17 Gejala Gerd (Asam Lambung Naik) yang Harus Anda Waspadai

Ciri-ciri Asam Lambung Naik – Naiknya kadar asam lambung dapat menimbulkan beberapa gejala yang cukup mengganggu. Gejala asam lambung dapat muncul akibat kadar asam lambung melebihi batas normal. Dalam istilah medis penyakit ini dikenal dengan istilah GERD.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Saat lambung mengalami peningkatan kadar asam lambung maka lambung akan mengalami masalah yang cukup serius, seperti begah, perih, serta masih banyak lagi.

Kandungan asam lambung dikatakan normal apa bila berada pada keasaman 1.5 hingga 3.5 ph. Namun bukan hanya kadar asam lambung naik yang menimbulkan masalah namun saat kadar asam lambung kurang membuat protein untuk mencerna makanan menjadi terhambat dengan begitu lambung akan sulit mencerna makanan.

Naiknya kadar asam lambung dapat dilihat dari berbagai gejala asam lambung seperti mual, perut terasa begah, perut terasa perih dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mengetahui gejala asam lambung secara pasti anda dapat menyimak artikel kali ini.

Ciri-ciri asam lambung naik

Ilustrasi: Ciri-ciri asam lambung naik

Namun sebelum kita melihat Ciri-ciri asam lambung naik secara pasti mari kita lihat apa saja fungsi dari asam lambung seperti berikut ini:

  • Menjaga lambung dari serangan bakteri yang masuk ke lambung
  • Menjaga kestabilan gula darah
  • Membantu produksi protein enzim pencernaan dalam lambung.

Ciri-ciri Asam Lambung Naik

Asam lambung sendiri ternyata memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga kestabilan kinerja lambung, dengan begitu menjaga agar kadar asam lambung tetap normal sangatlah penting agar berbagai gejala asam lambung berikut ini tidak menyerang anda. Berikut ini Ceksehat bagikanm beberapa Ciri-ciri asam lambung naik yang harus kita waspadai:

1. Munculnya rasa terbakar pada bagian dada

Asam lambung yang tinggi akan menimbulkan rasa panas di dalam tubuh seperti ada sensasi terbakar dibagian dada. Asam lambung akan naik hingga ke kerongkongan bahkan tak jarang naik hingga kebagian mulut. Dengan begitu bagian dada yang dilewati asam lambung juga akan berimbas terasa panas atau seperti terbakar.

2. Perut terasa perih

Gejala gerd (asam lambung tingg) yang paling mudah dikenali adalah perut terasa perih. Gejala ini hampir sama dengan gejala maag. Rasa perih pada perut ini terjadi akibat mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar asamnya seperti cuka dan asam, nangka muda, nanas, serta masih banyak lagi yang lainnya.

3. Perut terasa mual

Setelah mengkonsumsi makanan yang bersifat asam seperti nangka muda maka kadar asam lambung akan meningkat. Maka berbagai gejala asam lambung akan anda rasakan salah satunya perut akan terasa mual.

4. Muntah-muntah

Jika mual akibat naiknya asam lambung sudah tidak tertahan lagi maka reaksi selanjutnya adalah muntah-muntah. Muntah pada penyakit asam lambung ini diawali dengan rasa panas di bagian kerongkongan dan mulut serta sensasi terbakar pada bagian dada, kemudian mual yang berlebihan lalu diakhiri dengan muntah-muntah.

5. Perut kembung

Perut kembung atau begah juga merupakan salah satu gejala asam lambung. Begah akan terus terasa hingga kadar asam lambung kembali normal. Banyaknya angin di dalam lambung menyebabkan perut kembung. Dengan bersendawa maka rasa kembung akan sedikit berkurang.

6. Bersendawa

Meskipun anda tidak sedang dalam keadaan kenyang namun anda sering bersendawa, itu bisa menjadi gejala asam lambung. Bersendawa akan semakin sering ketika kadar asam lambung semakin tinggi. Besendawa yang terlalu sering bahkan kadang membuat anda sampai ingin muntah.

7. Mulut terasa pahit

Naiknya kadar asam lambung hingga kemulut akan menyebabkan mulut terasa tidak enak atau terasa pahit. Hal ini juga akan berpengaruh pada nafsu makan. Anda akan malas makan karena mulut anda terasa pahit sehingga makanan yang dikonsumsi juga akan terasa pahit.

8. Sulit menelan makanan

Rasa mual yang berlebihan, mulut pahit serta muntah akan membuat anda kesulitan menelan makanan. Selain itu kesulitan menelan makanan akibat dari kerongkongan yang dipenuhi asam lambung sehingga makanan akan sulit melewati kerongkongan, atau kerongkongan tersumbat oleh asam lambung.

9. Laringitis

Laringitis atau gangguan laring (pita suara) juga bisa terjadi akibat tingginya kadar asam lambung. Bagian laring beresiko terinfeksi akibat kadar asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan. Namun naiknya kadar asam lambung tidak akan merusak pita suara namun berbagai gangguan laring dapat terjadi seperti nyeri kerongkongan, suara menjadi serak atau parau, serta anda akan kesulitan menelan makanan bahkan akan sulit menelan air ludah.

10. Nafas menjadi bau

Nafas menjadi bau menjadi salah satu gejala asam lambung. Bau mulut ini disebabkan sifat asam yang naik hingga ke mulut menimbulkan aroma yang kurang sedap. Dengan begitu gejala ini akan mengganggu interaksi kita dengan orang lain. Orang lain menjadi enggan berdekatan dengan kita.

11. Produksi air liur yang berlebihan

Kadar asam yang tinggi akan merangsang produksi air liur. Sehingga air liur di dalam mulut berlebihan. Tingginya produksi air liur ini juga biasa mengindikasi adanya pembersihan iritasi-iritasi di dalam lambung.

12. Sakit tenggorokan

Naiknya kadar asam lambung hingga ke tenggorokan menyebabkan infeksi pada bagian tenggorokan atau kerongkongan. Dengan begitu anda akan mengalami sakit tenggorokan. Jika terus dibiarkan maka dapat menyebabkan sakit tenggorokan akut. Untuk itu jagalah pola makan agar kadar asam lambung tidak terus naik dan menyebabkan berbagai komplikasi.

13. Nyeri ulu hati

Setelah anda mengkonsumsi makanan yang kadar asamnya tinggi seperti nangka muda apa lagi dalam keadaan perut kosong lalu anda merasa ulu hati anda terasa nyeri maka anda patut waspada sebab itu bisa menjadi ciri-ciri asam lambung naik.

Ciri-ciri asam lambung naik lainnya

Berikut ini beberapa ciri-ciri asam lambung naik lainnya yang juga patut kita waspadai:

  • Tinja berdarah atau berwarna hitam kemerahan
  • Setelah selesai makan maka heartburn akan berlebih atau merasakan sensasi terbakar pada bagian yang dilewati asam lambung seperti kerongkongan, bagian dada, serta mulut
  • Batuk akibat dari infeksi laring dan sakit tenggorokan yang disebabkan tingginya asam lambung
  • Nyeri pada bagian dada

Simak juga: 9 Obat Asam Lambung Tradisional Paling Ampuh yang Ada di Sekitar Kita

Cara Mencegah dan Mengobati Asam Lambung Naik

Kadar asam lambung dapat naik akibat dari pola hidup dan pola makan yang buruk. Dengan begitu untuk mencegah dan mengobati naiknya kadar asam lambung anda dapat melakukan beberapa pola hidup berikut ini:

  • Makan tepat waktu
  • Hindari makanan yang tinggi zat asam seperti nangka muda
  • Kurangi konsumsi vitamin C
  • Olah raga secara teratur
  • Petrbanyak konsumsi air putih
  • Hindari strees
  • Istirahat secukupnya
  • Hindari konsumsi alkohol dan kafein
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur penurun kadar asam seperti wortel, kacang hijau. Timun
  • Hindari sayuran berserat tinggi atau serat tak larut seperti kol, sawi, terong, serta daun ubi
  • Batasi konsumsi makanan pedas
  • Hindari minuman bersoda
  • Hindari makana berlemak

Demikianlah 17 ciri-ciri asam lambung naik yang patut anda waspadai. Jangan sepelekan tingginya kadar asam lambung sebab jika terjadi terus menerus dapat menyebabkan komplikasi yang cukup serius.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar semakin banyak lagi orang yang waspada dengan ciri-ciri asam lambung naik. Simak juga yuk: 16 Makanan untuk Mengobati Asam Lambung yang Baik Dikonsumsi

Leave a Reply