14 Gejala ISPA yang Patut Diwaspadai Sejak Dini!

Gejala ISPA – Penyakit yang disebabkan oleh serang virus pada hidung, trakea dan paru-paru sehingga proses pernapasan mengalami masalah biasanya disebut dengan ISPA. Jika saluran pernafasan mengalami masalah atau gangguan, itu menandakan asupan oksigen yang diterima tubuh kurang.

Maka dari itu penderita penyakit ini sering merasakan sesak nafas, hidung tersumbat, batuk, tenggorokan nyeri dan badan terasa lemas. ISPA tidak bisa dianggap sepele, sebab dalam beberapa kasus langka terdapat orang yang mengalami kematian akibat penyakit ini oleh karena itu lakukan pengobatan dengan benar agar penderita sembuh sepenuhnya.

Selain dapat beresiko fatal, ternyata penyakit ISPA dapat menular dengan mudah karena mereka menghirup virus dan bakteri tanpa disadari sehingga penyebaran penyakit ini lebih cepat. Penderita penyakit ini lebih sering dialami oleh orang-orang lanjut usia bahkan anak-anak karena sistem kekebalan yang mereka miliki tidak sempurna dan pada mereka yang memiliki kelainan sistem kekebalan tubuh.

Gejala ISPA

Ilustrasi: Gejala ISPA

Daftar Gejala ISPA

Kita ketahui ISPA adalah penyakit pada saluran pernafasan yang mengalami gangguan akibat serangan virus dan bakteri, penderita penyakit ini sering dialami oleh orang-orang yang memiliki kelainan sistem kekebalan tubuh, orang lanjut usia dan anak karena sistem kekebalan mereka sangat lemah.

Selain itu penyakit ISPA juga sangat mudah menular melalui udara yang dihirup mengandung virus dan bakteri, namun banyak dari kita yang tidak tahu gejala ISPA yang sering diderita dan menganggap gejala ini hanyalah gangguan tubuh biasa.

Berikut ini beberapa gejala ISPA yang mungkin dapat membantu anda mengetahui penyakit apa yang sedang diderita, yaitu :

1. Banyak Ingus

Kondisi dimana hidung sering mengeluarkan ingus atau lendir dengan jumlah yang banyak ternyata dapat menandakan seseorang sedang mengalami gejala ISPA, banyak dari anda yang mengira bahwa keluarnya ingus pada hidung hanya menandakan seseorang sedang mengalami flu atau pilek sehingga tidak menyangka kalau orang tua atau anak sedang menderita penyakit ISPA.

Proses pengeluaran lendir pada hidung merupakan reaksi tubuh untuk membuang virus dan bakteri yang masuk melalui saluran pernafasan.

2. Hidung Tersumbat

Masalah pernafasan pada hidung yang tersumbat disebabkan oleh penumpukan lendir pada area lubang hidung sehingga anda akan kesulitan bernafas. Hidung tersumbat dapat menjadi gejala ISPA yang mungkin sering dialami namun tidak menganggap bahwa ini adalah tanda dari penyakit ISPA. Jika anda mengalami gejala ini sebaiknya perbanyak istirahat dan minum air hangat agar lendir yang menumpuk dapat mudah dikeluarkan.

3. Batuk

Gejala ISPA lainnya adalah batuk, kita ketahui batuk adalah respon dari tubuh ketika terdapat zat atau virus yang tidak dapat diterima oleh paru-paru sehingga terjadilah batuk. Namun dengan adanya batuk anda dapat mengetahui bahwa tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap virus dan bakteri yang berusaha merusak jaring sel didalamnya.

Perbanyak istirahat dan minum air hangat agar batuk dapat mereda dan virus atau bakteri yang ada di paru-paru dapat dengan mudah dikeluarkan.

4. Sakit Tenggorokan

Setelah flu dan batuk ternyata terdapat respon tubuh lainnya yang menandakan saluran pernapasan sedang diserang oleh virus atau bakteri yaitu sakit tenggorokan.

Flu disebabkan oleh virus yang menyerang hidung sementara batuk disebabkan oleh paru-paru yang diserang virus sedangkan sakit tenggorokan disebabkan oleh tenggorokan yang diserang oleh virus atau bakteri sehingga terjadi peradangan. Penderita sakit tenggorokan akan kesulitan untuk menelan dan minum sehingga tubuh menjadi sakit.

5. Badan Nyeri

Meskipun penyakit ISPA disebabkan oleh serangan virus pada saluran pernafasan ternyata dapat mengakibatkan badan terasa nyeri, sama halnya dengan penyakit asam urat. Penderita penyakit ini akan merasa nyeri pada area sendi dan otot yang diakibatkan oleh respon tubuh yang sedang melakukan perlawanan dengan virus dan bakteri yang menyerang saluran pernafasan. Selain itu penderita penyakit ini sering mengalami susah tidur atau insomnia.

6. Badan Sangat Lelah

Gejala ISPA yang sering disalahartikan adalah badan terasa lelah, meskipun sebenarnya badan lelah sering dikaitkan dengan pekerja yang menguras tenaga atau berolahraga. Namun dalam kasus langkah ternyata rasa lelah pada tubuh dapat menandakan seseorang sedang menderita penyakit ISPA karena dampak dari infeksi saluran pernapasan yang diserang oleh virus dan bakteri.

7. Badan Demam atau Menggigil

Gejala ISPA berikutnya adalah tubuh anda akan mengalami demam atau menggigil. Reaksi tubuh ini terjadi karena tubuh mengalami infeksi, khususnya pada saluran pernafasan atas yang akan membuat tubuh tidak nyaman, radang tenggorokan dan hidung yang tersumbat.

Pada anak saat kondisi tertentu, demam ini bisa terjadi hingga mengakibatkan kejang. Jika sudah demikian, sebaiknya anak anda segera pertolongan berupa perawatan intensif. Karena infeksi yang telah menyebar hingga ke otak juga harus diperiksa untuk mencegah dampak yang lebih buruk.

8. Gangguan Pernafasan

Gejala ISPA berikutnya adalah gangguan pernapasan. Rasa tidak nyaman pada tenggorokan dan hidung ini akan membuat kita agak kesulitan bernafas.

Lebih parahnya, kondisi infeksi apabila telah masuk ke dalam paru-paru. Gangguan pernafasan menyebabkan penderita tidak mendapatkan oksigen yang cukup sehingga gejala  bisa menjadi lebih parah.

9. Sakit Kepala

Penderita ISPA biasanya juga akan mengalami sakit kepala. Gejala ini biasanya muncul diawal-awal virus masuk ke saluran pernafasan maupun setelah virus berkembang. Sakit kepala sama seperti ketika terkena influenza yang menyebabkan kepala menjadi lebih berat.

Gejala ini apabila muncul pada anak-anak atau bayi makan mereka biasanya akan menangis, rewel, dan tidak bisa tidur. Maka perawatan di rumah sakit sangat diperlukan untuk mengatasi kondisi lain yang lebih berbahaya.

10. Kehilangan Suara

Gejala ISPA selanjutnya adalah kehilangan suara. Kehilangan suara sementara ini bisa terjadi karena infeksi lebih lanjut. Kondisi ini berhubungan dengan radang tenggorokan yang sudah cukup buruk. Dokter biasanya memberikan obat jenis antibiotik untuk mencegah infeksi agar peradangan tidak menyebar ke saluran pernafasan yang lain.

Selain dari gejala ISPA diatas, terdapat beberapa gejala dari penyakit ISPA yang langka. Berikut beberapa gejala penyakit ISPA yaitu :

  • Sering bersin
  • Para-paru terasa terhambat
  • Tingkat oksigen rendah
  • Dan kesadaran melemah

Cara Mencegah Penyakit ISPA

Kita ketahui bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati, oleh karena itu kami akan menjelaskan cara mencegah penyakit ISPA dengan mengatur pola hidup sehat yaitu :

  • Cuci tangan dengan bersih dan teratur setelah anda melakukan aktivitas diluar
  • Jangan menyetuh wajah tertutaman bagian pernafasan seperti mulut, hidung dan mata yang dapat mengakibat penyebaran virus dan bakteri.
  • Jangan merokok
  • Ubah pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang berserat dan mengandung vitamin.
  • Ketika sedang bersih usahakan hidung ditutup menggunakan tangan atau tisu sehingga resiko penularan penyakit ISPA dapat dikurangi
  • Lakukan olahraga dengan rutin agar sistem kekebalan tubuh meningkat dan tubuh menjadi sehat.

Penyebab Penyakit ISPA

Sebelumnya kami sudah menjelaskan penyebab penyakit ISPA adalah serang virus dan bakteri pada saluran pernafasan, dibawah ini adalah penjelasan mengenai penyebab penyakit ISPA yaitu :

  • Pneumokokus merupakan virus yang dapat mengganggu saluran pernafasan seperti pneumonia dan meningitis.
  • Adenovirus merupakan virus yang memicu gejala ISPA seperti pilek atau flu, virus ini sering menyerang anak-anak karena sistem kekebalan mereka belum terbentuk sempurna dan jenisnya mencapai 50.
  • Rhinovirus sama dengan virus adenovirus yang memicu timbul gangguan pernafasan seperti pilek atau flu sering menyerang anak-anak karena sistem kekebalan tubuh mereka sangat lemah.

Cara Mengobati Penyakit ISPA

Sebenarnya belum ditemukan obat yang dapat mematikan virus dan bakteri pada penyakit ISPA, namun hanya ada obat yang mampu meredakan gejala tapi bukan menyembuhkan secara total. Berikut ini beberapa obat yang bisa anda konsumsi untuk meredakan gejala ISPA, yaitu :

  • Obat antihistamin, dekongestan, dan ipratropium, untuk mengatasi hidung yang berair dan tersumbat.
  • Obat anti inflamasi non-steroid (OAINS) dan asetaminofen, untuk mengurangi efek demam dan nyeri di tubuh.
  • Obat batuk antitusif, untuk mengurangi batuk-batuk. Madu juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini.
  • Obat steroid, seperti deksametason dan prednison, mungkin diresepkan pada kondisi tertentu untuk mengurangi peradangan dan pembekakan yang terjadi di saluran pernapasan bagian atas.

Itulah sedikit penjelasan dari kami mengenai gejala ISPA, pencegahan penyakit ISPA, penyebab ISPA dan cara pengobatannya. Ubah pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makan berserat, perbanyak minum air putih, olah raga rutin dan selalu menjaga kebersihan lingkungan maupun tubuh agar virus tidak dapat masuk ke saluran pernafasan.

Jangan lewatkan juga: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Demam yang Harus Anda Lakukan!

Leave a Reply