Ciri-ciri Penyakit Tipes yang Wajib Anda Ketahui!

Ciri-ciri Sakit Tipes – Penyakit tipes merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja bahkan di indonesia penyakit tipes digolongkan ke dalam penyakit endemik yang cukup berbahaya. Penderitanya setiap tahunnya juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

penyakit ini disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Bakteri ini masuk melalui mulut sampai ke sistem pencernaan dan bersarang di usus. Usus yang sudah terinfeksi bakteri tersebut akan sangat sensitif. Mual dan muntah akan sering dialami akibat.

Penyakit ini dapat menular pada orang lain melalui tinja dan air seni. Bakteri ini akan semakin menyebar ketika daya tahan tubuh seseorang menurun. Penanganan yang lambat bisa menyebabkan komplikasi yang cukup serius.

Ciri-ciri Sakit Tipes

Ciri-ciri Sakit Tipes

Penyakit tipes dapat kita ketahui dari ciri-ciri sakit tipes yang umum terjadi. Ciri-ciri sakit tipes yang biasa terjadi adalah demam tinggi suhu tubuhnya mencapai 39 sampai 40 derajat celcius. Tapi bukan berarti ketika suhu tubuh meningkat berarti anda terserang tipes. Penyakit tipes juga akan diiringi dengan gejala lain. Artikel terkait: 19 Gejala Penyakit Tipes ( Tifus) yang Wajib Anda Ketahui Sejak Dini

Penularan Penyakit Tipes

Tidak banyak yang mengetahui bahwa penyakit tipes ini dapat menular kepada orang lain. Tapi kontak fisik tidak akan membuat tipes menular. Penyakit tipes dapat menular akibat sanitasi air yang buruk serta kontaminasi bakteri terhadap makanan dan air yang kita konsumsi.

Untuk melihat lebih lanjut dan lebih rinci mengenai penularan penyakit tipes mari kita lihat penjabarannya berikut ini:

  1. Air yang sudah terinfeksi bakteri apa bila terminum maka secara otomatis tubuh anda juga akan terserang tipes. Bakteri ini akan masuk melalui mulut dan terus berjalan mengikuti aliran darah menuju sistem pencernaan
  2. Mengkonsumsi makanan seperti sayur dan buah yang terkontaminasi bakteri salmonella typhi juga akan menularkan penyakit tipes apa bila anda memakannya.
  3. Menggunakan barang seperti sendok dan gelas yang sudah digunakan penderita tipes tanpa mencucinya terlebih dahulu bisa membuat anda tertular penyakit tipes.
  4. Mengkonsumsi ikan dari air yang sudah terinfeksi bakteri penyebab tipes juga dapat menularkan penyakit tipes
  5. Mengkonsumsi seafood yang berasal dari air yang sudah terkontaminasi bakteri salmonella typhi juga bisa menjadi penyebab tubuh anda menderita tipes.
  6. Penularan juga bisa terjadi melalui hubungan s*ks dengan penderita tipes.

Simak juga: Tipes Pada Anak: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati dengan Tepat

Penanganan Penyakit Tipes 

Awalnya penyakit tipes akan menunjukkan gejala seperti demam dan gangguan pencernaan yang biasa namun saat penyakit ini tidak ditangani dengan serius akan membuat bakteri semakin berkembang biak di usus dan menyebabkan penyakit yang lebih serius serta komplikasi. Sebaiknya segera lakukan penanganan seperti berikut ini:

  • Penganan tipes di rumah

Untuk mencegah penyakit tipes semakin bertambah parah sebaiknya lakukan pertolongan pertama yang bisa dilakukan dirumah dengan cara biasakan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan. bersihkan juga lingkungan sekitar dan mandi minimal 2 kali sehari.

Perbanyak konsumsi air putih, Selain itu anda juga harus menghindari makan yang akan membuat usus semakin menderita seperti hindari makanan pedas, berminyak, bersantan dan makanan pedas. Selain itu anda juga dilarang mengkonsumsi makanan yang keras dan dianjurkan mengkonsumsi bubur agar kerja usus tidak semakin berat. Hindari juga minuman keras, susu, narkoba, dan rokok.

Konsumsi juga makanan yang sehat seperti perbanyak buah dan sayur serta makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh seperti bawang putih.

  • Penanganan dokter

Jika beberapa penanganan di rumah telah anda lakukan, maka penanganan dokter juga harus anda lakukan untuk membunuh tuntas bakteri penyebab tipes dengan cara pemberian antibiotik hingga tuntas dan minumlah sesuai anjuran dokter. Jangan menghentikan pengobatan sebelum bakteri benar-benar mati.

Simak juga: 21 Obat Tipes Alami yang Ada di Sekitar Kita, No 15 Ampuh Atasi Tipes

Beberapa antibiotik yang sering digunakan dokter seperti kloramfenikol, ampicillin, ciploxacin, dan trimethoprim sulfamethozole.

Ciri-ciri Sakit Tipes

Untuk mengetahui sejak dini penyakit tipes ada baiknya anda mengetahui ciri-ciri sakit tipes agar penganan bisa segera dilakukan. Penganan yang tepat dan cepat akan mencegah komplikasi yang bisa terjadi. Mari kita lihat ciri-ciri sakit tipes seperti berikut ini:

1. Demam tinggi

Penyakit tipes akan membuat penderitanya mengalami demam tinggi. Demam ini akan dialami selama tiga minggu. Demam akan membuat suhu tubuh mencapai 39 sampai 40 derajat celciu. Demam akan sering terjadi saat pagi dan malam hari. Penanganan yang lambat akan membuat intensitas demam lebih sering terjadi.

2. Sakit kepala

Sakit pada bagian kepala juga akan dialami penderita tipes. Sakit kepala biasanya terasa seperti berputar atau pusing.

3. Diare

Bakteri salmonella akan membuat usus terganggu maka diare akan lebih sering terjadi akibat tipes. Apa lagi jika makanan atau minuman yang ana konsumsi tidak baik bagi usus maka diare akan lebih sering terjadi.

4. Nafsu makan menurun

Sistem pencernaan yang terganggu juga bisa membuat nafsu makan menurun. Selain itu lidah yang terasa pahit juga membuat nafsu makan semakin hari semakin menurun. Jika kehilangan nafsu makan semakin buruk bisa membuat keadaan usus memburuk. Sebaiknya tetap paksakan mengkonsumsi makanan meski hanya sedikit.

Makanan yang dikonsumsi juga harus baik seperti perbanyak buah dan sayur agan daya tahan tubuh meningkat. Saat daya tahan tubuh meningkat maka penyembuhan juga bisa dilakukan secara alami.

5. Mual dan muntah

Terganggunya sistem pencernaan juga berpengaruh pada rasa mual bahkan muntah yang dialami penderita tipes. Itulah mengapa penderita tipes akan mengalami rasa mual yang berlebihan dan bisa sampai muntah.

Artikel terkait: 24 Tips Menghilangkan Mual Saat Hamil

6. Berat badan menurun

Seluruh ciri-ciri penyakit tipes seperti mual, muntah, nafsu makan berkurang, serta diare akan menyebabkan menurunnya berat badan.

7. Batuk kering

Batuk kering juga akan terjadi pada penderita tipes. Penanganan yang lambat juga bisa membuat batuk semakin sering akibat kondisi tubuh yang semakin menurun. Batuk kering terjadi akibat paru-paru yang sudah mulai terinfeksi bakteri penyebab tipes. Jika hal ini terus berlanjut maka anda bisa mengalami sesak napas.

  1. Timbul bercak merah pada telapak kaki dan telapak tangan

  2. Radang tenggorokan

  3. Kebingungan

Kehilangan konsentrasi bahkan bisa menyebabkan halusinasi. Penderita tipes biasanya akan bingung dengan daerah sekitar dan bingung sedang berada dimana.

  1. Pingsan

  2. Bibir pecah-pecah

  3. Nyeri diseluruh tubuh terutama persendian dan otot

  4. Tekanan darah menurun jika penyakit tipes dibiarkan berlarut-larut

  5. Bau mulut

  6. Tubuh semakin melemah – Dengan semua gejala yang ditunjukkan penyakit tipes maka kondisi tubuh juga akan semakin melemah dan kehilangan tenaga.

  7. perut bengkak dan semakin mengeras

  8. denyut nadi melambat

  9. lidah berwarna putih

  10. kelelahan dan lemas

Cara mencegah tipes 

Berbagai gejala yang dialami pasien tipes akan membuat tubuh merasa nyeri, kurang nyaman dan menghambat aktivitas , dapat menyebabkan komplikasi serius, bahkan dapat berujung dengan kematian. Sebaiknya anda melakukan beberapa pencegahan agar anda bisa terhindar dari penyakit tersebut. Beberapa cara menghindari penyakit tipes seperti:

  • Menjaga kebersihan tubuh

menjaga kebersihan merupakan kunci hidup sehat. Berbagai penyakit dapat dicegah dan dihindari salah satunya dapat mencegah penyakit tipes. Sebaiknya mandilah minimal 2 kali sehari guna menghindari kontaminasi penyakit. Selain itu selalu cuci tangan sebelum makan menggunakan sabun anti bakteri.

  • Menjaga kebersihan makanan

Bukan hanya kebersihan tubuh yang harus kita perhatikan tapi kebersihan makanan yang kita konsumsi  juga harus dijaga kebersihannya. Pastikan mencuci bahan makanan sebelum mengkonsumsinya atau memasaknya. Gunakan juga air yang bersih untuk mencuci bahan makanan tersebut. Saat anda memasak pastikan juga masakan tersebut benar-benar matang agar seluruh bakteri yang menempel bisa mati.

  • Vaksin

Melakukan perlindungan diri juga bisa anda lakukan untuk mencegah serangan bakteri salmonella seperti melakukan suntik vaksin tipes.

  • Kurangi makanan mentah

Makanan mentah atau makanan setengah matang saat ini tengah naik daun seperti shusi. Tapi potensi hidupnya bakteri pada makanan mentah lebih tinggi dibanding makanan yang telah melalui proses pemasakan.

Bahaya penyakit tipes 

Gejala awal yang dibiarkan berlarut-larut tanpa melakukan pengobatan maka bisa menyebabkan penyebaran bakteri melalui aliran darah dan menginfeksi organ tubuh lainnya. Jika hal tersebut terjadi maka penyakit tipes akan menyebabkan berbagai komplikasi serius seperti:

  • Menyebabkan kolesistitis

Penyakit tipus yang terjadi pada sistem pencernaan juga bisa berkembang hingga kebagian punggung, atau biasa disebut penyakit  kolesistitis. Sebaiknya segera lakukan pengobatan apabila anda merasa ada yang salah dengan kondisi tubuh anda.

  • Kebocoran usus

Bakteri yang terus menerus menyerang usus bisa membuat pendarah bahkan kebocoran usus. Hal ini akan semakin diperparah dengan konsumsi makanan yang tidak baik seperti makanan keras, berminyak, bersantan dan pedas.

  • Menyebabkan pneumonia

Penyakit ini terjadi pada paru-paru. Hal ini akan membuat kesulitan saat menghirup dan menghela napas atau biasa disebut sesak napas. Itulah mengapa penderita tipes juga menunjukkan gejala batuk kering.

  • Peradangan pada pankres

Bakteri penyebab tipes juga bisa menyebar hingga ke pankres. Pankres akan mengalami peradangan yang cukup serius. Peradangan yang muncul juga bisa memberikan efek lain seperti mual dan muntah. Hal ini akan semakin parah jika daya tahan tubuh semakin melemah.

Demikianlah ciri-ciri sakit tipes yang harus anda waspadai. Sebaiknya selalu jaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar untuk mencegah kontaminasi bakteri salmonella typhi. Namun saat tubuh anda menderita tipes sebaiknya segera lakukan pengobatan untuk mencegah komplikasi yang lebih serius lagi. Semoga bermanfaat. Simak juga: 26 Jenis Makanan untuk Penderita Tipes yang Baik Dikonsumsi

Leave a Reply