Tips Menurunkan Kolesterol dengan Cepat dan Alami

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat – Apakah Anda merupakan seorang penderita kolesterol? Jika ya, tulisan ini sangat pas untuk Anda baca. Di tulisan ini CekSehat akan menjabarkan beberapa cara menurunkan kolesterol dengan cepat dan alami.

Belakangan ini kolesterol sering kali dianggap sebagai sebuah penyakit. Padahal, sebenarnya kolesterol bukan termasuk ke dalam penyakit, melainkan zat metabolit yang terdapat di dalam tubuh manusia, tepatnya di bagian membran sel dan plasma darah.

Dalam dunia kedokteran, dikenal ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh manusia, yaitu kolesterol LDL dan kolesterol HDL. Kolesterol LDL merupakan kolesterol jahat yang sering menyebabkan penyakit, sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol baik yang berperan aktif melarutkan kolesterol LDL dalam tubuh.

Simak juga: 22 Gejala Kolesterol yang Harus Anda Waspadai

Dalam jumlah normal (sekitar 160-200 mg), kolesterol bukan lah zat yang berbahaya untuk tubuh. Namun dalam jumlah di atas kadar normal, kolesterol dapat memicu berbagai macam penyakit mematikan, seperti penyakit jantung koroner, stroke, gagal ginjal, dan lain sebagai nya.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Nah, untuk Anda yang saat ini tengah mengalami kelebihan kadar kolesterol dalam tubuh, berikut merupakan beberapa cara menurunkan kolesterol dengan cepat yang bisa Anda coba untuk terapkan:

1. Minum Larutan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid yang sangat tinggi. Zat flavonoid ini berguna sebagai zat anti oksidan dalam tubuh manusia. Ketika berada dalam tubuh, zat flavonoid akan bekerja melawan zat – zat lain yang tidak stabil dan merusak sel – sel yang masih sehat.

Dalam praktek nya, cara menurunkan kolesterol dengan cepat menggunakan larutan jeruk nipis dapat Anda lakukan dengan meminum larutan jeruk nipis yang diseduh menggunakan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, Anda kami sarankan untuk melakukan nya secara rutin di pagi dan malam hari.

Artikel terkait: Diet jeruk nipis

2. Minum Jus Jambu Biji Merah

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat yang ke dua adalah dengan mengonsumsi jus jambu biji merah secara rutin setiap hari.

Jambu biji merah sangat kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Tercatat ada lebih dari 5 nutrisi penting yang bisa Anda dapatkan saat mengkonsumsi jambu biji merah, seperti beberapa di antara nya adalah anti oksidan, vitamin A, Vitamin B3 dan B6, Vitamin C, kalium, dan zat fitonutrein.

Artikel terkait: Daftar Buah Penurun Kolesterol yang Sehat Dikonsumsi

3. Beras Merah

Makanan penurun kolesterol selanjutnya adalah beras merah. Mungkin anda bisa mengganti beras yang anda konsumsi selama ini dengan bras merah yang lebih sehat.

Beberapa kandungan nutrisi beras merah seperti Vitamin B, Selium, Magnesium dan Fitonutrien. Beras merah dapat dikonsumsi untuk menurunkan lemak darah. Kandungan serat tinggi beras merah juga membantu menurunkan gula darah.

4. Makan Biji – Bijian Utuh

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi bahan makanan biji – bijian utuh. Ya, menurut hasil penelitian, beberapa jenis biji – bijian utuh seperti gandum dan beras merah telah terbukti ampuh untuk dijadikan sebagai makanan penurun kolesterol.

Beberapa nutrisi penting yang bisa Anda dapatkan dari biji – bijian utuh adalah zat besi, seng, tembaga, fosfor, selenium, magnesium, protein, dan vitamin B.

5. Mengkonsumsi Oatmeal

Oatmeal yang diproduksi dari gandum utuh ternyata juga ampuh lho untuk dijadikan sebagai alternatif cara menurunkan kolesterol dengan cepat.

Ya, selain kaya akan serat yang berfungsi sebagai penghambat proses penyerapan kolesterol jahat, oatmeal juga memiliki kadar lemak yang sangat rendah sehingga benar – benar pas untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

Karena manfaat nya yang sangat bagus, oatmeal saat ini tergolong ke dalam 10 makanan penurun kolesterol terbaik.

6. Perbanyak Mengkonsumsi Brokoli

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak makan brokoli.

Kandungan nutrisi yang ada dalam brokoli diyakini dapat membantu mempercepat proses detoksifikasi tubuh. Dalam proses nya, nutrisi yang ada dalam brokoli dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang menumpuk pada lapisan membran sel.

Namun begitu, penting untuk diingat, brokoli yang dikonsumsi tidak boleh dimasak dengan menggunakan minyak. Sebagai alternatif nya, Anda dapat mengolah nya dengan cara direbus atau dijadikan sebagai jus.

7. Mengkonsumsi Kulit Manggis

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi kulit manggis.

Kulit manggis sangat kaya akan zat xanthone yang berperan sebagai zat anti oksidan dan anti kanker. Zat ini memiliki kemampuan menghapus racun jauh lebih baik dibandingkan dengan vitamin E dan C.

Bila Anda mau, Anda dapat menjadikan kulit manggis sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol. Atau jika Anda ingin yang lebih praktis, Anda juga bisa membeli obat penurun kolesterol yang dibuat dengan menggunakan ekstrak kulit manggis.

8. Minum Jus Anggur

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat yang berikutnya adalah dengan mengkonsumsi jus anggur.

Jus Anggur sangat kaya akan kandungan resveratrol dan piceatannol yang berperan aktif sebagai anti oksidan dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan fitonutrien yang ada dalam anggur juga telah terbukti dapat membantu menghambat pertumbuhan mikroba dalam tubuh.

Jika dikonsumsi dengan rutin, jus anggur dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh Anda.

9. Hindari Makanan Berlemak

Selain mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya akan anti oksidan dan serat, menghindari makanan berlemak ternyata juga ampuh loh untuk dijadikan sebagai cara menurunkan kolesterol dengan cepat.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, tumpukan kolesterol yang ada pada tubuh sejati nya timbul akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Maka dari itu, jika Anda ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, Anda harus menghindari segala jenis makanan yang kaya akan lemak.

10. Berolahraga dengan Rutin

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Ketika berolahraga, tubuh cenderung membutuhkan energi lebih banyak dari biasa nya. Untuk bisa memenuhi kebutuhan energi selama olah raga, tubuh biasa nya akan menggunakan semua cadangan energi tersedia, termasuk salah satu nya adalah lemak.

Nah, maka dari itu, bila Anda ingin menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, Anda harus rutin berolahraga setiap hari.

Beberapa jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba adalah jogging, lari bersepeda, olahraga permainan, dll.

11. Bayam

Bayam juga baik untuk dikonsumsi bagi anda penderita kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan zat lutein. Selain baik untuk kesehatan mata, sayur bayam juga sangat baik untuk melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Sayuran bayam merupakan sayuran yang mempu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dan anda hanya cukup mengkonumsinya dengan rutin dan bisa di jadikan sayur atau bisa dengan cara jus bayam, selain dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan cepat, bayam juga bisa menjadi makanan penurun darah tinggi yang ampuh.

Artikel terkait: Daftar Sayuran Penurun Kolesterol yang Sehat Dikonsumsi!

12. Ikan dan Omega 3

Ikan sangat baik untuk kita konsumsi setiap hari. Mengkonsumsi ikan dapat membantu tubuh kita melawan berbagai penyakit berbahaya. Bahkan menurut sebuah studi yang dilakukan di Norwegian University of Science and Technology menemukan hasil bahwa pengidap diabetes tipe 2 yang banyak mengonsumsi ikan yang kaya omega 3 selama 9 minggu ternyata mengalami penurunan konsentrasi dan ukuran jenis kolesterol di dalam tubuhnya.

Selain itu, dengan diet kaya omega 3 dapat menurunkan resiko jantung, mengurangi resiko pengentalan darah dan juga bisa menurunkan tekanan darah. Para ahli kesehatan menganjurkan untuk memakan ikan kaya omega 3 sebanyak 2 takar dalam seminggunya.

13. Minyak Zaitun Turunkan Kadar Kolesterol LDL (Jahat)

Minyak zaitun ternyata juga sangat bermanfaat untuk mengendalikan kolesterol jahat di dalam darah kita. Anda cukup menambahkan minyak zaitun kedalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Dikutip dari doctoroz.com, minyak zaitun merupakan salah satu sumber antioksidan dan memiliki zat yang dapat menjaga kesehatan jantung secara alami.

Bahkan minyak zaitun ini bisa menurunkan kolesterol LDL (jahat) secara cepat. Mengonsumsi minyak zaitun juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dalam darah. Hal tersebut juga dibuktikan dengan sejumlah penelitian.

Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi sebaiknya mengkonsumsi minyak zaitun sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Anda disarankan untuk mengkonsumsinya sebanyak dua sendok makan perharinya atau setara dengan 23 gram.

Selain untuk dikonsumsi secara langsung, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk menggantikan minyak goreng saat memasak. Boleh juga menambahkannya dalam menu salad yang ampuh dalam menurunkan kolesterol jahat jika dikonsumsi secara rutin.

14. Kacang Walnut

Cara menurunkan kolesterol dengna cepat selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi kacang walnut yang kaya dengan omega-3. Jika anda mengkonsumsi kacang walnut atau minyak kacang walnut ini sebanyak 4 kali seminggu maka kesehatan tubuh Anda akan meningkat.

Kandungan alpha linoleic acid atau yang biasa disebut dengan ALA ini sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cepat.

Selain itu, masih berdasarkan riset membuktikan bahwa ALA yang juga berkaitan dengan omega-3 dalam walnut dapat menurunkan kadar lemak serta trigliserida pada penderita kolesterol tinggi sekalipun.

Selain sebagai sumber omega-3, kacang walnut juga merupakan sumber asam folat yang merupakan salah satu bahan aktif yang dapat menjaga kesehatan dan kinerja sistem saraf pusat di otak. Selain itu, kacang walnut juga mengandung vitamin E yang membantu pembentukan hemoglobin.

Untuk anda yang ingin mengkonsumsi kacang walnut ini, berdasarkan situs Harvard, Health Harvard, Anda hanya perlu mengonsumsi kacang walnut secukupnya. Secukupnya yaitu 15% dari jumlah total asupan harian Anda. Anda dapat mengonsumsinya sebagai camilan di waktu senggang atau pun mencampurkannya dalam menu makan utama. Contohnya saja mencampurkan beberapa kacang walnut yang telah disangrai dengan semangkok oatmeal pada saat sarapan tiba. Bisa juga mencampurkannya dengan ikan panggang sebagai salah satu topping yang menggugah selera.

Makanan Pemicu Tingginya Kolesteril ( Makanan Yang Harus Dihindari )

Selain makanan yang dianjurkan di atas, berikut ini juga CekSehat rangkum beberapa jenis makanan yang sebaiknya anda hindari guna mencegah kolesterol anda semakin tinggi. Berikut ini diantaranya:

  • Daging Kambing
  • Ukan Laut, Seafoog Seperti Cumi – Cumi, Kepiting, Udang, Kerang Dan Siput )
  • Makanan Bersantan
  • Jeroan
  • Keju
  • Mentega
  • Coklat Dan Susu
  • Kuning Telur
  • Telur Burung Puyuh

Selengkapnya, silahkan simak: Daftar Penyebab Kadar Kolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

Efek Akibat Kolesterol Tinggi

Memiliki kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu berbagai komplikasi. Hal ini dikarenakan arteri makin menyempit, dan membuat aliran darah bisa terhambat. Hal ini akan mengurangi jumlah darah yang sampai ke jaringan tubuh. Kolesterol berlebihan bisa memicu penyakit lainnya seperti :

  • Darah Tinggi
  • Penyakit Jantung
  • Stroke
  • Batu Empedu
  • Diabetes Melitus Tipe 2
  • Gangguan Sistem Pencernaan
  • Disfungsi Ereksi

Tips Dan Rekomendasi Pengobatan Kolesterol Tinggi

Untuk anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, sebaiknya anda mulai memperhatikan makanan yang anda konsumsi serta pola makan anda selama ini. Sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan penurun kolesterol secara rutin dan mulai mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh.
Konsumsi juga buah dan sayur serta makanan lainnya yang memiliki nilai gizi seimbang.
Selain itu, anda juga bisa menjalankan beberapa jenis diet yang baik untuk anda terapkan. Berikut ini diantaranya:
  • Diet Mediterania

Untuk jenis diet yang pertama ini sangat baik untuk mengendalikan kolesterol tinggi anda. Dikutip dari web kesehatan Web MD, diet Mediterania sendiri merupakan salah satu kebiasaan makan dari masyarakat yang tinggal di sekitar Laut Mediterania. Bahkan, diet yang diklaim dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cepat ini hanya memperolehkan Anda menyantap jenis makanan seperti sayur, buah, gandum, ikan, daging dan juga minyak zaitun.

Jenis diet ini sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan seperti James Beckerman, MD seorang kardiologi di Portland. diet yang banyak dianjurkan untuk penderita kolesterol tinggi ini ternyata membuat Anda merasa tidak bosan dengan menu-menu yang disajikan. Bahkan, Anda masih dapat menikmati menu yang memiliki citarasa lezat setiap harinya.

  • TLC

Selain diet mediterania, anda juga bisa menjalankan Therapeutic Lifestyle Changes (TLC). Diet jenis ini merupakan kolaborasi dari diet, olahraga dan juga pengontrolan berat badan.

Metode diet ini dapat menurunkan kolesterol LDL sebanyak 20% hingga 30% dari jumlah sebelumnya. Bagi Anda yang tertarik menjalani TLC, maka jangan kaget jika menu-menu yang akan disantap tidak akan menggunakan lemak trans. Kendati demikian, Anda masih diperbolehkan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh beberapa kali saja.

  • DASH

Selanjutnya, anda juga bisa menjalankan diet DASH yang merupakan anjuran dari American Heart Association. Diet ini dapat menurunkan kolesterol anda dengan cepat. Bahkan tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat saja, tetapi juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebagai tambahan informasi, diet DASH ini merupakan salah satu cara menurunkan kadar kolesterol tinggi tercepat. Bahkan, hasilnya sudah dapat dilihat setelah menjalani diet DASH selama dua minggu.

Demikianlah informasi dari kami tentang cara menurunkan kolesterol dengan cepat dan alami. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada uang lainnya agar semakin bermanfaat lagi.

Simak juga: 27 Obat Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah yang Ada di Sekitar Kita

Leave a Reply