18 Ciri-ciri Penyakit Kista yang Harus Anda Waspadai Sejak Dini

Ciri-ciri penyakit kista – Penyakit yang sering menyerang kaum wanita ini khususnya menyerang organ reproduksi atau sering disebut kista ovarium. Meski kista juga dapat tumbuh dibagian lain namun penyakit ini umum terjadi di dalam rahim atau indung telur.

Kista dengan ukuran yang kecil atau beberapa milimeter biasanya tidak menunjukkan gejala namun untuk kasus kista yang memiliki ukuran dan keganasan yang cukup serius akan menunjukkan ciri-ciri penyakit kista yang cukup serius.

Kista atau tumor jinak yang berisi cairan ini dapat larut bersamaan dengan siklus menstruasi namun ada juga yang semakin membesar dan akhirnya menjadi ganas, jika kista sudah menunjukkan perubahan bentuk maka hal itu bisa berakibat kemandulan bagi seorang wanita.

Loading...

90% kasus kista pada anak perempuan merupakan kista fungsional yang tidak menyebabkan bahaya atau kecemasan yang serius yang dapat hilang dalam beberapa minggu atau bulan. Penyakit kista ini juga bisa mengecil bahkan menghilang setelah melahirkan. namun akan sangat berbahaya jika terjadi pada masa menoupause.

Penyebab kista ovarium

Penyebab kista ovarium – Ciri-ciri penyakit kista

Untuk kista yang semakin hari semakin membesar disebut kista folikel san kista korpus luteum ukuran mulai dari 5 cm atau lebih bahkan bisa menjadi ganas. Kista yang satu ini membutuhkan penanganan yang cukup serius.

Ciri-ciri penyakit kista

Meski kebanyakan penyakit kista ditemukan secara tidak sengaja saat melakukan pemeriksaan panggul rutin atau pemeriksaan penyakit lainnya karena kita tidak menyadari adanya kista di dalam rahim karena kista tersebut tidak menunjukkan gejala apa-apa.

Namun ada beberapa kasus kista ada yang menunjukan ciri-ciri atau gejala yang cukup serius. Berikut beberapa ciri-ciri penyakit kista :

1. Rasa sakit atau ketidaknyamanan di perut bagian bawah

Rasa sakit pada perut ini terjadi karena letak rahim yang berada di perut bagian bawah yang sedang meradang akibat kista yang membesar atau infeksi akan menimbulkan rasa yang kurang nyaman pada area tersebut.

Artikel terkait: Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Atas dan Bawah

2. Sakit parah seperti terpelintir

Saat kista yang bersarang ditubuh anda pecah maka rasa nyeri yang sangat hebat akan anda rasakan dibaagian perut. bahkan rasanya  akan seperti terpelintir. Jika kista tersebut pecah maka akan berakibat pendarahan yang cukup hebat serta perut akan kembung karena ada banyak cairan kista yang menumpuk di perut

3. Nyeri saat berhubungan intim

Penyakit kista yang membesar akan menghimpit organ lainnya termasuk leher rahim hal tersebut akan berakibat rasa kurang nyaman atau rasa nyeri saat melakukan penetrasi terlalu dalam karena leher rahim yang menyempit.

4. Sulit buang air besar

Selain mengimpit bagian leher rahim kista tersebut juga kan menghimpit bagian rektrum yang menyebabkan sulit saat buang air besar

5. Sering buang air kecil

Kandung kemih yang terhimpit akan mengecilkan ruang kandung kemih yang membuat air seni sulit disimpan dalam jumlah yang banyak sehingga akan sering dikeluarkan melalui buang air kecil secara terus menerus

6. Menstruasi yang tidak teratur

Ciri-ciri penyakit kista yang umum terjadi adalah menstruasi yang tidak teratur. Adanya pertumbuhan sel yang ubnormal di dalam rahim menyebabkan darah kotor akan terhambat dan terganggu pembuangannya.

Selain masa menstruasi yang terganggu darah yang keluar juga sedikit dan tidak lancar. Bahkan yang lebih berbahaya lagi jika anda tidak lagi mengalami menstruasi yang akan mengakibatkan penumpukan darah kotor di dalam tubuh yang dapat memicu kanker rahim dan beberapa penyakit lainnya. Serta bisa berakibat kemandulan.

7. Begah dan kembung

Perut yang terasa begah dan kembung diakibatkan pembesaran kista yang memenuhi ruangan perut membuat perut terasa kembung. Selai  karena kista yang semakin membesar perut kembung dan begah juga bisa terjadi akibat kista yang pecah.

Pencahnya kista akan membuat perut terisi penuh oleh cairan kista sehingga perut akan terasa penuh, kembung dan begah.

 

8. Gangguan pencernaan atau cepat kenyang

Ciri-ciri kista juga dapat ditunjukkan dengan terganggunya sistem pencernaan yang membuat anda cepat kenyang meski makan dalam porsi kecil serta tidak mengkonsumsi makanan yang membuat cepat kenyang seperti serat dan karbohidrat

Hal itu disebabkan karena organ pencernaan yang terasa terhimpit seperti lambung yang membuat daya tampung lambung menjadi sedikit sehingga anda akan mudah merasa kenyang.

9. Denyut jantung yang cepat

Kista atau erat kaitannya dengan darah ternyata juga bisa berhubungan dengan denyut jantung. Hal itu belum diketahui secara pasti penyebabnya namun diperkirakan karena pecahnya kista membuat pendarahan sehingga denyut jantung juga akan meningkat seiring dengan banyaknya darah yang keluar.

10. Demam tinggi

Saat tubuh merasa ada yang salah atau mengalami gangguan maka sinyal alami yang diberikan tubuh adalah demam tinggi. Demam tinggi juga bisa disebabkan karena adanya perlawanan tubuh atau sistem imun terhadap penyakit kista tersebut.

Perlawanan terhadap penyakit memang akan lebih mudah saat suhu tubuh meningkat.

11. Andeksa atau nyeri gerak serviks

Untuk kasus yang lebih serius lagi anda bisa mengalami nyeri hebat saat serviks atau leher rahim bergerak. gerakan serviks bisa terjadi akibat berhubungan intim serta tubuh yang bergoyang. Jadi saat anda bergerak anda juga bisa merasakan sakit pada bagian perut bawah.

Selain anda akan merasa nyeri saat anda bergerak, perut juga akan tersa sakit saat ditekan, jadi hindari tidur dalam posisi telungkup karena akan membuat perut terasa nyeri

12. Perut membesar

Kista yang ukurannya semakin hari semakin membesar juga akan berpengaruh terhadap ukuran perut. perut juga akan semakin membesar seperti orang yang sedang hamil.

Hormon yang dihasilkan saat adanya kista yang tumbuh di dalam tubuh akan membuat anda seperti orang yang sedang hamil, bahkan saat melakukan tese kehamilan tanda yang diberikan juga akan positif. Dalam dunia medis keadaan seperti ini disebut hamil anggur.

Meski sama-sama hamil namun yang anda kandung ajuh berbeda, jika hamil yang sesungguhnya anda mengandung janin atau calon bayi maka saat anda hamil anggur maka yang and kandung adalah kista yang berisi cairan yang berbentuk butiran-butiran kecil seperti anggur

13. Panggul terasa sakit

Ciri-ciri penyakit kista juga bisa ditunjukkan dengan rasa nyeri dibagian pinggul. Punggung bagian bawah serta bagian paha.

Artikel terkait: 12 Penyebab Miom yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Terlambat

14. Mual dan muntah

Selain beberapa tanda di atas kista juga bisa menunjukkan gejala mual yang sering terjadi bahkan bisa sampai muntah. Hal ini juga bisa dipengaruhi akibat hamil anggur yang anda alami sehingga hormonnya juga akan seperti orang hamil.

Info terkait: 24 Tips Menghilangkan Mual Saat Hamil

15. Terasa nyeri dibagian ketiak

Kista juga bisa menyebabkan bagian ketiak anda merasa nyeri yang sangat hebat, bahkan untuk beberapa kasus hal ini bisa mengakibatkan seseorang sampai pingsan.

16. Muncul benjolan dibagian perut

Hal ini sering terjadi saat kista menyerang usia lanjut di atas 50 tahun dan telah menoupause. Penanganan kista pada usia lanjut akan lebih sulit penanganannya. Sebaiknya jaga pola hidup dan pola makan agar anda terhindar dari penyakit kista.

17. Sesak napas

Ciri-ciri kista juga bisa ditunjukkan dengan gejala sesak napas yang disebabkan karena organ pernapasan atau paru-paru terhimpit oleh kista yang semakin membesar sehingga akan menyulitkan saat anda bernapas.

18. Penurunan berat badan

Pola makan yang terganggu akibat penyakit kista ini tentu sangat berpengaruh dengan berat badan anda. pola makan yang kurang optimal karena akan merasa cepat kenyang yang membuat tubuh kekurangan nutrisi sehingga mengakibatkan penurunan berat badan yang cukup drastis.

Sebaiknya saat anda melihat beberapa gejala di atas terjadi pada tubuh anda segera hubungi atau bawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis sebelum terlambat, karena penanganan kista yang terlambat bisa berujungkemandulan bahkan kematian.

Loading...

Itulah 18 ciri-ciri penyakit kista yang sudah masuk ke level cukup serius. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi anda. Simak juga 14 Penyebab Kista Ovarium dan Cara Mencegahnya yang Harus Anda Ketahui Sejak Dini

loading...

Leave a Reply