Penyebab dan Cara Menurunkan Trigliserida Secara Alami yang Ampuh

Cara Menurunkan Trigliserida – Trigliserida merupakan satu dari sekian banyak jenis lemak yang terdapat dalam tubuh. Dalam jumlah normal, trigliserida berfungsi sebagai cadangan energi yang akan dipakai ketika tubuh sedang membutuhkan banyak energi. Sedangkan dalam jumlah yang terlalu banyak, trigliserida cenderung berbahaya untuk tubuh.

Itulah mengapa kita harus mengetahui bagaimana cara menurunkan trigliserida dengan cepat. Sehingga ketika kadar trigliserida dalam tubuh kita berada di atas batas wajar, kita dapat segera mengatasi nya tanpa perlu khawatir terserang berbagai macam penyakit mematikan.

Kadar normal trigliserida dalam tubuh berada di kisaran 150 mg/dl. Jika kadar trigliserida Anda berada di atas angka tersebut, maka Anda telah mengalami kelebihan trigliserida dan berpotensi mengalami gangguan kesehatan.

Cara Menurunkan Trigliserida

Ilustrasi: Cara Menurunkan Trigliserida

Apa efek dari trigliserida tinggi?

Sebelum kita bahas mengenai bagaimana cara menurunkan trigliserida ada baiknya kalau kita mengetahui apa saja efek jika trigliserida tinggi.

Memang, trigliserida tidak langsung berpengaruh terhadap serangan jantung. Hanya saja trigliserida yang tinggi dapat menambah jumlah plak di jantung sehingga dapat menjadi salah satu faktor pemicu meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Bahkan, kadar trigliserida yang tinggi juga dapat mempengaruhi lebih dari jantung dan pembuluh darah. Lebih dari itu, jika kadar trigliserida ini sangat tinggi dapat meningkatkan risiko pankreatitis, radang pankreas. Pankreas adalah kelenjar besar di belakang perut yang membuat hormon penting seperti insulin.

Ini membantu tubuh Anda menjaga glukosa (gula) tingkat darah yang sehat. Pankreatitis dapat menyebabkan sakit perut dan masalah pencernaan. Hal ini dapat merusak pankreas, dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan diabetes.

Perlu sama-sama kita ketahui bahwa kadar trigliserida akan meninggi seiring dengan bertambahnya usia. Selain faktor usia, kadar trigliserida juga akan meningkat dikarenakan oleh:

  • Faktor gaya hidup
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Tidak mendapatkan cukup latihan
  • Minum terlalu banyak alkohol
  • Gangguan familial (diwariskan)
  • Diabetes tipe 2 atau sindrom metabolik
  • Kehamilan
  • Obat-obatan
  • Beta-blocker
  • Estrogen (pil KB, terapi hormon)
  • Isotretinoin untuk jerawat
  • Kortikosteroid untuk kondisi seperti asma dan radang sendi
  • Obat penurun kolesterol tertentu
  • Protease inhibitor untuk HIV
  • Penekan kekebalan (seperti sirolimus)
  • Beberapa antipsikotik (obat kesehatan mental)

Cara Menurunkan Trigliserida dengan Cepat dan Aman

Nah, untuk Anda yang saat ini memiliki kadar trigliserida lebih dari 150 mg/dl, berikut merupakan beberapa cara menurunkan trigliserida dengan cepat yang bisa Anda coba untuk terapkan:

1. Olahraga

Ketika berolahraga, tubuh manusia cenderung membutuhkan lebih banyak energi dari biasa nya. Jika energi yang dibutuhkan tidak dapat terpenuhi dari bahan makanan yang ada dalam tubuh, maka tubuh secara otomatis akan mencari energi tambahan dari sumber energi cadangan, termasuk salah satu nya trigliserida.

Itu lah mengapa olahraga bisa dijadikan sebagai alternatif cara menurunkan trigliserida dengan cepat.

Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda coba untuk membakar trigliserida adalah lari, jogging, badminton, bola kaki, tenis meja, futsal, dll.

2. Menambah Aktivitas Fisik

Untuk Anda yang memiliki jadwal padat dan tidak sempat berolahraga secara rutin, Anda dapat mengganti aktivitas olah raga Anda dengan aktivitas fisik lain nya yang membutuhkan energi.

Contoh nya, ketika berangkat ke kantor Anda dapat berjalan kaki atau menggunakan sepeda, atau ketika berada di kantor, anda dapat menggunakan tangga manual ketimbang lift / eskalator.

3. Makan Nasi Lebih Sedikit dari Biasanya

Cara menurunkan trigliserida yang selanjutnya adalah dengan mengurangi porsi nasi Anda.

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Semakin banyak nasi yang Anda konsumsi setiap hari, maka semakin banyak pula cadangan energi yang tersedia di tubuh Anda.

Jika cadangan energi yang Anda dapatkan dari nasi tidak habis terpakai, maka tubuh akan mengolah nya menjadi trigliserida.

Nah, maka dari itu, agar tumpukan trigliserida di tubuh Anda tidak bertambah secara terus menerus, selain berolah raga, Anda sebaik nya juga turut mengurangi jatah nasi harian Anda.

4. Mengonsumsi Makanan Berkarbohidrat Kompleks

Cara menurunkan trigliserida yang ke empat adalah dengan memperbanyak angka konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks.

Beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah gandum utuh, biji – bijian, dan beras merah.

Dibandingkan dengan nasi, semua bahan makanan tersebut cenderung diproses lebih lama oleh tubuh dan cenderung memiliki angka kalori yang jauh lebih rendah.

Dampak nya, ketika dikonsumsi sebagai makanan utama, semua bahan makanan tersebut akan membuat tubuh Anda merasa kenyang lebih lama dan secara bersamaan juga bisa mengurangi kadar kalori di tubuh.

5. Mengkonsumsi Makanan Berlemak Sehat

Cara menurunkan trigliserida yang ke lima adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak sehat.

Makanan berlemak sehat biasa nya sangat kaya akan kolesterol DHL yang berperan aktif dalam proses peleburan trigliserida.

Beberapa jenis bahan makanan berlemak sehat yang bisa Anda konsumsi adalah ikan salmon, minyak zaitun, minyak canola, dan minyak kacang.

6. Hindari Makanan Manis

Cara menurunkan trigliserida yang ke enam adalah dengan menghindari produk – produk makanan manis.

Produk makanan manis seperti coklat, pop corn, dan minuman berenergi cenderung memiliki kandungan karbohidrat sederhana yang tinggi. Jika dikonsumsi dalam kadar banyak, semua bahan makanan tersebut tidak akan habis terpakai oleh tubuh. Dampak nya cadangan energi baru berupa trigliserida pun muncul.

Maka dari itu, jika Anda ingin menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh Anda, Anda harus selalu menghindari bahan makanan manis.

7. Hindari Minuman Beralkohol

Cara menurunkan trigliserida yang ke tujuh adalah dengan menghindari produk minuman beralkohol.

Produk minuman beralkohol cenderung memiliki kadar kalori yang sangat tinggi. Jika dikonsumsi dalam kadar besar, minuman beralkohol dapat menyebabkan tumpukan trigliserida dalam tubuh.

Sebagai ganti nya, Anda dapat mengkonsumsi minuman yang lebih sehat, seperti air putih atau susu rendah kalori.

8. Berhenti Merokok

Cara menurunkan trigliserida yang ke delapan adalah dengan berhenti merokok.

Rokok sangat kaya akan zat kimia yang sangat berbahaya. Salah satu zat kimia dalam rokok bernama akrolein telah terbukti dapat menghambat kinerja kolesterol DHL untuk menghancurkan trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh. Dampak nya, proses penghancuran trigliserida pun menjadi terganggu dan pada akhir nya, kadar trigliserida dalam tubuh akan menumpuk.

9. Perbanyak Asupan Omega 3

Memperbanyak asupan omega 3 ternyata juga ampuh lho untuk dijadikan sebagai cara menurunkan trigliserida.

Untuk mendapatkan asupan nutrisi berupa omega 3 yang banyak, anda dapat mengonsumsi produk makanan laut sebagai menu makanan harian Anda. Beberapa bahan makanan berkadar omega 3 tinggi yang bisa Anda konsumsi adalah kedelai, salmon, ikan forel, tuna, polong – polongan, kacang kenari, dll.

10. Banyak Makan Alpukat

Selain menyehatkan, buah alpukat ternyata juga ampuh lho untuk dijadikan sebagai makanan penurun trigliserida. Hal ini dikarenakan buah ini sangat kaya akan lemak sehat DHL yang dapat membantu mempercepat proses pembakaran trigliserida.

Cara menurunkan trigliserida dengan alpukat bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi nya secara langsung atau dengan mengubah nya ke dalam bentuk jus alpukat.

Satu hal yang harus diperhatikan, sebisa mungkin hindari lah kebiasaan mengonsumsi alpukat dengan menggunakan susu atau pun gula.

11. Perbanyak Konsumsi Protein Nabati

Untuk menurunkan kadar trigliserida selanjutnya dapat dilakukan dengan cara memperbanyak konsumsi protein nabati. Berbagai jenis kacang-kacangan bisa kita konsumsi sebagai sumber protein nabati.

12. Meningkatkan Asupan Serat

Sebaiknya anda juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Bahkan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat kadar trigliserida kita dapat turun secara signifikan. Serat yang bercampur dengan air di dalam usus akan membentuk matriks gel sehingga bisa mengikat lemak sehingga bisa mengurangi presentase lemak termasuk trigliserida di dalam tubuh.

Anda bisa menambahkan berbagai makanan dengan seral untuk diet anda. Selain sereal anda bisa juga menambahkan aneka kacang, sayuran dan juga buah. Selain itu, serat juga akan membuat anda kenyang lebih lama sehingga terhindar dari makan berlebihan.

13. Konsumsi Minyak Esensial dan Herbal

Mengkonsumsi minyak esensial juga bisa menjadi solusi untuk anda yang memiliki kadar trigliserida tinggi. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi minyak kayu manis sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar glukosa yang sekaligus juga akan menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh.

Konsumsi 1/2 sendok minyak kayu manis per hari sehingga gula darah, trigliserida dan kolesterol bisa turun secara signifikan. Sementara sifat antioksidan, anti inflamasi dan anti bakteri di dalamnya juga sangat baik agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

14. Konsumsi Kubis

Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi kubis untuk menurunkan kadar trigliserida tinggi. Kubis mengandung protein, air, karbohidrat, lemak, kalsium, lemak, fosfor, betakaroten dan juga tinamide yang sangat baik untuk menurunkan kadar trigliserida. Selain itu, dalam kubis juga mengandung senyawa sianohidroksibutena [CHB], iberin dan sulforafan yang akan merangsang pembentukan glutation.

15. Konsumsi Bawang Merah dan Bawang Putih

Jenis bawang dan bawang putih juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida tinggi. Hal ini dikarenakan bawang merah mengandung senyawa flavonoid yang akan bekerja sebagai antioksidan sekaligus menurunkan kadar kolesterol, trigliserida dan juga gula darah di dalam tubuh. Sementara dalam bawang putih mengandung s-allyl cysteine yakni sebuah komponen thioallyl yang berkhasiat hipolipidemik dan juga antitrombotik.

16. Jati Belanda

Tanaman jati belanda juga bermanfaat untuk menurunkan trigliserida tinggi di dalam tubuh kita. Guezuma ulmifolia lamk yang merupakan nama latin Jati Belanda memiliki kandungan lendir, tanin serta alkaloid. 3 jenis zat ini mempunyai mekanisme kerja yang berbeda dan akan saling menunjang untuk menurunkan kadar kolesterol, trigliserida dan gula darah.

17. Konsumsi Kunyit

Kunyit memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk memperlancar peredaran darah kita. Kunyit atau dalam bahasa Latin dikenal dengan nama Curcumae domesticae rhizoma ini juga merupakan  sumber energi vital, menghilangkan sumbatan, pelancar haid, anti bakteri, anti inflamasi, memperlancar pengeluaran empedu ke usus sekaligus menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh secara alami dan aman.

18. Konsumsi Seledri

Anda juga bisa mengkonsumsi seledri yang kaya dengan andungan asparagin, glutamin, pentosan, tirosin, manit dan zat pati pada bagian akarnya.

Seledri atau yang memiliki nama Latin Apii graveolentis radix ini bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh anda dengan cara mengkonsumsinya.

19. Perbanyak Asupan Kacang

Untuk anda yang memiliki kadar trigliserida yang tinggi di dalam tubuh, anda sebaiknya memperbanyak konsumsi kacang. Kacang-kacangan jenis apapun mengandung serat konsentrat, asam lemak omega 3 dan juga lemak tak jenuh yang sangat baik untuk menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Beberapa jenis kacang yang harus anda perbanyak untuk dikonsumsi diantaranya adalah kacang almond, kacang mete, kenari, kacang macadamia dan juga pecans.

20. Mengkonsumsi Minyak Ikan

Cara menurunkan trigliserida selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi minyak ikan. Minyak ikan sangat baik untuk kita konsumsi karena dapat menjaga kesehatan jantung sekaligus dapat menurunkan kadar trigliserida sampai dengan 48 persen.

21. Konsumsi Fenugreek

Mengkonsumsi fenugreek juga baik untuk menurunkan trigliserida. Fenugreek ini selama ini juga dikenal dapat memperlancar ASI. Fenugreek ini bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida karena kandungan sifat anti inflamasi.

22. Konsumsi Suplemen Asam Lipoat

Anda jgua dapat mengkonsumsi suplemen asam lipoat untuk menurunkan kadar trigliserida secara maksimal di dalam aliran darah sesudah anda selesai makan. Dari sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 yang lalu membuktikan jika karbohidrat yang disimpan sebagai glukosa lebih sedikit jika dibandingkan dengan asam lemak sehingga sangat baik untuk menurunkan kadar trigliserida di dalam darah.

23. Menggunakan Minyak Lavender

Ternyata minyak lavender juga sangat baik untuk menurunkan kadar trigliserida. Hal ini dikarenakan minyak ini memberikan efek antioksidan dan juga hipolipidemia sehingga sangat baik digunakan untuk menurunkan kadar trigliserida. Minyak lavender ini juga akan mengurangi tingkat stre dan menurunkan risiko kariovaskular. Gunakan minyak lavender ini di berbagai sudut rumah dan juga pergelangan tangan anda secara teratur.

24. Gunakan Minyak Serai

Cara menurunkan trigliserida tinggi selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak serai. Minyak serai ini bisa anda gunakan sebagai terapi alternatif alami sekaligus aman yang bisa anda oleskan di bagian tubuh atau beberapa ruangan di rumah anda.

25. Mengkonsumsi Obat Penurun Kadar Trigliserida

Cara menurunkan trigliserida yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi obat penurun trigliserida. Cara ini diambil jika cara-cara di atas ternyata tidak memberikan banyak perubahan terhadap kadar trigliserida di dalam tubuh kita.

 

Itu lah beberapa cara menurunkan trigliserida dengan cepat yang bisa Anda coba untuk terapkan. Penting untuk diingat, orang yang mengalami obesitas normal nya cenderung memiliki kadar trigliserida lebih tinggi dibandingkan dengan orang dengan bobot tubuh normal.

Maka dari itu, jika Anda ingin terhindar dari berbagai macam penyakit yang timbul akibat kadar trigliserida tinggi, Anda harus berupaya untuk menurunkan bobot tubuh Anda.

Disamping itu, untuk menghindari tumpukan trigliserida dalam tubuh, Anda sebaiknya juga turut memperbanyak aktivitas fisik harian Anda. Dengan begitu, cadangan energi yang ada dalam tubuh Anda bisa terbakar habis tanpa perlu dicadangkan menjadi trigliserida.

Semoga bermanfaat ya! Jangan lewatkan juga: Gejala Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Leave a Reply