehat Dikonsumsi

3. Apel

Selain enak, buah Apel dan produk turunan nya ternyata juga bisa dijadikan sebagai alternatif cara menurunkan kolesterol dan asam urat dengan cepat lho.

Ya, menurut hasil penelitian, kandungan asam malat yang terdapat dalam buah apel telah terbukti dapat membantu mengeluarkan asam urat berlebih dari dalam tubuh.

Disamping itu, zat pektin yang terdapat dalam buah ini kabarnya juga dapat menghambat proses terbentuk nya kolesterol LDL dalam tubuh sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai bahan makanan untuk penderita kolesterol.

4. Alpukat

Meski pun memiliki kandungan lemak yang tinggi, buah alpukat ternyata juga ampuh lho untuk dijadikan sebagai alternatif cara menurunkan kolesterol dan asam urat secara alami. Hal ini dikarenakan jenis lemak yang terdapat pada buah alpukat adalah jenis lemak yang tidak berbahaya, yaitu lemak DHL.

Bahkan, selain tidak berbahaya, lemak DHL dalam buah alpukat juga turut berperan aktif mempercepat proses pelarutan lemak kolesterol LDL.

Bila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengkonsumsi alpukat secara bersamaan dengan potongan sayur dan buah lain nya dalam bentuk salad buah.

Satu hal penting yang harus Anda ingat, jangan pernah mengkonsumsi alpukat menggunakan gula atau susu.

5. Banyak Minum Air Putih

Cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang berikut nya adalah dengan memperbanyak angka konsumsi air putih.

Air putih dapat membantu melarutkan kadar asam urat dan kadar kolesterol berlebih yang ada pada tubuh. Maka dari itu, jika Anda ingin sehat dan terhindar dari kolesterol dan asam urat berlebih, jangan malas mengkonsumsi air putih ya!

6. Minum Teh Hijau

Selain air putih, ada satu lagi bahan minuman yang bisa dijadikan sebagai alternatif cara menurunkan kolesterol dan asam urat. Bahan minuman tersebut adalah teh hijau.

Teh hijau sangat kaya akan anti oksidan yang berperan aktif membasmi toxin dan racun dalam tubuh manusia. Selain itu, kadar anti oksidan yang terdapat pada teh hijau juga dipercaya dapat membantu menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Dalam praktek nya, Anda dapat mengkonsumsi teh hijau sebagai pengganti minuman sehari – hari Anda di pagi dan sore hari.

7. Banyak Makan Buah Pisang

Alternatif cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak makan buah pisang.

Buah pisang memiliki kadar gula dan kalori yang rendah sehingga sangat pas untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Tidak hanya itu, buah pisang juga sangat kaya akan zat alkali dan kalium yang dapat membantu melarutkan kadar asam urat dalam tubuh.

8. Ikan Salmon

Cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan ikan salmon.

Ikan pada dasar nya tidak begitu dianjurkan untuk penderita asam urat berlebih. Namun begitu, kadar purin yang terdapat dalam ikan salmon masih tergolong rendah, sehingga cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat tinggi.

Dampak positif nyata yang akan didapatkan dari ikan salmon adalah kandungan omega 3 nya yang sangat tinggi. Zat omega 3 ini nanti nya akan berperan aktif memerangi kadar lemak LDL jahat yang menumpuk dalam tubuh.

Disamping itu, kandungan asam lemak yang terdapat dalam ikan salmon juga terbukti dapat menurunkan resiko terjadi nya penyakit komplikasi seperti jantung dan stroke.

9. Susu Rendah Lemak

Alternatif cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan susu rendah lemak.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu rendah lemak diyakini dapat membantu menetralkan kadar asam urat dan membasmi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Disamping itu, kandungan kalsium dan protein yang terdapat di dalam nya juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

10. Cuka Apel

Selain mengkonsumsi apel, penderita asam urat dan kolesterol juga dianjurkan untuk mengkonsumsi cuka apel. Cuka apel bisa didapatkan di apotek, toko-toko swalayan, tradisional, ataupun modern. Jadi anda tidak perlu bingung mencari cuka tersebut.

11. Sambiloto

Sambiloto terbukti ampuh untuk mengobati asam urat dan kolesterol tinggi secara alami. Bahkan bukan hanya dua penyakit ini saja, berbagai penyakit juga bisa disembuhkan oleh tanaman herbal yang mengandung senyawa keton, aldehid, alkana, flavonoid, natrium, kalium, dan kalsium.

Memang, daun smabiloto memiliki rasa yang cukup pahit, namun anda tentu harus tetap mengkonsumsinya agar asam urat dan kolesterol tinggi anda dapat diatasi. Caranya dengan merebus daun sambiloto kemudian membiarkan hingga dingin. Rebusan daun sambiloto ini juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri dan juga mencegah peradangan akibat asam urat yang terlalu tinggi.

Artikel terkait: 27 Obat Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah yang Ada di Sekitar Kita

12. Kumis Kucing

Kumis kucing selain bermanfaat untuk mengobati penyakit ginjal ternyata juga dapat kita manfaatkan untuk mengatasi asam urat dan kolesterol tinggi. Tanaman ini kaya akan kandungan kalium, orthosiphonin, glikosida dan sinsetin. Kalium di dalam kumis kucing ini bermanfaat untuk melarutkna batu ginjal. Sementara orthosiphonin, glikosida dan sinsetin berfungsi sebagai antibakteri.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga memiliki sifat diuretik yang berarti dapat membuang kadar asam urat yang berlebih melalui air seni atau urin.

13. Daun Salam

Selama ini mungkin daun salam hanya terkenal sebagai bumbu dapur saja, padahal tanaman ini juga ampuh menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang terlalu tinggi. Meengkonsumsi daun salam sangat aman dan kita bisa menemukan daun ini dengan mudah di pekarangan rumah atau di warung-warung.

Untuk membuat ramuan daun salam ini, silahkan ambil beberapa lembar daun salam lalu rebus dengan air sebanyak 650 cc hingga menyisakan air sebanyak satu gelas saja.

14. Bawang putih

Cara menurunkan asam urat dan kolesterol berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih ternyata ampuh untuk menstabilkan kadar kolesterol didalam tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan jika bawang putih yang dikonsumsi 600-900 mg atau sekitar 1 siung bawang putih dalam seharinya akan bekerja untuk cara menurunkan kolesterol dan asam urat. Dan selain itu juga bekerja untuk menurunkan trigliserida atau lemak didalam tubuh sehingga kadar kolesterol didalam tubuh akan lebih stabil lagi.

15. Tomat

Bagi penderita asam urat dan kolesterol tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 1 gelas jus tomat dalam sehari supaya bisa membantu untuk cara menurunkan kolesterol dan asam urat, dan juga mengurangi resiko dari terjadinya penyakit akibat kolesterol tinggi.

16. Kacang Kedelai

Selanjutnya, anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang kedelai atau produk turunannya yaitu tahu, tempe, dan juga susu kedelai. Makanan serta minuman tadi adalah makanan yang mengandung kandungan protein didalamnya yang sangat tinggi, selain itu juga akan bekerja untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada didalam darah.

17. Diet serat

Diet sehat menjadi solusi untuk menurunkan kolesterol dan asam urat selanjutnya. Diet serat ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan serat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol hingga mencapai 5%. Anda bisa mendapatkan asupan serat dari makanan, entah dari buah-buahan, kacang-kacangan, atau juga dari sayur-sayuran misalnya adalah seperti pepaya, oatmeal, rasberi, jagung, dan masih banyak lagi.

18. Melakukan Olahraga

Walau bagaimanapun, olahraga tetaplah menjadi solusi yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah. Olahraga sendiri bermanfaat untuk meningkatkan HDL dan juga merendahkan resiko terjadinya kematian bagi si penderita penyakit jantung sampai mencapai 25% dibanding dengan melakukan pengobatan yang biasa saja.

Pantangan Kolesterol dan Asam Urat

Menghindari seluruh pantangan kolesterol dan asam urat juga merupakan cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang sangat ampuh. Dengan menghindari semua bahan makanan yang dapat menyebabkan tumpukan asam urat dan kolesterol, Anda sudah berperan aktif untuk setidaknya tidak menambah kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh Anda.

Simak juga: Pantangan Penyakit Kolesterol yang Wajib Anda Hindari Sejak Saat ini!

Beberapa bahan makanan yang harus dihindari penderita kolesterol dan asam urat berlebih yaitu:

  • Makanan yang memiliki purin tinggi seperti kerang, sarden, daging merah, kuning telur, dan daging kalkun.
  • Semua produk minuman yang mengandung alkohol dan soda.
  • Sayuran bayam, kembang kol, dan asparagus.
  • Jeroan unggas
  • Kedelai dan produk turunan nya

Itu lah sedikit informasi mengenai cara menurunkan kolesterol dan asam urat yang bisa kami bagikan pada Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Simak juga: Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Leave a Reply