20 Cara Menurunkan Panas Anak yang Cepat dan Ampuh

Pada tulisan ini CekSehat akan membahas tentang beberapa cara menurunkan panas anak. Panas berlebih yang juga dikenal dengan istilah demam merupakan salah satu kondisi tubuh yang sering terjadi pada anak.

Dalam kondisi normal, suhu panas yang dialami anak merupakan hal yang wajar dan tidak perlu ditakuti sama sekali. Namun begitu dalam kasus tertentu ada kondisi dimana panas yang terjadi pada anak harus ditangani dengan serius oleh tenaga medis.

Kondisi panas pada anak normalnya merupakan pertanda bahwa sistem pertahanan tubuh sedang bekerja melawan radang dan infeksi. Maka dari itu, sangat lah normal jika anak mengalami panas dan demam mengingat anak sedang mengalami proses pertumbuhan sehingga sering mengalami radang. Justru akan sangat aneh jika anak tidak mengalami panas sama sekali dalam kurun waktu yang lama.

Artikel terkait: Gejala dan Cara Mengobati Demam

Ketika mengalami panas demam, anak biasa nya akan cenderung lebih rewel dari biasa nya. Itu lah mengapa, kita sebagai orang tua harus mengetahui cara menurunkan panas anak. Sehingga ketika anak mengalami panas, kita dapat memberikan treatment untuk meredakan rasa tidak nyaman yang mereka rasakan.

Cara Menurunkan Panas Anak

Ilustrasi: Cara Menurunkan Panas Anak

Cara Menurunkan Panas Anak

Sampai saat ini masih banyak orang tua yang salah kaprah dalam menangani panas anak. Ketika anak mengalami peningkatan suhu tubuh, banyak orang tua yang terlalu khawatir dan langsung membawa nya ke dokter atau langsung memberi nya obat penurun panas.

Padahal, seperti yang telah disebutkan di atas, sangat lah normal jika anak – anak mengalami panas demam. Sehingga ketika anak mengalami panas, Anda tidak harus langsung membawa nya ke dokter.

Dalam hal ini, Anda hanya perlu menerapkan beberapa cara menurunkan panas anak di bawah ini:

1. Memandikan Anak dengan Air Hangat Suam kuku

Memandikan anak dengan air hangat dapat membantu menstabilkan panas pada tubuh mereka. Ketika kulit dimandikan dengan air hangat, maka pori – pori akan mengembang, sehingga suhu panas dalam tubuh bisa lebih mudah keluar.

Bila cara menurunkan panas anak dengan memandikan nya tidak memungkinkan untuk diterapkan (anak tidak mau dimandikan), Anda dapat menyiasati nya dengan mengelap tubuh anak dengan handuk hangat.

2. Mengompres dengan Handuk Hangat

Selain memandikan nya pada air hangat suam kuku, Anda sebaiknya juga turut mengompres beberapa bagian tubuh anak dengan menggunakan handuk hangat.

Cara menurunkan panas anak yang satu ini perlu dilakukan agar suhu panas di bagian – bagian tubuh tertentu tidak terlalu over.

Beberapa bagian tubuh yang perlu dikompres menggunakan handuk hangat adalah: kening, leher, dan ketiak.

3. Beri Anak Sup Hangat

Agar suhu dalam tubuh stabil, Anda sebaiknya memberi anak Anda sup hangat. Bila perlu Anda juga bisa mengkombinasikan sup hangat tersebut dengan nasi putih sebagai sumber energi untuk tubuh anak.

4. Beri Anak Teh Herbal Hangat

Cara menurunkan panas anak yang selanjutnya adalah dengan memberi nya teh herbal hangat.

Teh herbal herbal dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi yang ada pada teh herbal juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalam minuman herbal tersebut.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Cara menurunkan panas anak yang selanjutnya adalah dengan memberikan anak lebih banyak air putih.

Ketika demam, tubuh anak akan mengeluarkan banyak cairan. Dampak nya, suhu tubuh menjadi tidak stabil dan dalam kondisi tertentu dapat menyebabkan dehidrasi.

Maka dari itu, agar suhu tubuh anak bisa kembali normal dan tidak mengalami dehidrasi, Anda harus memberi mereka banyak air putih.

6. Beri Paracetamol

Paracetamol merupakan obat demam yang bisa didapatkan dengan cukup mudah. Di era seperti sekarang ini, paracetamol merupakan solusi dan cara menurunkan panas anak yang paling efektif.

Saat ini ada banyak sekali produk paracetamol yang dibuat khusus untuk anak – anak. Biasa nya, paracetamol untuk anak – anak diproduksi dalam berbagai varian rasa, sehingga lebih disukai oleh anak – anak.

7. Kenakan Anak Pakaian yang Longgar dan Tipis

Penggunaan pakaian yang longgar dan tipis ternyata juga bisa dijadikan sebagai cara menurunkan panas anak yang ampuh lho.

Dengan menggunakan pakaian yang longgar dan tipis, suhu panas yang terjadi pada tubuh anak akan cenderung lebih mudah keluar. Dampak nya, proses normalisasi suhu tubuh pun akan berjalan dengan lebih cepat.

8. Jika Mau, Biarkan Anak Bermain

Semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan oleh anak, maka semakin cepat pula proses normalisasi suhu tubuhnya berlangsung. Maka dari itu, jika ia ingin bermain, Anda sebaiknya tidak melarang nya.

Namun begitu, agar anak tidak mengalami dehidrasi, Anda harus memberi nya banyak air putih dan tetap memperhatikan pola makan nya dengan baik.

9. Ajak Anak Ke Luar Ruangan / Ke Ruangan Sejuk

Cara menurunkan panas anak yang selanjutnya adalah dengan mengajak anak ke tempat yang sejuk.

Tempat yang sejuk dapat membantu mempercepat proses normalisasi suhu tubuh anak. Jika anak Anda mengalami panas berlebih, Anda sebaiknya mengajak nya ke tempat yang sejuk, entah itu di taman dekat rumah atau di ruangan ber AC.

10. Balurkan Bawang Merah Dan Minyak Kelapa

Cara menurunkan panas anak berikutnya adalah dengan menggunakan bawang merah dan minyak kelapa. Silahkan tumbuk bawang merah kemudian tambahkan dengan dengan minyak kelapa. Setelah itu oleskan pada seluruh tubuh anak terutama pada bagian lipatan tubuh seperti ketian dan leher. Dengan cara ini, anak anda akan merasa lebih nyaman dan bisa membuatnya tidur nyenyak.

11. Berikan Air Kelapa Hijau Muda

Kandungan elektrolit pada air kelapa hijau muda berupa elektrolit bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi  serta meningkatkan jumlah ion tubuh , kandungan ini juga bisa membantu menangani panas dalam.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda bisa menambahkan madu alami pada air kelapa hijau muda tersebut. Silahkan minumkan untuk anak anda bisa seminggu sekali atau dua kali.

12. Beri Cuka Sari Apel

Cuka apel ini mengandung antibacteryal & vitamin C yg cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menurunkan panas anak anda secara alami.  Bahkan juga dengan pemakaian teratur, nyeri tenggorokan juga bisa hilang.

Caranya yaitu, ambil cuka sari apel sekitar 5-7 sendok makan. Lalu campur dengan 1 gelas air hangat. Setelah itu, gunakanlah air cuka ini buat berkumur-kumur sepanjang 10 menit. Terakhir berkumur dengan air hangat.

13. Konsumsi Madu & Perasan Lemon

Cara menurunkan panas anak selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi madu dan perasan lamon. Lemon sendiri mempunyai kandungan vitamin C yg cukup tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan panas anak anda.

Caranya yaitu, pertama campur 6 sendok makan madu alami dengan 3 sendok makan perasan air lemon. Setelah itu, makanlah obat ini dengan cara teratur sejumlah 2 kali sehari. Anda bisa mekonsumsinya sebelumnya tidur & setelah bangun tidur.

14. Gunakan Rambut Jagung Muda

Siapa sangka ternyata rambut jagung muda ini bisa kita gunakan untuk menurunkan demam panas anak kita. Caranya cukup mudah, pertama ambil segenggam rambut jagung muda lalu campurkan dengan 3 gelas air. Panaskan hingga mendidih dan tersisa hanya 1 gelas saja.

Agar rasanya lebih enak dan tidak eneg, anda bisa menambahkan jahe & gula batu. Setelah tercampur rata, saring & pisahkan. Minum air tersebut secara teratur sekali sehari hingga demam turun.

15. Buatkan Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau kaya akan serat yang bermanfaat untuk tubuh kita. Selain bermanfaat untuk pencernaan, serat ini juga bermanfaat untuk menurunkan panas dalam. Selain itu, mengkonsumsi kacang hijau juga dapat meningkatkan imunitas tubuh kita secara bertahap.

Anda bisa membuatkan anak anda bubur kacang hijau yang kaya serat. caranya ambil sekitar  2 genggam kacang hijau. Rebus kacang hijau tadi dengan 3 gelas air & tunggulah sampai tersisa 1 gelas air saja. Kemudian tambahkan kupasan jahe & gula batu agar rasa-rasanya makin nikmat. Silahkan berikan kepada anak anda.

16. Berikan Telur ayam kampung

Telur ayam kampung juga bisa kita gunakan untuk menurunkan panas anak yang terbukti ampuh. Cara membuat ramuannya yaitu, pertama ambil bagian kuning 1 butir telur ayam kampung. Jika anak anda mau, berikan langsung kuning telur tersebut. Jika tidak bersedia berikan sedikit madu agar amisnya hilang.

17. Dengan Air garam

Garam dapur selama ini sudah dikenal memiliki banyak manfaat selain untuk memasak. Seperti pada tulisan sebelumnya, yaitu: Cara Mengatasi Ketombe dengan Garam Secara Alami dan Ragam Manfaat Garam untuk Wajah.

Nah, ternyata air garam ini juga bermanfaat untuk menurunkan panas anak anda. Caranya yaitu: pertama ambil 5-6 sendok makan garam halus dalam 1 gelas air hangat. Aduk hingga terlarut, kemudian gunakan untuk berkumur selama 5 menit. Lakukan sebelum tidur & setelah bangun tidur.

19. Cara Menurunkan Panas Anak Dengan Kencur

Kencur ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan panas anak secara alami. Caranya yaitu, pertama ambil kencur  ukuran 2-3 ibu jari. Setelah itu kupas, bersihkan, & parut kencur tadi sampai halus. Peras halusan kencur tadi sampai hasilkan sari berwarna kuning pekat. Tambahkan sedikit air hangat agar tidak sangat pekat. Silahkan minumkan ramuan kencur tadi sekali sehari.

20 Makan Banyak Buah-buahan

Untuk mempercepat proses penyembuhan, sebaiknya beri anak anda makan buah-buahan terus menerus. Beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi ketika demam seperti alpukat, buah strawberry, anggur, kiwi, sirsak, blewah, tomat, mangga, delima, apel, jambu biji, jambu monyet, pisang, & jeruk.

Kondisi Dimana Demam Patut Diwaspadai

Dalam kondisi tertentu, ada kasus dimana kita harus waspada terhadap demam yang dialami oleh anak. Dalam kondisi seperti ini, treatment menggunakan cara menurunkan panas anak di atas biasanya tidak akan mampu menanggulangi masalah suhu tubuh anak sehingga kita memerlukan bantuan tim medis.

Beberapa gejala yang perlu diwaspadai ketika anak mengalami panas adalah:

Jika anak mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, maka Anda wajib segera membawa nya ke dokter. Jika sebelumnya, Anda telah menerapkan beberapa cara menurunkan panas anak di atas, Anda harus menerangkan semua langkah yang telah Anda lakukan ke dokter yang memeriksa anak Anda.

Itu lah sedikit informasi tentang cara menurunkan panas anak yang bisa kami sampaikan pada Anda. Penting untuk diingat, suhu panas yang terjadi pada anak merupakan hal yang wajar, sehingga tidak perlu direspon secara berlebihan. Namun begitu dalam kondisi tertentu, seperti anak mengalami kejang, dll Anda juga harus sigap untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan.

Terakhir, jika Anda hendak menggunakan cara menurunkan panas anak dengan menggunakan obat paracetamol, jangan lupa untuk melihat dosis aturan pakai yang tercantum dalam kemasan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan untuk menghindari terjadi nya over dosis. Bila perlu, Anda sebaiknya juga turut berdiskusi dengan apoteker tempat Anda membeli paracetamol tersebut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya! Simak juga: Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Leave a Reply