9 Cara Menurunkan Leukosit Tinggi Paling Ampuh

Cara Menurunkan Leukosit – Pada kesempatan kali ini CekSehat akan membagikan sedikit informasi mengenai leukosit.

Leukosit yang juga dikenal sebagai sel darah putih merupakan bagian dari sel darah yang bertugas sebagai sistem pertahanan tubuh terhadap serangan infeksi, virus, mikroba, dan zat – zat asing lain nya.

Dalam kondisi normal, kadar leukosit berada di kisaran 4.500 sampai 10.000 per mikro liter darah. Jika kadar leukosit dalam darah berada di bawah atau di atas ambang batas tersebut, maka tubuh akan mulai mengalami masalah.

Loading...

Jika kadar leukosit dalam darah terlalu rendah, tubuh akan rentan terserang infeksi. Sebaliknya, jika kadar leukosit dalam darah terlalu tinggi, berarti ada “sesuatu” yang tidak beres dengan tubuh, dan perlu segera di atasi.

Pada dasar nya kita tidak perlu mencari cara menurunkan leukosit. Hal ini dikarenakan, ketika “sesuatu” yang menyebabkan peningkatan leukosit telah di atasi, maka tubuh (asumsi tidak mengalami kelainan darah), secara otomatis akan menekan jumlah sel darah putih.

Artikel terkait: Gejala Darah Rendah yang Wajib Anda Ketahui!

Namun begitu, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang salah kaprah dan cenderung berusaha untuk mencari cara menurunkan leukosit alih – alih mencoba mencari akar permasalahan yang menyebabkan naik nya kadar leukosit dalam darah.

Cara Menurunkan Leukosit Tinggi

Cara Menurunkan Leukosit Tinggi

Cara Menurunkan Leukosit Tinggi berdasarkan Penyebabnya

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, cara menurunkan leukosit akan sangat bergantung pada “sesuatu” yang menyebabkan peningkatan kadar leukosit. Maka dari itu, untuk bisa menurunkan kadar leukosit, Anda harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui “sesuatu” yang menyebabkan peningkatan leukosit dalam darah.

Jika nanti nya sumber penyebab naik nya leukosit pada tubuh Anda telah diketahui, baru lah Anda bisa mencari cara menurunkan leukosit yang pas untuk kasus Anda.

Penyebab naik nya kadar leukosit sendiri agak sulit untuk ditemukan. Namun begitu, beberapa pemicu umum yang banyak terjadi yaitu:

  • Infeksi
  • Radang
  • Permasalahan sel sumsum tulang belakang
  • Stress fisik
  • Efek obat
  • Sindrom Autoimun, dll

Cara Menurunkan Leukosit karena Infeksi

Leukosit atau sel darah putih pada dasar nya merupakan ujung tombak sistem pertahanan tubuh. Ketika tubuh mengalami infeksi, sel darah putih akan bekerja aktif untuk mencegah terjadi nya infeksi, baik terhadap virus mau pun bakteri.

Nah, jika penyebab leukosit tinggi di tubuh Anda adalah infeksi, maka cara menurunkan leukosit yang pas pada kasus Anda adalah dengan mengkonsumsi obat antibiotik untuk infeksi.

Dalam praktek nya, jenis antibiotik yang dipakai pun harus disesuaikan dengan kasus infeksi yang terjadi. Hal ini perlu dilakukan karena antibiotik untuk infeksi di tenggorokan cenderung akan berbeda dengan antibiotik untuk infeksi di organ usus.

Cara Menurunkan Leukosit karena Stress Fisik

Stress fisik yang timbul akibat aktivitas fisik yang terlalu padat atau latihan yang terlampau keras terkadang juga dapat menyebabkan peningkatan kadar leukosit dalam darah.

Dalam kasus ini, cara menurunkan leukosit yang pas adalah dengan mengurangi beban fisik entah itu dengan mengurangi aktivitas fisik yang terlalu padat atau dengan mengurangi porsi latihan.

Disamping itu, agar proses normalisasi kadar leukosit dalam tubuh Anda bisa berjalan dengan lebih cepat, Anda sebaik nya juga turut menambah porsi istirahat harian Anda.

Hal ini penting untuk dilakukan karena mayoritas sel dalam tubuh manusia cenderung melakukan regenerasi lebih cepat ketika sedang istirahat / tidur.

Cara Menurunkan Leukosit Karena Penggunaan Obat

Dalam kasus tertentu, penggunaan obat terkadang juga bisa menyebabkan peningkatan kadar leukosit dalam darah. Maka dari itu, ketika kadar leukosit dalam darah Anda mengalami peningkatan secara tiba – tiba, Anda harus mengingat apakah dalam beberapa waktu terakhir Anda ada mengonsumsi obat atau tidak.

Dalam kebanyakan kasus, cara menurunkan leukosit karena penggunaan obat bisa dilakukan dengan cara menghentikan penggunaan obat tersebut.

Namun begitu, dalam beberapa kasus penghentian penggunaan obat yang menyebabkan naik nya kadar leukosit dalam darah terkadang tidak mengatasi permasalahan sama sekali. Dalam kasus seperti ini, dokter biasa nya akan memberi Anda produk obat penurun leukosit atau obat penetralisir zat obat yang sebelumnya Anda konsumsi.

Cara Menurunkan Leukosit Karena Sindrom Autoimun

Sindrom autoimun merupakan sindrom yang menyebabkan tubuh bereaksi terlalu aktif terhadap rangsangan zat asing. Orang yang mengalami sindrom autoimun biasa nya akan sering mengalami reaksi alergi, baik itu terhadap produk obat dan makanan mau pun terhadap rangsangan dari luar tubuh seperti suhu udara mau pun panas matahari.

Dalam kebanyakan kasus, cara menurunkan leukosit yang disebabkan oleh sindrom autoimun adalah dengan menghindari hal – hal yang dapat merangsang imun bekerja secara berlebihan.

Contoh nya, jika tubuh Anda mengalami peningkatan kadar leukosit setelah terpapar matahari secara langsung, maka cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan leukosit adalah dengan menghindarkan diri Anda dari paparan matahari secara langsung.

Namun begitu, dalam beberapa kasus selain harus menghindari hal yang menyebabkan sistem imun bekerja terlalu aktif, dibutuhkan pula treatment tambahan seperti mengonsumsi obat (harus konsultasi ke dokter), menurunkan suhu tubuh dengan mandi air hangat / air dingin, dll.

Cara Menurunkan Leukosit Karena Kelainan Sum-sum Tulang Belakang

Dalam kasus ini, satu – satu nya cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar leukosit dalam darah adalah dengan menggunakan bantuan tim medis.

Dalam praktek nya, penderita kelainan sum – sum tulang belakang biasa nya akan diberi obat penurun leukosit dan menjalani rangkaian treatment khusus yang memang dikhususkan untuk penderita kelainan sum – sum tulang belakang.

Hindari Terjadinya Dehidrasi

Mengkonsumsi air putih sangat penting untuk tubuh kita. Sebaiknya saat bangun tidur kita mengkonsumsi air putih segelas sebelum melakukan aktivitas apapun.

Jangan sampai anda lewatkan: Cara Terapi Air Putih yang Benar, Rasakan Manfaatnya yang Sangat Luar Biasa

Idealnya, kita mengkonsumsi air putih 8 gelas/hari. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa Anda boleh minum air lebih dari 8 gelas/hari.

Selain dapat mengatasi leukosit tinggi, mengkonsumsi air putih ternyata juga bermanfaat untuk membersihkan racun-racun yang terdapat di dalam tubuh.

Artikel terkait: 28 Khasiat Air Putih untuk Merawat Kesehatan dan Kecantikan

Mengkonsumsi Makanan Sehat untuk Penderita Leukosit Tinggi

Terakhir, untuk mempercepat proses normalisasi kadar leukosit dalam darah, ada satu lagi cara menurunkan leukosit yang bisa Anda coba untuk terapkan, yaitu dengan mengonsumsi makanan dan buah untuk menurunkan darah putih.

Beberapa produk makanan dan buah – buahan untuk menurunkan leukosit tinggi yang bisa Anda konsumsi yaitu:

  • Buah yang Kaya akan Vitamin C

Vitamin C sangat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan infeksi karena bakteri, jamur, dan virus. Beberapa jenis buah yang bisa Anda konsumsi sebagai buah penurun leukosit adalah jambu biji, pepaya, berry, dan jeruk.

  • Makanan yang Kaya akan Antioksidan

Cara menurunkan leukosit dengan bahan makanan yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi bahan makanan yang kaya akan anti oksidan.

Produk makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu tubuh untuk melawan zat radikal bebas yang berpotensi menyebabkan infeksi.

Beberapa bahan makanan kaya anti oksidan yang bisa Anda coba untuk konsumsi adalah teh hijau, bawang putih, bawang daun, dan bawang bombay.

  • Asam lemak omega-3

Selain makanan yang kaya akan antioksidan, anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya dengan lemak omega-3. 

Makanan yang kayak akan asal lemak omega-3 ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga memaksimalkan aktivitas fagosit. Fagosit adalah jenis dari darah putih yang melindungi tubuh Anda dari serangan berbagai bakteri.

Beberapa makanan yang kayak dengan asam lemak omega-3 adalah Ikan salmon, ikan forel, dan ikan herring. Makanan tersebut merupakan beberapa jenis makanan penurun leukosit tinggi yang baik untuk kita konsumsi. 

Itu lah sedikit informasi mengenai cara menurunkan leukosit yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Penting untuk diingat, hal pertama yang harus Anda cari saat mengalami peningkatan kadar leukosit adalah penyebab nya. Selain itu, untuk langkah yang lebih aman, sebelum mengambil langkah tertentu, Anda sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Loading...

Salam sehat dan semoga bermanfaat ya! Jangan lewatkan juga: Daftar Makanan untuk Menambah HB Darah dengan Cepat

loading...

Leave a Reply