29 Cara Meredakan Sakit Gigi Secara Alami yang Cepat dan Ampuh

Cara meredakan sakit gigi – Meski sakit gigi bukan merupakan penyakit kronis namun sakit gigi sangat sering diderita banyak orang. Meski bukan penyakit yang mematikan namun peradangan yang terjadi menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan sulit ditahan. Hal tersebut pasti sangat mengganggu kegiatan kita.

Gigi yang kurang terjaga kebersihannya bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang dan tumbuh karang gigi. Gigi yang berlubang akan membuat syaraf dibagian dasar gigi terbuka dan menyebabkan sakit gigi. Namun tak jarang saat kita rajin menyikat gigi namun gigi  masih saja berlubang.

Namun bukan hanya itu penyebab sakit gigi. Saat gusi mengalami infeksi akibat kuman dan bakteri maka gigi juga bisa sakit. Sebenarnya jika kita bisa menjaga kebersihan gigi, maka kita akan terhindar sakit gigi.

Namun jika sakit gigi sudah menyerang akan sulit ditahan rasa sakit yang ditimbulkannya. Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit hanya bersifat sementara sebaiknya lakukan beberapa cara meredakan sakit gigi yang dapat anda lakukan di rumah.

Cara meredakan sakit gigi

Cara meredakan sakit gigi

Sebelum kita melihat beberapa cara meredakan sakit gigi sebaiknya kita lihat terlebih dahulu apa saja penyebab sakit gigi.

Penyebab Sakit Gigi yang Wajib Anda Ketahui

Sakit gigi bisa menyerang siapa saja bahkan bagi anda yang rajin menggosok gigi juga bisa terserang sakit gigi. Lalu sebenarnya apa penyebab pasti dari sakit gigi? Berikut beberapa penyebab sakit gigi seperti:

1. Gigi berlubang

Saat gigi anda berlubang itu hal itu akan menjadi penyebab utama sakit gigi. Biasanya di dalam gigi yang berlubang akan mengendap sisa-sisa makanan yang kemudian akan diuraikan oleh bakteri.

Hal tersebut akan membuat gigi semakin terkikis dan sampai kesaraf gigi. Jika lubang pada gigi sudah sampai kesaraf gigi maka bakteri akan menyebabkan infeksi pada saraf dan menyebabkan sakit gigi.

Baca juga: 17 Penyebab Gigi Berlubang yang Harus Anda Ketahui

2. Menyikat gigi yang salah

Terkadang kita berfikir kenapa saat kita rajin menyikat gigi namun gigi masih berlubang? Jawabannya adalah anda menyikat gigi dengan cara yang salah. Saat menyikat gigi biasanya kita tidak memperhatikan apakah gigi sudah bersih atau masih banyak sisa makanan yang menempel.

Saat sisa makanan masih banyak yang menempel disela-sela gigi maka bakteri akan tumbuh dan berkembang disana. Jika hal tersebut terjadi maka gigi anda akan menjadi sakit dan meradang

3. Jarang menggosok gigi

Sering menyikat gigi saja masih berpotensi sakit gigi lalu bagaimana jika anda jarang menggosok gigi sudah pasti anda akan sering sakit gigi. Jarang menyikat gigi akan membuat kuman dan bakteri senang berkembang biak disana.

Sebaiknya sikat gigi anda minimal 2 kali sehari dan maksimalnya tidak ditentukan lebih sering akan lebih baik. Jangan lupa gosok gigi sebelum tidur dan setelah makan. untuk menjaga kebersihan gigi anda.

4. Alat yang salah

Salah memilih pasta gigi juga bisa menjadi penyebab sakit gigi. Saat anda menggunakan pasta gigi yang tidak bisa melindungi gigi dari sifat asam maka gigi tidak bisa dilindungi dengan benar. Sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung flouride yang dapat menguatkan gigi dan melindungi gigi dari zat asam yang dihasilkan oleh bakteri.

5. Makanan manis

Makanan manis sudah menjadi rahasia umum sebagai penyebab utama sakit gigi. Makanan manis akan menimbulkan berbagai masalah seperti gigi berlubang, karies gigi dan karang gigi. Makanan manis memiliki zat asam yang sangat tinggi yang dapat merusak dan mengikis gigi.

Hindai mengkonsumsi makanan yang mengandung gula seperti kopi, teh, susu, permen, cake, dan coklat.

6. Karies gigi

Karies gigi merupakan salah satu penyebab sakit gigi. Rusaknya struktur gigi akibat infeksi disebut karies gigi. Karies gigi biasanya akan membuat gigi berwarna kuning, coklat, atau hitam yang berkumpul dengan flak yang merupakan tempat berkumpul kuman dan bakteri. Bakteri tersebut akan membuat gigi semakin terkikis dan menyebabkan sakit gigi.

7. Meaknisme

Infeksi bakteri merupakan penyebab utama sakit gigi. Bakteri akan merusak email gigi dan masuk ke dalam gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Hal itu yang membuat gigi menjadi sensitif dan sakit gigi.

Artikel terkait: 19 Penyebab Sakit Gigi yang Harus Anda Ketahui

Cara Meredakan Sakit Gigi yang Ampuh

Berikut ini beberapa cara meredakan sakit gigi yang Ceksehat bagikan untuk anda. Caranya juga sangat mudah dapat anda lakukan sendiri dirumah tanpa ribet. Berikut ini caranya:

1. Berkumur dengan air hangat

Air hangat merupakan antiseptik yang cukup baik membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Jadi berkumur dengan air hangat dapat membantu meredakan sakit gigi dengan cepat hindari berkumur menggunakan air yang bersuhu ekstim seperti air panas atau air dingin. berkumur dengan air hangat juga dapat membersihkan sisa makan yang tersangkut di gigi.

Setelah berkumur menggunakan air hangat sebaiknya bersihkan sisa makanan disela-sela gigi anda menggunakan benang gigi  secarta perlahan. Jangan membersihkan gigi terlalu keras karena akan menyebabkan gigi semakin sakit

2. Cara meredakan sakit gigi dengan Kompres

Setelah anda berkumur dengan air hangat sebaiknya kompres pipi menggunakan air dingin atau es batu untuk meredakan dan meringankan sakit gigi. Ambil handuk kecil kemudian celupkan ke dalan air dingin atau anda juga bisa menggunakan handuk yang diisi es batu kemudian tempelkan di pipi.

3. Berkumur air garam

Cara meredakan sakit gigi berikutnya dapat anda lakukan dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam juga dapat anda kombinasikan dengan air hangat. Air garam dapat membunuh bakteri dan kuman penyebab sakit gigi.

Air hangat dan air garam dapat anda gunakan secara bersamaan caranya cukup mudah. ambil 1 gelas air hangat lalu tambahkan 1 sendok garam setelah itu berkumur sampai airnya habis agar rasa sakit pada gigi akan  mereda.

4. Mengusap area yang sakit menggunakan minyak zaitun dan minyak cengkih

Anda juga dapat mengoleskan minyak zaitun ke gigi yang sakit menggunakan kapas atau cotton but. Campurkan 1 sendok minyak zaitun dan 1 sendok minyak cengkih lalu aduk sampai rata.

Oleskan mengunakan kapas secara rutin sampai rasa sakit pada gigi mereda.

5. Cara meredakan sakit gigi dengan teh celup hangat

Sakit gigi juga dapat diredakan menggunakan teh celup hangat. Teh mengandung tanin alami yang membunuh bakteri penyebab sakit gigi sehingga penggunaan teh celup hangat saat sakit gigi merupakan pilihan yang sangat tepat. Teh celup hangat juga dapat mengempeskan pembengkakan yang terjadi akibat sakit gigi.

6. Cara meredakan sakit gigi dengan jeruk nipis

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan sakit gigi karena jeruk nipis merupakan antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada di gigi. Kuman dan bakteri yang berkembang biak di gigi merupakan salah satu penyebab sakit gigi.

Kandungan senyawa asam sitrat pada jeruk nipis juga merupakan antibakteri. Jadi menggunakan jeruk nipis pada area yang sakit akan meredakan sakit gigi dengan cepat. Anda juga dapat mencampurkan segelas air hangat dengan  2 sendok air jeruk nipis kemudian gunakan sebagai obat kumur setiap hari.

7. Cara meredakan sakit gigi dengan lemon

Kandungan pada lemon juga sama dengan kandungan jeruk nipis keduanya merupakan antiseptik yang baik untuk mengobati sakit gigi dengan cara membunuh kuman dan bakteri yang bersarang di gigi. Anda bisa meneteskan air lemon ke area yang sakit atau bisa dijadikan obat kumur setiap hari. Campukan beberapa tetes air lemon ke dalam air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

8. Cara meredakan sakit gigi dengan daun sirih

Daun sirih merupakan obat serba guna salah satunya digunakan sebagai pereda sakit gigi. Daun sirih merupakan antiseptik yang dapat membunuh semua jenis kuman dan bakteri penyebab beberapa penyakit seperti gatal-gatal, infeksi serta penyebab sakit gigi.

Daun sirih juga dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat sakit gigi. Cara membuatnya juga sangat mudah pertama ambil 5 lembar daun sirih kemudian rebus menggunakan 1 gelas air.

Setelah mendidih angkat ramuan tersebut. Tunggu beberapa saat sampai air terasa hangat lalu gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur setiap hari. Gunakan untuk berkumur selagi air masih hangat.

9. Biji asam jawa

Biji asam jawa merupakan antiseptik yang dapat dijadikan pereda sakit gigi dengan cara membunuh kuman penyebab sakit gigi. Cara membuatnya juga sangat sederhana pertama siapkan beberapa biji asam jawa, setelah itu sangrai biji tersebut setelah itu haluskan.

Oleskan biji asam jawa yang telah dihaluskan pada gigi yang sakit. Selain itu daun asam jawa juga dapat anda jadikan obat kumur untuk meredakan sakit gigi karena daun asam juga juga mengandung antiseptik yang cukup baik.

10. Bawang putih

Bawang putih merupakan obat tradisional yang memiliki segudang manfaat salah satunya dapat menjadi obat pereda sakit gigi. Antiseptik yang terkandung pada bawang putih sangat ampuh membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi.

Anda bisa mengoleskan bawang putih secara langsung ke gigi yang sedang sakit atau dengan cara menghaluskan 1 siung bawang putih lalu tambahkan sedikit garam lalu oleskan pada gigi yang sakit. Lakukan cara tersebut sampai gigi benar-benar sembuh.

11. Bawang merah

Selain biasa digunakan sebagai rempah masakan bawang merah juga bisa dijadikan obat pereda sakit gigi. Bawang merah juga merupakan antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi.

Cara membuatnya juga sangat sederhana, haluskan 1 buah bawang merah lalu tambahkan sedikit garam halus, aduk sampai rata lalu oleskan pada gigi yang sedang sakit. Cara tersebut akan meredakan sakit gigi anda dengan segera.

12. Belimbing wuluh

Meski namanya sama-sama belimbing namun rasa jenisnya sangat jauh berbeda. Belimbing buah rasanya manis dan segar sedang belimbing wuluh memiliki rasa yang sangat asam. Meski rasanya sangat asam namun manfaatnya sangat luar biasa salah satunya dapat meredakan sakit gigi dengan kandungan antiseptik di dalamnya. haluskan belimbing wuluh lalu oleskan pada gigi, atau jika anda sanggup kunyah belimbing wuluh secara langsung.

13. Daun jambu biji

Daun jambu biji juga bisa menjadi obat sakit gigi yang cukup ampuh karena daun jambu biji merupakan antibakteri dan antiseptik yang sangat baik untuk membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi.

Anda bisa mengunyahnya daun jambu biji secara langsung atau merebusnya dan dijadikan untuk berkumur yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

14. Air kelapa

Air kelapa selain mengandung elektrolit yang dapat mengganti ion tubuh yang hilang ternyata air kelapa juga mengandung antiseptik yang dapat membantu meredakan sakit gigi dengan cara membunuh bakteri dan kuman penyebab sakit gigi.

Hindari penggunaan kelapa muda karena kelapa muda mengandung banyak gula yang akan menambah rasa sakit pada gigi, sebaiknya gunakan air kelapa sedang atau kelapa tua karena kelapa tersebut mengandung sedikit gula

Kelapa tua juga mengandung antiseptik yang baik dan lebih banyak dari pada kelapa muda. Anda dapat menggunakan air kelapa untuk berkumur setiap hari sampai sakit gigi hilang. Berkumur menggunakan air kelapa muda juga dapat menghilangkan bau mulut.

15. Biji bunga matahari, garam, dan air jeruk nipis

Campuran ketiga ramuan tersebut juga dapat mengurangi rasa sakit akibat sakit gigi. Jeruk nipis dan gram merupakan antiseptik yang baik yang digunakan sebagai obat sakit gigi sedangkan biji bunga matahari mengandung beberapa nutrisi penting seperti serat, vitamin E, magnesium, dan folat yang berfungsi melindungi fungsi saraf pada gigi dan dapat meredakan dan menyembuhkan peradangan pada gigi.

Cara membuat

  • Pertama haluskan beberapa biji bunga matahari
  • Setelah halus tambahkan sedikit garam dan 2 sendok air jeruk nipis
  • Lalu masukkan ketiga bahan tersebut ke dalam 1 gelas air hangat
  • Aduk lalu gunakan sebagai obat kumur, atau anda juga dapat meminum ramuan tersebut

16. Lada hitam dan garam

Lada hitam selain dapat dijadikan rempah untuk memasak ternyata lada hitam juga dapat meredakan rasa nyeri dan rasa sakit. Hal itu membuat lada hitam sangat ampuh mengobati sakit gigi dengan cara menghilangkan rasa sakit pada gigi.

Cara membuat

  • Ambil 1 sendok makan lada hitam
  • Setelah itu haluskan dan beri sedikit garam
  • Setelah itu tambahkan sedikit air
  • Terakhir oleskan ramuan tersebut pada gigi yang berlubang.

17. Kulit tanaman andong dan garam

Kulit tanaman andong memiliki banyak kandungan penting seperti polisakarida, saponin, flavonoid dan polifenol yang merupakan antioksidan yang dapat melindungi gigi dari kuman dan bakteri selain itu kulit tanaman andong juga bisa mengobati radang pada gusi sehingga sakit gigi akan cepat sembuh.

Cara membuat

  • Untuk mengobati gusi yang bengkak sebainya kunyah tanaman andong secara langsung dan campur sedikit garam
  • Jika mengobati sakit gigi akibat gigi berlubang sebaiknya haluskan terlebih dahulu tanaman andong tersebut lalu tambahkan sedikit garam seteah itu tempelkan peda gigi yang berlubang sekitar 5 menit setelah itu berkumur menggunakan air hangat.

18. Air lemon, jahe, dan garam

Air lemon dapat mengobati anfeksi pada gigi dan merupakan antiseptik yang sangat baik sedangkan jahe berfungsi sebagai anti peradangan yang dapat mengurangi dan meredakan sakit gigi.

Cara membuat

  • Pertama ambil 1 buah jahe lalu geprek dan masukkan ke dala 1 gelas air hangat
  • Setelah itu tambahkan 2 sendok air lemon dan 1 sendok garam
  • Aduk ramusn tersebut sampai rata
  • Terakhir gunakan air tersebut untuk berkumur

19. Bawang merah dan jeruk nipis

Bawang merah dan jeruk nipis mengandung nati septik yang dapat membunuh kuman serta bakteri yang menyebabkan gigi menjadi sakit. Bawang merah juga bersifat anti peradangan sehingga sangat cocok dijadikan obat pereda sakit gigi.

Cara membuatnya juga sangat mudah pertama haluskan 1 buah bawang merah lalu tambahkan 1 sendok jeruk nipis setelah itu oleskan pada bagian gigi yang sakit.

20. Akar kangkung, belimbing wuluh dan cuka

Mengkombinasikan ketiga bahan alami tersebut dapat menjadi obat yang sangat ampuh untuk meredakan sakit gigi. Akar kangkung juga dapat mengobati saraf gigi.

Cara membuat

  • Rebus 2 gelas air lalu masukkan beberapa akar kangkung dan 2 buah belimbing wuluh
  • Tunggu sebentar sampai air mendidih
  • Setelah itu angkat biarkan sampai dingin
  • Setelah dingin tambahkan 2 sedok air cuka
  • Lalu gunakan ramuan tersebut untuk berkumur

21. Bunga rumput jontang dan garam

Bunga rumput jontang dan garam dapat mengobati sakit gigi akibat gigi berlubang dan dapat menjadi antiseptik yang cukup baik. Haluskan beberapa bunga jontang lalu tambahkan sedikit garam lalu oleskan pada gigi yang berlubang atau gigi yang sakit.

22. Bunga kenikir dan jeruk nipis

Jeruk nipis dapat menjadi antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi sedangkan bunga kenikir dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat melawan penyakit dari dalam.

Cara membuat

  • Rebuslah 1 gelas air lalu tambahkan bunga keikir secukupnya dan irisan jeruk nipis
  • Masak sampai ramuan mendidih
  • Setelah itu angkat dan tunggu dingin
  • Saring airnya dan minum ramuan tersebut untuk mengobati sakit gigi dari dalam

23. Irisan mentimun

Anda dapat menggunakan irisan mentimun sebagai pereda sakit gigi. Caranya iris mentimun lalu tempelkan pada pipi atau pada gigi yang sakit secara langsung.

24. Kentang

Kentang bersifat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Anda bisa menempelkan kentang di area gigi yang sakit atau anda bisa memarut kentang terlebih dahulu kemudian oleskan pada gigi yang berlubang atau gigi yang sakit.

25. Irisan bawang bombai

Iris tipis 1 buah bawang bombai lalu tempelkan pada gigi yang sedang meradang. Dalam beberapa saat rasa sakit pada gigi akan berangsur-angsur pulih.

26. Getah pohon patah tulang

Anda bisa mengoleskan getah daun patah tulang pada gigi yang sedang meradang maka rasa nyeri akibat sakit gigi akan mereda. Cara tersebut juga bisa menyembuhkan pembengkakan yang terjadi akibat sakit gigi.

27. Kunyit dan garam

Kunyit merupakan antibiotik yang ampuh meredakan sakit gigi. Perpaduan kunyit dan garam akan menghasilkan obat sakit gigi yang sangat mujarab.

Cara membuat

  • Haluskan sedikit kunyit
  • Setelah halus tambahkan sedikit garam
  • Lalu oleskan pada gigi yang sakit
  • Lakukan cara tersebut sampai gigi benar-benar sembuh

28. Buah murberry

Buah murberry berfungsi sebagai anti peradangan yang dapat meredakan sakit gigi. Murberry juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi gigi anda dari kerusakan. Rebuslah buah murberry dengan 1 gelas air lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Gunakan selagi hangat.

29. Getah kamboja

Getah kamboja bisa menghilangkan rasa sakit dan membunuh bakteri yang ada pada lubang gigi anda. ambil sedikit getah kamboja lalu oleskan pada gigi yang berlubang menggunakan cotton but.

Cara mencegah sakit gigi

Sebaiknay setelah gigi anda diobati menggunakan beberapa ramuan alami tersebut sebaiknya anda lakukan beberapa cara berikut ini untuk mencegah sakit gigi datang kembali. Berikut beberapa mencegah sakit gigi:

1. Bersihkan gigi secara teratur

Menjaga kebersihan gigi merupakan hal wajib yang harus anda lakukan. Dengan rajin membersihkan gigi akan menghindari kuman dan bakteri berkembang biak di gigi. Sisa makan jika tidak rajin dibersihkan akan mengakibatkan flak atau karang gigi yang menjadi tempat berkembang kuman dan bakteri.

Sebaiknya bersihkan gigi anda menggunakan benang gigi minimal sekali sehari agar gigi dapat bersih sampai ke sela-sela gigi. bersihkan juga gigi menggunakan sikat gigi minimal 2 kali sehari untuk mencegah kerusakan dan sakit pada gigi.

2. Cegah kerusakan gigi menggunakan flouride

Flouride dapat melindungi dan memperkuat gigi. sebaiknya gunakan pasta gigi yang mengandung flouride untuk mencegah kuman dan bakteri merusak gigi anda. konsumsi juga makanan dan air yang mengandung flouride.

3. Makanan sehat

Setelah makan sebaiknya konsumsi 1 buah apel yang berfungsi sebagai sikat gigi alami. Hindari makan yang mengandung banyak gula dan pati. Hindari juga makan yang mudah terjebak disela-sela gigi.  

Itulah beberapa cara meredakan sakit gigi yang dapat anda lakukan di rumah namun jika telah melakukan beberapa tersebut namun sakit gigi belum juga mereda sebaiknya segera bawa ke dokter.

Sebaiknya sikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur sebagai pencegahan yang paling efektif. Selamat mencoba, semoga berhasil. Simak juga 20 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

 

Leave a Reply