31 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Cara menurunkan kolesterol – Di zaman yang semakin maju saat ini banyak kemudahan yang bisa kita rasakan seperti makanan siap saji yang sudah tersedia di berbagai toko makanan, alat transportasi yang memudahkan kita ketika bepergian serta masih banyak lagi yang lainnya.

Namun tanpa kita sadari seluruh kemudahan tersebut justru membuat tubuh malas bergerak dan mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung gizi, alhasil tubuh akan terserang berbagai penyakit berbahaya.

Salah satu penyakit yang tengah marak dikalangan masyarakat adalah kolesterol tinggi. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh dan menurunnya kadar kolesterol baik.

Kebiasaan hidup yang buruk serta pola makan yang kurang baik menjadi indikasi peningkatan jumlah penderita kolesterol di indonesia. Kemudahan yang banyak diterima membuat tubuh enggan bergerak serta malas berolahraga.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Belum lagi kebiasaan mengkonsumsi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat seperti daging, telur, gorengan, makanan bersantan serta makanan yang mengandung lemak trans atau lemak jenuh menjadi penyebab utama naiknya kadar kolesterol di dalam darah.

Untuk mengatasi masalah kolesterol jahat yang tengah marak tersebut, artikel kali ini akan memberikan solusi cara menurunkan kolesterol yang cukup ampuh. Cara menurunkan kolesterol tentunya akan berjalan baik ketika anda juga mengimbangi dengan pola hidup dan pola makanan yang sehat.

Cara menurunkan kolesterol

Penyakit kolesterol merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya bagi tubuh yang bisa berujung kematian jika tidak ditangani dengan baik. kadar kolesterol dapat kita ketahui dari pemeriksaan darah, namun sebelum kita melakukan pemeriksaan darah untuk memastikan kita bisa mengetahui tubuh terserang kolesterol tinggi dengan melihat tanda-tanda berikut ini:

  • Pegal pada bagian tengkuk belakang
  • Migrain atau sakit kepala sebelah
  • Kesemutan
  • Persendian merasa nyeri atau sakit

Setelah kita melihat adanya tanda yang kurang baik yang ditunjukkan tubuh sebaiknya segera lakukan pemeriksaan darah ke dokter. Jika kadar kolesterol menunjukkan anga di atas rata-rata sebaiknya segera lakukan cara menurunkan kolesterol seperti berikut ini:

1. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh

Cara yang paling ampuh menurunkan kadar kolesterol adalah dengan menjauhi asal mula penyakit tersebut yaitu makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan, mentega, daging tinggi lemak, telur kuning, makanan bersantan serta masih banyak makanan lainnya.

Semua makanan tersebut memang tidak baik bagi tubuh sebab bukan hanya menyebabkan kolesterol tinggi tapi juga menjadi penyebab utama berbagai penyakit kronis seperti jantung, stroke, hipertensi, diabetes, serta penyempitan pembuluh darah.

Selain beberapa makanan di atas ada beberapa makanan yang wajib dihindari guna membantu menurunkan kadar kolesterol jahat seperti:

  • Gajih sapi, gajih daging kambing serta daging berlemak
  • Gorengan
  • Susu lemak tinggi
  • Sosis dan keju
  • Kerang, udang, kepiting. Siput dan belut
  • Kuning telur
  • Cumi-cumi
  • Telur puyuh
  • Otak sapi
  • Ganti minyak trans dengan minyak tak jenuh

Simak juga ulasan mengenai: 15 Gerakan Mengecilkan Perut yang Terbukti Membakar Lemak dengan Cepat

Penderita kolesterol tinggi memang diwajibkan menghindari makanan yang diolah dengan cara digoreng namun jika anda tetap menginginkan makann tersebut sebaiknya ganti penggunaan minyak trans atau minyak kelap sawit dengan minyak tak jenuh seperti minyak kelapa murni, minyak zaitun serta minyak canola.

2. Olahraga secara teratur

Untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah melakukan olahraga secara teratur juga bisa menjadi solusi yang baik. dengan olahraga makan akan meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan kolesterol jahat.

Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang berhubungan dengan kardio seperti lari ringan, aerobic, serta treadmil 3 sampai 5 kali dalam satu minggu. Olahraga teratur juga akan membantu membuang racun penyebab berbagai penyakit berbahaya serta membantu membakar lemak tak jenuh sehingga kadar kolesterol bisa kembali normal.

3. Konsumsi makanan sehat

Ketika anda menyadari kadar kolesterol dalam darah mulai meningkat sebaiknya segera hindari makanan yang tidak mengandung nilai gizi dengan makanan kaya nutrisi agar kadar kolesterol kembali normal. Selain itu konsumsi juga makanan rendah lemak, serta perbanyak buah dan sayur.

4. Daun salam

Cara menurunkan kolesterol secara alami juga bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi tanaman herbal salah satunya adalah daun salam. Berbagai kandungan pada daun salam akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah secara efektif

Cara membuat

  • Ambil 5 lembar daun salam lalu cuci bersih
  • Kemudian rebus dengan 2 gelas air
  • Tunggu hingga air tersisa 1 gelas
  • kemudian minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas

Simak juga: Manfaat daun salam untuk kesehatan

5. Konsumsi alpukat

Buah alpukat adalah salah satu buah yang kaya lemak baik atau lemak tak jenuh sehingga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

 Lemak sebenarnya juga sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu memperoleh energi namun pemilihan lemak yang salah yang bisa berakibat fatal. Itulah sebabnya mengkonsumsi buah alpukat sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan lemak baik.

6. Perbanyak sayuran hijau

Cara menurunkan kolesterol juga bisa dilakukan dengan  memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Namun jangan mengolahnya dengan cara ditumis menggunakan minyak trans tapi buatlah olahan masakan yang di rebus atau dilalap mentah saja.

Selain itu membuat jus sayur juga bisa menjadi solusi yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol serta akan membuat tubuh lebih sehat dan kulit menjadi semakin cantik, lembab, dan halus serta membantu membakar lemak.

7. Kacang kedelai

Kacang kedelai juga bisa menjadi salah satu makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Berbagai kandungan vitamin pada kacang kedelai sangat baik bagi tubuh. Selain mengkonsumsi kacang kedelai secara langsung anda juga bisa mengkonsumsi makanan olahan dari kacang kedelai seperti tempe, tahu, serta susu kedelai dengan harga yang cukup tejangkau.

8. Buah melon

Buah melon banyak terdapat di indonesia dengan harga yang cukup terjangkau dengan manfaat yang cukup penting yaitu dapat menetralkan kadar kolesterol dalam darah. Selain mengandung vitamin tinggi buah ini juga bercita rasa lezat dan segar.

Anda bisa menambahkan beberapa irisan melon pada menu harian anda atau menjadikannya es buah dan jus melon tanpa gula tambahan agar khasiatnya bisa kita rasakan secara maksimal.

9. Buah naga

Buah kaya antioksidan ini sangat baik dikonsumsi bagi tubuh. Berbagai manfaat penting dapat kita rasakan seperti dapat menangkal radikal bebas dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, selain itu biah naga juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Anda bisa mengkonsumsi buah naga merah atau buah naga putih karena keduanya memiliki khasiat yang sama namun soal rasa buah naga merah memiliki rasa yang lebih manis.

10. Meminimalisir gluten

Tidak banyak yang mengetahui apa itu gluten namun pasti kita pernah mengkonsumsinya. Gluten merupakan sejenis makanan yang mengandung tepung serta gandum. Jenis makanan ini sangat tidak baik dikonsumsi karena dapat meningkatkan kadar kolesterol serta meningkatkan kadar gula dalam darah.

Untuk itu mengurangi jenis makanan yang mengandung tepung sangat dianjurkan agar tubuh menjadi lebih sehat dan bebas dari berbagai penyakit berbahaya. Mengurangi makanan jenis ini tidak akan memberi dampak berbahaya sedikitpun bagi tubuh tapi justru sangat baik.

11. Merubah pola makan

Cara menurunkan kolesterol yang paling tepat adalah dengan mengatur kembali pola makan yang salah dengan makanan yang sehat dan benar. Berbagai makanan yang tidak baik akan menumpuk racun di damal tubuh.

Racun tersebutlah yang menjadi cikal bakal terbentuknya kolesterol dalam darah serta berbagai penyakit berbahaya lainnya. Makanan yang tidak sehat bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh tapi juga akan memberikan dampak negatif bagi kecantikan kulit.

Jangan lewatkan juga: 16 Makanan untuk Mengobati Asam Lambung yang Baik Dikonsumsi

12. Hindari obesitas

Obesitas merupakan pangkal segala macam penyakit salah satunya kolesterol tinggi. Di dalam timbunan lemak tersebut juga terdapat kadar kolesterol jahat serta kadar trigserida tinggi di dalam nya.

Untuk itu menjaga berat badan ideal juga sangat penting agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang bisa berujung kematian. Selain mengganggu kesehatan obesitas tentunya sangat mengganggu penampilan terutama bagi kaum wanita.

Artikel terkait: Diet golongan darah A dan Diet Golongan Darah O

13. Mengkonsumsi buah-buahan

Buah mengandung serta tinggi yang baik dalam proses pencernaan serta proses pembuangan sehingga timbunan lemak dan timbunan racun akan mudah dikeluarkan melalui fases. Dengan begitu berbagai bibit penyakit dapat dibuang dengan mudah.

Di dalam buah-buahan juga mengandung banyak vitamin dan mineral alami yang baik bagi tubuh dan kulit.

14. Buah tomat

Mengkonsumsi buah tomat bisa menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. kandungan lycopene pada tomat yang merupakan antioksidan tinggi sangat baik melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan membantu melawan berbagai penyakit salah satunya kolesterol tinggi.

Buah yang satu ini memang kaya manfaat seperti menyehatkan jantung, mencegah stroke, menormalkan tekanan darah serta masih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa membuat salad tomat dengan campuran sayuran sehat lainnya serta bisa juga dijadikan jus tanpa gula yang segar. Konsumsi buah tomat dalam 1 hari paling tidak 50 gr agar kadar kolesterol jahat cepat turun

15. Buah delima

Buah delima bisa menjadi alternatif pilihan lain untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Sebab buah delima memiliki banyak kandungan penting seperti polifenol yang merupakan antioksidan yang sangat baik

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol buah delima juga dapat menghambat penumpukan kolesterol di dalam arteri sehingga jantung anda akan terjaga kesehatannya. Tapi hindari mengkonsumsi jus buah delima kemasan karena banyak mengandung pengawet, pemanis, perasa serta pewarna tambahan yang tidak baik bagi tubuh. Sebaiknya buat sendiri jus buah delima agar terjaga kesehatannya.

16. Kacang almond

Kacang almond menjadi salah satu bahan alami yang mengandung lemak tak jenuh yang hampir sama dengan minyak zaitun dan buah alpukat, itulah mengapa kacang almond bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik.

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, kacang almond juga dapat mengurai kolesterol jahat sehingga mencegah penumpukan kolesterol dalam darah. Selain itu kacang almond juga mengandung vitamin E dan kalsium yang baik bagi tulang dan kulit.

Untuk takaran yang dianjurkan saat mengkonsumsi kacang almond adalah sekitar 73 gr perhari, hal ini bertujuan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 10 % dari pada yang tidak

17. Jus jeruk

Jeruk mengandung berbagai nutrisi penting seperti pistosterol, vitramin C, asam folat, serta potasium yang berperan penting dalam mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat, serta memiliki homosistein plasma yang lebih rendah

Selain dapat mencegah naiknya kadar kolesterol, jus jeruk juga dapat menyembuhkan tekanan darah rendah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

18. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak terbaik yang berguna bagi kesehatan tubuh. Minyak esensial ini memiliki kandungan antioksidan serta lemak tak jenuh yang berperan penting dalam penurunan kadar kolesterol jahat.

Minyak zaitun juga sangat penting bagi tubuh karena merupakan sumber lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk mendapatkan energi. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng bahan masakan sebagai ganti dari minyak kelapa sawit serta mentega.

19. Hindari kebiasaan merokok

Zat adiktif pada rokok seperti akrolein merupakan zat yang sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai penyakit serta dapat menghentikan aktivitas kolesterol baik yang bermanfaat mengangkut tumpukan lemak

Dengan begitu berbagai masalah dapat terjadi seperti naiknya kadar kolesterol jahat, obesitas, penyempitan arteri atau aterosklerosis, serta masih banyak lagi penyakit lainnya. Untuk itu sebaiknya anda mulai menghindari rokok dan asap rokok untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta mencegah berbagai penyakit berbahaya.

20. Belimbing manis

Mengkonsumsi buah belimbing manis bisa menjadi alternatif pengobatan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebab di dalam belimbing manis terdapat kandungan serat yang berperan penting dalam penyerapan lemak.

Dengan begitu secara otomatis kadar lemak dan kolesterol jahat akan menurun dengan sendirinya. Selain itu kandungan vitamin C pada belimbing akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga sistem imun yang baik akan mampu melawan penyakit secara alami.

21. Kubis

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat anda bisa mengobatinya dengan bantuan sayur-sayuran yang tinggi protein, air, serat, lemak, serta vitamin. Salah satu sayur yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat adalah kubis.

Cara membuat

  • Ambil kubis secukupnya
  • Kemudian potong menjadi bagian yang lebih kecil
  • Setelah itu haluskan denagn cara diblender
  • Setelah halus peras dan ambil sarinya
  • Kemudian minum setiap pagi hingga kolesterol benar-benar turun

22. Akar manis

Akar manis juga bisa manjadi salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. cara ini cukup efektif karena akar manis memiliki banyak kandungan seperti triterpenoid, biotin, asam sinapic, serta beta-sitosterol yang sangat berperan penting dalam menyehatkan tubuh dan menurunkan kadar kolesterol.

Rebus akar manis ini bersama dengan air secukupnya. Kemudian setelah mendidih angkat lalu biarkan sejenak. Setelah air menjadi hangat saring dan minum airnya

23. Gandum

Lain halnya dengan sejenis tepung lain yang dilarang dikonsumsi penderita kolestero, gandum utuh justru dianjurkan bagi penderita kolesterol tinggi sebab gandum mengandung serat serta rendah lemak yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Anda bisa mengkonsumsi gandum yang telah diolah menjadi makanan lain seperti roti serta oatmeal. Makanan ini juga akan mencegah obesitas yang juga mencegah kolesterol tinggi.

24. Bawang putih

Salah satu bahan alami yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol adalah bawang putih. Selain dapat menurunkan kolesterol dengan mudah, bawang putih juga memiliki banyak manfaat lain dalam dunia kesehatan dan kecantikan.

Tapi bawang putih memiliki rasa yang kurang enak serta bau yang cukup menyengat. Namun hasil yang didapatkan sangat efektif menjaga kesehatan tubuh. Selain itu bawang putih juga termasuk ke dalam bahan alami yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta melancarkan sistem peredaran darah.

Anda bisa mengkonsumsi bawang putih mentah jika kuat dengan bau dan rasanya namun jika tidak ada bisa mencampurkan bawang putih pada makanan lain.

25. Hindari stres

Stres yang sering kita alami memang sangatlah tidak baik. Ketika stres akan menghasilkan semacam hormon yang dapat memicu munculnya berbagai penyakit kronis atau berbahaya salah satunya kolesterol tinggi.

Jadi cara ampuh menghindari kolesterol adalah dengan menghindari stres atau jika tidak mampu dihindari kelola saja stres dengan baik dengan cara melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti jalan-jalan, bersepeda, serta masih banyak lagi cara lain.

26. Teh hijau

Mengkonsumsi teh hijau juga bisa menyegarkan pikiran dan menghilangkan stres karena teh hijau dapat menenangkan pikiran. Selain itu ada manfaat lain yang tidak kalah pentingnya yaitu  kandungan zat theanine pada teh hijau mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan kadar kolesterol jahat.

Minumlah teh hijau 3 tanpa gula sebanyak 3 cangkir untuk memaksimalkan penurunan kadar kolesterol. Selain itu teh hijau juga tinggi antioksidan sehingga sangat ampuh melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

27. Jaga kestabilan tekanan darah

Cara menurunkan kolesterol serta mencegah naiknya kadar kolesterol juga bisa dilakukan dengan mempertahankan kestabilan tekanan darah, sebab darah tinggi atau hipertensi dapat memicu pengerasan arteri sehingga kadar kolesterol jahat akan mudah naik.

Jaga tekanan darah sistolik dan diastolik selalu normal yaitu di bawah 140 mmHg serta di bawah 90 mmHg. Agar kadar kolesterol tidak mudah naik.

Simak juga: Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia 0-65 Tahun

28. Hindari makanan yang mengandung kolesterol

Beberapa makanan ini wajib anda hindari sebagai pencegahan kolesterol tinggi dan mencegahnya menjadi semakin tinggi seperti jeroan, kuning telur, serta seafood kecuali ikan.

29. Mahkota dewa

Sebuah studi membuktikan di dalam tanaman mahkota dewa terdapat zat aktif asam galat. Zat ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan meningkatkan jumlah reseptor kolesterol di membran sel, sehingga akan lebih banyak kolesterol jahat yang diendositosis ke dalam sel.

30. Mengkudu

Salah satu ramuan tradisional yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat adalah buah mengkudu. Karena buah mengkuddu mengandung zat proxeronine yang mampu mengatasi masalah kolesterol jahat dalam darah dengan cara menghilangkan lemak pada darah serta membatasi penyerapan lemak.

31. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin atau curcuma yang berkhasiat menaikkan kadar kolesterol baik dan menekan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Itulah beberapa cara menurunkan kolesterol jahat di dalam darah menggunakan cara alami serta bahan alami yang sangat efektif menurunkan kolesterol jahat. Sebenarnya kunci hidup sehat bebas kolesterol jahat adalah menjaga pola makan dan pola hidup yang baik dengan rajin berolahraga serta mengkonsumsi makanan kaya nutrisi. Selamat mencoba. Simak juga 

Leave a Reply