Cara Mengobati Panas Demam dengan Cepat dan Aman

Cara menurunkan panas tubuh yang berlebihan (demam) pada dasarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengkonsumsi obat pereda demam dan atau melakukan beberapa aktivitas fisik yang telah terbukti dapat membantu menormalkan suhu tubuh.

Sakit panas yang sering dikenal dengan istilah demam merupakan kondisi dimana tubuh mengalami peningkatan suhu secara tiba – tiba. Dalam dunia kedokteran, sakit panas pada dasarnya tidak dianggap sebagai penyakit, melainkan hanya merupakan respon tubuh yang sedang berupaya untuk melawan infeksi.

Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang salah kaprah menganggap demam sebagai penyakit, sehingga ketika mereka / anggota keluarga mereka mengalami panas, mereka akan berusaha untuk mencari cara menurunkan panas. Padahal, dibandingkan panas itu sendiri, yang lebih penting untuk dideteksi adalah penyebab nya.

Loading...

Pada dasarnya, dalam kondisi normal, panas berlebih yang terjadi pada tubuh tidak perlu diturunkan. Namun begitu, ketika panas yang terjadi mulai mengganggu aktivitas sehari – hari, maka dibutuhkan upaya – upaya cara menurunkan panas, sehingga tubuh dapat beraktivitas seperti biasa.

Cara menurunkan panas

Cara menurunkan panas

Saat ini ada dua opsi yang dapat ditempuh untuk meredakan panas, yaitu dengan mengkonsumsi obat demam dan dengan melakukan beberapa aktivitas fisik yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh.

Cara Menurunkan Panas dengan Obat

Mengkonsumsi obat demam merupakan salah satu cara menurunkan panas yang paling ampuh. Saat ini ada banyak sekali jenis obat demam, yang dapat dibeli dengan mudah di apotek dan toko obat tanpa memerlukan resep dokter. Beberapa jenis obat tersebut yaitu:

  1. Paracetamol

Cara menurunkan panas dengan obat yang pertama adalah dengan mengonsumsi paracetamol. Paracetamol merupakan obat pereda demam dan nyeri yang bekerja dengan cara mempengaruhi sumber yang menyebabkan demam.

Dosis normal paracetamol yang dibutuhkan orang dewasa untuk menurunkan panas adalah sekitar 300 – 650 mg per 4 jam dengan dosis maksimal sebesar 3 gram per hari.

  1. Aspirin

Aspirin bekerja dengan cara mencegah tubuh untuk memproduksi hormon yang menimbulkan rasa nyeri dan radang. Ketika Anda mengalami panas karena infeksi, aspirin sangat pas untuk dijadikan sebagai obat pereda panas.

Meski pun ampuh, dalam praktek nya, aspirin tidak boleh diberikan pada anak – anak. Disamping itu, pengonsumsian obat ini juga harus dilakukan setelah makan.

  1. Ibuprofen

Cara menurunkan panas dengan obat yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi Ibuprofen. Sistem kerja Ibuprofen hampir sama dengan sistem kerja obat jenis Aspirin, yaitu dengan mencegah tubuh untuk memproduksi hormon penyebab rasa nyeri. Beda nya, Ibuprofen cenderung lebih ramah terhadap tubuh, sehingga cukup aman untuk dikonsumsi oleh anak – anak.

Dalam praktek nya, obat ini hanya boleh dikonsumsi setelah makan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadi nya sakit perut.

Artikel terkait: Demam Tifoid: Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan

Cara Menurunkan Panas tanpa Obat

Selain mengonsumsi obat pereda demam, untuk menurunkan panas, berikut ini CekSehat rangkum untuk anda beberapa cara menurunkan panas tanpa obat yang bisa anda lakukan:

1. Banyak Minum Air Putih

Saat suhu tubuh meningkat, tubuh akan mengeluarkan keringat. Dampak nya, tubuh akan kehilangan banyak cairan dan pada akhirnya suhu tubuh pun menjadi lebih tinggi.

itu lah mengapa banyak minum air putih dapat dijadikan sebagai salah satu cara menurunkan panas tubuh.

Dengan banyak mengkonsumsi air putih, pasokan cairan dalam tubuh akan tetap terjaga, sehingga suhu tubuh bisa kembali normal dan tidak mengalami dehidrasi.

2. Kompres Air Hangat

Mengompres beberapa bagian tubuh dengan menggunakan air hangat ternyata juga bisa dijadikan sebagai cara menurunkan panas tubuh lho.

Ketika tubuh dikompres dengan air hangat, maka pori – pori yang ada pada tubuh akan mengembang. Ketika pori – pori mengembang, maka panas dalam tubuh akan menjadi lebih mudah keluar dan pada akhirnya suhu tubuh pun akan kembali normal.

3. Mandi Air Hangat

Bila memungkinkan, ketimbang hanya mengompres tubuh menggunakan air hangat, akan lebih baik bila Anda mandi dengan menggunakan air hangat suam – suam kuku.

Ketika Anda mandi air hangat, maka semua pori – pori yang ada pada tubuh akan melebar, sehingga suhu panas di dalam tubuh bisa lebih mudah keluar.

4. Mengenakan Kaus Kaki Basah

Cara menurunkan panas yang selanjutnya adalah dengan mengenakan kaus kaki basah.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, penggunaan kaus kaki basah pada penderita demam ternyata dapat membantu mempercepat proses penurunan suhu tubuh lho.

Cara nya, Anda hanya perlu menggunakan kaus kaki tipis yang telah dibasahi air dingin (peras terlebih dahulu), kemudian melapisi nya kembali dengan kaus kaki tebal di bagian dalam. Penggunaan kaus kaki basah ini sebaiknya dilakukan ketika tidur.

Dalam proses nya, penggunaan kaus kaki basah saat demam dapat memicu tubuh Anda untuk memproduksi lebih banyak sel darah dan cairan limfatik yang notabene sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan dalam tubuh.

5. Minum Teh Herbal

Cara menurunkan panas yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi teh herbal.

Saat demam, Anda dapat mengkonsumsi teh herbal hangat sebanyak 3 kali dalam sehari. Jika ada, akan lebih baik bila Anda juga menambahkan madu dalam teh herbal Anda.

6. Kenakan Pakaian Longgar dan Tipis

Cara menurunkan panas yang berikutnya adalah dengan mengenakan pakaian yang longgar dan tipis.

Pakaian yang longgar dan tipis akan membantu memperlancar proses sekresi pada tubuh. Karena pakaian yang dikenakan longgar, maka proses sekresi bisa berjalan tanpa ada halangan yang berarti di luar tubuh.

Tidak hanya itu, dengan mengenakan pakaian yang longgar dan tipis, tubuh juga akan terasa lebih nyaman sehingga lebih enak untuk dipakai menjalankan aktivitas sehari – hari.

8. Banyak Makan Sup Hangat

Mengonsumsi sup hangat ternyata juga bisa dijadikan sebagai cara menurunkan panas yang ampuh loh.

Anda dapat mengkonsumsi sup ayam hangat sebagai menu makan Anda ketika sedang demam. Jika mau, Anda juga bisa mengkombinasikan sup hangat dengan nasi putih sebagai sumber karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh.

9. Mengkonsumsi Buah yang Kaya akan Vitamin C

Cara menurunkan panas yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi buah yang kaya akan Vitamin C.

Vitamin C yang ada pada buah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu mengatasi radang dan infeksi. Tidak hanya itu, rasa buah yang segar juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan, sehingga proses penyembuhan bisa berjalan dengan lebih cepat.

10. Meminum Teh Jahe

Mengkonsumsi jahe dapat menghangatkan tubuh kita. Biasanya ketiak cuaca sedang dingin ibuk-ibuk atau bapak-bapak membuat wedang jahe sebagai minuman penghangat tubuh. Nah, ternyata tidak hanya isapan jempol saja, karena ketika kita mengkonsumsi jahe maka pori-pori kulit kita akan terbuka sehingga membuat keringat akan keluar serta membuat demam menjadi turun. Manfaat jahe juga dapat membuat flu menjadi reda.

11. Air Seledri

Jika sedang demam, tidak ada salahnya jika anda membuat minuman seledri. Tahukah anda, ternyata air seledri ini memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh kita, salah satunya adalah untuk menurunkan demam. Caranya cukup mudah, pertama silahkan masukkan seledri dalam ½ liter air yang mendidih lalu tunggu sampai 15 menit. Kemudian saring lalu tuangkan madu secukupnya, kemudian minum.

12. Konsumsi Makanan pedas

Makan pedas? Ya, ternyata makanan pedas bermanfaat untuk menurunkan demam panas. Tahukah anda, kandungan capsaicin di dalam cabai bermanfaat untuk mengeluarkan keringat serta meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini tentu dapat membuat suhu badan yang panas akan turun.

13. Konsumsi jus buah

Jika anda sedang demam juga dianjurkan untuk mengkonsumsi jus buah secara teratur. Hal ini berguna untuk menjaga cairan tubuh kita tetap terpenuhi dan terhindar dari dehidrasi. Kita ambil saja satu contoh buah yaitu nanas.

Buah nanas memiliki kandungan anti peradangan alami yang dapat membantu meredakan demam. Nanas dalam bentuk jus berkhasiat untuk mencegah dehidrasi.

14. Sup Hangat

Dianjurkan juga untuk anda yang sedang mengalami demam untuk mengkonsumsi sup hangat. Anda bisa membuat sup dari berbagai bahan sehat seperti ayam, sayur atau kacang-kacangan. Mengkonsumsi sup ketika demam dapat mengurangi terjadinya pembengkakan pada rongga hidung, hal ini akan membantu proses penyembuhan lebih cepat. Sebaiknya menyertakan juga bahan yang mengandung sumber protein yang baik serta mudah dicerna oleh tubuh seperti telur, sayuran serta potongan daging ayam.

15. Beri Minuman Probiotik

Untuk anak yang terserang demam ketika berusia lima tahun lebih, anda bisa memberikan minuman probiotik. Minuman probiotik dapat menolong turunkan panas karena memiliki kandungan bakteri baik yang masuk ke saluran pencernaan. Diluar itu minuman probiotik juga menolong tingkatkan system kekebalan badan. Langkah tersebut begitu baik serta dapat tingkatkan kualitas kesehatan. Tetapi jauhi memberi minuman probiotik bila anak juga terserang diare serta sakit perut.

16. Kompres Ketiak dengan Alkohol

Cara menurunkan panas selanjutnya adalah dengan mengompres ketiak dengan alkohol. Tahukah anda mengompres ketiak anak denga alkohol bermanfaat untuk menurunkan demam anak. Caranya yaitu, silahkan pakaikan anak anda pakaian tebal, kemudian berikan kapas yang telah di celupkan kedalam alkohol di bagian ketiak anak. Nah, alkohol tersebut akan menyerap panas tubuh anak anda dari ketiaknya.

17. Janganlah Izinkan Kegiatan Fisik untuk Anak

Untuk anak anda yang demam atau bahkan orang tua sekalipun, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang berat. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh anda akan berkurang ketika beraktivitas, dan energi yang dihasilkan oleh tubuh juga akan terserap sehingga proses pemulihan akan semakin lama.

Selain itu, ketiak aktivitas tubuh kita meningkat, penyebaran penyakit pada bagian tubuh lainnya juga semakin mudah. Jadi biarlah anak istirahat atau tidur.

18. Beri ASI Untuk Menurunkan Panas Pada Anak

Jika bayi anda demam, khususnya bayi dibawah 2 tahun, sebaiknya ibu memberikan ASI eksklusif secara teratur. Kandungan nutrisi yang lengkap pada ASI akan meningkatkan kekebalan badan bayi. Sehingga sistem imun akan melawan bibit penyakit terutama demam lebih kuat lagi.

Tahukah bunda, ASI memiliki kandungan kalsium dalam jumlah tinggi. Beri ASI sekurang-kurangnya setiap 10 menit sekali selama 2 hingga 3 menit. Langkah tersebut dapat turunkan panas serta melindungi badan bayi anda agar tetap sehat.

19. Mandikan Anak

Ternyata memandikan anak justru akan menyerap suhu badan panas dengan alami. Hingga sesudah mandi, jadi badan anak jadi tambah nyaman serta fresh.

20. Mengatur Suhu Kamar

Ada baiknya juga jika anda menggunakan AC untuk mengatur suhu kamar anda agar tidak terlalu dingin. Jika tidak menggunakan AC, sebaiknya anda menggunakan jendela agar sirkulasi udara lancar dan udara segar.

21. Minum Teh, Lemon, Madu

Jika sedang demam, ada baiknya juga anda untuk mengkonsumsi minuman teh lemon madu. Hal ini dikarenakan kombinasi dari ketiga bahan minuman tersebut memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan yang tinggi.

22. Merenovasi Kamar Supanya Nyaman dan Dingin

Mungkin untuk jangka panjang ada baiknya juga agar anda menata ulang kamar anda. Jika sirkulasi udara kurang baik, ada baiknya kita renovasi jendela atau angin-angin. Silahkan anda periksa bagaimana kamar anda, apakah terkena sinar matahari atau tidak? Apakah terlalu pengap? Apakah terlalu sempit, dan lain sebagainya.

Itu lah beberapa cara menurunkan panas yang bisa anda coba untuk terapkan di rumah. Penting untuk diketahui, meski pun panas atau pun demam yang terjadi pada tubuh biasa nya tidak berbahaya dan akan reda dengan sendirinya dalam beberapa hari, namun ada situasi dimana Anda harus mulai khawatir dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Loading...

Jika demam yang Anda alami berlangsung selama lebih dari 3 hari atau timbul kondisi yang mengkhawatirkan seperti kejang dan pingsan, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Jangan lewatkan juga: Fakta Seputar Kejang Demam pada Anak yang Wajib Ibu ketahui!

loading...

Leave a Reply