Bunda, Lakukan Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Berikut Ini!

Sampai saat ini masih banyak orang tua yang kebingungan mencari cara menurunkan panas pada bayi. Padahal dalam dunia kedokteran, peningkatan suhu panas pada bayi di atas 3 bulan merupakan hal yang normal terjadi.

Peningkatan suhu tubuh bayi normalnya merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh bayi sedang bekerja melawan infeksi atau pun penyakit. Maka dari itu, akan sangat normal bila bayi mengalami peningkatan suhu tubuh, terlebih setelah bayi mendapatkan imunisasi.

Bahkan, akan sangat aneh jika tubuh bayi tidak mengalami demam sama sekali selepas mendapatkan program imunisasi. Dalam kasus ini, bisa jadi sistem pertahanan tubuh bayi Anda tidak bekerja dengan semestinya, atau bisa jadi vaksin yang diterima oleh anak Anda yang tidak bekerja dengan semestinya.

cara menurunkan panas pada bayi

Cara menurunkan panas pada bayi

Meski pun peningkatan suhu tubuh pada bayi merupakan hal yang normal terjadi, namun ketika mengalami peningkatan suhu tubuh, bayi cenderung akan lebih rewel dari biasa nya.

Cara Menurunkan Panas pada Bayi 3 Bulan ke Atas

Untuk menenangkan nya, Anda dapat menerapkan beberapa cara menurunkan panas pada bayi berikut ini:

1. Mandikan Ia dengan Air Hangat Suam – Suam Kuku

Pertama – tama Anda dapat memandikan bayi Anda menggunakan air hangat suam – suam kuku.

Aktivitas ini berfungsi untuk membantu mempercepat proses normalisasi suhu tubuh bayi. Disamping itu, uap air hangat yang dipakai untuk memandikan juga bisa membantu memperlancar proses pernafasan si kecil.

2. Kenakan Pakaian yang Tipis dan Nyaman

Cara menurunkan panas pada bayi yang ke dua adalah dengan mengenakan nya pakaian yang tipis dan nyaman.

Penggunaan pakaian yang tipis dan nyaman dapat membantu mempercepat proses normalisasi suhu tubuh bayi. Sebaliknya penggunaan pakaian yang tebal ketika demam malah akan menghambat proses normalisasi suhu tubuh bayi.

3. Bunda, Berikan ASI Lebih Sering

Bunda, jika anak anda demam, usahakan untuk memberikan ASI lebih sering. ASI sebenarnya merupakan obat segala penyakit bayi, ASI mengandung antibodi alami yang bisa membantu tubuh bayi pulih dari panas.

ASI juga mudah masuk dalam saluran pencernaan bayi sehingga sangat baik untuk mengatasi tubuh yang panas. Berikut beberapa tips untuk memberikan ASI lebih sering.

  • Mengajak bayi untuk lebih dekat dengan payudara sehingga bayi merespon ASI dengan cepat.
  • Jika bayi malas bangun maka Anda bisa mencoba menyusui sambil tidur (lihat syarat usia bayi)
  • Jika bayi tidak mau minum langsung dari payudara maka berilah ASI perah.

4. Ajak ia Ke Ruangan yang Sejuk dan Terbuka

Mengajak bayi ke ruangan yang sejuk dan terbuka ternyata juga ampuh untuk dijadikan sebagai cara menurunkan panas pada bayi lho.

Ketika berada di ruangan yang sejuk, tubuh bayi cenderung akan terasa lebih nyaman. Dampak nya, bayi akan menjadi lebih tenang dan tidak terlalu rewel.

5. Jika Mau, Biarkan Ia Bermain

Cara menurunkan panas pada bayi yang selanjutnya adalah dengan membiarkan nya bermain seperti biasa.

Jika si kecil ingin bermain, Anda sebaiknya membiarkan nya untuk bermain. Dengan begitu, proses sekresi dan normalisasi suhu tubuh bayi bisa berjalan dengan lebih cepat dan pada akhirnya demam akan reda dengan lebih cepat.

6. Beri Obat Penurun Panas

Cara menurunkan panas bayi yang selanjutnya adalah dengan memberi nya obat penurun panas.

Salah satu obat penurun panas yang aman untuk diberikan pada bayi adalah paracetamol. Saat ini sudah ada banyak sekali ragam obat paracetamol khusus untuk bayi yang bisa dibeli dengan mudah di apotek dan toko obat.

Namun begitu, untuk langkah yang lebih aman, sebelum membeli obat pereda panas bayi Anda kami sarankan berdialog dengan dokter terlebih dahulu.

7. Pijat Tubuh Bayi

Pijatan lembut pada tubuh bayi juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara menurunkan panas bayi. Pijatan dan tekanan lembut pada tubuh bayi diyakini dapat membantu mempercepat proses normalisasi suhu tubuh bayi.

Namun begitu, Anda harus melakukan nya dengan lembut dan tidak terlalu keras. Disamping itu, jika Anda hendak menggunakan minyak, pilih lah bahan minyak yang tidak menimbulkan panas berlebih seperti minyak telon dan minyak kayu putih.

8. Kompres dengan Handuk Dingin

Cara menurunkan panas pada bayi yang berikutnya adalah dengan mengompres bagian dahi bayi menggunakan handuk dingin.

Mengompres dahi bayi menggunakan handuk dingin perlu dilakukan untuk mencegah terjadi nya kejang karena suhu panas tubuh yang terlalu tinggi.

Dalam praktek nya, saat mengompres dahi bayi, Anda hanya diperbolehkan menggunakan air bersuhu normal atau malah air hangat. Penggunaan air dingin dan air es sangat tidak dianjurkan karena dapat membuat suhu tubuh bayi menjadi semakin panas dari sebelumnya.

9. Berikan susu formula (jika tidak mau ASI)

Kalau tidak kami rekomendasikan untuk memberikan ASI lebih sering, namun jika bayi anda tidak mau ASI, maka sebaiknya anda berikan susu formula.

Pemberian susu formula ini bertujuan untuk mengatasi dehidrasi bayi anda. Bunda juga harus memperhatikan takaran dan jumlah susu formula yang akan diberikan pada bayi. Memberikan susu formula yang terlalu kental bisa menyebabkan bayi mengalami sembelit dan tubuh bayi menjadi lebih tidak nyaman.

10. Beri Pijatan di Kaki Bayi dengan Minyak Zaitun

Cara mengatasi demam bayi selanjutnya adalah dengan memijat kaki si kecil dengan menggunakan minyak zaitun. Pijatan ini akan memberikan dampak positif karena dapat meningkatkan respon bayi terhadap sistem kekebalan tubuh dan juga bisa mengeluarkan panas dari tubuh bayi.

Gunakan minyak zaitun untuk memijat kaki bayi anda, anda bisa melakukannya saat bayi anda sedang tertidur, sehingga ia akan merasa lebih nyaman dan pulas tidurnya.  Jangan terlalu keras atau terlalu sering memijat kaki bayi saat demam karena itu bisa membuat kaki bayi cidera.

11. Cobalah untuk Mengusap Tubuh Bayi dengan Cuka Sari Apel

Untuk bayi yang umurnya lebih dari 1 tahun, maka anda bisa mengusap cuka sari apel untuk menurunkan demamnya. Cuka sari apel ini bermanfaat untuk menyerap panas tubuh sehingga bayi Anda cepat sehat. Namun Anda harus  melakukan perawatan ini dengan hati-hati sebab air cuka sari apel juga bisa menyebabkan kulit tubuh bayi menjadi lebih sensitif, seperti bintik merah pada kulit bayi.

Bagaimana cara melakukannya? Tidak bisa sembarangan, ada metode khusus untuk mengusap tubuh bayi, ikuti panduannya berikut ini:

  • Pertama sediakan semangkuk air hangat kuku  lalu tambahkan setengah sendok air cuka sari apel murni.
  • Aduk hingga merata lalu masukkan handuk bersih ke dalam air
  • Peras hingga banyak air yang sudah berkurang lalu usap tubuh bayi dengan handuk tersebut.
  • Perawatan ini bisa dilakukan secara berulang selama 2 sampai 3 kali hingga panas tubuh bayi menurun.

12. Usap tubuh bayi dengan bawang merah

Selain dengan menggunaka air cuka apel, anda juga bisa menggunakan bawang merah untuk mengatasi demam pada bayi anda.

Perawatan dengan bawang merah ini khusus untuk anak yang berumur lebih dari 3 bulan. Caranya yaitu, geprek bawang merah lembut kemudian campur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Gunakan untuk memijat lembut atau mengusap tubuh bayi, terutama pada bagian ketiak dan tubuh.

Setelah itu bersihkan dengan handuk yang bersih agar bayi bisa lebih nyaman. Hindari memberikan ke bagian tubuh yang dekat dengan mata karena bawang merah bisa membuat bayi tidak nyaman.

13. Usap tubuh bayi dengan kemangi

Cara menurunkan panas pada bayi selanjutnya adakah dengan menggunakan daun kemangi.  Kandungan minyak esensial pada daun kemangi bermanfaat untuk suhu tubuh panas.

Perlu bunda ketahui ya, daun kemangi ini akan memberikan rasa pedas dan tidak nyaman maka lakukan dengan hati-hati agar bayi tidak rewel berlebihan. Ambil beberapa bagian kemangi kemudian rebus dengan sedikit air. Lalu serap airnya dengan handuk dan peras lalu usapkan pada tubuh bayi. Jika bayi Anda berusia lebih dari 1 tahun maka Anda bisa mengusap kemangi pada tubuh bayi secara langsung tapi tidak berlebihan.

14. Menggunakan Ramuan Temulawak

Ramuan temulawak juga bisa kita gunakan untuk menurunkan demam pada bayi. Selama ini temulawak terkenal dapat meningkatkan nafsu makan anak. Nah ternyata temulawak juga bermanfaat untuk menurunkan demam pada bayi anda.

Bagaimana cara membuat ramuan temulawak untuk menurunkan demam pada bayi? Pertama parut 10 gram temulawak kemudian tambahkan ½ gelas air hangat. dan aduk. Setelah hangat, peras dan tambahkan dengan 2 sendok makan madu. Untuk menurunkan demam pada bayi, anda bisa memberikan ramuan ini pada bayi 3 kali sehari sampai demam bayi anda turun.

15. Berikan Ramuan Kunyit

Selain ramuan temulawak, anda juga bisa memberikan ramuan kunyit untuk mengatasi demam bayi anda. Kunyit mengandung curcumin, minyak atsiri, tumeron, serta zingiberen dalam kunyit mempunyai manfaat sebagai antioksidan, anti-inflamsi, serta antibakteri yang bermanfaat untuk menurunkan demam bayi anda.

Bagaimana cara membuat ramuan kunyit ini? Caranya yaitu, silahkan parut 1 ruas kunyit lalu seduh dengan setengah gelas air hangat. Aduk lalu peras, tambahkan pula perasan air jeruk nipis dan juga madu. Minumkan ramuan ini secara teratur pada bayi anda hingga demamnya bisa turun.

Artikel terkait lainnya: Penyebab Bayi Muntah dan Cara Penanganannya yang Tepat

Kapan Anda Harus Waspada jika Bayi Demam?

Meski pun peningkatan suhu tubuh pada bayi merupakan hal yang normal, namun ada kondisi dimana Anda harus mulai waspada. Dalam kondisi ini, Anda harus menghiraukan semua cara menurunkan panas pada bayi yang kami sebutkan di atas, dan harus segera membawa bayi Anda ke dokter.

Kondisi ini ditandai dengan:

  • Munculnya ruam dan bintik merah di tubuh bayi
  • Bayi muntah – muntah
  • Bayi mengalami mencret
  • Bayi tidak nafsu makan
  • Bayi terlihat mengalami dehidrasi, seperti bibir yang kering, tidak mengeluarkan air mata saat menangis, dll
  • Bayi mengalami kejang
  • Bayi terlihat sangat lesu
  • Bayi terlihat kesulitan bernafas

Jika bayi Anda mengalami demam disertai dengan gejala – gejala di atas, Anda dapat menghiraukan semua cara menurunkan panas pada bayi di atas, dan harus langsung membawa bayi Anda ke dokter. Hal ini perlu dilakukan karena demam yang disertai dengan gejala – gejala di atas sering kali merupakan pertanda akan ada nya penyakit serius yang dapat mengancam jiwa bayi.

16. Cara Menurunkan Panas pada Bayi di Bawah 3 Bulan

Jika bayi Anda yang berusia di bawah tiga bulan mengalami demam, satu – satu nya hal yang bisa Anda lakukan adalah membawa nya ke dokter. Hal ini dikarenakan, ketika bayi di bawah tiga bulan mengalami demam, maka ada potensi bahaya yang dapat mengancam jiwa bayi.

Di usia 3 bulan ke bawah, bayi biasanya belum memiliki lapisan pelindung yang cukup tebal antara sistem saraf pusat dan aliran darah. Dampak nya, micro organisme dapat dengan mudah masuk dan merusak sel jaringan saraf dalam tubuh.

Maka dari itu, satu – satu nya cara menurunkan panas pada bayi di bawah 3 bulan yang paling aman adalah dengan membawa nya ke tenaga medis yang notabene lebih paham akan kondisi tubuh bayi.

Itu lah sedikit informasi mengenai cara menurunkan panas pada bayi yang dapat kami bagikan kepada Anda. Penting untuk diingat, peningkatan suhu tubuh yang terjadi pada bayi sejati nya bukan lah sebuah penyakit dan merupakan gejala yang normal terjadi. Maka dari itu, ketika bayi Anda mengalami demam, Anda tidak harus panik dan langsung membawa nya ke dokter.

Namun begitu, sebagai orang tua, Anda juga harus jeli melihat gejala – gejala yang muncul bersama dengan demam yang dialami oleh bayi Anda. Jika terlihat gejala yang mencurigakan, Anda harus responsif dan langsung membawa bayi Anda ke dokter.

Jangan lewatkan juga: Cara Tepat Menyiapkan Menu Makanan untuk bayi 8 bulan

Leave a Reply