Daftar Makanan Buat Ibu Hamil Biar Pintar Seperti Einsten

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit informasi mengenai makanan buat ibu hamil biar bayi pintar.

Tidak dapat dipungkiri memiliki anak yang cerdas memang sangat membanggakan. Konon, demi bisa mendapatkan anak yang cerdas, banyak orang tua yang rela mengeluarkan banyak biaya, termasuk salah satunya adalah untuk menyediakan makanan buat ibu hamil agar bayi cerdas.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil cenderung sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kemampuan janin dalam kandungan.

Jika ibu ingin memiliki bayi yang pintar, ibu hamil harus mengkonsumsi bahan makanan yang dapat membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan jaringan sel saraf dan organ otak janin.

Pertanyaannya, bahan makanan apa sajakah yang tergolong ke dalam makanan buat ibu hamil biar bayi pintar tersebut?

Makanan Buat Ibu Hamil Biar Bayi Pintar via Hellosehat

Makanan Buat Ibu Hamil Biar Bayi Pintar via Hellosehat

Daftar Makanan Buat Ibu Hamil Biar Bayi Pintar

Berikut merupakan beberapa bahan makanan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang jaringan saraf dan otak janin:

1. Ikan Salmon

Tahukah Anda kenapa orang Cina dan Jepang cerdas – cerdas? Salah satu kuncinya adalah karena mereka hobi mengonsumsi ikan salmon.

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Asam lemak ini telah terbukti dapat membantu mengoptimalkan kinerja organ otak manusia.

Konon, karena kemampuannya tersebut, asam lemak omega 3 sering dibubuhkan ke dalam suplemen makanan untuk anak – anak.

Nah, jika berangkat dari fakta di atas, maka ibu hamil dapat mengonsumsi ikan salmon agar bayi yang dilahirkannya memiliki otak yang pintar dan cerdas.

Untuk mengonsumsinya sendiri, ibu hamil dapat menggunakan berbagai macam teknik pengolahan. Walaupun begitu, teknik pengolahan yang paling dianjurkan adalah dengan direbus.

2. Telur

Selain kaya protein, bahan makanan buat ibu hamil biar bayi pintar yang satu ini juga sangat kaya akan zat Choline.

Menurut hasil penelitian, saat dikonsumsi oleh ibu hamil, zat Choline yang terdapat dalam telur telah terbukti dapat membantu mengoptimalkan proses perkembangan jarinan otak pada janin.

Di lain sisi, karena memiliki kandungan protein yang tinggi, telur kabarnya juga dapat mengoptimalkan proses pertumbuhan jaringan otot pada tubuh janin.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mengkonsumsi telur secara rutin setiap hari ya!

3. Susu dan Produk Olahannya

Makanan buat ibu hamil biar bayi pintar yang selanjutnya adalah susu dan produk – produk turunannya.

Susu dan produk – produk turunannya memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan vitamin yang sangat tinggi.

Kandungan kalsium yang terdapat dalam bahan makanan ini diyakini dapat membantu mengoptimalkan proses pertumbuhan jaringan tulang pada tubuh janin.

Kandungan zat besi yang dimilikinya dapat membantu mengoptimalkan proses produksi sel darah merah pada tubuh ibu sekaligus mencegah terjadinya gejala anemia di masa – masa awal kehamilan.

Terakhir, kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya berguna untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang jaringan otak janin yang pada akhirnya diyakini dapat membuat janin menjadi lebih pintar dan cerdas.

4. Minyak Ikan

Sama seperti Salmon, makanan buat ibu hamil biar bayi pintar yang satu ini juga sangat kaya akan asam lemak omega tiga.

Bahkan, bila dibandingkan dengan ikan salmon, kandungan nutrisi yang terdapat dalam minyak ikan cenderung jauh lebih lengkap.

Menurut hasil penelitian, minyak ikan yang banyak diproduksi dari ikan kod ini telah terbukti dapat membantu mengoptimalkan proses perkembangan organ penglihatan dan organ otak janin dalam kandungan.

Oleh karena itu, jika ibu ingin memiliki bayi yang pintar dan cerdas, jangan lupa untuk mengonsumsi minyak ikan setiap hari ya!

5. Ubi Jalar

Jika mendengar nama ubi jalar, apa yang ada di benak Anda pertama kali? Anti oksidan atau karbohidrat?

Ya, ubi jalar ungu memang sangat kaya akan anti oksidan dan karbohidrat kompleks.

Nah, ternyata selain kaya akan dua zat nutrisi penting tersebut, ubi jalar ungu juga sangat kaya akan vitamin A lho.

Kandungan zat vitamin A yang terdapat dalam bahan makanan ini kabarnya dapat membantu mengoptimalkan proses pembentukan jaringan sel otak janin.

Dalam prakteknya, untuk mengkonsumsi ubi jalar, ibu hamil dianjurkan untuk menjadikannya sebagai menu sarapan dalam bentuk ubi jalar rebus.

Baca juga yuk: 15 Khasiat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil dan Janin

6. Buah Beri

Makanan buat ibu hamil biar bayi pintar yang selanjutnya adalah buah beri. Sama seperti halnya ubi jalar ungu, buah beri, terutama blueberry juga sangat kaya akan zat antioksidan.

Selain itu, buah yang memiliki rasa lezat ini juga memiliki kandungan vitamin yang tidak kalah tinggi.

Nah, menurut hasil penelitian, kandungan vitamin yang terdapat buah beri ini telah terbukti dapat mempengaruhi proses tumbuh kembang janin dalam kandungan, terutama di sektor daya tahan tubuh dan kemampuan berpikir.

Dalam penelitian lainnya, ditemukan fakta menarik bahwa bayi yang terlahir dari ibu yang rutin mengonsumsi beri dan buah tinggi vitamin C lainnya juga cenderung memiliki kulit yang lebih sehat, cerah, dan putih.

7. Kacang Polong

Di Indonesia, kacang polong cenderung lebih sering dijadikan sebagai camilan ketimbang makanan pendamping makanan pokok.

Padahal, bahan makanan yang satu ini sangat kaya akan protein dan zat nutrisi penting yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Nah, menurut salah satu sumber referensi yang kami gunakan, ibu hamil yang ingin memiliki bayi yang pintar cenderung disarankan untuk rutin mengonsumsi kacang polong.

Alasannya karena kandungan protein yang terdapat pada kacang polong telah terbukti dapat membantu mengoptimalkan proses terbentuknya organ otak janin.

Tidak hanya itu, kacang polong kabarnya juga dapat membantu menjaga berat badan janin dan menurunkan risiko bayi lemah saat proses persalinan.

8. Bayam, Brokoli, Kangkung, dan Sayuran Hijau Pekat Lainnya

Makanan buat ibu hamil biar bayi pintar yang selanjutnya adalah sayuran berwarna hijau pekat.

Menurut hasil penelitian, sayuran berwarna hijau pekat memiliki kandungan asam folat, vitamin A, zat besi, serat, potasium, dan antioksidan yang tinggi.

Kandungan asam folat dan vitamin A yang terdapat pada sayuran jenis ini diyakini dapat membantu mengoptimalkan proses pembentukan jaringan otak janin.

Di lain sisi, kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya dapat membantu mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

Oleh karena itu, saat hamil, ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi sayur – sayuran jenis ini.

9. Buah Alpukat

Buah Alpukat dapat digolongkan sebagai makanan buat ibu hamil biar bayi pintar karena kandungan vitaminnya yang sangat lengkap.

Menurut hasil penelitian, sekurang – kurangnya ada tiga jenis zat vitamin yang bisa didapatkan dalam buah berwarna daging hijau kekuningan ini. Ketiga jenis zat vitamin tersebut adalah Vitamin B, vitamin E, dan vitamin K.

Nah, ternyata selain dapat membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh ibu hamil, kandungan vitamin tersebut juga dapat membantu mengoptimalkan proses pembentukan jaringan otak janin.

Tidak hanya itu, karena buah alpukat memiliki kandungan serat yang tinggi, buah ini juga dapat menghindarkan ibu hamil dari berbagai macam permasalahan kesehatan yang terkait dengan sistem pencernaan.

Untuk itu, jangan malas mengonsumsi buah alpukat ya!

Simak selengkapnya: 24 Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil dan Janin!

Tips Bumil Agar Anak Pintar Sejak dalam Kandungan

Selain karena faktor makanan, faktor rangsangan dari luar juga perlu dilakukan lho bund, berikut ini beberapa kebiasaan baik yang mesti bunda dan ayahnda lakukan agar bayi lebih cerdas dan aktif:

1. Perdengarkan Ayat Al-Qur’an

Memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an dengan nada lembut juga terbukti sangat membantu untuk meransang otak bayi dalam kandungan. Cara ini sudah diyakini banyak pakar sebagai salah satu faktor dalam cara membuat anak pintar sejak masih dalam kandungan.

Tentu cara ini khusus untuk anda keluarga muslim, karena selain anak anda akan pintar dia juga akan menjadi anak yang sholeh atau sholeha serta ketika besar nanti akan mudah untuk kita arahkan.

2. Ajak Dia Berbicara

Bayi atau janin sudah bisa mendengarkan apa yang kita katakan. Sebaiknya bunda mulailah untuk mengajaknya berbicara secara ringan. Bayi anda akan menerima sinyal pembicaraan kita ketika sudah memasuki usia kandungan di atas 4 bulan.

3. Berikan Elusan Lembut

Berikanlah elusan lembut kepada bayi yang ada di dalam kandungan anda. Elusan lembut ini akan memberikan rasa nyaman kepada bayi anda sehingga akan menunjang perkembangan otaknya.

4. Asah Otak

Apapun yang dimakan bayi akan berpengaruh terhadap bayi. Selain itu, apapun yang dipikirkan ibu juga akan berpengaruh terhadap bayi, sehingga jika bunda melakukan aktivitas yang memicu otak untuk beraktivitas seperti membaca, berfikir atau senam otak, maka otak bayi anda juga akan ikut bereaksi.

Lakukanlah aktivitas positif yang mengajak otak anda untuk berfikir sehingga akan memberikan pengaruh pada otak calon bayi anda.

5. Rutin Berdoa

Kita sebagai umat beragama tentu tidak akan terlepas dari aktivitas ibadah harian seperti doa salah satunya. Selipkanlah sebait doa untuk anak anda agar dianugerahi anak yang cerdas.

6. Refreshing Sejenak

Sempatkanlah untuk bunda merefresh tubuh dan fikiran agar tetap budag dan fit. Jika kita rileks dan santai maka bayi dalam kandungan anda akan merasa nyaman dan santai sehingga akan berpengaruh terhadap otaknya.

*****

Nah, itulah sedikit informasi mengenai makanan buat ibu hamil biar bayi pintar yang dapat kami bagikan kepada Anda. Jika Anda mengetahui bahan makanan lain yang juga dapat membuat bayi menjadi pintar, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya! Jangan lewatkan juga: Perkembangan Janin dalam Kandungan

Leave a Reply