Faktar Seputar Diabetes Melitus Tipe 2 yang Harus Anda Ketahui

Diabetes Melitus Tipe 2 – Diabetes melitus tipe 2 lebih sering menyerang dari pada diabetes melitus tipe 1. Diabetes melitus tipe 2 sejak kemunculannya hingga saat ini berkisar sekitar 90% sedang sisanya merupakan diabetes melitus tipe 1.   Penyakit diabetes ditandai dengan naiknya kadar gula dalam darah. Tingginya gula darah disebabkan pangkres mengalami kerusakan sehingga produksi insulin terganggu.

Diabetes melitus tipe 2 terjadi karena kekurangan insulin sedangkan diabetes tipe 2 terjadi karena tubuh tidak bisa menggunakan insulin secara efektif.  Penyakit diabetes melitus tipe 2 sering terjadi pada pada orang yang menderita kegemukan karena secara genetik lebih beresiko terserang penyakit tersebut.

Sebenarnya melakukan olahraga dan mengurangi asupan karbohidrat dapat menjadi pertolongan pertama pada penderita diabetes melitus tipe 2 ini. Jika cara ini tidak menunjukan perubahan terhadap kadar gula dalam darah, anda dapat melakukan metformin atau insulin. Namun cara ini harus dilakukan perawatan rutin dan pengecekan rutin  kadar gula dalam darah anda.

Anda juga dapat melakukan pengobatan secara tradisional dengan mengkonsumsi makanan yang dapat memperbaiki pangkreas yang dapat memperlancar produksi insulin. Artikel terkait: Daftar Buah untuk Penderita Penyakit Diabetes

Penderita diabetes setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan seperti tingkat kegemukan yang juga semakin meningkat karena gaya hidup semakin tahun semakin buruk serta makanan yang dikonsumsi semakin tidak sehat.

Penyakit Diabetes Melitus tipe 2

Penyakit Diabetes Melitus tipe 2

Sejarah Diabetes Melitus tipe 2

Bangsa yunani Appollonius dari memphis pertama kali memakai istilah diabetes yang berarti melewati. Istilah itu pertama kali dipakai pada tahun 230 SM. Pada tahun 1500 SM seorang dokter dari India mengidentifikasi penyakit diabetes dan menggolongkannya sebagai madhumeha atau kencing madu karena air kencingnya mengundang semut.

Seorang dokter dari india yang bernama  Sushruta dan Charaka pertama kali mengklasifikasikan diabetes tipe 1 dan tipe 2 sebagai dua penyakit yang berbeda pada tahun 400-500 M. Dokter tersebut menggolongkan tipe 1 merupakan penyakit diabetes yang berhubungan dengan usia muda sedangkan tipe 2 berhubungan dengan kegemukan atau kelebihan berat badan.

Penemuan tentang diabetes juga semakin berkembang pada abad ke-20  pada tahun 1921 dan 1922  seorang dokter dari kanada bernama Frederick Banting menemukan hubungan antara insulin dan diabetes lalu berbagai pengembangan tentang insulin mulai dilakukan pada tahun 1940-an.

Gejala Diabetes Melitus tipe 2

Kebanyak orang tidak menyadari gejala awal terserang diabetes. Pada hal jika kita mengetahui gejalanya lebih awal penanganan juga semakin mudah. Tapi biasanya kita mengetahui terserang diabetes saat kadar gula sudah sangat tinggi dan sudah merasa sakit serta telah terjadi komplikasi. Hal itu tentu akan mempersulit penanganan. Lalu apa saja gejala awal terserang diabetes seperti berikut ini :

  • Selalu ingin buang air kecil

Itu merupakan reaksi alami tubuh yang akan mengeluarkan kelebihan gula lewat buang air kecil. Jadi semakin tinggi kadar gula maka keinginan buang air kecil akan semakin sering.

  • Selalu merasa haus

Cairan yang dikeluarkan lewat buang air kecil akan membuat tubuh kehilangan cairan maka tubuh akan merasa haus maka keinginan minum juga meningkat

  • Sering lapar

Gula merupakan sumber karbohidrat yang dapat anda merasa kenyang jika dicerna dengan baik. Penderita tidak bisa mencerna dengan baik maka karbohidrat akan langsung menumpuk pada darah jadi anda akan mudah lapar.

  • Berat badan turun

Penderita diabetes tidak dapar menyerap nutrisi dengan baik jadi tubuh akan kekurangan nutrisi maka berat akan semakin lama semakin turun.

  • Gangguan penglihatan

Kelebihan gula dalam darah menjadi racun yang dapat merusak tubuh dan saraf, jadi diabetes juga merusak saraf mata yang merupakan gannguan yang berupa glukoma.

Serta beberapa gejala lain seperti:

  • Gatal-gatal

  • Neuropati perifer

  • Infeksi vagina berulang-ulang

  • Kelelahan

Beberapa gejala tersebut jika  terjadi pada diri anda segeralah cek darah ke dokter atau bidan terdekat agar segera ditangani.

Simak selengkapnya: 31 Gejala Penyakit Diabetes yang Harus Anda Waspadai

Penyebab Diabetes Melitus Tipe 2

Kadar gula yang berada di atas garis normal yang disebabkan pankreas tidak dapat memenuhi kebutuhan insulin. Insulin tidak dapat diproduksi dengan baik karena terlalu banyak makanan yang anda konsumsi yang mengandung glukosa lebih dari yang dibutuhkan tubuh. Jadi menghambat tubuh memproduksi insulin.

Kurang melakukan olahraga juga dapat menjadi salah satu penyebab diabetes karena kurang olahraga juga mengurangi pembakaran kalori menjadi tenaga jadi akan terjadi penumpukan disana. Serta masih banyak faktor lain yang menjadi penyebab diabetes melitus tipe 2 yang tidak bisa dikendalikan seperti bertambahnya usia dan genetik.

Informasi terkait: 14 Penyebab Diabetes Melitus yang Wajib Diketahui

Meski diabetes banyak menyerang orang dewasa dan orang tua sekarang juga sudah mulai ditemukan diabetes pada anak-anak dan jumlah semakin bertambah setiap tahunnya.

1. Gaya Hidup

Gaya hidup yang buruk merupakan penyebab utama terserang penyakit diabetes. Seperti mengkonsumsi makan yang tidak sehat atau makanan yang memiliki nilai gizi sangat rendah dengan porsi yang cukup banyak seperti junkfood, gorengan, cake kering dan cake basah, es krim, nasi putih dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berbagai makan tersebut mengandung banyak gula, lemak jenuh dan lemak trans dapat menyebabkan kegemukan yang menjadi penyebab utama naiknya gula darah. Kurang melakukan aktifitas fisik juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab diabetes melitus tipe 2. Tingkat strees yang juga dapat menjdi penyebab diabetes

Pada pasien diabetes di cina dan jepang kelebihan lemak mempengaruhi terjadinya penyakit ini sebesar 30%.sedangkan di indian pima dan kepulauan pasifik kelebihan lemak ini menyebabkan penyakit diabetes sebesar 100%. Jadi pola makan yang buruk menjadi penyebab utama peningkatan pasien diabetes. Dan 7% kasus diabetes disebabkan kurang melakukan olahraga

2. Genetik

Faktor genetik merupakan resiko tertinggi penyebab diabetes. Penderita diabetes dapat mewariskan penyakit ini pada keturunannya bahkan 6 kali lebih beresiko terserang penyakit diabetes. Bagi kembar identik jika salah satu kembarannya terserang diabetes makan saudara kembarnya memiliki resiko 90% terserang diabetes seumur hidupnya.

Di Indonesia ada lebih dari 36 gen yang mempengaruhi munculnya penyakit diabetes hingga tahun 2011. Jika anda memiliki keturunan diabetes anda harus berhati-hati menjalankan hidup anda. lakukan gaya hidup yang baik dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan rajin melakukan olahraga. Hindari makanan berkadar gula tinggi

3. Komplikasi

Penyakit diabetes jika tidak ditangani dengan baik dan dilakukan upaya penurunan kadar gula dalam darah akan terjadi berbagai penyakit kronis lainnya atau dapat terjadi komplikasi. Diabetes memiliki resiko komplikasi terhadap penyakit kardiovaskular.

Beberapa penyakit kardiovaskular yang sangat berbahaya dan dapat berujung kematian antara lain penyakit jantung, kemih dan stroke. Bahkan diabetes memiliki kemungkinan amputasi tungkai bawah sebesar 20 kali lipat lebih beresiko.

Diabetes melitus tipe 2 diberbagai negara maju dan mulai diikuti negara lainnya menjadi penyebab utama gagal ginjal dan kebutaan non-traumatik. Berbagai komplikasi lain juga mengancam kesehatan tubuh anda seperti demensia, alzaimer, demensia vaskular, akantosis nigrikans, disfungsi seksual serta infeksi yang terus menerus.

Tata laksana

Tata laksana diabetes melitus tipe 2 berfokus pada perubahan pola hidup, menjaga kestabilan gula darah serta menurunkan resiko komplikasi terhadap penyakit kardiovaskular. Pelayanan Kesehatan Nasional Inggris atau British National Health merekomendasikan  pemantauan secara mandiri terhadap kadar gula dalam darah bagi mereka yang baru didiagnosa terserang penyakit diabetes.

Tata laksana terhadap penyakit radiovaskular seperti hipertensi, mikroalbuminuria, dan kolesterol tinggi akan memberikan harapan hidup yang lebih tinggi. Tata laksana tekanan darah tinggi yang beresiko terserang stroke juga akan mengurangi resiko kematian. Bagi penderita diabetes melitus tipe 2 sebaiknya lakukan secara rutin pemeriksaan optamologi.

Cara Mencegah Diabetes Melitus tipe 2

Sebenarnya anda dapat melakukan pencegaha terhadap penyakit ini sejak dini. Cara yang paling tepat mencegah penyakit diabetes menyerang kita adalah mengatur nutrisi dan melakukan olahraga secara teratur.

Pengotrolan berat badan juga dapat anda lakukan sebagai salah satu cara mencegah diabetes. Anda juga dapat melakukan diat sayuran hijau dan membatasi konsumsi minuman mengandung gula merupakan cara yang tepat dan diimbangi dengan olahraga. Melakukan semua cara di atas dapat mengurangi anda terserang diabetes hingga setengahnya.

Cara Mengobati Diabetes Melitus tipe 2

Kadar gula dalam darah bisa dikendalikan meski sangat sulit menyembuhkannya. Melakukan berbagai hal positif seperti hindari stres, hindari makanan berkadar gula tinggi, berlemak jahat atau lemak trans, berkolesterol jahat dapat anda lakukan untuk mengontrol gula darah agar berada dikisaran normal.

Gula darah terjadi karena tubuh kekurangan insulin yang dapat mengontrol gula dalam darah jadi meberikan insulin pada tubuh pada malam hari juga diperlukan jika cara itu kurang berpengaruh maka pemberian insulin sehari 2 kali dengan dosis yang tepat dapat dilakukan. Tapi cara ini biayanya cukup mahal.

Jika anda tidak mempunyai banyak biaya anda bisa memulai pengobatan dengan cara melakukan olahraga secara teratur, menerapkan pola diet dengan mengkonsumsi makan berserat tinggi, mengandung banyak nutrisi penting, dan mengganti nasi putih dengan makan yang mengandung glukosa baik seperti beras merah, gandum utuh, jagung dan berbagai jenis ubi-ubian.

Lalu mulai dengan mengkonsumsi berbagai makan yang dapat menyehatkan pankreas anda agar dapat memproduksi insulin dengan baik menggunakan bahan-bahan alami seperti pare, kemangi, buncis, brotowali,dan mahkota dewa.

Selengkapnya simak: 9 Cara Membuat Obat Diabetes Alami yang Terbukti Ampuh Turunkan Gula Darah

Jika diperlukan anda dapat melakukan pengobatan ilmiah seperti mengkonsumsi obat dari dokter yang bertujuan menurunkan kadar gula dalam darah menjadi normal. Dan lakukan pengecekan gula darah secara rutin agar kita bisa melakukan tindakan saat terjadi sesuatu.

Pembedahan Diabetes Melitus tipe 2

Pada penderita kegemukan yang terjangkit penyakit diabetes melakukan pembedahan penurunan berat badan juga dapat menurunkan kadar gula secara efektif. Sebagian orang tidak membutuhkan pengobatan lagi setelah dilakukan pembedahan. Cara ini dianjurkan bagi anda yang tidak bisa menurunkan berat badan dengan cara alami dan sulit mengatur kadar gula dalam darah.

Itulah sedikit pembahasan tentang diabetes melitus tipe 2, apa saja penyebab, gejala dan pengobatan yang tepat. Siapa saja beresiko terkena diabetes tanpa memandang jenis kelamin dan usia, jadi sebaiknya anda lebih berhati-hati dalam hidup anda terapkan gaya hidup yang sehat, lakukan olah raga teratur dan jaga kestabilan berat badan agar anda terhindar dari penyakit diabetes melitus tipe 2. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga 25 Tips Mencegah Penyakit Diabetes yang Terbukti Berhasil

Leave a Reply