Cara Tepat Menyiapkan Menu Makanan untuk bayi 8 bulan

Makanan untuk Bayi 8 Bulan – Mulai usia 8 bulan bayi semakin aktif bergerak. Bayi mulai sering merangkak, berdiri dengan bertumpu pada tempat kokoh dan tertarik dengan benda-benda kecil, kemudian mengambil dengan jarinya dan memasukkan ke dalam mulutnya.Sehingga makanan untuk bayi 8 bulan perlu disesuaikan untuk mendukung aktivitas dan tumbuh kembangnya.

Selain itu, bayi 8 bulan juga menunjukkan kesiapan untuk diperkenalkan dengan jenis makanan baru. Tandanya adalah bayi mulai mampu menjaga keseimbangan dan bisa duduk tegak dengan baik, sehingga memudahkan bayi menelan makanan. Bayi dapat menggerakkan jarinya untuk memegang makanan.

Selain itu, Bayi 8 bulan sudah bisa menggerakkan lidahnya untuk membantu mendorong dan menelan makanan. Erupsi gigi juga terjadi saat bayi berusia 8 bulan, sehingga kemampuan bayi mengunyah makanan semakin baik. Bayi juga menunjukkan ketertarikan dengan makanan orang lain di sekitarnya.

Loading...
Makanan untuk bayi 8 bulan

Makanan untuk bayi 8 bulan

Tekstur Makanan Bayi 8 Bulan

Pada masa ini, bayi 8 bulan dapat mulai diperkenalkan dengan jenis makanan baru.Jika sebelum 8 bulan tekstur makanan bayi dominan berupa makanan lumat atau halus, seperti puree buah atau bubur saring. maka, selain makanan bertekstur halus tersebut, bayi 8 bulan juga sudah bisa diperkenalkan dengan makanan finger food pada sela-sela waktu makan bayi sebagai camilan.

Makanan finger food adalah makanan lunak dengan ukuran kecil sehingga bisa dihabiskan bayi dalam satu gigitan. Ukuran finger food yang kecil memudahkan bayi mengambil dan memakannya sendiri. Pemberian jenis makanan finger food juga menstimulus perkembangan motorik halus bayi.

Berikut ini adalah Contoh makanan finger food untuk bayi usia 8 bulan

  • Sayur-sayuran – berikan potongan sayuran rebus seperti wortel, brokoli,
  • Buah – potong kecil buah-buahan yang matang dan rasanya manis seperti pisang, mangga atau semangka.
  • Karbohidrat – potongan kentang rebus atau ubi manis rebus juga dapat diberikan kepada bayi 8 bulan
  • Protein– berikan juga potongan telur dan daging sapi rebus, atau suwiran daging ayam yang empuk dan mudah dimakan.

Sebelum memberikan finger food kepada bayi, baiknya makanan tersebut dicicipi terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan tekstur makanan bayi lembut dan empuk, serta ukurannya pas untuk digenggam bayi. Sehingga bayi mudah memakannya dan menghindari resiko tersedak.

Porsi makan bayi 8 bulan

Pada usia ini, pengaturan jadwal makan untuk bayi 8 bulan bisa dilakukan, lanjutkan pemberian porsi makanan padat dengan frekuensi pemberian makan hingga tiga kali sehari sebanyak ½ cangkir (125 ml). Atur jadwal makan pada waktu pagi, siang dan sore hari. Malam hari, saat jam tidur bayi, ibu bisa berikan ASI jika bayi membutuhkan.

Selain itu, saat bayi bangun dari tidur sehabis makan pagi dan siang, bayi dapat diberikan finger food menjelang waktu makan padat berikutnya. Pemberian finger food disela-sela waktu makan bayi membantu menjaga agar bayi tidak terlalu lapar, sehingga bayi tetap aktif dan senang.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi bayi, siapkan menu empat bintang untuk dikonsumsi bayi. Menu 4 bintang adalah menu makanan pendamping asi (MPASI) untuk bayi yang sedikitnya terdiri dari empat zat gizi dalam satu menu makanan bayi.

Berikut ini adalah aneka zat gizi dalam menu 4 bintang:

  1. Karbohidrat – kandungan glukosa dari sumber karbohidrat seperti beras merah, beras putih, kentang, jagung manis atau oatmeal merupakan sumber energi bagi tubuh si kecil, sehingga membantu bayi tetap aktif
  2. Protein Hewani – zat gizi dari daging ayam, ikan, telur atau daging sapi berperang membantu pembentukan sel otot bayi dan sebagai sumber energi aktif agar bayi aktif bergerak.
  3. Protein nabati – Selain sebagai sumber energi, kandungan serat yang tinggi pada protein nabati seperti kacang hijau, tempe, kacang merah, tahu, atau kacang polong membantu melancarkan pencernaan bayi
  4. Sayur – vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran seperti wortel, bayam, brokoli atau labu, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil

Supaya badan bayi padat berisi, pastikan porsi makan bayi 8 bulan harus mencukupi kebutuhan asupan gizinya. Jangan khawatir untuk mencoba variasi menu makanan untuk bayi. Karena sejak usia 6 bulan pankreas dan organ pencernaan bayi telah berkembang baik, sehingga bayi bisa mencerna dan menyerap aneka bahan makanan seperti karbohidrat, protein dan lemak.

Prinsip penting dalam pemberian makan bayi adalah berikan porsi makanan untuk bayi 8 bulan semampu dan semau bayi. Idealnya bayi mengkonsumsi makanan padat berupa puree buah atau bubur saring 3 kali dalam sehari. Namun, tidak boleh kaku dengan pola tersebut.

Jika bayi belum bisa menghabiskan porsi makan ½ cangkir, maka berikan ¼ cangkir dengan frekuensi 6 kali. Kemudian tingkatkan porsinya secara bertahap. Hal ini penting agar bayi merasa nyaman dan menyukai kegiatan makan, sehingga selalu bersemangat ketika waktu makan dia tiba.

Baca juga bund: Penyebab Bayi Muntah dan Cara Penanganannya yang Tepat

Menyiapkan menu makanan untuk bayi 8 bulan

Menyiapkan menu makanan bayi 8 bulan sendiri adalah langkah tepat untuk menjaga kecukupan nutrisi bayi. Olahan menu makanan bayi homemade, selain bermanfaat untuk mengenalkan bayi dengan berbagaijenis rasa dan tekstur makanan, juga lebih sehat dan ekonomis dibandingkan dengan menyiapkan produk makanan instan.

Sebaiknya, siapkan menu makanan bayi setiap hari, untuk mengurangi risiko makanan terkontaminasi bakteri. Jika memungkinkan masak menu yang sama selama 2-3 hari, agar dapat mendeteksi jenis makanan yang menimbulkan reaksi alergi atau sembeli pada bayi. Lakukan hal yang sama jika terpaksa harus menyiapkan menu produk makanan bayi instan.

Meskipun bahan-bahan makanannya sama dengan orang dewasa. Namun, beberapa hal berikut ini perlu diperhatikan orang tua saat mengolah makanan untuk anak:

  • Siapkan peralatan khusus untuk mengolah makanan bayi. Misal baby food grinder untuk membuat bubur. Atau jika mengunakan blender, bedakan blender untuk makanan si kecil dan olahan makan orang dewasa
  • Selalu mencuci tangan sebelum memulai menyiapkan makanan bayi
  • Usahakan gunakan persedian bahan makanan bayi dalam waktu 1-2 hari setelah dibeli, agar masih segar ketika diolah
  • Variasikan beberapa jenis bahan makanan menjadi makanan bayi menu 4 bintang, jangan takut berkreasi
  • Sebelum mengolah sayuran atau buah-buahan, cuci hingga bersih dengan seksama.
  • Cara lebih baik untuk melunakkan makanan bayi yang akan dihaluskan atau dipotong adalah dengan mengukus dibandingkan dengan merebusnya
  • Tambahkan bumbu dapur agar makanan bayi memiliki rasa
  • Atau bisa juga mencampur bubur bayi dengan ASI, bayi menyukainya
  • Hindari penambahan gula pada menu makanan bayi. Jika diperlukan bisa tambahkan sedikit saja garam.
  • Sebelum disajikan, pastikan tidak ada lagi uap panas pada menu makanan bayi

Pemberian makanan untuk bayi 8 bulan

Selain disuapi, bayi usia 8 bulan dapat mulai dilatih makan sendiri, khususnya untuk jenis makanan finger food. Untuk memudahkan proses makan, lakukan pemberian makanan mengunakan kursi makan bayi. Makan dengan posisi duduk membantu bayi untuk menelan makanan. Orang tua juga bisa meletakkan makanan di meja kursi makan untuk bayi, sehingga bayi mudah mengambilnya.

Jangan lupa untuk memberikan minum air putih setelah bayi selesai makan. Selain untuk menghilangkan rasa haus bayi, minum air putih yang cukup berguna untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah sembelit pada bayi.

Loading...

Meskipun kebutuhan makanan untuk bayi 8 bulan sudah diberikan melalui makanan padat  dan finger food, tetap lanjutkan pemberian ASI. Karena ASI memiliki kandungan kolesterol yang dibutuhkan bayi, namun tidak diperoleh dari bahan makanan atau pun susu formula. Jangan lewatkan juga: 31 Cara Diet Ibu Menyusui yang Aman untuk Ibu dan Bayi, Wajib Baca!

loading...

Leave a Reply